blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Jul 2021

Tips Agar Selalu Bahagia

Tips Agar Selalu Bahagia


Tips Agar Selalu Bahagia  Banyak orang melakukan apa pun untuk meraih kebahagiaan.  Berbagai cara dilakukan agar cita-cita dan keinginannya dapat terpenuhi, karena berpikir setelah itu akan menjadi bahagia.  Betulkah?

Apakah benar setelah semua keinginan kita terpenuhi lalu kita menjadi bahagia?  Padahal kehidupan di dunia ini bagai kita meminum air laut.  Akan selalu bertambah haus, tak pernah merasa puas.  Setelah mendapat apa yang kita inginkan akan lahir keinginan-keinginan lain.

Jadi bukan dengan meraih apa yang kita inginkan lalu kita menjadi bahagia.  Karena dunia bukan tempat dimana kita bisa merasa terpuaskan. Dunia adalah tempat kita berjuang, berusaha untuk berbuat terbaik dalam hidup.  Bila ingin bahagia jangan terlalu berharap  dan berkeinginan untuk mendapatkan banyak kesenangan dalam kehidupan ini.  

Dunia tempat kita diuji, sekuat apa kita, sesabar apa kita, makanya suka dan duka datang silih berganti.  Lalu apakah di saat kita sedang diuji kita tidak menjadi bahagia?  Tentu kita menginginkan seluruh kehidupan kita selalu diiringi dengan kebahagiaan.  

Tips Agar Selalu Bahagia


Berikut ini ada ada Tips Agar Selalu Bahagia dari Cerita Ida, tips yang berawal dari melihat banyak teman-teman yang mencoba mencari kebahagiaannya dengan berbagai cara tapi melupakan satu hal yang esensial dalam kehidupan ini.  Apa saja tips itu ..? Yuks kita simak.. :D

1. Dekati Pemberi Sumber Kebahagiaan


Ini adalah cara paling ampuh karena dengan mendekati pemberi kebahagiaan, berarti kebahagiaan itu sudah dekat dengan diri kita.  Pemberi kebahagiaan adalah Sang Maha segalanya.  Dia adalah maha Pengasih dan Penyayang, Maha Berkehendak, Maha Kuat.

Saat kita bergantung pada kekuatan yang maha, maka kita akan terbawa kuat.  Bergantung pada yang Maha Pengasih dan Penyayang kita merasa yakin kasih sayang-Nya akan selalu melindungi dan menyertai kita.  

Mendekati-Nya adalah dengan mentaati semua perintah-Nya, merutinkan dan memperbanyak mengingat-Nya, "Sesungguhnya dengan  mengingat-Ku maka hatimu akan tentram..." Itu adalah janji Nya.  Kemudian jauhilah segala larangan-Nya.  Maka kita akan merasakan betapa bahagianya hati ini.  Mengapa?  Karena ada manisnya iman di dalam dada.

2. Meyakini bahwa Kasih Sayang-Nya Melebihi Kasih Sayang Seorang Ibu kepada Anaknya


Sebagai seorang ibu saya merasakan betul betapa besar rasa cinta seorang ibu kepada anak-anaknya.  Cinta yang maha, melebihi rasa ini.  Dengan menyadari itu kita menjadi yakin Dia akan memberi yang terbaik untuk kita.  

Tidak tercapainya apa keinginan kita adalah bentuk kasih sayang-Nya.  Karena Dia Maha Tahu mengetahui yang terbaik untuk kita.  Terkadang kegagalan kita adalah sebuah cara dari Allah SWT untuk menyelamatkan kita dari kegagalan-kegagalan lain yang lebih menyakitkan.  Allah telah mempersiapkan rencana yang terbaik untuk kita.

3. Selalu Berprasangka Baik kepada Allah SWT


Jangan pernah ktia meragukan betapa suratan takdir Allah SWT ini menuliskan kejadian-kejadian ajaib yang kadang baru ktia rasakan setelah terjadi bahwa itu yang terbaik untuk kita.  Atas alasan ini semua kita harus ber-husnudzon, berpransangka baik kepada Allah SWT.

