blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

15 Jul 2022

Kledo, Software Akuntansi Online yang Mudah, Murah dan User Friendly



Kledo, Software Akuntansi Online yang Mudah, Murah dan User Friendly  Mataku tertumbuk pada deretan mesin cuci dan mesin pengering pakaian yang sudah rongsok.  Ingatanku pun melayang saat jatuh bangun memajukan usaha laundri selama lebih dari dari sepuluh tahun.  Saat-saat penuh perjuangan yang tak pernah kulupakan.  Ada air mata dan tawa mengiringinya.  

Ya kini tiga tahun sudah saya berhenti dari usaha laundri yang telah banyak memberikan beragam kenangan.  Sebetulnya sayang untuk menghentikan usaha ini.  Tapi sepertinya saya terlalu lelah jiwa dan raga untuk melanjutkan usaha yang telah banyak membantu roda perekonomian keluarga kami.


Ruangan Laundry yang kini jadi tempat pengajian anak-anak


Kisah Hancurnya Sebuah Usaha

Cekas Laundri, usaha rumahan yang pernah maju cukup pesat hingga memiliki banyak pegawai itu kini tinggal kenangan.  Ruangan seluas empat puluh meter persegi itu kini telah berubah fungsi menjadi tempat mengaji anak-anak di sekitar rumah.

Dulu beberapa teman pengusaha laundry pernah mengirimkan karyawannya untuk belajar dari perusahaan Cekas Laundri ini. Ya, Cekas Laundri sempat jadi tempat training beberapa karyawan perusahaan laundri dari Bandung.  Seharusnya dengan semakin banyak pengalaman usaha ini semakin maju dan mengembangkan sayapnya membangun cabang-cabangnya.

Foto kenang-kenangan salah satu sudut Cekas Laundry

Sayangnya sejumlah kesalahan dalam pengelolaan membuat usaha ini jalan di tempat bahkan cenderung menurun.  Tanpa manajemen yang bagus menjadikan beberapa kali mendapatkan karyawan yang tidak jujur yang menilap keuangan perusahaan yang membuat saya tidak mudah percaya pada orang lain.

Kesalahan dalam berbagai hal memang memunculkan banyak permasalahan. Akhirnya dengan berat hati, karena merasa lelah lahir batin kami tutup usaha ini. Alhamdulillah dua tahun kemudian kami pun merintis usaha baru. 

Tidak ada kegagalan, yang ada hanyalah kesuksesan yang tertunda.  Sungguh jatuh bangun usaha Cekas Laundri ini memberikan banyak kenangan dan pengalaman yang sangat berharga.  Melalui tulisan ini saya berharap menjadi sebuah pembelajaran berharga juga untuk teman-teman yang membacanya.

Sebagai lulusan dan mantan mahasiswi jurusan akuntansi sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung sebetulnya saya harus memahami bahwa pencatatan keuangan untuk sebuah perusahaan itu penting sekali.

Sayangnya karena saya melakukan segala sesuatu lebih banyak sendirinya hingga akhirnya pencatatan keuangan Cekas Laundri terbengkalai.  Fokus saya terbagi pada pekerjaan yang seharusnya bisa saya limpahkan kepada orang lain.

Penyebab 'Malas' Membuat Catatan Keuangan Perusahaan

Hanya laporan keuangan arus kas saja yang mampu saya buat, sementara laporan keuangan lainnya tidak sempat saya buat.  Yang lebih parah lagi adalah tercampur aduknya keuangan perusahaan dengan keuangan keluarga.

Kesalahan krusial yang banyak dilakukan oleh para UMKM.  Inilah penyebab utama kehancuran sebuah perusahaan.  Bagi sebagian UMKM membuat pencatatan keuangan itu memang terasa merepotkan padahal pencatatan keuangan dengan detail itu penting.  Kebangkrutan sering terjadi salah satunya karena pencatatan keuangan yang tidak optimal.

