blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Des 2021

#BlackmoresPeduli: Langkah Sederhana dengan Dampak Besar


Blackmores

#BlackmoresPeduli :  Langkah Sederhana dengan Dampak Besar (Blackmores Peduli)  Menurut sebuah sumber diketahui bahwa Kane Tanaka wanita berusia terpanjang di dunia yang berada di Okinawa tidak pernah melewatkan makan sushi setiap hari.  Diketahui ternyata ikan segar yang kaya dengan  asam lemak omega 3 ini mempunyai peran penting untuk kesehatan jantung.

Kebiasaan Mengosumsi Ikan pada Masyarakat Jepang

Masyarakat Jepang sehari-harinya banyak mengosumsi makanan yang memakai seafood segar dan bahan segar.  Kebiasaan mengosumsi ikan ini memiliki kontribusi pada usia panjang rata-rata orang Jepang.  Rata-rata penduduk Jepang terbiasa  mengosumsi ikan segar 100 gram dalam sehari dan ternyata hal ini terbukti membuat jantung mereka lebih sehat. 

Kebiasaan ini menjadikan negara Jepang termasuk pengosumsi ikan terbanyak di dunia.  Tentu saja ini adalah kebiasaan yang sangat baik karena ternyata ikan adalah sumber makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Akira Sekikawa profesor epidemiologi mengungkapkan bahwa beberapa studi telah melihat efek dari minyak ikan pada kesehatan jantung yang beragam.  Dan menurut Daily Mail yang dirilis pada bulan Maret 2014 terungkap bahwa para peneliti di University of Pittsburgh menemukan bahwa pria paruh baya yang tinggal di Jepang memiliki kalsifikasi arteri kononer kurang daripada kaum seusianya di Amerika.  Hal ini diduga karena pria Jepang sering makan ikan.



Stunting dan Upaya Meningkatkan Konsumsi Ikan

Dari uraian di atas kita bisa melihat  betapa mengosumsi ikan itu baik untuk tubuh kita.  Pola konsumsi orang Jepang perlu diadopsi untuk mengatasi berbagai permasalahan gizi seperti pengentasan fenomena stunting yang marak terjadi di negara kita.  

Indonesia tercatat menempati posisi terbanyak penderita stunting di Asia Tenggara,  Belum lagi anak-anak yang kekurangan zat besi, hasil Riset Kesehatan Dasar menunjukkan bahwa satu dari anak Indonesia di bawah lima tahun mengalami anemia.

Untuk mengatasi sejumlah permasalahan gizi seperti pengentasan fenomena stunting di tanah air maka tingkat konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia perlu terus diupayakan.  Saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terus mendorong masyarakat untuk mengosumsi ikan hingga 62,5 kilogram per kapita per tahun di 2024 nanti. 

Manfaat Ikan untuk Tubuh Kita

Pemerintah RI mendorong masyarakat makan ikan karena memang faktanya banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan makan ikan terutama untuk anak. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan telah terbukti manfaatnya untuk jantung, arteri serta vena yang membentuk sistem kardiovaskuler kita.

Mengosumsi ikan bisa membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, meningkatkan HDL kolestrol baik dan mencegah pembekuan darah. 

Hasil penelitian para ahli dari Harvard School of Public Health telah menyimpulkan bahwa mengosumsi dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sampai tiga kali lipat.  

Omega-3 dalam ikan juga telah terbukti mencegah tiga jenis kanker yang paling sering terjadi yaitu kanker payudara, prostat dan kolon. Minyak ikan juga dapat membantu pasien penderita hiperlipidemia (kolestrol tinggi).

Sebagai sumber protein yang baik, ikan juga bermanfaat untuk perkembangan otak anak, meningkatkan kecerdasan, sumber vitamin D yang baik yang bermanfaat untuk tulang dan gigi, kesehatan penglihatan serta menurunkan resiko alergi.

Mengingat begitu banyak manfaat ikan untuk tubuh kita, para ibu rumah tangga seyogyanya banyak memberikan sajian makanan ikan di rumah tangganya.  Terlebih lagi ikan juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai di Indonesia.  Negara kita dikenal sebagai negara dengan kekayaan ikan yang berlimpah.