Ingatlah dengan sebuah hadist bahwa Allah SWT tergantung prasangka hamba-Nya.  Maka kita harus belajar menghadirkan prasangka baik ini dalam diri kita.  Hingga apa pun yang terjadi, yang pertama muncul adalah husnudzon kita kepada Allah SWT.




4.  Selalu Bersyukur kepada Sang Pencipta


Sesungguhnya semua orang, semua keluarga memiliki cerita duka, memiliki permasalahan hidup masing-masing. Semua orang tidak luput dari permasalahan karena itulah hakikat kehidupan.  Hidup juga terbungkus dengan berbagai lapisan,  Kita hanya mampu melilhat bagian luarnya saja.

Jadinya sawang sinawang, menganggap orang lain selalu bahagia padahal kita tidak tahu isi di dalamnya.  Kita menyangka orang lain yang memiliki harta berlimpah itu lebih bahagia dari kita.  Padahal buktinya banyak juga orang yang kaya kemudian bunuh diri karena depresi dengan permasalahan hidupnya.

Kunci kebahagiaan adalah rasa syukur kita terhadap apa yang Allah SWT berikan kepada kita.  Ingatlah bahwa kalau kita bersyukur maka Allah SWT akan menambah nikmat-Nya.  

5.  Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain


Selain kita hanya tahu orang lain di luarnya saja, membandingkan diri dengan orang lain akan membuat diri kita tidak bahagia.  Meski katanya melihat pencapaian orang lain itu dapat membuat kita lebih semangat tetapi sebetulnya membandingkan diri dengan orang lain itu tidak baik.

Membandingkan diri dengan orang lain bisa menimbulkan perasaan tidak berharga dan menyalahkan diri sendiri.  Timbul perasaan iri, menurunkan rasa percaya diri, menghambat potensi diri kita dan yang jelas membuat kita menjadi pemurung.  

Terima kekurangan diri, maafkan diri sendiri, jadikanlah diri sendiri sebagai prioritas, bersikap baiklah pada diri sendiri.  Tidak ada yang menghargai diri kita kalau kita tidak menghargai diri kita sendiri.

6. Memberi Hadiah kepada Orang Lain


Memberi hadiah kepada orang lain ternyata selain membuat bahagia yang diberi hadiah, juga akan membuat kita sendiri bahagia.  Ada perasaan senang setelah kita berbagi, tentu teman-teman pernah merasakan perasaan ini.  Seandainya kita sering berbagi maka perasaan senang itu akan semakin sering kita rasakan dan akhirnya membuat kita bahagia karena ada perasaan lega telah bermanfaat untuk orang lain.

Berkebun salah satu hobi yang membuat perasaan bahagia



7.  Memiliki Hobi


Kita melihat banyak orang yang mengorbankan banyak hal untuk hobi tanpa dipaksa, baik itu materi, waktu atau tenaga.  Hal ini dikarenakan hobi itu sesuatu yang sangat menyenangkan diri kita.  Dengan memiliki hobi, kita bisa mengisi waktu luang kita dengan sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat. Terlebih lagi kalau hobi itu bisa menghasilkan uang, maka kebahagiaannya pun menjadi berlipat.

Misalnya saja kita memiliki hobi berkebun, saat melakukan hobi itu ada perasaan bahagia yang kita rasakan.  Terlebih saat melihat hasilnya, melihat satu pohon yang tumbuh satu pucuk saja kadang membuat kita bahagia tak terkira, padahal mungkin menurut orang lain biasa saja.  

Dengan memiliki hobi kita bisa lebih menghargai hal-hal kecil yang kadang luput dari pandangan orang lain.  Saat kita selesai mengerjakan hobi kita ada perasaan bahagia juga.  Sering merasakan kepuasaan seperti ini membuat hidup kita akan lebih berwarna dan tentu saja akan lebih bahagia.   Semakin banyak yang kita sukai di dalam hidup ini maka akan semakin banyak kebahagiaan yang kita raih.

8.  Gaya Hidup Sehat


Tidur yang cukup, makan-makanan yang bergizi, minum yang cukup, olah raga teratur intinya gaya hidup sehat akan membuat kita menjadi lebih bergairah menghadapi kehidupan.  Lebih bersemangat dan lebih antusias. Ini adalah sebuah langkah awal kita menjadi diri yang bahagia.