Para pelaku usaha terkadang sering berpikir bahwa usahanya masih skala kecil sehingga pencatatan keuangan diabaikan.  Plus seperti yang saya alami rangkap jabatan dengan memegang beberapa pekerjaan sekaligus membuat lalai dalam pencatatan keuangan.  Padahal pembenahan pencatatan keuangan itu perlu dibiasakan sejak dari awal memulai sebuah usaha. 

Selain itu juga minimnya pengetahuan ilmu akuntansi terkadang menjadi penyebab lainnya wirausahawan melalaikan masalah pencatatan keuangan ini.  Laporan keuangan yang berdasarkan kaidah akuntansi sering kali dianggap rumit oleh wirausahawan.



Manfaat Pencatatan Keuangan untuk Sebuah Usaha

Pencatatan keuangan menjadi penting adanya karena dari catatan inilah menjadi acuan untuk menerapkan strategi bisnis yang akan kita jalankan, tanpa adanya pelaporan keuangan kita akan sulit melihat sehat tidaknya usaha kita. 

Dengan melakukan pencatatan kita akan tahu misalnya penjualan kita bulan ini meningkat atau menurun dari bulan lalu.  Dengan catatan keuangan kita pun akan tahu variasi produk yang paling dicari oleh konsumen.  Catatan keuangan perusahaan bisa menjadi dasar mengevaluasi bisnis kita.

Dengan melihat catatan keuangan kita bisa melakukan tindakan preventif saat usaha kita menurun agar tidak terus semakin merugi.  Jadi bisa melihat produk mana yang harus ditingkatkan dan produk mana yang tidak perlu lagi kita produksi.  

Catatan keuangan juga bisa mempermudah kita untuk mendapatkan tambahan modal saat dibutuhkan.  Di hadapan investor catatan keuangan ini menjadi bukti bahwa usaha kita ini memiliki prospek yang menjanjikan.

Dengan catatan keuangan juga kita bisa menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pegawai kita.

Catatan Keuangan juga merupakan alat yang bisa memastikan kita telah melakukan pemisahan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. 

Sebagai pelaku UMKM dan warga negara yang baik, kita diwajibkan untuk membayar pajak usaha, laporan keuangan ini dijadikan sebagai dasar perhitungan pajak.

Banyak sekali fungsi dari pencatan keuangan perusahaan ini ya teman-teman....

Kledo, Software Akuntansi Online yang Mudah, Murah dan User Friendly

Di era digital ini kita banyak dimudahkan dengan kecanggihan teknologi yang kian hari semakin meningkat pesat.  Kini banyak hadir berbagai aplikasi yang memudahkan kita di setiap sektor kehidupan. 

Termasuk untuk para pejuang cuan nih..., pencatatan keuangan perusahaan kini menjadi jauh lebih mudah. Karena kini telah hadir software akuntansi online bernama Kledo yang memberi kemudahan bagi para wirausahawan dalam urusan pencatatan keuangannya.

Software akuntansi Kledo merupakan software jurnal akuntasi berbasis cloud  jadi tak perlu install, bisa diakses dari IOS, Android, Mac, Windows atau gadget apa pun.  Kledo menghadirkan solusi kemudahan pembukuan dan akuntansi bisnis dengan berbagai fitur yang lengkap komprehensif dengan harga yang terbaik.  

Saat ini juga Kledo menyediakan software akuntansi yang dapat digunakan oleh para UMKM secara gratis.  Tidak banyak lho software akuntansi Indonesia yang menawarkan paket gratis.  Kledo ini dikembangkan oleh PT Kledo Berhati Nyaman yang berkantor pusat di Yogyakarta.  Saat ini sudah banyak yang menggunakan Kledo, lebih dari 10.000 perusahaan dari berbagai industri di Indonesia.

Dengan software akuntansi Kledo ini pembukuan perusahaan menjadi otomatis.  Setiap transaksi yang kita input akan disinkronisasi secara real time secara otomatis sehingga kita sebagai pengguna tidak perlu melakukan rekonsiliasi manual.  