Hanya saja meskipun seorang ibu sudah membuat berbagai menu makanan dari ikan dengan berbagai variasi, mengosumsi ikan terus-menerus akan menimbulkan kebosanan. Belum lagi ada anggota keluarga yang tidak menyukai hidangan ikan.  

Meski kita paham manfaat ikan begitu banyak tapi apabila  tidak suka ikan atau tidak terlalu suka  ikan tentu tidak bisa memanfaatkannya secara optimal untuk tubuh kita atau pun anggota keluarga kita yang lainnya. 



Blackmores Odourless Fish Oil ( Blackmores Peduli )

Namun tak perlu khawatir karena kini ada suplemen yang berasal dari ikan yang bisa memenuhi kebutuhan  akan ikan untuk anggota keluarga kita.  Dengan suplemen ini kita bisa tetap mengambil manfaat ikan untuk tubuh kita tanpa perlu berepot-repot menghidangkan ikan di rumah secara terus menerus.

Adalah Blackmores Odourless Fish Oil merupakan suplemen minyak ikan dengan kandungan Omega-3 yang diekstraksi dari ikan laut dalam dan merupakan sumber alami omega-3 untuk memelihara kesehatan.  Blackmores Odourless Fish Oil digunakan untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar trigliserida (kolestrol jahat) serta menjaga fungsi mata dan otak.

Selain itu Blackmores Odourless Fish Oil juga berperan sebagai zat anti peradangan dan pembengkakan sendi akibat osteorthritis yaitu peradangan kronis pada sendi yang diakibatkan oleh kerusakan tulang rawan. 

Bagi yang ingin memenuhi asupan nutrisi alami asam lemak omega-3 tapi tidak mengosumsi ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan acnhovies sebanyak 100 gram sehari, Blackmores Odourless Fish Oil ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.  

Bagi teman-teman yang tidak menyukai bau amis dari ikan, tak perlu khawatir karena berbeda dengan jenis minyak ikan lainnya Blackmores Odourless Fish Oil ini mengandung ekstrak lemon dan vanila sehingga tidak terasa seperti ikan, tidak tercium bau amis sedikit pun.  

Blackmores Odourless Fish Oil sudah diuji dan diawasi oleh badan internasional untuk memastikan kualitas dan kemurnian minyak ikan terjamin.  Blackmores sendiri merupakan merek no 1 di Australia yang telah dipercaya lebih dari 85 tahun. 

Perusahaan Blackmores di Australia ini telah mengembangkan produk dan layanan yang berkualitas untuk memberikan perawatan kesehatan secara lebih alami berdasarkan pengalaman dan keahlian Blackmores dalam hal vitamin, mineral herbal serta nutrisi.  Di Indonesia Blackmores hadir menjadi Kalbe Blackmores Nutrition berkat joint venture antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Blackmores Ltd Australia.

Program Blackmores Peduli #BlackmoresPeduli

Saat ini Blackmores melalui salah satu produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil kembali menghadirkan campaign Blackmores Peduli.  Sebuah program yang menunjukkan komitmen terhadap lingkungan  dan aksi nyata Blackmores dalam menanggapi isu lingkungan di sekitar kita.  

Bekerja sama dengan ritel kesehatan dan kecantikan Guardian serta organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle, Blackmores mengadakan program Blackmores Peduli dengan mengajak menukarkan botol plastik bekas minyak ikan merek Blackmores di 30 cabang Guardian di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).  

Setiap penukar botol berhak mendapatkan voucher senilai Rp 50.000 per botol sebagai tanda partisipasi. Penukaran botol plastik vitamin  ini dibuka tanggal 25 November 2021 hingga berakhir tanggal 5 Januari 2022.  

Mekanisme penukarannya mudah saja, konsumen yang memiliki botol plastik bekas minyak ikan tinggal mengumpulkannya dan membawanya ke Blackmores Pop Up Store yang bekerjasama dengan Guardian dan eRecycle di lokasi yang sudah ditentukan. 



Blackmores Peduli : Sebuah Langkah Sederhana dengan Dampak Besar

 #BeSureWithBlackmores #BlackmoresAlwaysDoMore #BlackmoresID

Blackmores Peduli selalu melakukan lebih ini dilakukan karena #Blackmores melihat semakin seriusnya isu pencemaran lingkungan.  Blackmores Peduli karena melihat saat ini kondisi sampah plastik di Indonesia memprihatinkan sekali. 