9.  Menikmati Perasaan Sedih atau pun Senang


Jangan pernah membatasi perasaan kita, nikmatilah saat rasa sedih atau senang itu datang, bersenang-senanglah dengan perasaan itu.  Rasa yang ada diri adalah emosi yang membantu diri kita memahami diri kita sendiri.  

Saat kita sedih biarkanlah rasa itu ada, peluk lah diri kita, memaklumi diri karena kita manusia pasti akan merasakan itu.  Rasa sedih akan hilang seiring dengan waktu, rasa sedih akan hilang seiring dengan penerimaan diri kita.  

Perlu kita pahami setiap kejadian itu bersifat netral menjadi sebuah rasa tergantung penyikapan kita. Mau dibawa sedih, mau dibawa senang, mau disyukuri, mau disabari itu tergantung diri.  Jadi kalau sedih jangan biarkan itu berlarut, terima dulu, ok kita sedih tapi jangan berlama-lama dengan kesedihan. Segera bangkit dan sibukkan diri kita dengan mendekatkan diri pada yang Maha segalanya.

10.  Tersenyumlah dengan Tulus


Tersenyum membuat kita lebih awet muda, sesungging senyum di bibir kita akan menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang.  Tersenyum menyehatkan jantung kita, menenangkan hati dan pikiran kita serta membuat tubuh kita menjadi lebih relaks.

Maka tersenyumlah, karena senyum itu juga sedekah, maka tersenyumlah karena itu memberi dampak baik untuk kesehatan kita.  Tersenyum menambah teman dan saudara, mempererat silaturahmi dan membuat kita pun bahagia.


Aku memiliki banyak masalah dalam hidup. Tapi bibirku tidak tahu itu. Mereka selalu tersenyum. - Charlie Chaplin
Tersenyumlah.... asal jangan senyum-senyum sendiri ya.... hehe....

Masih banyak cara lain, mungkin setiap orang berbeda-beda cara agar hidup senantiasa bahagia.  Mungkin teman-teman mau menambahkan tips agar selalu bahagia ini...?  sila di kolom komentar ya.... :D  Semoga tulisan Tips Agar Selalu Bahagia ini bermanfaat untuk kita semua.

22 komentar :

  1. Suamiku selalu bilang, selalu berprasangka baik kepada Allah. Ini bisa menjadi salah tips yang aku lakukan. Ada hobi juga mencoba jadi slalu bahagia

    BalasHapus
  2. Setuju semua! Terutama berprasangka baik sama Allah & memberi hadiah pada orang lain. Meski hidup susah tapi nggak pernah takut nggak ada pertolongan. Insya Allah optimis.

    BalasHapus
  3. setujuu sama semuanyaa.. kuncinya sebetulnya ada pada hati yaa mbaa.. dan hati yang bahagia itu ternyata bisa kita dapatkan dengan berbagai cara. mulai dari memperbaiki pola pikir lingkungan, sampai gaya hidup

    BalasHapus
  4. wiih makasih teeh tips tipsnyaa, di kondisi kaya gini kita emang wajib banget tetep bahagia biar imun juga tetep terjaga ya teh hihihi

    BalasHapus
  5. Prasangka2 baik memamng membuat hidup lebih ringan dan bahagia ya, mbak. Selalu khusnudzhon dengan Allah dan juga saudara2 kita.

    BalasHapus
  6. Banyak hal yang bisa menjadi sumber kebahagiaan kita, sebenarnya yaa...teh.
    Asalkan kita menyadarinya dan sering mentadabburinya setiap hari.
    Semoga Allah limpahkan keberkahan atas kebahagiaan yang kita rasakan.
    Aamiin~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin waktu kajian sempat Ustadznya memberikan tausiyah kepada kami, teh...mengenai tips meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. Salah satunya adalah dengan menyibukkan melakukan kegiatan sehari-hari yang tidak melanggar syari.

      Sehingga dengan sibuk, kita jadi jarang membaca berita-berita yang membuat kita khawatir.

      Jadi, sungguh membuat diri bahagia ini adalah dengan perbanyak aktivitas yang bermanfaat.

      Hapus
  7. Mmemang berprasangka baik kepada Allah SWt sebuah sifat yang kudu aku tingkatkan lagi.....

