blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Agu 2021

Yummy App, Bukan Sekadar Aplikasi Resep Masakan

Yummy App, Bukan Sekadar Aplikasi Resep Masakan

Yummy App,  Bukan Sekadar Aplikasi Resep Masakan  "Mamah tahu darimana tips singkong supaya bisa meledak begini...?" Tanyaku heran.  Mamah mertuaku tertawa.  "Dari youtube dong... " Jawab mamah sambil tertawa.  Wah mamah mertuaku keren ternyata... meski tinggal di desa tidak tertinggal teknologi canggih.

Mamah Mertua dan Memasak

Jadi ingat kalau dulu  Mamah ini tidak bisa masak,  Mamah dulu gagah sekali sampai suka ikut nyungsep ke kolong mobil.  Iya  mamah mertuaku dulu punya usaha bengkel AC mobil di Jakarta.    Terbiasa kerja keras dan tidak bisa diam hingga walau pemilik bengkel beliau tidak segan ikut turun langsung membantu para pegawainya.

Boro-boro bisa masak karena kesehariannya memang kerja di bengkel.  Namun semua berubah, begitu beliau pindah ke kampung halamannya di Tasik. Mendampingi papah mertua yang pensiun dari tentaranya beliau bertranformasi jadi ibu rumah tangga yang binangkit.  Masakannya enak sekali, mungkin karena pada dasarnya mamah orangnya rajin jadi tidak segan untuk belajar memasak.

Saat saya ke Tasik saya jadi tahu rahasia masakan enaknya, mamah tuh selalu menghapal takaran untuk bumbu persis menurut resep masakan yang beliau dapatkan.  Saat saya ikut bantu-bantu memasak di dapur,  beliau dengan fasih menyebutkan berapa buah bawang merah, berapa ukuran kunyit dan bumbu-bumbunya persis sesuai dengan resep masakan yang dicatatnya.


Perkembangan Penyajian Resep Masakan dari Zaman ke Zaman

Cara meng-upgrade skill Mamah memasak memang selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Awalnya mencatat resep masakan di buku catatan atau mengumpulkan resep makanan dari majalah.  Sekarang tinggal mencari dari youtube tutorial memasaknya.  Jadi lebih mudah karena tidak usah ribet mencatat dan bisa melihat langsung caranya.

Berkat teknologi yang terus berkembang sekarang ini bahkan kita tidak perlu lagi repot-repot membuka tutup media sosial ataupun browser untuk mencari resep makanan.  Ada cara asyik untuk meng-upgrade kemampuan kita memasak yaitu dengan menggunakan platform konten memasak berupa aplikasi.

Kumpulan Resep Jadul

Di zaman serba digital ini sekarang semua sektor kehidupan kita semakin dipermudah dengan hadirnya berbagai aplikasi digital berbasis internet. Termasuk dalam urusan masak-memasak, kalau dulu kita harus mencatat, atau mengumpulkan resep dari majalah kini dengan mudah kita bisa mengaksesnya dari internet.

Ternyata sekarang ada aplikasi keren dengan berbagai fitur yang membantu kita tidak hanya soal memasak tetapi berbagai hal yang berhubungan dengan makanan dan memasak. Rencananya saya ingin merekomendasikan aplikasi ini kepada Mamah supaya hobi masak beliau semakin terasah dan lebih bermanfaat.  Ssst...ternyata aplikasi ini bisa menghasilkan uang lho.....:D

Berkenalan dengan Aplikasi Yumyy App

Teman-teman sudah mengenal aplikasi resep masakan bernama Yummy App?  Alhamdulillah saya sudah  menggunakannya.  Awal saya menemukan aplikasi ini karena kebingungan dengan menu makanan tiap harinya.  Dengan aplikasi ini saya terbantu sekali, tidak bingung lagi saat harus membuat menu makanan selama satu minggu.

