blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Jan 2022

Tips Agar Bersemangat


Tips Agar Bersemangat

Tips Agar Bersemangat  Sebetulnya di awal 2022 ini memiliki semangat yang lebih baik untuk aktif menulis di blog Cerita Ida ini.  Ada keinginan untuk bisa menulis tanpa peduli apakah ada job menulis atau tidak.  Menuliskan dua kalimat di awal tulisan ini jadi ingat zaman awal-awal menulis di blog. 

Betulkah Saya Bersemangat? 

Dulu saat jadi blogger belum seramai sekarang ini, menulis itu pure, murni benar-benar menulis karena memang  ingin menulis, bukan karena ada job yang mengharuskan menulis.  Mengingat dulu menjadi blogger itu memang hanya sekedar hobi saja, tidak terpikirkan sama sekali bisa menghasilkan uang seperti sekarang ini.

Ya semangat muncul saat kita sudah memiliki sebuah niat, tentu niat ini akan menjadi sebuah motivasi yang mendorong kita melakukan sesuatu.  Sayangnya ternyata niat saya untuk kembali aktif menulis di blog belum terlalu kuat, hingga sampai menjelang akhir bulan Januari 2022 ini hanya ada tiga tulisan, dan hanya sebuah tulisan organik yang terposting.

Memang sih ada sebuah alasan yang sebetulnya bisa menjadi alasan pembenaran mengapa niat itu baru sebatas niat.  Akhirnya saya pun enjoy dengan melegitimasi alasan itu, hingga sampai di akhir Januari ini tetap saja belum bisa aktif menulis.  

Sampai akhirnya tiba pada satu titik kesadaran, dan muncul sebuah pertanyaan mau sampai kapan saya bisa berdamai dengan kenyataan yang ada?  Bagaimana kalau Allah SWT membuat kondisi yang membuat saya permisif terhadap keengganan untuk menulis ini berlangsung lama?  Apa saya akan membiarkan semangat yang mulai muncul itu lambat laun terkikis kembali lalu hilang terbang tanpa bekas?

Arti Semangat

Bukan semangat namanya bila hanya terkendala sebuah kondisi akhirnya membuat semangat menjadi tanpa aksi.  Bukan semangat namanya bila tidak memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu.  Bukan...bukan semangat itu namanya...

Kemudian saya akhirnya jadi searching dong tentang makna semangat itu sendiri.  Dan taraaa....hasilnya bisa disimpulkan bahwa apa yang mulai muncul dalam diri ini bukan sebuah semangat ternyata.... karena perasaan sih belum sesuai dengan arti semangat yang ada di dalam KBBI.

Menurut KBBI arti semangat adalah roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk baik hidup maupun mati, semangat berarti perasaan hati, nafsu, gairah, kemauaan untuk berjuang, bekerja.

Dari arti semangat itu jadi paham nih bahwa yang saya anggap semangat di awal Januari 2022 ini bukanlah sebuah semangat.  Melihat realita sampai tanggal 25 Januari ini masih bertengger tiga tulisan saja, bahkan salah satunya merupakan tulisan yang ditulis beberapa bulan lalu dan baru boleh posting bulan ini....semangatku masih nonsense ternyata....

Tips Agar  Bisa Bersemangat

Tapi jadi berpikir dong, bagaimana memunculkan semangat itu..., bagaimana supaya benar-benar bersemangat?  Bukan sekadar menganggapnya sebuah semangat tetapi realitanya malah tidak bersemangat.

Dari beberapa referensi yang saya baca dan berdasarkan pengalaman serta pengamatan terhadap orang-orang yang bersemangat akhirnya bisa disimpulkan tips untuk bisa bersemangat.  Tips semangat ini bersifat umum tidak hanya untuk semangat menulis saja tentunya.

