blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

22 Nov 2017

Seru dan Asyiknya Acara Blogger Muslimah Meet Up Bandung

Ahad 5 November adalah hari yang teramat istimewa, karena ini hari ulang tahun pernikahan saya dengan suami yang ke dua puluh tahun.  Tapi hari ini bukan mau cerita tentang itu, ada lagi hal yang istimewa lainnya.  Hari itu saya akan ber Meet Up ria di acara Blogger Muslimah, istimewa dong, karena sudah lama saya sebenarnya kepo dengan Komunitas Blogger Muslimah ini, tapi belum sempat untuk terjun lebih jauh aktif di dalamnya.  Jadi ini kesempatan istimewa sekali untuk saya, Blogger Muslimah bisa meet up ke Bandung...Waah kesempatan langka.. :)

 

Pagi hari sudah bersiap karena memang acaranya lumayan jauh dari rumah, tidak terlalu sulit mencarinya karena memang kemarin sempat 'terpaksa' survey ke tempat acara.  Kok terpaksa..? Iya lah karena saya salah tanggal, hingga datang hari Sabtu nya hihi...Pantes aja di Warunk Together Jalan Lodaya No 63 Bandung tempat acara berlangsung, waktu hari Sabtu sepi-sepi aja, tidak tampak keramaian sebuah acara. Ternyata oh ternyata...si emak rempong nya lagi kumat..salah mengingat hari..  hihi..

Begitu sampai, teman-teman blogger sudah tampak cantik dengan gamis ungu agak ngepink yang menawan, ternyata semuanya diberi seragam gamis produk dari Seply by Eticha.  Wah seneng dong, dapat gamis menawan, Warnanya suka banget, karena memang saya mah emak girly banget..hehe... dari dulu senang warna pink tapi yang kalem.

Anak-anak perempuan saya dulu banyak saya dandani asesoris pink, tapi anehnya ga ada yang suka ngepink kayak emaknya.. heu... Modelnya juga suka, karena semua baju saya model gamis, sayangnya agak kepanjangan, jadi selama acara saya banyak ngangkat baju kayak lagi pake gaun pernikahan yang enggak tau kenapa modelnya banyak dibuat panjang menjuntai ... padahal kan ribet memakainya ..hahaha...


Seneng banget juga bisa ketemu founder Blogger Muslimah Mbak Nova Syahidah Rais, seorang penulis fiksi Islami yang tulisannya dulu banyak di Majalah Anida.  Seorang perempuan berwajah khas Minang, dengan raut wajah tegas tetapi cukup ramah juga.  Beliau menjadi pembicara pertama di acara ini, berbicara tentang awal mula ngeblog sampai akhirnya mendirikan komunitas Blogger Muslimah.



Sebetulnya diantara komunitas blogger yang ada saya seharusnya paling aktif di komunitas ini karena sesuai dengan jiwa saya yang senang dengan lingkungan dan pergaulan Islami.  Tapi sayang, saya kenal komunitas ini belakangan hingga agak riweuh berbagi dengan komunitas lain sebelumnya yang sudah memberi banyak jalan untuk meraih materi dari ngeblog.. hehe...Blogger matre rupanya... Saya memang masih banyak kesibukan lain di luar ngeblog,

Di Komunitas Blogger Muslimah banyak kegiatan tematik, di komunitas yang mulai dikenal sejak 1 Desember 2014 ini, kita bisa mengikuti acara-acara keren seperti Kajian Muslimah, One day One Post, Kajian Fiksi dan Non Fiksi.  Komunitas ini mempunyai visi keren yaitu menjadi penggerak muslimah agar aktif menulis di media sosial.

Di akhir paparannya Mba Nova bertanya tentang apa fungsi ngeblog, dan yang terbanyak jawabannya akan dapat hadiah kaos Blogger Muslimah.  Alhamdulillah bisa menjawab terbanyak, sesuai pengalaman yang dirasakan saja sih jawabannya.  Bagi saya ngeblog itu adalah untuk dakwah, sharing, mencari uang, terapi hati, fun, curhat (heuheu,,), filling perkembangan anak (ini di blog dulu sih, saat anak masih imut semua),  branding, eksistensi diri dan latihan menulis.Yeaay asyik dapat kaos Blogger Muslimah yang cantik.


Setelah mengenal lebih jauh tentang Blogger Muslimah selanjutnya adalah pembicara dari JD.id , yaitu e commerce yang aslinya berasal dari China dan sudah dua tahun ini beroperasi di Indonesia.  Mba Wili perwakilan dari JD.id menjelaskan secara singkat tentang program JD Partner.  Program yang memberikan keuntungan bagi pelanggan yang sudah mempunyai akun dan mengajak orang lain untuk berbelanja di JD.id.  Di JD.id ini juga bebas ongkir dan kita bisa refund barang yang kita terima kalau dalam kondisi rusak.  Selain itu semua yang dijual di JD.id barangnya original jadi engga ada istilah kw kw an...