Data dari National Plastic Action Partnership (NPAP)1 menunjukkan sekitar 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik.  Berdasarkan data yang ada tercatat 48% di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik ini malah berakhir di laut.  

Indonesia juga tercatat sebagai salah satu kontributor pembuangan sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia dengan perkiraan sekitar 0,48 - 1.29 juta metrik ton per tahunnya.  Kondisi seperti inilah yang membuat Blackmores tergerak membuktikan perannya untuk hadir di tengah masyarakat dengan program Blackmores Peduli yang membawa dampak baik dan nyata, mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. 

Kepedulian ini diwujudkan dengan mengurangi jumlah sampah botol plastik dengan meluncurkan program Blackmores Peduli.  Mengumpulkan sebanyak-banyaknya botol plastik lalu mendaur botol plastik bekas minyak ikan merek apa pun supaya tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.  

Program Blackmores Peduli ini menjadi komitmen jangka panjang untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih untuk menjaga laut tetap bersih saat ini maupun masa depan.  Blackmores sendiri adalah sebuah perusahaan vitamin dan suplemen yang menjual produk yang sekitar 98% dalam kemasan botol kaca.  Target satu sampai dua tahun ke depan akan menggunakan 100% botol kaca.  

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Blackmores beserta program Blackmores Peduli bisa mampir ke akun sosial medianya yaitu akun instagram: @blckmoresid.  Blackmores Peduli sebuah langkah sederhana namun berdampak besar yang telah dilakukan oleh Blackmores ini semoga bisa menginspirasi perusahaan lainnya.  

Juga tentu saja semoga bisa menginspirasi kita sebagai pribadi untuk terus selalu peduli terhadap lingkungan sekitar kita.  Kita mulai kepedulian pada lingkungan ini mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai saat ini juga.  

Semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul #BlackmoresPeduli: Langkah Sederhana dengan Dampak Besar (Blackmores Peduli)  ini bisa memberikan inspirasi dan memberi manfaat untuk kita semua ya teman-teman.



Referensi:

http://www.lpksaitama.com/2018/10/budaya-makan-ikan-seperti-budaya-orang.html

https://food.detik.com/info-sehat/d-2518234/makan-100-gram-ikan-sehari-orang-jepang-punya-jantung-sehat-dan-berumur-panjang

https://www.beautynesia.id/berita-others/rahasia-otak-cerdas-orang-jepang-pantas-saja-teknologinya-maju/b-238012

https://lensabanyumas.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-241755410/atasi-persoalan-stunting-tingkat-konsumsi-ikan-nasional-perlu-ikuti-pola-di-jepang

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3220021/segudang-manfaat-makan-ikan-untuk-anak#:~:text=Perkembangan%20Otak%20Anak,ikan%20yang%20tinggi%20kandungan%20DHA.

53 komentar :

  1. Asyik nih mengonsumsi minyak ikan yang penuh manfaat tanpa bau amis dan ikut merawat lingkungan pula

    BalasHapus
  2. Setuju mbak langkah sederhana yang dilakukan Blackmores memberikan manfaat yang banyak untuk lingkungan dan manusia. Saya juga pecinta produk Blackmores mbak.

    BalasHapus
  3. simple steps yet big impact indeed.. Aku setuju banget mba dan dukung program ini supaya manajemen sampah plastik kita makin membaik

    BalasHapus
  4. Ingin, deh, seperti orang Jepang yang bisa sehat hingga usia senjanya. NGikutin kebiasaan banyak makan ikan segar. Sekarang dengan adanya Blackmores bisa lebih mudah mengonsumsi minyak ikan tanpa bau amis ya.

    BalasHapus
  5. kuharap semakin banyak yang menyontoh aksi dari blackmores ini. soalnya kan kita sekrang banyak konsumsi vitamin ya, jadi pasti limbah2 botol vitamin juga semakin banyak..

    BalasHapus
  6. Kini ada Blackmores Odourless Fish Oil yang bisa bermanfaat untuk tubuh. Dan manfaat lainnya adalah botol atau kemasan Blackmores bisa di daur ulang oleh Blackmores juga. Sehingga meningkatkan awareness kita semua terhadap kemasan plasik.

