blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

1 Jul 2021

Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Cincau Hitam

Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita  Pandemi Covid-19 masih saja terus melanda bumi ini, terlebih di negara kita, dimana orang yang terpapar virus ini semakin banyak saja.  Dulu sepertinya ovid-19 ini hanya berita saja, sekarang sudah mendekat di sekitar kita.  Tiap hari terdengar orang-orang yang kita kenal meninggalkan dunia yang fana ini karena virus covid. ini.

Mendengar dari teman-teman yang sedang isoman, ternyata mereka sering terpengaruh dengan berita-berita tentang covid yang berseliweran.  Bahkan ada yang harus menjauhkan diri dari sosial media.  Akhirnya jadi harus lebih bijak menyortir berita yang akan di-share.  Jangan sampai membuat teman-teman ketakutan.  Oya Cerita Ida kali ini menulis tentang Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita ada hubungannya juga lho dengan covid ini.  

Di rumah pun begitu, saya tak menyangka kalau si bungsu sangat terpengaruh.  Sampai saat merasa sedikit engga enak badan saja dia memanggilku.  "Umi..sini, beri aku ketenangan....aku takut..." , rupanya selama ini Maghfira sering mendengar dan membaca kabar tentang covid ini.  Alhamdulillah setelah sedikit ngobrol akhirnya dia bisa tenang kembali.  

Cincau Kopi Susu Minuman Favorit Kami

Begitulah dunia sedang tidak baik-baik saja,  jadi manfaatkan saja kebersamaan di rumah dengan suami dan anak-anak untuk meningkatkan kebahagiaan dan imunitas tubuh kita semua.  Salah satunya dengan sering menghadirkan beragam makanan dan minuman favorit di rumah.

Cincau Kopi Susu minuman Favorit di rumah

Salah satu minuman favorit di rumah adalah Cincau Hitam Kopi Susu hampir tiap hari membuat minuman ini tidak ada yang bosan.  Dulu seringnya beli cincau hijau di super market, disantap begitu saja hingga lama-lama bosan.  Tentang cincau hijau ini saya jadi ingin punya pohonnya, tapi sampai sekarang belum nemu. tepatnya belum serius mencarinya ... heu....

Cincau hitam saya padu dengan susu murni, gula aren, kopi dan chia sheed.  Pernah sampai hampir tiap hari membuatnya, tidak pernah ada yang bosan, memang rasanya enak sih.  Susu murni bisa diganti dengan SKM atau susu kambing (ini lebih enak), kopi kalau ada kopi sevel dari HNI.  Kalau menggunakan SKM jangan keseringan karena bisa meningkatkan gula dalam darah.  Gula aren juga bisa diganti madu bila suka.  

Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita

Karena seringnya membuat cincau hitam kopi susu, saya jadi penasaran dengan manfaat cincau hitam ini.  Akhirnya saya googling deh..hehe...  Manfaat cincau hitam untuk kesehatan tubuh kita ini ternyata banyak ya terutama  untuk di masa pandemi karena salah satu manfaat cincau hitam adalah menambah imunitas tubuh kita.

So buat teman-teman yang sedang bingung dengan sajian di rumah bisa mencoba cincau hitam kopi susu ini.  Harga cincau hitam pun murah di pasar tradisional di Cimahi per kilonya hanya Rp7.000,- saja.  Dan itu cukup banyak untuk disajikan bersama keluarga tercinta.

Saya menambahkan chia sheed dalam menu cincau hitam kopi susu karena ini katanya menambah sehat juga dan kebetulan ada stock cukup banyak di rumah.  Chia sheed ini bisa diganti dengan selasih karena memang mirip sekali dengan selasih.  Chia sheed ini banyak manfaatnya karena kaya dengan oksidan.  

Nah teman-teman apa saja manfaat cincau hitam untuk kesehatan tubuh kita ini?  yuk mari kita simak bersama...


Sumber Antioksidan

Hasil penelitian menunjukkan fakta yang menarik dimana ternyata cincau hitam memiliki manfaat yang utama sebagai sumber antioksidan. Ini penting sekali terutama bagi teman-teman yang sehari-harinya sering terpapar polusi.  

Seperti kita ketahui manfaat dari antioksidan adalah melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.  Radikal bebas itu merupakan zat yang terbentuk secara alami dalam proses metabolisme tubuh kita dan juga didapat dari polusi, obat-obatan, pestisida dan lain sebagainya. 

Radikal bebas ini dapat merusak susunan DNA sel, meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh kita, melemahkan daya tahan tubuh dan juga menyebabkan peradangan.  Bila kita terpapar radikal bebas terus menerus maka bisa meningkatkan resiko terjadinya penuaan dini, jantung, kanker dan dimensia.

Melawan Bakteri

Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita lainnya adalah bisa melawan bakteri yang menyebabkan infeksi penyakit dalam tubuh.  Hal ini disebabkan karena selain sebagai sumber oksidan cincau hitam ini juga mengandung fifonutrien. 