    BalasHapus
  8. Hal yang sederhanapun sudah bisa bikin kita bahagia ya mba, termasuk berbagi hadiah ��

    BalasHapus
  9. bahagia itu bisa kita ciptakan sendiri ya Mbak, bahkan hal kecil pun bisa saja buat kita bahagia.
    yang penting juga kita harus bersyukur ya dengan keadaan diri :)

    BalasHapus
  10. Hal-hal sederhana memang bisa bikin bahagia ya, Mbak. Punya hobi berkebun memang asik ya, Mbak. Makan makanan sehat dan bergizi juga bisa bikin bahagia ya, Mbak. Dan intinya tetap bersyukur karena kita semua masih bisa merasakan nikmat sehat dan bahagia.

    BalasHapus
  11. Jadi inget Neyna teh, saat aku ajak untuk berbagi nasi jumat ke jalan dan Neyna dengan sendirinya bilang "bunda ternyata memberi itu bikin bahagia yah teteh senang bisa berbagi"

    Membuat orang lain bahagia emang bikin bahagia dan setuju teh dekati pemilik kebahagianNya dan terus bersyukur

    BalasHapus
  12. Kunci utamanya adalah mendekatkan jiwa raga kita kepada Allah Swt ya mba.
    Kebahagiaan itu kita yang atur bukan orang lain. Tips selalu bahagia ini kalau diikuti, insyaallah kita akan bahagia.

    BalasHapus
  13. Mbaaakkk, makasih buat tipsnya. Makasih juga sudah diingatkan agar selalu bersyukur. Menurutku, itu kunci utama agar tetap bahagia. Aku merasa tiap kali bersyukur ternyata hidupku indah sekali. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, mbaa.. sepowerful itu loh rasa syukur kita. semoga kita semua jadi orang yang pandai bersyukur yaa amiin. thanks buat postingannya mbaa

      Hapus
  14. Bahagia itu sederhana, ada dlm sebongkah daging anugrahNya yg ada dalam dada. Itu adalah HATI. Jika kita bersyukur dan membiarkan senyum kita mengembang dengan tulus utk orang lain, kita akan merasa lega dan itulah bahagia. Ida my dear, semua poin yg Ida tulis mengena di hati. Kadang sapaan anak2 melalui WA: "mama lg ngapain? dah sarapan?" Itu juga sdh menggelitik rasa bahagia. Yups! bahagia itu sederhana.

    BalasHapus
  15. Di saat saya bersyukur pasti akan merasa bahagia,ain halnya jka hanya memikirkan kekurangan yang terjadi malah sebalikny

    BalasHapus
  16. Ku bacanya sambil senyum2 sendiri nih Teh.
    Ga jauh beda, semuanya hampir sama, terutama berbaik sangka padaNya dan kuncinya adalah dengn bersyukur..bersyukur..bersyukur .
    Bukankah dengan berayukur nikmatmu akan ku tambah.
    Karena dalam hati yang bersyukur akan selalu terpancar kebahagiaan.
    Aahh, Lope Pisaaan.

    BalasHapus
  17. Maa syaa Allaah terima kasih Mbak sudah diingatkan agar tetap dekat dengan Allah. Saya pun menyadari untuk mencapai kebahagiaan itu, memang erat kaitannya dengan bagaimana hubungan kita dengan Sang Pencipta. Karena Dialah yang memberikan 'hati' kepada kita untuk merasa bahagia.

    BalasHapus
  18. Dulu aku orangnya suka lama kepikiran kalo lg sedih or ada mslh, tp skrg ak cape kaya gt teh, jd lebih ke jalanin aja dan lbh ke bersyukur aja minta kepada Allah SWT

    BalasHapus
  19. makasih banget untuk tipsnya mbaa.. aku juga selalu mencoba bersyukur bersyukur bersyukur.. itu kuncinya bahagia. In sya Allah selalu diberi kelapangan hati

    BalasHapus
  20. Bahagia itu pilihan katanya, kita sendiri yang memilih mau bahagia atau tidak. Trus hati yang bahagia adalah obat. Dan aku setuju sih, banyak bersyukur juga salah satu cara bikin bahagia

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^