    BalasHapus
  7. Aku nggak bisa kaya orang Jepang yang makan ikan segar gitu, Mbak. Pasti harus diolah dulu. Jadi, untuk memenuhi asupan omega-3 bisa menggantinya pakai Blackmores, ya. Menariknya produk minyak ikan dari Blackmores enggak berbau jadi aku bisa meminumnya.

    Senang deh sama perusahaan yang peduli dengan lingkungan seperti Blackmores. Semoga kedepannya makin banyak industri yang aware.

    BalasHapus
  8. produk yang nggak hanya mementingkan laku ya ini mba ida, tapi kembali lagi memberikan kebermanfaatan dan menjaga alam lingkungan.

    BalasHapus
  9. Orang Sulawesi juga mayoritas penyuka ikan, Mbak Ida. Satu lagi penyumbang terbesar dari mereka yang panjang umur, yaitu gaya hidup atau pola makan. Seorang ibu sepuh saya temui masih sehat, kelahiran 1930-an, beliau kalau makan ikan dan sayuran bening. Sewaktu masih berusia 30-an saja belum ada ubannya .. masya Allah ya.

    Nah, Blackmores ini bisa jadi penyeimbang kita ya untuk hidup sehat, apalagi Blackmores pun peduli lingkungan jadi sekalian mengedukasi masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kenapa 30 wkwkwk ... 70-an, maksud saya.
      Di usia 70-an belum beruban.
      Rajin pakein santan di kepalanya beliau itu.
      Oiya makan ikannya pun sukanya yang direbus2 gitu, ga pake santan.

      Hapus
  10. Aku ga suka ikan, tapi Blackmores masih bisa aku konsumsi vitaminnya. manfaatnya juga banyak sekali.
    Blackmores ajarkan kita peduli pada lingkungan

    BalasHapus
  11. Jadi sekarang gak perlu khawatir lagi ya dg suplemen Blackmores fish oil kebutuhan konsumsi ikan sudah terpenuhi

    BalasHapus
  12. Masya Allah, programnya luar biasa lho kak. Jarang Lho perusahan yang juga peduli sama lingkungan. Menurutku Blackmores ini patut diacungi 2 jempol. Nyehatin kita dan juga nyehatin lingkungan

    BalasHapus
  13. Blacknores minyak ikan gak bau amis ya teh? Mau coba ah, soalnya anak-anak gak suka kalau bau amis

    BalasHapus
  14. Aku termasuk yang tidak suka ikan nih mba, jadi bakalan cocok ya mengonsumsi minyak ikan dari Blackmores ini untuk mendapatkan semua manfaat yang ada di dalam ikan tanpa perlu khawatir akan rasa amis.

    BalasHapus
  15. Keren banget Blackmores!!! Langkah nyata ini seharusnya banyak direplikasi para produsen lainnya juga ya. Aku sendiri pengguna minyak ikan odourless juga. Selama ini selalu dikumpul dan dikirim untuk didaur ulang. Setelah baca blog ini, aku akan coba kirim ke Blackmores Pop Up Store ^^ thanks infonya mba.

    BalasHapus
  16. Sebetulnya Indonesia geografisnya agak mirip Jepang, ya. Makanya saya suka agak heran, kalau masyarakat Indonesia kayak kurang menyukai ikan. Ditambah lagi dengan masalah pencemaran laut.

    Kalau saya sekeluarga suka makan ikan. Minyak ikan juga suka dikonsumsi. Jadi kayaknya bakalan cocok nih mengkonsumi Blackmores

    BalasHapus
  17. Blackmore memang spesialisasinya untuk vitamin. Ternyata juga punya interest untuk ikut menjaga lestari laut.

    BalasHapus
  18. ini nih yang kita butuhkan ya, program peduli lingkungan jangka panjang. terlebih lagi terkait lingkungan laut dan pesisir pantai. seperti yang kita tahu kalau laut udah tercemar parah dengan sampah plastiknya. gak sedikit kisah sedih ikan paus yang diperutnya terdapat banyak sampah plastik. miris banget kan? btw aku pengen tau nih soal proses daur ulang sampah plastiknya. meluncur ke ig nya Blackmores

    BalasHapus
  19. Senang deh Blackmores ikut berpartisipasi untuk mengurangi sampah dengan sistem pengembalian kemasan. Semoga ya program ini berlangsung lebih lama gak ada batas waktunya

    BalasHapus
  20. Iya mbak, orag Jepang memang suka sekali makan ikan segar kemudian dibuat sushi atau sashimi. Kedua hal ini membuat ikan tetap segar dan enak ketika di makan. Makanya Tanaka san bisa berumur panjang ya. Kita memang tertinggal kalau sudah berbicara tentang kuliner meskipun kuliner kita beragam tapi tidak ada menu ikan yang dimakan mentah ya mbak. Lagipula, kalau di makan mentah juga kita enggak tahu apakah layak konsumsi atau tidak. Minum Blackmores bisa menjadi salah satu alternatif mendapatkan asupan minyak ikan ya. btw, blackmores peduli ini juga patut diacungi jempol.

