blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

7 Apr 2021

Tren Penjualan Mobil Bekas di Masa Pandemi

 


Tren Penjualan Mobil Bekas di Masa Pandemi


Tak terasa sudah lebih dari setahun kita hidup di masa pandemi ini.  Sepertinya kita sudah menjadi terbiasa dengan kondisi new normal saat ini.  Anak-anak di rumah pun sudah terbiasa dengan sekolah di rumah  Masa pandemi pun telah membuat kondisi perekonomian baik skala mikro maupun makro terdampak secara signifikan.


Masalah perekonomian pula lah menjadi penyebab nomor dua terbesar penyebab perceraian. Perekonomian rumah tangga memang banyak yang terguncang.  Banyak yang terpaksa menjual aset yang dimilikinya untuk menopang keberlanjutan hidupnya.  Karena kebutuhan hidup terus menuntut, sementara penghasilan berkurang bahkan ada yang sampai kehilangan mata pencahariannya.


Trend Penjualan Mobil Bekas di Masa Pandemi


Menjual mobil sebagai salah satu aset yang dimiliki rumah tangga menjadi sebuah pilihan karena memang mobil merupakan aset yang likuid.  Hal ini terlihat dari sebuah survei yang menyebutkan di awal pandemi sekitar bulan Maret 2020 penjualan mobil bekas meningkat sementara permintaan menurun.


Sebelum masa pandemi tercatat sekitar 60% orang menjual mobil karena ingin mengganti dengan tahun produksi yang lebih baru atau tipe yang berbeda.  Hanya sekitar 12 persen konsumen yang menjual mobil karena  membutuhkan dana untuk kebutuhan pribadi yang bersifat mendesak.  Namun di masa pandemi kondisi ini berubah banyak juga yang terpaksa menjual mobilnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Selain itu juga ada yang menjual mobil karena harus menutup kerugian bisnisnya, menambah cash flow atau untuk dana cadangan.  Pandemi memang menyebabkan beberapa bisnis terdampak sehingga mengalami kerugian bahkan ada yang sampai gulung tikar.  Untuk menutupi kerugian tersebut menjual mobil sebagai aset yang mudah dicairkan menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan.


Namun bagi mereka yang tidak terdampak dengan pandemi ini karena masih gajian misalnya atau karena bisnisnya tidak kena imbas pandemi atau bahkan meningkat di masa pandemi seperti bisnis olahan makanan, pembuatan  masker, bisnis multivitamin, bisnis tanaman hias dan lain sebagainya penurunan harga mobil bekas menjadi sebuah kesempatan untuk mengganti mobilnya dengan model atau tahun yang lebih baru.


Website Auto 2000


Berbicara tentang menjual mobil terdapat beberapa tantangan dalam menjual mobil atau biasa disebut pain points seperti misalnya harga jual yang tidak sesuai dengan keinginan dan ekspektasi kecepatan penjualan mobil.  Untuk yang memiliki mobil keluaran Toyota sepertinya tidak perlu terlalu khawatir karena jual mobil bekas Toyota itu lebih mudah dan cukup menguntungkan karena memiliki nilai purna jual yang tinggi.


Hal ini tentu disebabkan karena mobil produksi Toyota memiliki berbagai keunggulan, sebagai salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia Toyota selalu berusaha memberi yang terbaik kepada  konsumennya. 


Kalau teman-teman ingin mengetahui banyak tentang Toyota ini bisa langsung ke website Auto 2000.  Website ini merupakan e-commerce website penjualan mobil, suku cadang serta aksesoris resmi Toyota di Indonesia.   Jadi bila ingin mengetahui serba-serbi Toyota bisa langsung ke website ini.


Di website ini juga kita bisa melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris juga trade in pembelian mobil bekas yang bekerjasama dengan Astra Auto Trust. Website ini juga membantu kita melakukan perawatan kendaraan Toyota, melacak status servis sampai simulasi perhitungan pembiayaan atau leasing.



Tips Menjual Mobil



O ya ada beberapa tips yang harus kita perhatikan bila ingin menjual mobil supaya cepat laku dan mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan yang kita harapkan.  Beberapa tips menjual mobil itu antara lain adalah:


  • Cek kelengkapan perlengkapan mobil

  • Pastikan mobil dalam kondisi yang terbaik

  • Survei harga pasar sebelum menentukan harga

  • Periksa kebersihan mobil secara menyeluruh

  • Simpan baik-baik bukti riwayat perawatan rutin mobil

  • Foto mobil secara lengkap dan bagus

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Trend Penjualan Mobil Bekas di Masa Pandemi ini bermanfaat ya...


12 komentar :

  1. Jual beli kendaraan bekas memang rada sedikit tricky ya Teh.
    Tapiii, selama kita paham tips dan ilmunya, trus detail jugaaa, insyaALLAH transaksi bakal berlangsung aman jayaaa

    BalasHapus
  2. Oh bukti perawatan mobil tuh perlu disimpan juga ya mbak? Tapi rasanya jual mobil di masa pandemi gini emang sulit ya 😔

    BalasHapus
  3. mobil pertamaku pun mobkas, tapi memang bener sih mba, alhamdulillah sesuai budget dan keadaan kalau kita jeli waktu nyari

    BalasHapus
  4. Ternyata di Dialer Toyota juga melayani penjualan mobil bekas ya, tentunya mobil yang akan dijual dicek dulu kondisi kesehatannya biar harganya gak terlalu jatuh di pasaran

    BalasHapus
  5. memang saat pandemi ini banyak yang menjual mobil dan juga barang - barang berharga lainnya ya mba. Oke kalau ada platform yang bisa bantu

    BalasHapus
  6. Setuju sih kalau mobil keluaran Toyota tuh harga jualnya masih tetap tinggi. Makanya keluarga saya kalau cari mobil biasanya langsung pilih Toyota.

    BalasHapus
  7. Jual mobil bekas kalau melalui pihak ketiga memang harus cari yang terpercaya seperti melalui web Auto2000 ya, mba. Terjamin untuk penjual dan juga pembeli.

    BalasHapus
  8. di Auto2000 melayani jual beli mobil bekas ya, kalau kita mau beli mobil bekas juga sudah bersertifikasi dan ada jaminannya

    BalasHapus
  9. Aku gak gengsi beli mobil bekas, kalau bisa milihnya, mobil bekas tuh gak kalah sama mobil baru apalagi kalau pemilik sebelumnya ngrawat banget. Apalagi pajaknya jg gak gede hehe
    Baru tahu website Auto 2000 juga ada jual beli mobil bekasnya TFS

    BalasHapus
  10. Asik yaah..
    Dengan mobil toyota, bisa tukar tambah atau membeli mobil second dengan harga pasti jauh lebih terjangkau.

    BalasHapus
  11. Toyota tuh harganya stabil ya mba. Jadi meskipun sudah penggunaan bertahun-tahun tetap harganya tak terlalu jatuh. Iya, kalau cari informasi seputar produk Toyota paling enak buka Auto2000 ini.

    BalasHapus
  12. Aku baru ngeh kalau bukti nota perawatan bisa jadi penguat harga jual sebuah mobil, Mbak. Hihihi. Tapi, kalau dipikir-pikir memang benar sih, dulu pas bapakku beli mobil ya gitu mbak, perawatan e rutin apa nggak.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^