Tak terasa hari beranjak siang, acara pun diselingi dengan istirahat, sholat dan makan siang.  Makan siang terasa enak, mungkin karena lapar, mungkin juga karena sambil asyik ngobrol dengan teman blogger, atau memang makanan di sini enak ya..hahaha... yang jelas alhamdulillah bisa menghabiskan porsi yang disajikan siang itu.  Usai istirahat acara dilanjut kembali, kali ini ada Mba Fitri dari Jafra, produk kecantikan yang juga ikut mensponsori acara ini.


Sudah lama mendengar tentang produk yang satu ini, baru tau secara lebih dalam saat brand ambasador Jafra cerita tentang kesuksesannya.  Selain cantik dan awet muda, dia juga bisa tajir karena berjualan Jafra,,keren yaa hehe.. Ternyata Jafra itu sudah berlabel halal dan bahannya dari herbal hingga aman untuk kulit kita.  Dapat ilmu yang banyak dari Mom Ambasador Jafra  yang satu ini, bagaimana agar hidup sehat dan bisa awet muda.  Pada kesempatan itu pun diperagakan cara ber make up yang benar, perawatan wajah dengan masker dari Jafra yang disesuaikan dengan kondisi kulit kita.

Setelah tips bermake up ria, para Blgger Muslimah pun mendapat pelajaran tutorial hijab praktis dari Eticha.  Ternyata Eticha punya produk baru berupa hijab instant tapi tetap terlihat resmi dan modis.  Wah asyik nih bisa tetap tampil modis tanpa ribet, apalagi kalau sedang terburu-buru, kerudung instant ini terasa banget manfaatnya.



Usai tutorial jilbab, kami pun  berfoto bersama, dan ternyata kebersamaan pun harus diakhiri, sungguh acara yang menyenangkan bisa berkumpul dengan para blogger keren.  Selain mendapat ilmu yang banyak dapat oleh-oleh totebag dari @mywhitebag serta voucher dari@moz5 Salon dan tentu saja seragam gamis yang kami pakai dari Seply by Eticha.


Berharap bisa berkumpul kembali di lain waktu, dengan ilmu yang berbeda tetapi dengan kemanfaatan yang sama bahkan lebih.  Good luck Blogger Muslimah semoga sukses terus ya...

5 Nov 2017

CBN Siap Hadirkan 500.000 Jaringan Internet Fiber di Jawa Barat

Seperti suasana Sabtu pagi itu yang begitu cerah ceria, penuh semangat saya bergegas pergi menuju sebuah tempat bernama 23 Paskal.  Datang kepagian, namun sempat menunggu di tempat yang salah akhirnya saya tiba di tempat agak siang.  Namun tidak terlambat juga, teman-teman blogger juga baru beberapa yang datang.  Namun antrian panjang pengunjung begitu mengular, ternyata banyak yang ingin mengikuti acara ini dengan begitu antusias.


30 Okt 2017

Antara Blogger dan Passion


Idealnya seorang bloger itu punya spesialisasi ya biar bisa fokus dan lebih mudah membranding diri, jadi bisa jelas dikenal sebagai bloger apa kita.  Ini bisa disesuaikan dengan passion kita, bisa menjadi beauty bloger,  traveler bloger, food bloger, parenting bloger dan sebagainya.  Kalau saya suka bingung mau jadi bloger apa, beauty bloger ga mungkin lah wong di lipstik aja bisa dihitung jari seumur hidup ini hehe...Traveler bloger? Ini apalagi, meski seneng piknik, tapi itu jarang, terus malah ga pernah ditulis, biar dinikmati sendiri aja hahaha... Food bloger?  Paling banter masak sehari-hari doang, jarang kuliner, jarang praktek resep, padahal paling ingin praktek resep kue bolu, resep klasik yang nikmat itu.. hihi..

Iya saya sebenarnya sudah lama ingin mempraktikan lagi resep kue bolu klasik, tapi di atasnya ditaburin keju kesukaan anak-anak.., tapi apa daya mixer nya sudah rusak.  Jadi ga pernah praktek bikin kue yang pakai mixer.  Padahal anak-anak suka request juga.. Mau pakai kocokan kue manual, suka kurang ngembang.  Pernah bikin es krim pake kocokan manual hasilnya es krim nya engga ngembang.  Biasanya satu ember eskrim itu satu resep hampir penuh, ini malah hanya setengahnya saja.  Jadi memang mixer itu sangat berpengaruh.. Jadi malas deh praktek resep kue bolu pakai kocokan manual, takutnya nasibnya serupa es krim, jadi bantat tidak berkembang..