Mengenal Lebih Dekat Software Akuntansi Online Kledo

Penampilan software Kledo ini cukup simpel, mudah dipahami serta sudah sesuai dengan standar akuntansi di Indonesia.  Kledo dilengkapi kalkulasi otomatis sehingga meminimalisir risiko salah hitung dan bisa dipantau secara online.

Dengan software ini kita jadi mudah melacak data karena setiap data dan dokumen tersimpan dengan amat melalui teknologi cloud.  Tidak perlu merekap data juga karena setiap transaksi penjualan,  pembelian hingga pengeluaran otomatis direkap ke sistem.  Modul pembukuannya pun lengkap serta otomatis mulai dari CoA, Jurnal Umum, Buku Besar dan juga Neraca Saldo.  

Untuk memulai menggunakan software ini juga mudah kita tinggal mendaftar kemudian membuat akun baru Kledo.  Kita juga bisa mengakses alamat https://kledo.com/daftar/  Di halaman ini kita diharuskan untuk memilih paket.  


Pilih paket gratis selamanya kemudian isi nomor HP dan email, gunakan dengan informasi yang valid karena password akan dikirimkan melalui WA dan email.  Setelah mendaftar kita akan mendapatkan pesan melalui WA dan email yang berisi password akun kita.  Kita sudah bisa mulai menggunakan dengan login terlebih dahulu menggunakan alamat https://app.kledo.com.

Setelah berhasil masuk ke  Kledo ini kita akan diminta melakukan setup.  Ini bermanfaat supaya Kledo dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita.  Di proses setup ini ada beberapa hal yang akan ditanyakan oleh Kledo.


Pertanyaan-pertanyaan itu adalah apakah kita mengatur stok dan inventory atau tidak, apakah kita membuat penawaran kepada pelanggan, apakah kita membutuhkan Purchase Order (PO) ke supplier dan apakah kita memerlukan surat jalan atau tidak.  Dari jawaban ini Kledo akan mengatur menu aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Kledo juga memberikan data demo, jadi saat di awal penggunaan sistem sudah terisi data yang disediakan Kledo, data ini disebut data demo.  Data demo ini membantu kita untuk mengenal dan memahami cara kerja aplikasi ini.  Setelah terbiasa dan memahami betul cara kerjanya kita bisa menghapus data demo ini.



Beragam Menu di Software Akuntansi Kledo

Beberapa menu dan fitur yang ada di dalam software akuntansi Kledo ini adalah antara lain:

Menu Beranda 

Pada Menu Beranda ini kita bisa melihat dashboard bisnis yang berisi visualisasi grafik dari berbagai aktivitas akuntansi perusahaan seperti kinerja kas,  saldo bank, tagihan pelanggan, tagihan supplier, giro, biaya operasional, neraca saldo, arus kas, neraca laba rugi serta penjualan. 

Menu Penjualan

Menu penjualan digunakan untuk membuat penawaran penjualan, mencatat penjualan, mencatat pesanan penjualan, mengelola tagihan dan membuat dokumen pengiriman dan penawaran.

Menu Pembelian

Menu pembelian bisa kita gunakan untuk penawaran pembelian, membuat dokumen pesanan pembelian, mengelola pesanan pembelian serta membuat dokumen penerimaan pembelian.

Menu Biaya

Menu ini bisa kita gunakan untuk mengelola biaya-biaya operasional perusahaan.

Produk

Kita bisa mengatur data berbagai produk yang diproduksi perusahaan di menu ini.

Inventori

Menu Inventori berguna untuk mengelola gudang inventori, melihat riwayat keluar masuknya inventori di gudang serta melihat stok produk yang ada di gudang.



Laporan

Menu Laporan di Kledo ini bisa kita gunakan untuk melihat laporan keuangan secara umum serta laporan pendukung bisnis lainnya.  Kledo menyediakan lebih dari 30 laporan bisnis.

