blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

21 Mei 2021

Review Novel Kekasih Semusim Karya Dini Fitria

 


Alhamdulillah, saya senang sekali di awal bulan Syawal ini bisa menyempatkan menamatkan sebuah buku novel dengan ketebalan 412 halaman.  Hal ini tak lepas dari betapa novel Kekasih Semusim karya Dini Fitria novel yang baru saja saya selesaikan ini merupakan sebuah novel yang sangat asyik untuk dinikmati.

Dini Fitria memang sosok yang sudah matang di dunia penulisan, setelah sebelumnya sukses dengan trilogi novelnya yang berjudul Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta dan Islah Cinta.  Kekasih Semusim novel terbarunya ini ternyata juga merupakan sebuah novel yang sayang untuk kita lewatkan, sebuah novel yang berbobot, menarik dan sarat dengan makna.  

Kepiawaian Dini Fitria dalam menulis membuat kita terlarut asyik menyelami kedalaman kisah di dalam buku ini.  Membaca novel Kekasih Semusim kita jadi banyak belajar dari kisah kehidupan para tokohnya. Membaca Kekasih Semusim seolah kita juga sedang dibawa traveling virtual ke Praha sebuah negara di Eropa Timur yang menjadi latar tempat kisah ini terjadi. 

Review Kekasih Semusim

Sinopsis Novel Kekasih Semusim

Kekasih Semusim berkisah tentang seorang ibu bernama Nina yang memiliki seorang gadis  bernama Kanaya. Nina seorang single parent yang berprofesi sebagai penulis, sementara Kanaya adalah seorang traveler vlogger yang mulai menanjak karirnya.

Di bab pertama dengan tema Cinta Pertama, Dini Fitria dengan cerdas memberi prolog yang menggambarkan hubungan ibu dan anak ini.  Bagaimana protektifnya seorang Nina terhadap anak semata wayangnya tentang masalah cinta.  

Di awal cerita sesungguhnya pembaca bisa merasakan bagaimana hubungan ibu dan anak ini sangat baik, hal ini tergambar dari bagaimana bebasnya Kanaya  bercerita kepada sang ibu tentang pengalamannya "ditembak" oleh Ketua OSIS di sekolahnya.

Namun di sanalah mulai terlihat, bahwa saat menyentuh persoalan tentang cinta, mereka kemudian menjadi tidak sejalan, pengekangan dan pertentangan pun mulai mewarnai hubungan mereka berdua. Ternyata Nina mengalami masa lalu yang pahit tentang cinta dan Nina tidak ingin itu terjadi pada Kanaya anak semata wayang yang sangat dicintainya.

Sebuah kisah kelam terkuak berawal saat Nina mendapat tugas untuk membuat biografi Om Yono, seorang diaspora yang lama tinggal di Praha.  Saksi sejarah yang menyaksikan langsung pergolakan politik di Indonsia khususnya di sekitar tahun 1965. Eyang Yono  tidak bisa kembali ke Indonesia karena telah dicabut kewarganegaraannya setelah  dituduh menentang pemerintahan Orde Baru.  

Secara kebetulan  Kanaya pun mendapatkan job dari sebuah biro travel untuk konten sosial medianya dengan tujuan yang sama, Eropa. Berbeda dengan Nina yang pure tugas untuk membuat tulisan tentang Eyang Yono, Kanaya justru memiliki tujuan lain yaitu bertemu dengan kekasih hati yang kebetulan sedang ada urusan bisnis di Eropa.  

Selama ini ternyata Kanaya telah berhubungan dengan seorang pria seumuran ibunya, seorang pria simpatik, tampan dan mapan yang bernama Reno.  Reno yang melimpahinya dengan berbagai macam kemewahan duniawi. Tak heran kemudian Kanaya mulai dinyinyiri netizen dituduh sebagai simpanan seorang "sugar daddy".  

Kepada Nina, Kanaya berbohong tentang barang-barang branded yang dipakainya sebagai barang endors an.  Kedua sahabatnya Cindy dan Abi yang menjadi partner kerjanya sebagai influencer pun sempat mencurigai melihat perubahan penampilan Kanaya yang semakin mewah.