29 Okt 2017

Yuk Makan Enak dengan Voucher Diskon




Yuk Makan Enak dengan Voucher Diskon  Zaman sekarang sudah serba canggih, serba cepat dan praktis.  Memang semenjak mulai adanya internet kemajuan teknologi di zaman ini sudah tidak terbendung lagi.  Kemajuan teknologi terus berkembang dengan cepat, semuanya dibuat serba efektif, efesien dan praktis.  Waktu pun menjadi sangat begitu berharga hingga manusia pun terbiasa hidup serba cepat anti ribet.. hihi.  Dengan adanya internet kini banyak hal bisa dilakukan secara online.

Pun begitu halnya dengan belanja, berbelanja yang dulu merupakan bagian dari acara jalan-jalan, kini sudah banyak yang mengambil jalan praktis dengan belanja online.  Kalau bisa praktis mengapa harus pakai ribet, mungkin itu ada yang di benak orang-orang zaman sekarang. Berbelanja online memang banyak keuntungannya, tak perlu keluar rumah, cukup dengan hand phone berkuota kita bisa berbelanja apa yang kita inginkan.  

19 Okt 2017

Alfamart Luncurkan Medallion Star Wars Kembali



Kalau sudah hobi, jauh-jauh pun dikejar untuk sesuatu yang kita inginkan.  Pemandangan itu yang saya lihat saat mengikuti acara peluncuran Medallion Star Wars.  Acara yang dilangsungkan di Kapulaga Bistro Jalan Dayang Sumbi No 3 Bandung itu memang cukup meriah dihadiri oleh teman-teman dari media dan Komunitas Pecinta Stars Wars.  Bukan hanya dari Bandung, tetapi juga dari Bogor bahkan dari Surabaya ikut menghadiri acara ini.

17 Okt 2017

Orang tua Menjadi Sahabat Anak, Bagaimana Caranya...?






"Mi.. nanti aku S2 nya mau di Oxford ya, cuman setahun kok.." Sulungku berkata suatu ketika.

"Lha..terus kapan nikahnya..?" Timpalku.  Kaka hanya tertawa.
"Berat kali ya Ka... ke Oxford mah?" Lanjutku kemudian.
"Iyaa Mi..Toefl nya aja harus 600.." jawab Kaka.
"Iyaa ... berarti harus belajar yang rajin, bahasa inggrisnya juga harus terus ditingkatkan..."  kataku.  Sambil mikir ini anak S1 aja belum mau mulai sudah mikir S2...xixixi....Kerenlah semangatnya mah.. :)

9 Okt 2017

Detik-Detik Terakhir Kebersamaan


Detik-Detik Terakhir Kebersamaan  Hidup memang semuanya sudah ada yang mengatur, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok dan yang akan datang.  Kadang penuh kegembiraan, ada kesedihan, dan juga kejutan-kejutan yang membuat hidup kita penuh warna.  Saat mengetahui bahwa Si Sulung keterima sekolah di Turki dan mendapat beasiswa penuh, sebagai orang tua tentu saja saya merasa senang.  Senang karena anaknya bahagia, cita-citanya untuk sekolah di tempat dan jurusan yang ia inginkan dapat terlaksana.   Keinginan Kaka memang begitu kuat, hingga handphone miliknya pun sudah diset berbahasa Turki sejak setahun yang lalu.

Di balik semua kebahagiaan itu tentu saja ada perasaan sedih karena akan berpisah jauh, khawatir karena Kaka sendiri di sana walau banyak teman-teman PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) tapi belum saling mengenal dekat.  Khawatir takut berubah perangai, jangankan gadis remaja,  orang dewasa pun tak kala dihadapkan pada lingkungan yang tidak kondusif lambat laun perubahan itu akan mewarnai dirinya.  Akhirnya saya hanya bisa menitipkan semua kepada yang Maha Mengatur Segalanya.

2 Okt 2017

Aha Moments Skyscanner Indonesia: Di Yogyakarta, Aku Bertemu "Malaikat"

My theory on life is that life is beautiful. Life doesn't change. You have a day, and a night, and a month, and a year. We people change - we can be miserable or we can be happy. It's what you make of your life
Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Menulis kutipan di atas hanya ingin mengungkapkan bahwa manusia itu berubah, bahwa kita bisa bahagia atau menderita tergantung apa yang kita lakukan di dalam hidup ini.   Saya merasakan perubahan itu dari waktu ke waktu, harapannya sih semoga ke arah lebih baik selalu. 

Anak-anak sudah beranjak besar, ada saatnya saya ingin lebih menikmati kehidupan ini.  Target hidup memang sudah tidak terlalu ke materi, toh bukan itu yang akan dibawa pulang nanti.  Tapi keinginan untuk membaca ayat-ayat Allah SWT dalam bentuk kauniah, membaca keindahan alam Nya, mentadaburi dan mensyukuri keragaman yang memesona ternyata masih begitu besar.  Selalu ada hikmah di setiap perjalanan, selalu ada yang bisa saya bawa untuk bekal pulang...