Saya memang terbiasa membuat menu satu minggu sekaligus belanjanya juga untuk satu minggu.  Nah menyusun menu selama satu minggu itu tidak mudah ternyata, Alhamdulillah dengan bantuan aplikasi jadi jauh lebih mudah karena ada berbagai fitur yang memudahkan pencarian yang saya butuhkan.

Tidak ada lagi  kebingungan masak apa atau bagaimana cara memasaknya  karena aplikasi ini bisa memberikan banyak rekomendasi resep dan menu masakan yang bervariasi.  Asyiknya lagi saya bisa mencari resep disesuaikan dengan anggaran yang saya miliki per harinya.

Mie Ayam buatan sendiri jadi lebih enak....

Seperti saat anak-anak  minta dibuatkan Mie Ayam, selama ini rasanya tidak pernah sama dengan Mie Ayam yang biasa kami beli di luar.  Setelah membuka aplikasi Yummy dan menemukan resep Mie Ayam dan mengeksekusinya alhamdulillah rasanya jadi lebih enak.  

Aplikasi Yummy ini diluncurkan oleh IDN Media pada bulan Mei 2019,  berawal dari akun instagram Yummy yang pada waktu itu mendapat sambutan yang bagus hingga  followers-nya mencapai lebih dari 1,9 juta (sekarang sudah mencapai 2.7 juta followers).

Akun instagram Yummy waktu itu menyajikan resep memasak hanya dengan lima langkah mudah.  Pamor Yummy semakin menanjak karena memelopori resep masakan dengan cara praktis dan paling digemari yaitu resep membuat berbagai olahan makanan hanya dengan menggunakan rice cooker. 

Yummy meyakini bahwa setiap orang bisa memasak oleh karena itu Yummy selalu memberi kemudahan bagi para followers- nya untuk mengolah bahan makanan dan memasak sendiri. Di aplikasi Yummy sendiri ternyata kita para pemakainya pun mendapat banyak kemudahan untuk bisa meng-upgrade kemampuan memasaknya.

Aplikasi Yummy ini bermanfaat baik bagi para pemula yang baru mau belajar memasak ataupun untuk mereka yang sudah mahir memasak karena ada berbagai fitur yang bermanfaat untuk para pemula atau untuk yang sudah mahir memasak.

Aplikasi ini juga dilengkapi oleh navigasi video serta fitur Rekomendasi Resep, selain itu Yummy App memiliki beberapa filter kategori yang dapat disesuaikan dengan preferensi setiap pengguna seperti bahan, porsi, harga dan durasi memasak. 



Di ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh WAN-IFRA (World Association of News Publishers) platform konten memasak ini meraih penghargaan pada kategori Best in Lifestyle, Sports, Entertainment Website or Mobile Services.  Saat ini aplikasi Yummy sudah memiliki total lebih dari 80 juta monthly video view di seluruh platformnya dan kabarnya aplikasi Yummy ini sekarang telah di-download lebih dari satu juta kali.  Luar biasa ya... :D

Kelebihan Yummy App

Tidak heran mengapa banyak orang menggunakan aplikasi ini, setelah saya ikut menggunakannya saya menemukan banyak kelebihan yang dimiliki aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya yang sejenis.  Dengan berbagai kelebihan ini aplikasi ini betah bertengger di smartphone yang saya gunakan karena memang sangat saya perlukan terutama untuk memberi inspirasi menu masakan atau saat saya kebingungan dengan cara membuat masakan tertentu.

