blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

8 Jun 2022

Manfaat dan Isi Kotak P3K

Isi Kotak P3K


Manfaat dan Isi Kotak P3K   Tersandung dan terjatuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses tumbuh kembang balita. Keseimbangan tubuh dan kemampuan otot yang belum sempurna menjadi penyebab utamanya.  Kemudian di masa anak-anak aktivitas motorik kasar mereka yang luar biasa membuat kejadian 'terjatuh' pun menjadi suatu hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Kotak P3K Penting?

Namun ternyata terjatuh tidak saja terjadi pada balita dan anak-anak.  Meski tidak sering tapi orang dewasa pun sesekali mengalami peristiwa terjatuh.  Beberapa kali hal ini pun saya alami, paling sering terjadi terjatuh dari motor.  

Itulah mengapa kotak P3 K atau kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan harus ada di setiap rumah. Untuk mencegah infeksi luka setiap kejadian terjatuh yang saya lakukan adalah memberikan Betadine di area yang terluka.  Betadine menjadi obat wajib yang harus ada dalam kotak P3K kita.  

Dari saat saya kecil sampai memiliki anak-anak yang sudah besar tetap saja obat luka berdarah itu bernama Betadine.  Mungkin karena sudah teruji keampuhannya sehingga obat ini dipakai dimana-mana dan oleh siapa saja serta kapan saja.

Kejadian terjatuh dari motor yang paling saya ingat adalah saat traveling ke Labuan Bajo.  Saat itu saya dibonceng sahabat saya yang kini sudah menjadi almarhumah, Andriyani namanya.  Seperti biasa setiap berkeliling untuk eksplore berbagai tempat wisata di tempat yang kami kunjungi kami selalu menyewa motor.

Sepulang dari mengunjungi sebuah pantai ternyata jalan setapak yang kami lewati penuh dengan bebatuan yang tidak rata.  Kondisi jalan yang buruk dan menurun membuat Andri hilang kendali dan terjatuhlah saya yang dibonceng dengan luka di sekitar lutut dan betis.  Memanjang dari lutut sampai ke bawah. Agar luka cepat mengering dan menghindari infeksi di perjalanan menuju hotel kami membeli Betadine.   

Terjatuh saat membonceng anak-anak pun beberapa kali terjadi.  Beruntung hal itu tidak membuat mereka trauma dibonceng emaknya ini. Meski sudah berupaya hati-hati tetapi kejadian terjatuh tetap saja bisa terjadi.  

Manfaat Kotak P3K

Kecelakaan-kecelakaan kecil kadang terjadi tiba-tiba tanpa kita perkirakan sebelumnya.  Kalau sudah takdir kecelakaan dimana-mana bisa terjadi tanpa bisa kita hindari.  Di dapur teriris pisau, di kebun tertusuk duri dan peristiwa sehari-hari lainnya yang kerap terjadi.  Kecelakaan-kecelakaan kecil sebagai pengingat kepada kita agar lebih berhati-hati.

Jadi memang meski sudah tidak ada anak-anak lagi yang sering terjatuh kotak P3 K harus selalu kita sediakan.  Kotak P3K berfungsi sebagai sebuah tempat yang menyediakan obat-obatan dan peralatan yang diberikan kepada seseorang yang mengalami kecelakaan atau menderita sakit sebelum mendapat pertolongan medis.

Pertolongan pertama ini berfungsi untuk memberikan perasaan tenang kepada korban sebelum mendapatkan tindakan lebih lanjut dari tenaga medis.  Selain itu untuk mencegah atau mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi akibat luka karena kecelakaan tersebut. 

Apa Isi Kotak P3K?

Setelah mengetahui pentingnya Kotak P3K, kita pun harus tahu apa saja yang harus ada di dalam kotak P3K itu.  Isi dari kotak P3K itu antara lain adalah:

Obat antiseptik Betadine merupakan hal yang wajib ada di dalam kotak P3K.  Obat berbahan aktif Povidone-Iodine (PVPI) ini memang sudah terbukti ampuh membinasakan berbagai jenis kuman serta jamur dalam waktu yang cukup singkat.

PVPI ini bekerja dengan cepat mengatasi kuman penyebab infeksi, menurunkan 99,999% biofilm yang terdapat dalam kultur kuman penyebab infeksi.  Sampai saat ini belum pernah dilaporkan adanya resistensi yang bermakna secara klinis dari pemakaian Betadine ini.

Betadine memiliki dua varian bentuk yaitu cair dan salep dengan kegunaan serta komposisi berbeda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang kandungan dan manfaat dari Betadine ini teman-teman bisa mampir ke websitenya di https://betadine.co.id .  Selain itu juga teman-teman bisa mengetahui produk-produk lain dari Betadine ini.

Selain Betadine di dalam kotak P3K ini harus ada benda-benda lainnya seperti:

Perban, kain kasa gulung dan steril, peniti, sarung tangan lateks, pinset, gunting, tisu pembersih, plester, alkohol, cairan untuk membersihkan benda asing pada luka seperti larutan garam atau air steril, salep antiseptik, salep luka bakar.

Obat-obat lainnya seperti obat pereda gatal  karena alergi atau gigitan serangga, obat anti nyeri (paracetamol, misalnya.  Paracetamol juga bisa digunakan sebagai obat pereda demam), Obat flu  dan lainnya.

Selain itu juga kita bisa menyimpan termometer untuk mengukur suhu badan di kotak P3K ini.  Menyediakan tensi meter juga perlu karena kadang kita harus mengetahui tensi darah sebelum memberikan pertolongan lebih lanjut.  Tensi meter ini sekarang sudah tersedia produk yang  praktis dan mudah menggunaannya.  