28 Sep 2017

Seru dan Asyiknya Acara Go Foodies Meet Up

Seru dan Asyiknya Acara Go Foodies Meet Up Pagi yang cerah di Hari Minggu yang ceria saya sudah bersiap, tentu saja setelah saya mempersiapkan segalanya seperti biasa.  Akan ada sebuah acara yang berlabel Go Foodies Meet Up yang akan saya ikuti.  Acaranya mulai jam 11.30 tapi jam 9.30 saya sudah siap, itu tanda saya sangat bersemangat dong..hahaha...  Selain takut macet, saya harus mengantar anak dulu ke acara pengajian nya, jadi saya agak sedikit muter.  Meski memakai ajian biar lambat asal selamat jam 10.30 saya sudah sampai di Hotel Grandia.  Dari parkiran jalan kaki ke atas naik tiga tingkat, sampai dekat lobby disapa pak satpam "Ibu kok, dari parkiran ke atas jalan kaki, kan ada lift Bu..." Katanya ramah, Saya hanya mengiyakan sambil tersenyum... padahal mah emang sengaja karena waktunya masih lama..hihi...


Deuh bakal lama nunggu, bakal bosen dong.... Ternyata tidak, menanti di Lobby Hotel Grandia yang nyaman membuat waktu berlalu begitu cepat.  Saya menggunakan waktu untuk memperhatikan beberapa orang yang check in atau check out.  Selain itu juga saya  menggunakan waktu untuk memotret di sekitar lobby yang begitu artistik...Ah Grandia Hotel memang membuat saya betah berlama-lama duduk di lobby.  Gak heran kalau kabarnya walikota Ridwan Kamil sebulan sekali pasti mengingap di sini. Oya Hotel Grandia ini lokasinya di Jalan Cihampelas No 80-82  Bandung.

Serunya Acara Bandung Oto Trade Market (BOTRAM 2017)

Serunya Acara Bandung Oto Trade Market (BOTRAM 2017)

Bandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum
Pernah mendengar ungkapan di atas kah? Ungkapan tersebut konon diungkapkan  pertama kali  oleh seorang fenomenolog, psikolog dan juga budayawan asal Den Hag Belanda bernama Martinus Antonius Weselinus Brouwer atau akrab dipanggil M.A.W. Brouwer.  Ungkapan yang menggambarkan betapa kota Bandung itu adalah kota yang menyenangkan. Sejalan dengan berkembangnya zaman Bandung pun kini dikenal sebagai kota yang kreatif.

Bandung, kota  yang juga dikenal sebagai Paris Van Java, pada tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke 207.  Nah dalam rangka memperingati ulang tahunnya itu, bergandengan dengan PT Astra Daihatsu Motor, Harian Umum Pikiran Rakyat dan PRFM, pada tanggal 23-24 September kemarin mengadakan acara menarik bertajuk Bandung Oto Trade Market atau disingkat BOTRAM.  Oya kebetulan juga pada bulan ini Daihatsu sebagai sponsor utama acara ini berulang tahun yang ke 110.


24 Sep 2017

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo, Kuliner di Cimahi yang Ngangenin

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo  Cimahi itu kota kenangan pisan, ga nyangka aja akhirnya harus menjadi penduduk Cimahi selama hampir dua puluh tahun ini.  Lahir di Bandung, dari kelas 2 SD sampai kelas 5 di Cimahi terus pindah ke Bandung lagi.  Lulus kuliah beberapa kali pindah kerja akhirnya terdampar lagi di Cimahi kerja di Bank Islam, gak lama sih.  Pindah kerja ke Bandung lagi karena kejauhan pulang pergi, eh beberapa tahun kemudian ga nyangka dapat jodoh orang Cimahi, hingga akhirnya jadi penduduk kota mungil ini lebih dari sembilan belas tahun lamanya......

Waktu kerja di Bank Islam dulu, sering mencari makan siang saat istirahat.  Karena lokasi tempat kerja di pinggir jalan pusat kota dekat Alun-Alun Cimahi akhirnya tempat makan yang dicari hanya sekitar itu saja.  Itu yang nempel lekat dalam ingatan hingga kalau mencari makanan pasti ke daerah Alun-Alun Cimahi.  Baru tahu ternyata sudah delapan tahun ini di Cimahi ada tempat makanan yang sudah terkenal dan banyak dicari orang dari jauh. Rumah Makan Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo namanya.... Hmmm kemana aja saya selama ini....