Beberapa kelebihan dari aplikasi Yummy ini antara lain adalah:

  • Aplikasi Yummy ini seluruhnya bersifat gratis untuk digunakan
  • Ringan saat digunakan baik pada perangkat Android atau pun IOS
  • Fitur pada aplikasi ini begitu lengkap
  • Berisi kumpulan resep masakan terlengkap yang sudah disusun sesuai dengan kategori masing-masing
  • Para pengguna aplikasi ini mendapat notif resep rekomendasi pilihan editor
  • Pengguna bisa mendapat rekomendasi masakan sesuai dengan bahan yang ada di kulkas
  • Ada beragam tips memasak yang pastinya bermanfaat
  • Bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan program referral
  • Panduan memasaknya menarik dan mudah dimengerti
  • Banyak event dan promo untuk para pengguna
  • Menawarkan relasi menguntungkan karena kita bisa terhubung dengan pengguna aplikasi Yummy di seluruh Indonesia
  • Bisa menambah penghasilan dengan meng-upload resep makanan
  • Desainnya kekinian cocok untuk yang mudah dan orang tua, nyaman digunakan dan tidak ribet.

Banyak sekali kelebihan dari aplikasi Yummy ini ya... Dengan tagar #MasakItuGampang dan #BebasMasakApaSaja aplikasi Yummy ini kini telah menjadi alat bantu untuk memasak paling populer di Indonesia.   

Fitur-Fitur yang terdapat di dalam Yummy App


Dengan memakai aplikasi Yummy ini kita dapat memperoleh skill serta wawasan dengan beraneka resep yang diunggah di akun ini.  Selain itu juga kemampuan memasak kita akan terus berkembang.  Lalu apa saja sih fitur yang ada di aplikasi ini?  Supaya teman-teman bisa lebih jelas Cerita Ida kali ini akan membahasnya satu persatu.



Fitur Cari Resep


Sering bingung dengan bagaimana cara memasak satu menu masakan?  Sekarang tentu tidak lagi karena dengan menggunakan aplikasi Yummy ini kita bisa menemukan fitur Cari Resep.  Kita tinggal ambil gawai buka aplikasinya lalu klik tombol fitur Cari Resep.

Kemudian di layar gawai akan muncul  banyak resep yang menggoda untuk segera dieksekusi.  Kita tinggal memilih mana yang ingin kita eksekusi yang ditampilkan berdasarkan kategori yaitu Makanan Pembuka, Makanan Utama, Makanan Penutup, Cemilan, Minuman, Makanan Pendamping. 

Dengan adanya pembagian menu makanan berdasarkan kategori ini memudahkan kita mencari resep masakan yang kita inginkan.  Di fitur ini juga kita akan menemukan pilihan Yummy Tips dan Yummy Resep Dasar yang tentu akan sangat bermanfaat untuk penggunanya.

Selain itu kita bisa juga memilih sesuai bahan yang terdapat pada pencarian populer misalnya kita klik tombol kentang maka akan muncul berbagai resep makanan berbahan pokok kentang. Atau bisa juga melihat dari kolom 'Trending' yang menyajikan resep-resep makanan yang banyak dicari di Yummy App.


Fitur Masak


Dengan fitur Masak ini kita tak perlu lagi bingung dengan kata-kata "Mau masak apa hari ini..?".  Yup, kita tak perlu lagi dibingungkan dengan pertanyaan mau masak apa hari ini, besok, lusa dan seterusnya karena aplikasi Yummy ini menyediakan beragam menu masakan berdasarkan bahan yang kita miliki di kulkas.  Asyik ya...?

Kita tinggal memilih bahan yang kita punya minimal pilihlah dua bahan untuk mendapatkan rekomendasi resep yang lebih bervariasi.  Seperti biasa buka dulu aplikasi Yummy pastikan kita sudah memiliki akun Yummy terlebih dahulu.  Setelah itu pilih fitur Masak.  Lalu tuliskan bahan minimal dua bahan.

Selain itu kita juga bisa memilih bahan langsung dari gambar yang tersedia. Pilihlah dua gambar bahan makanan yang kita miliki pencet tombol 'Terapkan', kita akan langsung mendapat beragam inspirasi resep yang dapat kita eksekusi tanpa harus susah-susah membeli bahan karena sudah tersedia di kulkas.