Kas dan Bank

Menu ini digunakan untuk mengelola rekening bank serta mencatat keluar masuk uang baik melalui kas atau pun bank.

Akun

Menu ini digunakan untuk mengatur Chart of Account (COA) perusahaan

Aset Tetap

Menu ini akan menginventarisasi aset tetap.  Dengan menginput aset tetap pada menu ini maka secara otomatis Kledo akan menghitung otomasis depresiasinya dan mencatatnya langsung di jurnal.

Kontak

Menu ini berguna untuk menyimpan data Contact Person (CP) dari Supplier, pelanggan atau pun pegawai internal perusahaan.

Pengaturan

Menu ini digunakan untuk mengatur sistem Kledo agar bisa disesuaikan dengan proses bisnis perusahaan kita.  

Keistimewaan Software Akuntansi Kledo

Salah satu kelebihan software Kledo yang sangat bermanfaat adalah Kledo  juga menyediakan panduan yang bisa bisa kita gunakan bila kita masih belum familiar dengan software akuntansi online ini. Dengan fitur TUR ini pengguna dibantu selangkah demi selangkah dalam mengoperasikan sebuah menu.

Selain itu juga Kledo memiliki panduan video dimana Kledo memiliki kanal YouTube yang berisi tips dan tutorial penggunaan Kledo.

Kledo juga memiliki beberapa fungsional yang membuat software ini berbeda dengan software yang lain.  Beberapa diantaranya adalah kita bisa mengatur layout invoice yang bisa disesuaikan dengan nuansa brand kita, kledo sendiri sudah menyediakan template cantik siap pakai dengan beragam ukuran kertas.

Ada juga menu audit yang menyediakan riwayat input dan modifikasi data yang terjadi di dalam sistem. Siapa yang melakukan sebuah transaksi, kapan dilakukan, transaksi apa yang diinput, hal-hal seperti ini dapat kita akses melalui menu audit.

Kledo memungkinkan penggunanya membuat laporan keuangan konsolidasi.  Di menu ini kita dapat menggabungkan transaksi keuangan beberapa perusahaan yang tercatat di Kledo.

Selain itu Kledo juga memiliki Template WhatsApp, dengan menu ini kita dapat mengirimkan invoice melalui aplikasi WA

Untuk mengurangi pekerjaan manual Kledo  memiliki menu API yaitu menu yang dapat menghubungkan aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lain.  Jadi aplikasi Kledo bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain melalui menu ini.

Banyak menu lainnya yang menjadikan Kledo berbeda dengan software akuntansi online lainnya seperti misalnya fitur yang membantu kita mengintegrasikan Kledo dengan beberapa marketplace besar di Indonesia.  Selain dengan marketplace Kledo juga ternyata sudah bisa dihubungkan dengan WooCommerce yaitu platform toko online berbasis WordPress.


Asyik ya Software akuntansi Kledo ini, jadi berandai-andai seandainya dulu sudah ada software ini tentu saya tidak akan keteteran deh hehe....eh engga boleh ya berandai-andai seperti itu hehe... Tapi jadi tahu kan sekarang, dengan Kledo meski kita tidak paham akuntansi tapi dapat mengelola bisnis kita sesuai dengan Standar Akuntansi Indonesia.