20 Sep 2017

Jual Sepatu Murah Berkualitas yang Ada di Jakarta

Jual Sepatu Murah Berkualitas yang Ada di Jakarta  Dua pekan ini bolak balik Jakarta terus untuk mengurusi keperluan kuliah Ka Azizah.  Sayangnya gak sempat mampir ke sana sini.  Dikejar waktu dan kesibukan lain, terus juga jaga kondisi biar gak terlalu kecapaian karena agenda padat merayap jadi blash hanya satu tempat yang dituju yaitu Kedutaan Turki. Tapi jadi pengen cerita tentang tempat beli sepatu berkualitas di Jakarta.  

Aih kenapa sepatu sih, mungkin ada yang bertanya seperti itu ya...Jawabannya adalah karena saya juga sedang disibukkan mencari sepatu buat Kak Azizah.  Tadinya mau sekalian beli sepatu di Jakarta aja tapi apa daya waktunya tidak memungkinkan.  Yuuk atuh cari solusi bagaimana beli sepatu murah berkualitas tapi gak pake ribet...:)

Jakarta merupakan kota besar yang ada di Indonesia dan juga merupakan ibukota negara. Kota ini mempunyai populasi jutaan orang yang tinggal di dalamnya baik yang asli dari Jakarta atau wilayah lainnya. Hal tersebut karena Jakarta merupakan kota metropolitan sehingga menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakatnya, dari makanan, pakaian, tempat tinggal, pekerjaan yang layak, dan juga tempat barang lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah di Jakarta. 

Kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah maupun yang mahal tergantung dengan budget karena di Jakarta menyediakan tempat belanja murah hingga yang berkelas dengan barang yang mahal. Nah karena saya sedang membutuhkan sepatu, jadinya saya cerita tentang tempat membeli sepatu. Untuk penggemar sepatu di Jakarta, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi apabila menjadi jual sepatu yang murah dan juga berkualitas. Tempat-tempat sepatu murah berkualitas di Jakarta  itu antara lain adalah:

13 Sep 2017

4 Hal yang Dipelajari dalam Sekolah Manajemen Bisnis

Tom-Competition 
Sewaktu mengantar Ka Azizah ke Kedutaan Turki kemarin, saya bertemu dengan teman-temannya kaka yang sama-sama akan berangkat ke Turki.  Ikut mendengarkan obrolan mereka asyik juga ternyata, sesekali saya bertanya juga ke mereka.  Salah satunya adalah jurusan yang mereka ambil, jawabannya macam-macam ada yang mengambil jurusan Teknologi Mesin Pertanian, Jurnalistik, Film dan ada juga jurusan Bisnis.  Eh jadi penasaran dengan jurusan Bisnis...belajar apa saja ya mereka.  Teman-teman ada yang ingin tahu lebih banyak tentang jurusan bisnis? Ini paparannya.... :)

10 Sep 2017

Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga.. Mana yang Kita Pilih?


Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga, Mana yang Kita Pilih? Anak adalah amanah yang Allah SWT berikan kepada kita para orang tua yang harus kita jaga agar tetap sesuai dengan fitrahnya. Sebagai sebuah amanah tentu kita harus menjaga dan merawatnya, mengasuh dan mendidiknya sesuai dengan perintah sang pemberi amanah. Sayangnya banyak orang tua yang tahu bahwa anak adalah amanah tetapi dalam praktiknya sering melupakan hal ini. Tulisan ini sekaligus sambil mengingatkan diri pribadi, karena sebagai manusia kita sering abai dan lupa.

9 Sep 2017

Multivitamin untuk Stamina Tubuh agar Senantiasa Bugar dan Fit

Multivitamin untuk Stamina Tubuh agar  Senantiasa Bugar dan Fit  "Rutinitas baru, kecapean kayaknya.." Temanku berbisik padaku, saat temanku yang lain mengeluh tubuhnya drop dan sakit beberapa hari.  Temanku yang ngedrop itu memang usianya sudah tidak muda lagi dua tiga tahun lagi sudah menjadi perempuan setengah baya.  Di usia yang tidak muda itu ia malah mendapat tawaran kerja, karena anak-anak sudah pada besar dan tidak banyak aktivitas lain akhirnya temanku menerima pekerjaan itu.  Belum satu bulan bekerja ternyata tubuhnya sudah mulai ngedrop.  Mungkin adaptasi, tidak terbiasa tiap hari pergi, tiba-tiba pola hidup berubah, akhirnya badannya protes deh.

Tak bisa dipungkiri usia memang membuat tubuh kita menjadi lebih ringkih, apalagi yang tidak terbiasa berolah raga.  Badan jadi tidak bugar lagi, akhirnya mudah terserang batuk pilek, lemah, letih, lesu kala tubuh kita diforsir terlalu berat.