Fitur Filter Harga / Filter Budget


Selain memilih resep berdasarkan ketersediaan bahan makanan yang dimiliki,  kita juga bisa menggunakan aplikasi untuk mencari resep sesuai dengan anggaran biaya yang kita punya.  Klik Filter Resep lalu kita bisa mengatur resep yang dimulai dengan kesesuaian anggaran, durasi memasak hingga berapa porsi yang akan kita masak. 

Misalnya saja kita hanya memiliki uang Rp30.000  untuk memasak hari ini, tak perlu khawatir hingga harus membuat kita gusar dan berkeluh kesah dengan membuat status di akun medsos kita misalnya.  Tinggal ambil gawai buka aplikasi resep makanan Yummy untuk mencari inspirasi resep pilihan dengan anggaran tiga puluh ribu.



Fitur Komunitas

Aplikasi menarik lainnya yang ada di aplikasi Yummy ini adalah fitur Komunitas, banyak sekali manfaat dengan adanya fitur ini.  Dengan fitur Komunitas ini kita bisa membagikan resep masakan kita ke dalam aplikasi Yummy.  Apabila resep masakan kita sudah terposting kita akan mendapatkan uang yang bisa kita jadikan sebagai penghasilan tambahan.

Selain itu juga kita bisa tergabung dengan anggota aplikasi Yummy di seluruh Indonesia.  Tentu saja bisa tergabung dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama akan sangat menyenangkan dan bermanfaat.  

Interaksi dengan para anggota ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dari anggota yang lainnya, berbagi pengalaman, berbagi semangat untuk terus lebih meningkatkan kapasitas diri terutama dalam bidang memasak dan segala sesuatu yang terkait dengannya.

Kolom Ide Jualan

Bagi teman-teman pengguna aplikasi Yummy yang ingin mendapat tambahan penghasilan bisa juga mulai memikirkan berbisnis di ranah kuliner mengingat berbinis di bidang ini tidak ada matinya.  Bingung mau membuat apa?  Jangan khawatir, aplikasi Yummy ini memberikan banyak inspirasi berbagai jenis resep masakan  yang bisa kita produksi kemudian kita jual sebagai tambahan penghasilan. 

Menarik ya, tidak perlu banyak membuat uji coba resep makanan karena semua sudah disediakan oleh aplikasi ini yang tentu saja resepnya anti gagal dan dijamin laku karena sudah teruji.  Kita tinggal memilih jenis makanannya saja kemudian kita produksi untuk kita jual. 

Mengingat berbagai kelebihan yang dimiliki Yummy App ini beserta fitur-fitur yang menarik dan bermanfaat yang terdapat di dalamnya, aplikasi Yummy ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang senang memasak atau ingin belajar memasak. So, tunggu apalagi segera downlod aplikasi Yummy ini di Google Play Store ataupun App Store.

Semoga tulisan Cerita Ida tentang Yummy App, Bukan Sekadar Aplikasi Resep Masakan ini memberi insight baru dan bermanfaat untuk siapa saja yang membutuhkannya.  Memasak sekarang menjadi jauh lebih mudah....Asyik ya...?


17 komentar :

  1. Saya sekarang ketagihan mba pake yummy aplikasi ini ☺

    BalasHapus
  2. Iya seneng banget buka aplikasi ini, banyak ide Resep lengkap dengan harga dan durasi

    BalasHapus
  3. Yummy App ini memang berbeda dengan aplikasi resep masakan yang lainnya ya, Teh. Selain bisa mendapatkan resep masakan di sana kita juga bisa memiliki penghasilan dengan mengunggah resep kita sendiri, ya.