Mengelola keuangan perusahaan menjadi jauh lebih gampang, anti ribet karena semua sudah dikelola dengan baik oleh software ini.  Jadi tunggu apalagi.. walaupun usaha kita masih skala kecil pencatatan keuangan harus kita lakukan dan ini bisa kita lakukan dengan mudah dengan Kledo

Nah teman-teman tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Kledo, Software Akuntansi Online yang Mudah, Murah dan User Friendly, saya cukupkan sampai di sini ya.... Semoga bermanfaat terutama untuk kita para pejuang cuan :D

14 komentar :

  1. Jadi ingat masa kuliah. Akuntansi jadi matkul yang nyebelin buat saya hahaha. Padahal akan berguna banget, bahkan untuk kehidupan sehari-hari. Asiknya sekarang udah ada software yang memudahkan. Jadi lumayan menyenangkan untuk saya

    BalasHapus
  2. Iya bener banget.. sebesar apapun usaha, kalo catatan keuangan ga bener akan rapuh juga. Ayo semngat buka Cekas Laundry lagi mbak udah ada Kledo.. :)

    BalasHapus
  3. Menarik banget aplikasi ini. Ngurus printilan pembukuan keuangan itu emang ribet banget. Pernah ikut bantu ngurusin pembukuan keuangan warung keluarga, duuh pusingnya setengah mati. Akhirnya aku nyerah. Tanggung jawabnya kukasi ke saudara yang lebih ngerti aja. kalau ada aplikasi kledo ini memudahkan banget.

    BalasHapus
  4. Sejujurnya, aku juga abai banget soal pengelolaan keuangan usaha ini, Teh. Kalau ditanya berapa omzet jualanku, aku juga bingung berapa. Ya masa jawabannya "cukup-cukup makan" sih walaupun nyatanya emang gitu. Heuheu..... Mesti mulai mendisiplinkan diri nih. Mungkin dimulai dengan nyoba fitur gratis di Kledo.

    BalasHapus
  5. daripada repot ngatur sendiri, Kledo ini bisa diandalkan banget buat UMKM biar bisa terus berkembang. ngga perlu jago akuntansi karena sudah ada yang ngebantu untuk menyelesaikan semuanya

    BalasHapus
  6. Memang susah ya mencari pegawai yang jujur. Aku juga pernah mengalaminya, mau tak mau usahanya juga harus tutup juga. Btw dulu belum kenal aplikasi keuangan seperti Kledo. Sebenarnya masih ada keinginan untuk untuk buka usaha lagi, tapi masih tunggu modal hihihi. Dan urusan pencataan keuangan ga perlu bingung lagi karena ada Kledo...

    BalasHapus
  7. Catatan keuangan dalam suatu usaha memang sebaiknya rapi teratur, karena untuk memantau juga perkembangannya sudah sejauh apa

    BalasHapus
  8. pembukuaan jadi jauh lebih mudah dengan adanya kledo software akuntansi online

    BalasHapus
  9. Semakin banyak ya aplikasi yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Yang pasti kita harus bijak memilih dan menggunakan aplikasi tersebut ya teh...

    BalasHapus
  10. Saat sekolah paling malas kalau ada pelajaran akuntansi. Saat teman-teman pilih IPS, saya pilih IPA sendiri. Takut ketemu sama hitungan uang jutajuta, hahaha...
    Tapi sekarang hal itu tidak berlaku ya Teh. Dengan adanya aplikasi Kledo meski kita tidak paham akuntansi tapi dapat mengelola bisnis sesuai dengan Standar Akuntansi Indonesia. Keren pisan ini aplikasinya

    BalasHapus
  11. Sekarang praktis dan mudah mendapatkan software aplikasi akuntansi ya. Sayang banget kalau orang tidak memanfaatkannya karena manfaatnya besar sekali.

    BalasHapus
  12. Nah, ini kelemahan saya juga. Males banget kalo harus itung2 uang. Makanya pembukuan kas keluar masuk dari dulu selalu berantakan. Hihi..
    Kayaknya klo ada software aplikasi akuntansi yang praktis kayak gini saya mau coba ah

    BalasHapus
  13. Wah kledo ini udah lengkap banget ya, pasti membantu banget untuk pencatatan kegiatan usaha biar keuangannya termonitor dengan baik

    BalasHapus
  14. Lengkap ya Mbak, dan enak pakai Kledo gini. Jadi ga pusing tentang data-data dan angka lagi. Sudah ada aplikasi yang ngerjain semuanya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^