1.  Tetapkan Tujuan atau Goals yang Jelas

Menetapkan tujuan itu penting karena dengan menetapkan tujuan ada sesuatu hal yang penting yang harus kita capai.  Kita jadi lebih bersemangat dan fokus untuk melakukan sesuatu karena ada goals atau tujuan yang ingin kita raih.

Buatlah goals yang jelas lebih baik lagi kalau ditulis dengan lebih rinci dan detail, lebih realistis karena akan lebih menjelaskan apa yang harus kita lakukan.   Semua yang kita tulis ini akan memberikan motivasi untuk bergerak dan melakukan yang ingin kita raih, tepatnya akan lebih bersemangat.

Tulis goals kita di dalam agenda kerja, tulis juga di kertas dan tempelkan di tempat yang sering kita lihat.  Simpan juga di depan meja kerja kita sehingga lebih memudahkan kita untuk ingat terus akan tujuan kita.  Jika perlu pajang juga kutipan atau quotes yang akan memberikan semangat.

2.  Mulai dari Saat Ini 

Jangan menunda-nunda sesuatu karena setelah kita menundanya akan ada banyak alasan lain yang akhirnya membuat kita tidak jadi melakukan sesuatu.  Menunda pekerjaan membuat niat atau semangat yang ada lambat laun menjadi mengendor.




3.  Awali dengan Melakukan yang Mudah untuk Kita

Kalau dalam hal menulis, tulislah apa yang ingin kita tulis, menulislah dimulai dengan apa yang kita kuasai dan pahami.  Setelah menulis jadi kebiasaan baru memulai untuk menulis sesuatu yang lebih sulit yang membutuhkan banyak referensi.

Cara seperti ini tentu saja akan memperlancar langkah kita melakukan tujuan, kalau belum apa-apa sudah membuat kita kesulitan tentu langkah awal akan menjadi tersendat-sendat bukan mustahil malah jadi mogok.

3.  Temukan Motivasi

Menemukan motivasi tentu akan membuat semangat mencapai tujuan menjadi lebih menggebu.  Banyak cara untuk menemukan motivasi, bisa bergabung di komunitas yang mendukung tujuan kita dengan cara ini kita akan mendapatkan banyak motivasi dan berbagai hal yang mendukung dari teman komunitas.

Kalau ingin bersemangat menulis ya gabung dengan grup-grup yang berhubungan dengan menulis.  Dengan cara ini semangat menulis akan terus terjaga bahkan bisa lebih meletup-letup saat menemukan komunitas yang tepat.

4.  Bersyukur dan Mengapresiasi Diri

Setelah kita berada dalam track yang benar, misalnya sudah mulai melangkah dengan menulis sesuatu, syukuri tiap kemajuan sesedikit apa pun.  Apresiasi diri saat sudah menyelesaikan sebuah langkah menuju tujuan.

Misalnya kalau di tips agar semangat menulis ini, saat sudah bisa membuat sebuah tulisan kita bisa mengapresiasi diri dengan memberikan reward.  Bisa memberikan me time khusus, bisa membelikan sesuatu atau hanya dengan ucapan atau kata-kata syukur untuk diri kita.

5.  Buat Lingkungan yang Nyaman

Membuat lingkungan yang nyaman insya Allah bisa meningkatkan motivasi kita dalam meraih tujuan yang ingin kita capai.  Ciptakan lingkungan yang benar-benar kita inginkan, ini kita lakukan sesuai dengan kemampuan diri kita terutama dalam budget -nya.

Kita bisa membuat lingkungan kerja yang kita inginkan, kalau dalam tips agar semangat dalam menulis buatlah meja kerja yang nyaman menurut kita.  Nyaman menurut kita tentu berbeda dengan nyaman untuk orang lain, ada yang senang meja kerja berantakan ada yang senang rapi, apa pun itu buatlah sesuka kita.