    BalasHapus
  21. hebat pisan Blackmores ya?

    Peduli masa depan bumi dengan menerapkan sircular economy

    biaya produksi meningkat tapi demi generasi masa depan, harusnya semua produsen melakukan

    BalasHapus
  22. Betul nih seafood itu bagus yaa banyak kandungan protein baik. Selain untuk kesehatan juga yang mengkonsumsinya bisa lebih pintar yaa. Btw Blackmores keren banget ngajak konsumen buat ngumpulin sampah botol plastik bekas minyak ikannya

    BalasHapus
  23. Konsumsi ikan memang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecerdasan otak, produk Blackmores memang sudah teruji yang kualitasnya, ditambah dengan program yang luar bisa dan memberikan dampak positif untuk masyarakat

    BalasHapus
  24. keren ya teh ini si blackmores programnya tuh bikin buibu sadar untuk lebih peduli lingkungan dengan mendaur ulang botol bekas blackmores

    BalasHapus
  25. Pentingnya memenuhi seluruh kebutuhan gizi yang didapat dari aneka ragam asupan makanan yang ada di alam. Aku termasuk yang suka ikan, teh. Tapi seringnya masak yang gak ikan. Hiiks~

    Melalui program Blackmores Peduli, kita semua bisa sehat dan tangguh dari asupan ikan dan tidak membiarkan produk hanya sekali pakai. Bisa di daur ulang dan menjadi ramah lingkungan.

    BalasHapus
  26. Salah satu contoh tindakan menjaga bumi yang perlu dicontoh nih. Selain mengajak untuk rutin mengkonsumsi minyak ikan juga mendorong masyarakat untuk mulai peduli lingkungan. Semoga semakin banyak perusahaan yang memiliki visi mulia seperti yang dilakukan Blackmores.

    BalasHapus
  27. waktu baca tentang kebiasaan orang jepang konsumsi ikan.. itu emang air di sono tuh bersiih mba. makanya rasa ikannya pun lezat, orang2 di sana sadar banget buat menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  28. Suka dengan program Blackmores nih, keren meski ada produk tapi produknya menjaga bumi dan lingkungan

    BalasHapus
  29. Wah akhirrnya ada solusi buat yang susah makan ikan nih

    BalasHapus
  30. Konsumsi Blackmores dalam waktu rutin akan menghasilkan kesehatan baik buat keluarga, sehat dan berkah adalah hal yang penting

    BalasHapus
  31. Bagus nih programnya Blackmores. Jadi bikin konsumen sadar akan lingkungan lewat program mengembalikan kemasan produk. Menariknya tiap konsumen yg ngembaliin produk dpt voucher lagi

    BalasHapus
  32. Pantas tim medis di tempat saya sangat menyarankan anak untuk mengonsumsi ikan. Kalau anak tidak makan ikan atau susah, bisa ganti dengan minyak ikan katanya. Hemm... Pastinya ini Blackmores ini salah satunya ya.

    BalasHapus
  33. vitamin dari blackmore ini salah satu yang aku konsumsi. walau harganya juga lumayan tapi aku suka cari pas ada promo hehe.. aku senang deh kalau ada perusahaan yang juga pikirkan soal SGDs gini.

    BalasHapus
  34. bagus banget ya Teh Ida

    Blackmores gak hanya bermanfaat untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk bumi karena fokus pada ekonomi sirkular

    BalasHapus
  35. Beruntungnya di rumah pada suka makan ikan. Apalagi makan sushi, tapi konsumsi minyak ikan tetap jalan teh di rumah pun. Mendukung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, udah gitu bagus banget program Blackmores ini, bentuk kepedulian pada bumi. Serem dan sedih aja gitu ya Indonesia jadi peringkat kedua di dunia dalam hal pembuangan sampah ke laut.