Saya juga mengalami seperti itu, ketika aktivitas padat merayap kadang suka limbung juga.  Pekerjaan bloger memang terkadang tidak jelas.  Kadang sibuk banget, banyak acara keluar tiap harinya,  akhirnya tubuh pun protes, bukan suami dan anak-anak saja ternyata yang protes ya..hahaha...Dan tubuh limbung, ngedrop tentu saja mengganggu karena saat membuat tulisan kepala jadi pusing pala barbie. hasilnya tidak optimal deh.


7 Sep 2017

Getar Semangat Cinta Al Qur'an di Acara World #Qur'anHour

Getar Semangat Cinta Al Qur'an di Acara World #Qur'anHour     Kamis 31 Agustus adalah hari yang istimewa untuk saya karena hari itu saya dapat mengunjungi sebuah acara yang luar biasa.  Andai saja kegiatan saya sebagai bloger didominasi oleh acara seperti itu tentu saya akan senang sekali.  Acara yang meningkatkan ruhiyah kita hingga diingatkan kepada kehidupan panjang nan abadi setelah kematian.  Acara yang mengingatkan kita untuk selalu dekat, membaca, mentadaburi dan mengamalkan petunjuk hidup manusia.



4 Sep 2017

Menjadi Wanita 'Binangkit' berkat Rumah Cantik LBC K-Link Bandung


"Menjadi wanita itu harus Binangkit.." Kata-kata itu yang sering saya dengar saat saya masih remaja dulu, cukup menghujam hingga dulu selalu terngiang.  Kata-kata yang sering jadi petuah saat ada upacara pernikahan, terutama dengan adat sunda. Dan idealisme saya sebagai seorang remaja putri pun melambung untuk berusaha menjadi wanita yang binangkit.

Sampai suplemen Binangkit  yang terbit tiap hari jum;at yang menjadi sisipan di sebuah koran lokal pun saya kumpulkan.   Isinya ada tentang parenting, hubungan suami istri, keuangan, memasak, kecantikan, keterampilan dan lain sebagainya.  Kumpulan suplemen in baru ketemu di rumah orang tua beberapa bulan yang lalu saat mencari koran untuk sholat Idul Fitri..hahaha.  Jadi begitu berharga karena berlabel tahun 1992 an walau warna kertasnya tentu saja sudah menguning. Ketahuan deh saya produk begitu jadul...xixixi.

Binangkit memang sebuah kata berbahasa sunda, tak banyak yang mengetahui arti kata ini, Di dalam bahasa Indonesia, binangkit kurang lebih artinya, terampil, cakap, cerdas, banyak kemampuannya.  Dan...  menjadi wanita binangkit ternyata tidak mudah saudara.., perlu perjuangan panjang dan kesabaran.  Ternyata saya hanya sempat mengkliping tips-tips nya saja,  ga sempat mempraktekannya... So menjadi wanita binangkitnya mah engga... xixixi...*tutupmukapakaiember

Beruntungnya wanita zaman sekarang,  kini telah hadir sebuah tempat yang bisa mewujudkan impian wanita  menjadi seorang wanita yang binangkit dalam satu tempat saja. Hingga tak perlu hilir mudik ke sana ke mari untuk belajar.  Menjadi terampil dalam segala hal tentang kewanitaan dan kerumah tanggaan, keuangan, kesehatan, juga cerdas dalam memenej diri dan keluarga.  Asyiik ya..?  Tempat itu bernama Rumah Cantik Ladies Beauty Club  K-Link.

31 Agt 2017

Perayaan Ulang Tahun Qword ke-12 di Bandung


Tahun ini sebenarnya saya sudah dua belas tahun ngeblog... waktu yang cukup lama ya?  Tapi ya gitu deh karena tidak dijalani dengan serius akhirnya masih begini-begini aja..xixixi...  Iya..meski sudah pakai domain sendiri tapi masih pakai hosting gratisan.  Padahal pak suami sudah mengusulkan agar segera pakai hosting berbayar, kalau mau profesional masa gratisan terus ..hehe... Sayangnya saya mundur maju terus, soalnya pernah dengar kalau berganti hosting itu bakal nurunin DA dan PA blog, walau untuk sementara saja.  Dan kalau dipikir-pikir lagi, saya  mana bisa serius ngeblog sih xixixi...*sadardiri

25 Agt 2017

Simbiosis Mutualisme di Acara Business Networking Bandung



Simbiosis Mutualisme di Acara Business Networking Bandung  Sebetulnya kalau berbicara tentang bakat, saya merasa bakat saya memang di bidang bahasa. Zaman SMA dulu senang sekali mempelajari bahasa.  Nilai bahasa Inggris juga paling gede di NEM, sayangnya waktu itu saya tidak begitu menyadari hal itu.  Jadinya pas kuliah enggak mengambil jurusan bahasa atau sastra.  Begitu lulus kuliah baru merasa penting bahasa Inggris, jadi sambil kerja les bahasa Inggris sampai tingkat advance dan selalu meraih predikat best student..ehmmm.. xixixi..  *nostalgia masa lalu. Sempat juga kursus bahasa Arab, terus di SMA juga  belajar bahasa Prancis dua tahun... tapi gitu deh semuanya menguap karena tidak dipakai ..hihi...