Tapi meski kita senang meja yang berantakan misalnya buatlah di sekeliling meja itu sesuatu yang enak dipandang.  Sesuatu yang membuat kita betah berlama-lama ada di situ.  Dengan demikian akan memperlancar tujuan kita, akan muncul ide-ide brilian untuk menulis. Mulailah dengan penataan ruangan yang nyaman, warna dan perabotan yang kita gunakan.

6.  Menambah Ilmu Pengetahuan

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, sering mendengar hal seperti itu bukan?  Kita perlu juga menambah ilmu yang berkaitan dengan tujuan yang akan kita raih. Galilah ilmu sebanyak mungkin dari berbagai sumber yang bisa kita dapatkan.

Semakin banyak ilmu maka akan semakin banyak pengalaman yang kita dapatkan insya Allah ini akan beimbas pada bertambahnya semangat menggapai impian kita.  Di dalam tips agar semangat menulis ini tentu dengan bertambah pengalaman dan ilmu dalam bidang menulis akan semankin mendukung meraih hasil yang cita-cita kan.  

7.  Berpikir Positif

Seberapa sulit impian kita, seberapa sulit yang kita lakukan dengan berpikir positif tentu akan membuat kita tetap bersemangat.   Meski menemukan kendala, menemukan permasalahan yang sulit saat meraih impian tidak akan terpengaruh oleh pikiran negatif yang menyurutkan langkah kita menggapai impian.

Dengan berpikir positif kita akan terus bertumbuh, berkembang menjadi manusia yang terus lebih baik lagi dan lagi.  Kita bahkan bisa menjadi manusia yang tidak hanya bersemangat untuk diri sendiri tetapi juga bisa menularkan semangat itu kepada lingkungan di sekitar kita.

8. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan fisik dan jiwa kita penting sekali, karena dengan fisik dan jiwa yang sehat akan meningkatkan hormon endorphin yang akan menambah perasaan senang dan nyaman.  Tidur yang cukup, olah raga yang rutin, makan dan minuman yang sehat, berjemur secara rutin, merawat diri serta memiliki pikiran positif  akan membuat fisik dan jiwa kita sehat.

Berjemur yang rutin di pagi hari sambil berolah raga akan meningkatkan serotonin dalam tubuh yang akan membantu menghilangkan stress atau depresi bila itu ada dalam diri kita.

Kesehatan jiwa dan fisik ini akan mendukung langkah kita di dalam menggapai impian kita.  Bayangkan saja kalau sakit boro-boro melakukan aktivitas malah yang ada kita hanya bisa rebahan sambil merasakan rasa sakit di tempat tidur.  Jadi agar bisa meraih mimpi kita pola hidup kita haruslah pola hidup yang sehat. 

9. Traveling  

Pergi traveling, berlibur ke tempat yang menyenangkan juga merupakan cara ampuh untuk meningkatkan semangat.  Terlebih untuk tips agar semangat menulis pengalaman kita bertraveling akan menjadi sumber inspirasi untuk menulis.

Menemukan suasana baru yang berbeda dari rutinitas kita, bertemu dengan orang-orang baru, pengalaman baru dengn berbagai ceritanya masing-masing bisa membuat kita kembali fresh dan bersemangat menghadapi kehidupan selanjutnya.  

Kalau bisa saat berlibur jauhkan diri kita dari sosial media kecuali untuk hal-hal yang penting yang tidak bisa kita hindari.  Traveling juga harus memindahkan diri kita dari keramaian bersosial media, hingga kita bisa fokus menikmati traveling.  

Nah teman-teman itulah beberapa tips agar bersemangat dari Cerita Ida semoga dengan menulis tulisan berjudul Tips Agar Bersemangat ini bisa memberi semangat atau motivasi menggapai impian penulis.  Lebih berbahagia lagi kalau tulisan ini memberi manfaat untuk membacanya.  