    BalasHapus
  36. Apa yang dilakukan oleh Blackmores ini patut diacungi jempol ya mbak
    Tidak hanya peduli dengan kelestarian lingkungan, tapi juga menggerakkan ekonomi sirkular

    BalasHapus
  37. Keren nih programnya blackmores peduli..Semoga diikuti perusahaan lainnya ya untuk peduli tentang sampah kemasan produknya..

    BalasHapus
  38. Seenggaknya dengan langkah sederhana ini akan mengurangi sampah botol yang akan terbuang ke alam. Dan kitanya juga mendapatkan keuntungan dari vouchernya. Semoga setelah ini, kebiasaan baiknya tetap ikut serta.

    BalasHapus
  39. Ooo jadi rahasia panjang umur orang jepang itu karena suka makan ikan segar ya. Karena ikan segar banyak mengandung lemak omega 3 yang bagus buat jantung dan kesehatan ya. Tapi sekarang bisa mengkomsumsi minyak ikan dari blacmores aja ya. Apalagi Blacmores juga ternyata peduli lingkungan juga ya 😊

    BalasHapus
  40. Hai kak Blackmores itu memang bagus,aku sudah lama komsumsi fih oil 1000 mg/400 capsule,bermanfaat sekali tubuh lebih sehat dan kulit bagus ya

    BalasHapus
  41. Produk Blackmores sudah tersebar luas di masyarakat ya.. aku baru tahu kalau dia juga turut andil dalam menjaga lingkungan

    BalasHapus
  42. senangnya ya teh bisa ada program ini tapi semoga ada kelanjutannya ga cuma sampe tanggl 05 aja ya teh

    BalasHapus
  43. Sudah sering mendengar tentang Blackmores tapi baru tahu kalau manfaatnya begini besar bagi tubuh dan ada program Blackmores peduli. Keren!

    BalasHapus
  44. Manfaat ikan bagus memang ya, dan kini ada solusi untuk mendapatkan manfaatnya dari Blackmores Odourless Fish Oil..Apalagi dengan kepeduliaan perusahaan ini dengan program yang menunjukkan komitmen terhadap lingkungan dan aksi nyata dalam menanggapi isu lingkungan di sekitar kita. Salut untuk Blackmores!

    BalasHapus
  45. Suka sekali baca tyulisan Kak Ida. Panjang tapi gak bikin bosen. Setuju dengan langkah blackmores melindungi bumi. Saya juga biasa konsumsi supplemen produk blackmores lho...

    BalasHapus
  46. Kalau saya yang berada di lingkungan tempat tinggal saya. Orang-orang yang peduli terhadap sampah itu minim. Rasanya kalau ketemu suatu program kepedulian sampah itu membuat saya bahagia dan tenang gitu. Apalagi blackmores ini selain memberikan solusi bagi masalah kesehatan jantung dan peduli terhadap lingkungan. Bena-benar mantap jiwa deh.

    BalasHapus
  47. Dulu waktu hamil saya suka banget mengkonsumsi minyak ikan. Emang bagus buat kesehatan ya. Anak2 juga mengkonsumsi ini.

    BalasHapus
  48. Blackmores ini memang pilihan ya. Waktu aku hamil Hanan, vitaminnya dari merk ini juga.

    BalasHapus
  49. Sudah saatnya kita peduli pada lingkungan dan sampah yang kita hasilkan ya mba. Apalagi program Blackmores Peduli juga turut andil dalam mengurangi dan mengelola sampah untuk bumi yang lebih baik.

    BalasHapus
  50. Ah ya saya suka banget makan ikan karena kandungan nutrisi dan omega nya membantu menyehatkan fungsi kerja organ tubuh untung sekarang sdh ada Blackmore ya jadi lebih simpel mengkonsumsi asupan nutrisi yg ada pada ikan

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah kami yang tinggal di Sulawesi selalu bisa makan ikan segar, sedari kecil anak-anak pun juga dibiasakan makan ikan.
    dengan adanya Blackmores Fish oil ini sangat memudahkan buat semua ya, even kami pun yang doyan ikan, biar kebutuhan omega tetap tercukupi.

    BalasHapus
  52. wah tercukupi asupan omega dari fish oil blackmores yang peduli lingkungan

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^