    BalasHapus
  4. Menarik ya aplikasinya. Dulu sebelum jaman digital saya juga rajin ngumpulin resep dan dibuat kliping juga tapi lama-lama dibuang sama Ibuk soalnya menuh-menuhin rumah, haha.. Rajin gunting-guntingnya tapi gak pernah dipraktekkan, kata Ibuk

    Sekarang sih enak ya nyari apa aja tinggal buka HP. Di Yummy App malah ada fitur bugdet resepnya segala ya

    BalasHapus
  5. Yummy App selain bisa membantu kita jadi mahir memasak ternyata bisa menjadi salah satu ladang penghasilan juga, ya, Mbak. Fiturnya juga lengkap banget bahkan bisa pilih budget buat masak. Hahaha.

    BalasHapus
  6. Teknologi makin maju, skrng ga perlu repot nyatet atau ngumpulin kliping resep kyk zaman dulu. Blm pernah nyobain Yummy App, tpi kelihatannya menarik. Banyak fitur yg kece nih, membantu buat yg lg belajar masak.

    BalasHapus
  7. Beneran deh Yummy App in emang bukan hanya soal resep tapi banyak fitur menarik lainnya yang selalu memantik untuk mencoba resep2 terbaru

    BalasHapus
  8. Aplikasi yang bikin lapar, soalnya lihatnya gambar-gambar makanan ditambah resep. Duh, saya bukannya ngiler lihat gambarnya tapi lapar. Yuk ah praktikkan saja resep-resepnya.

    BalasHapus
  9. ya ampun, liat resepnya aja aku udah ngiler mba hahaaa gimana pas beneran bikin ya kayaknya ludes dalam sekejap

    BalasHapus
  10. Yup, aku idem sama kelebihan2 aplikasi yummy yg dikau tulis mbak. Itu juga yg aku rasakan waktu pakai aplikasi yummy.

    Dulu, aku pakai aplikasi yummy ini buat cari resep cemilan bocil2, skrg aku pakai buat nyari2 ide masakan buat aku. Alhmdulillah membantu bgd aplikasi yummy.

    BalasHapus
  11. Yummy App lengkap banget ya mbak. Berbagai resep masakan beserta cara memasaknya tersaji lengkap. Jadi kita tidak ketinggalan ide saat bingung mau masak apa. Saya juga download aplikasinya bahkab suka nyari resep disana. Alhamdulillah resep yang disajikannya sesuai selera bahkan takaran bahannya pas banget. Jadi suka coba2 resep baru dari aplikasi ini.

    BalasHapus
  12. Ibuku banget dulu ngekliping makanan gitu, sekarang udah jaman modern tinggal buka aplikasi langsung bisa deh masak apa aja

    BalasHapus
  13. dulu ammaku suka mencatat resep dari buku yang saya pinjam di perpustakaan. Sekarang gak perlu catat resep lagi yaa karena semuanya bisa dilihat lewat yummy app

    BalasHapus
  14. wah samaan dengan saya mbak, dulu saya rajin banget kliping resep masakan. Cuma karena saya hidup nomaden, jadi kliping resep masakannya entah udah dibuang kemana sama adik yang skrg tinggal di rumah ortu. Btw aplikasi Yummy ini praktis ya mbak, gak bakalan hilang karena bisa diakses di mana saja.

    BalasHapus
  15. Ini persis Ibuku banget, teh..
    Ibu sampai punya kitab khusus catatan resep andalan dan pasti gak bakalan gagal ((kalau ibu yang masak)). Kalau orang lain yang meniru, belum tentu bisa.
    Karena masak itu ada "feel" nya yaa.. Katanya, tiap tangan beda cerita.

    Kini ada Yummy apps.
    Alhamdulillah, semakin simple dan memudahkan banyak Ibu muda untuk mencari inspirasi menu memasak.

    BalasHapus
  16. aku juga sekarang kalau masak intip aplikasi mba.. banyak banget yaa dan mudah diikuti

    BalasHapus
  17. wah bagus ini aplikasinya, memberikan banyak pengalaman kepada pengguna mengenai masak - memasak. Namanya pun juga enak didengar..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^