Singkat cerita Nina dan Kanaya akhirnya tiba di Praha, kisah di Praha ini lah yang kemudian membawa pembaca novel menikmati keindahan Eropa Timur khususnya Praha dan beberapa tempat seperti Karlovy Vary, Salzburg  dan Cesky Krumlov.  Pembaca diajak untuk ikut menikmati sensasi negeri Mozart yang penuh dengan kekayaan sejarah dan karya seni yang luar biasa.  

Di Praha, Kanaya terpaksa kembali melakukan kebohongan demi kebohongan supaya bisa bertemu dengan Reno sang kekasih hati.  Sementara Nina sibuk mewawancarai Om Yono,  Kanaya pun melakukan pertemuan-pertemuan romantis dengan Reno di beberapa tempat indah di Praha.  Di samping Reno Kanaya merasa memiliki seorang kekasih hati dan juga kasih sayang seorang ayah yang selama ini tidak dirasakannya.

Nina sebetulnya ingin memiliki waktu banyak berdua dengan Kanaya, tetapi kenyataannya harapannya sia-sia saja, Kanaya terlalu sibuk pergi keluar dengan alasan mencari konten untuk sosial medianya.  Ajakan untuk bertemu dengan Eyang Yono pun beberapa kali ditolak Kanaya, walau akhirnya Kanaya pun berhasil dipertemukan dengan Eyang Yono.

Cerita mengalir membuat pembaca terbawa larut dalam berbagai emosi, pertentangan diantara ibu dan anak ini akhirnya membuka sebuah lembaran sejarah masa lalu Nina yang kelam.  Kisah yang akhirnya membuat Kanaya bertekad mempertemukan ibunya dengan Reno.  Namun sebuah misteri pun kembali terkuak.  Di Praha, mereka berdua bertemu dengan guru kehidupan yang mengajarinya makna cinta.   

Kekasih Semusim, Novel yang Menarik untuk Dibaca dan Sarat Akan Makna

Banyak hal yang bisa kita ambil pelajaran dari Kekasih Semusim ini.  Selain tentu saja belajar dari kepiawaian seorang Dini Fitria dalam mengolah kata dan cerita, di novel ini kita juga bisa mengambil berbagai hikmah.

Belajar dari masa laluu seorang Nina yang kelam, untuk tidak mengulangi hal yang sama.  Perbuatan yang melanggar aturan Allah SWT akan membawa ketidakbahagiaan tidak hanya di akhirat tapi juga di dunia.  Hidup  menjadi tidak nyaman, peruh kecurigaan dan ketakutan bahkan  berimbas pada pola asuh yang salah kepada anak akibat dari traumatik masa lalu.

Belajar dari kebijakan dan kearifan seorang Eyang Yono yang sudah memakan asam garam kehidupan, meskipun tentu saja ada yang tidak perlu kita tiru seperti misalnya ketidakpatuhan terhadap larangan mengosumsi makanan yang diharamkan dalam Islam padahal mengaku dirinya muslim. 

Belajar dari sekolah kehidupan yang terjadi di novel ini, kita bisa ambil hal yang baiknya dan membuang hal yang buruknya.  Dan tentu saja sebagai nilai plusnya kita menjadi memiliki banyak wawasan tentang Eropa Timur khususnya Praha karena Dini Fitria telah mendeskripsikannya dengan demikian detail dan jelas.  Pembaca pun mendapat  beberapa informasi sejarah yang Dini Fitria sisipkan di dalam novel ini.

Nah teman-teman demikian tulisan saya tentang Review Novel Kekasih Semusim Karya Dini Fitria ini semoga bermanfaat ya ...:D


23 komentar :

  1. harganya dengan buku 90rban ud worthed ceritanya pun seru banget ya teh

    BalasHapus
  2. seru ya ceritanya, mau gimana juga ga boleh lari dari kodratnya ya teh, masa muslim tapi mengkonsumsi makanan yang di haramkan :(

    BalasHapus
  3. Dini Fitria nih jaminan mutu produk literasi yg ciamik banget ya Mbaaa
    Apalagi setting-nya di Praha
    Kebayang aura indah dan amazing-nyaaaa

    BalasHapus
  4. Jangan-jangan Reno itu justru ayahnya Kanaya, ya ... Hehehe ...
    Btw soal Om Yono, saya jadi teringat teman teman yang selalu saya wawancarai juga, mereka disebut "Orang Terhalang Pulang"
    Kami interaksi di sebuah milis. Emang sudah sejak lama sih, sekarang milis udah ga jaman ya. Tapi kami tetap menggunakan milis sebagai wadah silaturahmi. Meski satu persatu orang terhalang pulang ini meninggal dunia di lokasinya masing-masing berada