29 komentar :

  1. Tips menjaga diri tetap semangat secara berurutan bisa digunakan, saat pandemi butuh semangat

    BalasHapus
  2. Yeah tipsnya mantul bangat.Bersemangat yang aku lakukan adalah Temukan Motivasi & Bersyukur Dalam Mengapreasi Diri.Tulisan yang memberi semangat untukku

    BalasHapus
  3. Saya baru berusaha untuk kontinu melakukan Bersyukur dan Mengapresiasi Diri. Apalagi kelamaan berkegiatan di rumah saja, rasa jenuh serta lelah sering melanda. Jadilah perlu banget booster seperti bersyukur dan mengapresiasi diri. Mantap kakak tips-tipsnya

    BalasHapus
  4. kalo saya paling kerasa sewaktu nambah olmu pengetahuan, teh Ida

    bangun pagi rasanya exciting banget

    karena ada sesuatu yang baru yang akan dikerjakan hari ini

    BalasHapus
  5. Nggak mudah sih membangun semangat. Kadang kita terdengar antusias saat rencana mulai terancang. Seolah meyakinkan bahwa kita akan bisa menyelesaikannya sampai akhir.

    Tapi, lambat laun antusiasme itu redup. Hingga semangat mulai layu.

    Emang butuh booster sih. Dan tips untuk mengembalikan semangat kita.

    Thank for sharing tipsnya ya, Kak...

    BalasHapus
  6. menambah semangat memang terkadang agak sulit, apalagi kalau mood lagi males, udah deh ... segala-galanya serba males mau ngerjaain apapun juga, Memang terkadang booster sangat diperlukan untuk membangun semangat kembali

    BalasHapus
  7. 9 tips yang jitu banget Mbak Ida. Nyatanya ya jika kita ingin menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berkualitas, semua harus dimulai dari diri sendiri. Tata diri dengan berbagai pemikiran positif hingga akhirnya bisa menghasilkan sesuatu yang positif juga.

    BalasHapus
  8. Aku juga pengen bersemangat gitu Teh, tapi kadang badan udah capek duluan. Anak anak udah mulai rutin sekolahnya, sekarang jadi macan ternak lagi. Emang perlu penyesuaian lagi sih...

    BalasHapus
  9. Walau kadang berat, semangat dalam diri harus terus dipompa yaa agar ia tetap ada. Saya masih kesulitan nih memompa semangat karena sering ngantuk duluan karena udah kelelahan bekerja

    BalasHapus
  10. Semangat bisa mengobati badan yg gak sehat yakan mba apalagi di masa pandemi ini. penting sekali buat meningkatkan imunitas tubuh.

    BalasHapus
  11. Benerapa hal yg saya lakukan kadang gak semangat. pengaruh pula ke kondisi badan, jadi gak sehat ya hehe. makasih tipsnya, biar bisa semangat terus euy

    BalasHapus
  12. Membuat semangat stabil memang tidak semudah meniatkannya ya, mba. Saya termasuk yang merasakan ini. Sekarang semangat menonton, semangat menulisnya kendor, hiks. Tips ini patut dipraktikkan agar semangat ngeblog tetap terjaga.

    BalasHapus
  13. Aduh ikut ketabok saya, ini udah hari ke 27 di bulan Januari, tapi tulisan di blog juga masih sedikit.

    Terimakasih tipsnya mbak, mesti sering dibaca lagi sebagai pengingat, nggak cuma dibaca tapi juga dilaksanakan

    BalasHapus
  14. Penting banget untuk tetap bersemangat menjalani segala aktivitas kita sehari-hari. Terima kasih tipsnya. Bakal aku inget2 buat diterapkan deh

    BalasHapus
  15. Punya badan yang sehat segar bugar termasuk ikhtiar buat tetap semangat ya Teh. Sama membiasakan untuk nggak menunda nunda segala yang sudah ditargetkan sih ya. Soalnya waktu kan berjalan terus.