Sekarang baru sadar penting banget bahasa asing itu, makanya saya berharap kepada anak-anak agar belajar bahasa asing dengan serius, karena akan sangat bermanfaat.  Untungnya bakat bahasaku turun ke beberapa anak terutama ke Si Sulung yang sempat dapat NEM sempurna untuk Bahasa Inggrisnya. Dan saat wawancara untuk bea siswa kuliah di LN juga memakai Bahasa Inggris.

Ketika menjadi ibu rumah tangga biasa juga ternyata ilmu yang terpakai adalah bahasa, bisa nemenin kaka cas cis cus persiapan wawancara.  Alhamdulillah akhirnya bisa keterima kuliah dengan bea siswa di Luar Negeri. Sementara jurusan akuntansi jurusan yang saya ambil tidak begitu banyak bisa dimanfaatkan.  Teman-teman yang dari jurusan sastra walau jadi ibu rumah tangga tapi masih bisa memanfaatkan ilmunya untuk menambah penghasilan dengan memanfaatkan jasa terjemah atau memberikan les bahasa misalnya.  Jelas sekali ya...fasih berbahasa asing itu bermanfaat...

22 Agt 2017

Bincang Seru Kebhinekaan dan Blogging dari Masa ke Masa

Alhamdulillah...Sebuah kebahagiaan bertumpuk hari ini, ada kisah bahagia yang diterima tadi malam, apa itu..? Ah nanti saja di tulisan yang selanjutnya aja ya? Ya ? Yayaya..hihi.  Sekarang saya mau menulis sebuah  kebahagiaan  yang lain...Kebahagiaan tersendiri karena hari ini Selasa 22 Agustus 2017 saya berada di Hotel Holiday Inn Jalan Dr, H. Juanda Bandung bersama teman-teman Blogger Bandung.  Ada apa gerangan?  Di sini saya mengikuti sebuah acara Flash Blogging yang diadakan oleh Kominfo yang bertajuk "72 Tahun Memperkokoh Kebhinekaan dalam Membangun Negeri".


Alhamdulillah hadir tepat waktu, teman-teman blogger pun penuh semangat dari sejak pagi sudah berkumpul.  Acara yang menarik memang, selain mendengarkan paparan dari para ahli,  kita akan menulis bersama-sama dan memposting bersama-sama tentang acara hari ini. Memberikan pengaruh positif

19 Agt 2017

Hukum Menonton Film Horor dalam Islam



Mengapa tiba-tiba saya menulis tentang Hukum Menonton Film Horor dalam Islam?  Hihi... ga apa-apa sih pengen aja, tapi ada sebabnya juga lah...:)  Kemarin ceritanya saya menulis tentang Review Film: Annabelle: Creation yang memang termasuk genre film horor.  Saya menshare ke beberapa grup tentang tulisan ini.  Alhamdulillah ada yang menanggapi dan meminta review jujur saya sebagai seorang muslimah,

Terus terang saya senang mendapatkan tanggapan seperti itu, selama ini kalau saya menulis jarang mendapatkan masukan.  Hatta dari suami sendiri, yang sama sekali enggak mau membaca tulisan saya, padahal kan saya suka butuh first reader tuh, dan suami sebagai teman debat sepanjang masa hahaha..harusnya mau lah membaca tulisanku, tapi apa daya blio mah orangnya begitu.. ya sudah jadi tulisan saya jarang ada bahkan engga ada first reader nya.  

Kembali ke masalah film horor, sebetulnya saya tahu film horor bisa merusak akidah, tapi bagi saya sih insya Allah sudah tidak akan lagi mengganggu akidah.  Banyak hal yang saya dapat dari pengalaman nonton bareng kemarin...Ia saya mah gitu nonton karena gratisan aja dan ada beberapa hal yang mendorong saya ikut nobar kali ini...tak perlu dijelaskan di sini hanya saya dan suami yang tahu.

Salahnya saya, saya menulis review film itu, jadi seolah saya mengamini film horor terlebih ada kata-kata Just for fun.  It's all right.  Walaupun maksud saya menulis itu adalah ke sifat film yang gak masuk logika suka mengada-ada, bukan ke film horronya.  Tapi saya tidak menyalahkan persepsi orang tentang apa yang dia baca.  Salah saya menulis kata-kata itu ketika menulis film horor hehe..