Selain benda-benda ini menyediakan buku petunjuk atau buku panduan pertolongan pertama pada kecelakaan  akan sangat membantu bagi yang baru pertama kali memberikan penangan pada korban. Oleh karena itu menyelipkan tulisan atau buku petunjuk menjadi hal yang cukup penting. 

Nah teman-teman cukup sekian tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Manfaat dan Isi Kotak P3K.  Semoga tulisan ini bermanfaat ya teman-teman....

20 komentar :

  1. waah..ternyata kotak p3k kami masih jauuh dari lengkap nih. terima kasih infonya ya mba..jadi berniat utk melengkapi nya deh..

    BalasHapus
  2. keliatan sepele tapi emang ya kotak P3K tuh paling penting, dan jangan lupa di cek secara berkala juga, ngeri pas mau pakai udah pada exp hahaaa

    BalasHapus
  3. iya sih kotak P3K tuh usahakan selalu tersedia di rumah karena selalu ada masa dimana orang rumah tahu kemana harus berlari buat ngasi obat secara cepat.

    BalasHapus
  4. Di tiap rumah penting nih ada kotak P3K. Kita tidak pernah tau kan mba kapan ada insiden, misalnya kayak jatuh atau tergores pisau. Kalau udah nyiapin kotak P3K udah ayem lah sewaktu2 dibutuhkan.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat pas zaman sekolah dulu. Saya jadi bendahara kelas, nah ada deh itu pengeluaran kas untuk pembelian kotak P3K berikut juga isinya. Salah satu isinya pastinya ya Betadine ini.

    BalasHapus
  6. Membaca artikel mba Ida saya langsung ingat kalau kotak P3K di rumah udah lama berpindah tempat, dan perlengkapan untuk pertolongan pertama kalau luka seperti Betadine dkk belum di satu tempat. Harusnya disatukan di kotak P3K biar memudahkan.

    BalasHapus
  7. aku gak punya kotak P3K, iya sih jadi repot kalau ada yang jatuh atau apa, jadi nyari2 plester, obat dll itu susah banget, aku selalu sedia sih obat2 cuma itu kadang lupa naruhnya dimana

    BalasHapus
  8. Kotak P3K saya kurang lengkap nih. Kalau kain kasa sih nggak ada. Plester juga yang biasa aja. Tapi Betadine memang selalu sedia di rumah. Obat penurun panas dan termometer juga penting banget. Apalagi pas pandemi begini.

    BalasHapus
  9. Ya, penting banget punya kotak P3K. Karena hal-hal kecil bisa saja terjadi. Makanya suka saya cek juga. Siapa tau ada yang kedaluwarsa atau sudah habis

    BalasHapus
  10. Salah satu jenis kebutuhan utama keluarga ini ya. Apalagi pas anak-anak masih di usia sekolah. Adddaaa saja kejadian yang butuh segera buka kotak P3K.

    BalasHapus
  11. aku selalu punya kotak P3K di rumah dan di mobil mba.. malah kalau di banyak negara wajib untuk punya di mobil juga. Soalnya memang penting ya

    BalasHapus
  12. Di rumahku juga tersedia kotak P3K mbak dan kalau jalan aku bawa juga sebagian isinya. Yg pasti kudu ada antiseptik, obat luka, ma plester biar kalau ada apa2 bisa langsung lakukan pertolongan pertama :D
    Betadine nih salah satu andalan kalau terluka :D

    BalasHapus
  13. Kotak p3k itu penting ya.. bukan hanya saat punya balita. Tersandung sehingga berdarah, teriris pisau, dll pernah dialami. Dan betadine itu harus selalu ada di kotak p3k

    BalasHapus
  14. Betadine tuh wajib ada di kotak p3k, karena yang namanya accident walau hanya terkena pisau atau anak jatuh saat bermain tuh berguna banget sih, wajib ada kotak p3k di rumah dan di mobil

    BalasHapus
  15. Aku termasuk orang yg gak nyediain kotak P3K di rumah Mba, padahal penting bgt buat penyelamat disaat urgent ya. Betadine emang udah andalan dr dulu, klo pas anak2 jatoh saat maen

    BalasHapus
  16. Iya banget, teh..
    Kotak P3K ini wajib ada di rumah. Jadi ketika ada kecelakaan ((semoga bukan hal yang besar)) bisa segera diatasi dengan bantuan kotak P3K.

    Yang paling sering reload memang Betadine antiseptik dan plester luka.

    BalasHapus
  17. Memang sudah seharusnya kotak P3K ada di rumah, karena luka atau penyakit bisa terjadi kapan saja. Apalagi untuk keluarga yang punya anak kecil, harus siap sedia!

    BalasHapus
  18. Dari dulu isi kotak p3k yang ada di rumah pasti ada betadine, entah aku beli sendiri atau pas beli sepaket dapat betadine

    BalasHapus
  19. iya mbak memang di rumah tetap harus menyediakan kotak P3K yaa, agar kalau ada kejadian yang tidak diinginkan di rumah cepat penangannya, minimal saya menyediakan betadine mbak dan minyak urut minyak herba sinergi

    BalasHapus
  20. iya bener mba, tiap rumah sebaiknya punya kotak p3k. persediaan isi kotak p3k nya harus dicek secara berkala. jangan sampe ada obat yang sudah kadaluarsa tapi masih tersimpan atau kasa sampai menguning karena lama tak terpakai :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^