    BalasHapus
  5. Ini salah satu novel yang menjadi salah satu novel yang ingin segera aku bacam mba. Apalagi oenulisnya mampu mendiskrispsikan terkait Eropa Timur dengan baik

    BalasHapus
  6. Wah sepertinya seru nih ya novel.ini..jadi penasaran dengan endingnya deh. Apakah Reno dan Nina saling kenal, atau jangan2..aiih..tuh kan jadi makin penasaran. Thx sharingnya ya Teh..

    BalasHapus
  7. Aku lagi baca ini juga mbak, tapi belum tamat.. bagus ya... Kemarin sempet mau baca lagi nerusin eh kena vertigo 😅

    BalasHapus
  8. Seru banget, aku jdi makin penasaran sama novelnya. Kadang yg dr kecil tdk ada sosok ayah, pst mencari pasangan yg usianya lbh tua.
    Btw, jd Nina dan Reno kenal? Duhh pengen tau kelajutannya ��

    BalasHapus
  9. naaah ini aku belum bacaa nih mba tapi ada bukunya di rumah.. baguus ya mba ceritanyaa

    BalasHapus
  10. Jadi bikin penasaran dengan hubungan antar tokohnya. Selain sebagai kekasih Kanaya, apakah Reno ada keterikatan dengan tokoh lainnya? Gregetan pengen tau isi ceritanya

    BalasHapus
  11. Ingat temen SMAku yang kini tinggal di PRAHA teh jadi penasaran penggambaran detailnya Dini Fitria dalam novel ini :)

    BalasHapus
  12. Dari judulnya sih tentang kisah kasih ya hihi.. termasuk jenis novel yang jadi pilihan aku sih untuk roman gini, aarrggg ngga sabar untuk segera baca juga deh novel ini mbak

    BalasHapus
  13. aku suka niih novelnya mba dini, dulu aku pernah baa yang scappa per amore pertama banget. itu aja udah menarik banget karena mba dini ambil latar di berbagai negara

    BalasHapus
  14. Kalau nggak salah, Dini Fitria pernah isi acara televisi juga kan yah? semacam acara travel napak tilas jejak islam

    BalasHapus
  15. Judulnya bikin penasaran. Dan iya, kayaknya aku sangat tertarik dengan novel ini dari settingnya. Aku suka baca yang begini karena settingnya membuat aku bisa berimaginasi seperti apa keadaan di Eropa. Kudu baca sendiri bukunya deh.

    BalasHapus
  16. kasih semusim, judul yang bikin kita penasaran. jadi pengen tahu kisahnya. setting diluar negeri juga bikin pengetahuan kita bertambah ya. jadi tahu tempat2 dan lokasi yg ada di dalam ceritanya.

    BalasHapus
  17. Kayaknya menarik ya teh novelnya, masukin ke list bacaan ah. Ini habisin dulu yang belum dibaca hehe

    BalasHapus
  18. udah lama enggak baca novel teh, sebab waktu teh kayaknya setiap hari cepet banget berlalu. btw membaca sinopsisnya menarik ya mbak,itulah gak boleh berbohong ya karena satu kebohongan akan ditutup oleh kebohongan lainnya.

    BalasHapus
  19. Aku udah baca reviewnya Teh. Menarik banget deh. Aku masukin dulu wishlist buat buku selanjutnya yang mau dibaca. Makasih ya teh rekomendasinya.

    BalasHapus
  20. Melihat ada namaku di dalam ceritanya hahaha..
    AKu udah penasaran banget pengen baca bukunya ini. mau beli tapi masih nunggu budget beli bukuku hihihi

    BalasHapus
  21. jadi penasaran pengen baca juga, apalagi settingnya di Praha. Nanti mau coba cari bukunya ahhh

    BalasHapus
  22. Sambil menikmati ceritanya, sambil menambah pengetahuan tentang kawasan Eropa Timur ya mbak. Yaa siapa tahu suatu saat ada rezeki untuk berkunjung ke sana :)

    BalasHapus
  23. udah lama ga baca novel, menarik juga ceritanya. Masukkin ke wishlist ah

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^