    BalasHapus
  16. Dulu mulai ngeblog karena emang hobi. Lama-lama ngeblog kalau ada job doang. Tapi bismillah awal tahun ini mau berbenah lagi dari awal. Semangatin niat nya dulu biar pelan-pelan terlaksana. Makasih artikelnya aku banget

    BalasHapus
  17. Yuk terus semangat dalam menulis blog mbak. Aku juga di 2022 udah meniatkan diri bakal rajin ngepost tulisan organik di blog. Sekarang udah banyak judul-judul yang aku siapkan. Sebagian udah dieksekusi, sebagian lagi belum. Kadang tu pas lagi semangatnya nulis, mata ini yang lelah ngadap hp. Pengen diistirahatkan wkwk

    BalasHapus
  18. Berpikir positif sama buat lingkungan nyaman setuju banget nih saya ama tipsnya . Semoga kita tetap sehat sehingga bisa terus produktif ya kak

    BalasHapus
  19. Bener banget teh semuanya dan yang terpenting kita tahu apa goals kita jadinya kita semangat buat ngejar itu semua. Kalau dirasa capek ya istirahat dulu mereka tk menarik kemudian semangat mengejar goals kita deh hehe.

    BalasHapus
  20. mantap mba tipsnya.. aku juga hal pertama yang kulakukan supaya semangat terus adalah menentukan goal yang jelas. jadi lebih tertarget apa aja yang mau kita capai. kalo kayak gitu bikin termotivasi.. dan yang terpenting adalah diberi kesehatan selalu supaya gak menghambat produktivitas dan semangat..

    BalasHapus
  21. Amin, yuk kita tetap semangat nulis dengan atau belum ada job. Perlahan-lahan aku mulai juga nih, Mbak. Kasihan juga blogku yang udah bersarang laba-laba. Yuk mulai dari sini, sekarang

    BalasHapus
  22. Jadi malu sendiri baca tulisan Teh Ida hehehe...
    Karena saya juga bersemangat untuk ngeblog di awal tahun ini, tapi kenyataannya hanya ngisi tulisan job aja hiks.
    Motivasinya harus diperbaiki lagi ini mah :)

    BalasHapus
  23. bener mba, setuju, terimakasih remindernya untuk tetap semangat! tujuan yang mau kita capai harus jelas dan terukur, lalu mulai dari hal yang termudah untuk kita lalukan. mulai, kalo ga mulai2 ya ga kelar2 x))

    BalasHapus
  24. Halo mba Indah, hal utama memang yang harus kita lakukan memang adalah menetapkan tujuannya. Ini penting banget agar kita bisa tahu juga apa yang harus kita lakukan

    BalasHapus
  25. Suka banget dengan motivasi teh Ida mengenai menulis.
    Aku juga targetnya setiap hari menulis, teh.. Tapi seringnya kaya yang memaklumi diri sendiri.

    "Oh, ya udah lah...hari ini istirahat dulu. Kan akunya capek."
    Kalo uda bolong sehari, besokannya minta bolong lagi.Jadi kurang semangat.

    Kudu banget bergabung dengan komunitas menulis, agar selalu termotivasi menulis. Karena terasa menyenangkan bila sudah selesai menulis. Plonk, feel happy.

    BalasHapus
  26. Baca tulisan ini jadi nambah semangat aku deh mba. Yang selama ini lebih sering nulis pas lagi ada job aja. Makasih ya tips agar bersemangatnya ❤️

    BalasHapus
  27. Mba Ida, bener banget itu tipsnya,tambahin jauhin temen toxic wkwkwkwk. Aku pengen banget traveling nih biar tambah semangat menulis. Capek juga jadi emak-emak, buntu pikiran mau nulis wkwkkw

    BalasHapus
  28. jujur aja sih, aku tuh kurang travelling. Sepertinya mulai untuk merencakanan perjalanan di daerah2 terdekat deh

    BalasHapus
  29. Bener nih dengan adanya goal atau tujuan yang mau dicapai kita jadi semangat mau mengerjakannya apalagi kalau dikasih tenggat waktu.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^