Fitonutrien atau biasa dikenal juga dengan nama fitokimia merupakan bahan kimia atau senyawa alami yang dihasilkan oleh tumbuhan.  Fitokimia ini memiliki manfaat menjaga kesehatan tumbuhan serta melindunginya dari matahari dan serangga.  

Menghindari Diabetes

Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita yang lainnya adalah dapat melindungi sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.  Karenanya gula darah bisa terjaga sekaligus menekan risiko terkena diabetes tipe 2.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kita

Cincau hitam ini sering dijadikan suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.  Hal ini kembali dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam cincau hitam ini.  Untuk yang sedang merasa kurang enak badan mengosumsi cincau hitam ini bisa menambah imunitas tubuhnya. 

Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Cincau hitam mengandung juga falvonoids yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia.  Tidak hanya itu ternyata... cincau hitam ini juga dapat mengatasi penyakit terkait pencernaan, mencegah diare hingga bisa mencegah sariawan.  Seratnya yang tinggi membuat pencernaan semakin lancar.  

Menjaga Berat Badan

Karena tidak mengandung kalori dan gula, cincau ini cocok untu dikonsumsi orang yang sedang menjaga berat badan atau diet.  Perlu diingat mengosumsi cincau hitam sebaiknya tidak diberi pemanis tambahan terlalu banyak karena hal ini dapat menyebabkan gula darah meningkat.

Oleh karena itu saat membuat Cincau Kopi Susu ini, saya memilih gula aren dan tidak terlalu manis.  Kalaupun menggunakan SKM cukup sesekali saja dan tetap ya tidak terlalu manis.

Mencegah Tumor dan Kanker

Cincau hitam mengandung isokandrodendrin dan alkaloids bisbenzilsokuinolin yang dapat membantu mencegah dari terkena tumor hingga kanker ginjal.  Cincau hitam juga bisa mencegah inflamasi atau peradangan.  

Wah banyak juga ya manfaat cincau hitam untuk kesehatan tubuh kita ini... Membuat saya semakin semangat menghidangkannya untuk keluarga.  Jadi untuk teman-teman jangan ragu lagi untuk sering menghidangkannya untuk keluarga kita.

Tapi tetap diingat tidak boleh menambahkan terlalu banyak pemanis ya, karena ini bisa meningkatkan gula darah kita.  Bijak mengosumsinya yaitu dengan wajar saja 1-2 kali sehari dalam takaran maksimal 330 gram penyajian.  Perhatikan kebersihannya, bila sudah dikemas jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya.  

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Manfaat Cincau Hitam untuk Kesehatan Tubuh Kita ini bermanfaat untuk kita semua ya....


10 komentar :

  1. Hmm enaak dan bermanfaat pastinya

    BalasHapus
  2. Aku sukaaakk banget cincau hitam ini Teh.
    Hmm, bikin es cincau, pakai gula Jawa/aren pastinya endolitaaa yak.
    Kasih daun pandan biar wangiiii :D
    Super YUUUMMM!

    BalasHapus
  3. Dan banyak banget manfaatnya ya teteeh, udah ga diragukan lagi mengkonsumsinya..
    Aku suka bikin yang cappucino cingcaunya, diseruput pas siang2 hari, syegeeer!!
    Tapi keknya lebih nikmat n yummy kalo dibikinin, eehh..

    BalasHapus
  4. iya dulu mama saya juga sering banget buat es campuran cincau hitam mbak, enak banget. sampai saya itu kepo banget, pengen tahu terbuat dari apa itu si cincau hitam teh. tapi sampai sekarang belum ketemu, taunya tahulu aja, karena punya daun tahulu atau cincau hijau.

    BalasHapus
  5. Mpo suka beli 2 buah 5000 pakai sirup ABC aja sudah enak banget. Apalagi pas puasa. Mantap

    BalasHapus
  6. Wow..ternyata banyaaaak ya manfaat cincau hitam untuk kesehatan kita. Makin sukaaa deh sama pelengkap minuman segar yg satu ini..

    BalasHapus
  7. Banyak ya ternyata manfaat cincau hitam. Aku sendiri, suka dengan cincau hitam ini ya karena enak. Anak-anakku juga suka. Terutama anak nomor 3. Ditambah cappuccino enaaak. :D

    BalasHapus
  8. Aduh emang seger banget si cincau hitam ini. Aku juga kebeneran siang ini lagi menikmati cincau hitam, Teh. alhamdulillah nikmat dan seger. Banyak manfaatnya juga ya, Teh.

    BalasHapus
  9. Yah.. bisa pas.. ini anakku ngerengek minta dibuatin cincau hitam. Biasanya bikin tiap minggu, kata ibuku bagus buat mengobati panas dalam. Apalagi kalau dicampur biji selasih.

    BalasHapus
  10. Aku suka banget mba. Cincau hitam cincai daun yang ijo. Semuanya kalau dicampur jadi es wuaaa aku betah banget ngabisin. Kaya manfaat ternyata

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^