18 Agt 2017

Review Film Annabelle: Creation

Review Film Anabelle: Creation Tangan dingin David F Sanberg yang  sukses membesut Lights Out -film horor yang sukses di tahun 2016 yang lalu- membuat film Annabelle: Creation jauh lebih bermutu dari film Annabelle: Conjuring di tahun 2013 dan 2014 dengan judul yang sama.  Kira-kira itulah kesan pertama saya setelah nonton film Annabelle kali ini.  Akhirnya jadilah saya tergelitik membuat review fillm yang dikemas apik ini.  Betul ternyata kalau film asing itu unggul dalam alur cerita dan tidak sehoror film lokal yang katanya jauh lebih menakutkan.

Sinopsis film Annabele 

Di film Annabelle kali ini kita bisa mengetahui sejarah boneka mengerikan ini, tapi jadi sempat berpikir mengapa seorang pembuat boneka membuat boneka semengerikan itu yak..hahaha... *skip ah.  Cerita bermula dari adegan yang dibuat cukup tegang, seorang pembuat boneka yang memasuki rumahnya menemukan kertas bertuliskan Find Me, kemudian ia menyusuri rumahnya dan menemukan kertas bertulisan Closer namun kemudian diketahui itu hanya permainan seorang perempuan lucu berusia tujuh tahun bernama Bee (Samara Lee) yang mengajak permainan petak umpet dengan sang ayah bernama Samuel Mullins ( Antony LaPagila) dan ibunya Ester Mullins (Miranda Otto).

sinopsis fim Annabelle 2017

12 Agt 2017

Ceritaku tentang Konferensi Ayah Bunda Platinum


Pagi itu saya bergegas mempersiapkan segala sesuatu di rumah agar semua sudah siap saat saya tinggal kan. Yup, ada acara penting yang akan saya ikuti,  acara yang dari namanya saja sudah membuat saya super curious, Konferensi Ayah Bunda Platinum...Seperti apa sih acara ini..?  Fiuuuh... Betul-betul membuat saya penasaran,   Dan ternyata setelah mengikuti acara ini.saya merasa beruntung sekali bisa mengikuti acara ini sampai tuntas..tas...tas... hihi...

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik dong ya untuk anaknya. Setuju kan?  Apa pun akan dilakukan orang tua agar anaknya mendapatkan hal yang terbaik di dalam hidupnya.  Namun terkadang karena kurangnya pengetahuan ada orang tua yang memberikan sesuatu yang kurang tepat untuk tumbuh kembang anak-anaknya.  Beruntungnya saat ini banyak orang tua yang mau belajar banyak tentang ilmu parenting.  Beruntungnya lagi sekarang ada pihak-pihak yang peduli memahamkan pentingnya mendampingi anak dengan pengetahuan parenting yang benar.

Salah satu yang peduli pada pentingnya memahamkan tentang tumbuh kembang anak-anak pada para orang tua adalah Morinaga.  Dengan semangat ingin turut mencerdaskan bangsa Morinaga hadir memberikan sesuatu yang bermakna untuk Indonesia.   Ya, kali ini Morinaga  mengadakan Konferensi Orang Tua Platinum di berbagai kota di Indonesia.  Salah satunya di Bandung yang menjadi kota kedelapan yang di pilih Morinaga dari 25 kota yang direncanakan.  Di Bandung  acara ini diselenggarakan di Harris Hotel  and Conventions Festival City Link  Jalan Peta no 241 Pasir Koja Bandung pada hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2017 dari pukul 08.00 - 15.00 WIB.

Konfrensi Ayah Bunda Platinum
Sebagian peserta antri untuk registrasi

8 Agt 2017

Program Referal Get Money di FOREXImf.com

Prorgam Referal Get Money di FOREXImf.com  Sore menjelang malam setelah seharian full di sebuah acara training saya bergegas menuju sebuah kantor bernama Forex.imf.  Ini untuk kedua kalinya saya memasuki kantor yang nyaman dan istagramable ini.  Mungkin yang belum tahu saya perlu menjelaskan kembali kantor apa FOREXImf.com ini.  FOREXimf.com adalah sebuah perusahaan yang menjadi pialang atau broker yang mempertemukan pembeli dan pedagang.  Merupakan perusahaan resmi yang memberikan jaminan bertransaksi bagi para nasabahnya.  Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa keuangan dengan memberikan layanan informasi antara lain tentang forex dan komoditi.



31 Jul 2017

Para Perempuan Keren Berbicara (Reportase Roadshow Serempak di Bandung)

Hari ini  Kamis 20 Juli 2017 saya sangat  bersemangat, kalau kata Vina Panduwinta mah "Hari ini ku gembira...melayang di udara..." hehe...Bersegera mempersiapkan segala yang harus dipersiapkan di rumah, agar bisa tenang mengikuti acara hari ini.  Itu penting lho....  Kalau kita pergi meninggalkan banyak PR di rumah tentu saat mengikuti kegiatan di luar rumah hati dan pikiran bercabang, tidak akan maksimal ...  Dan kunci perempuan bisa berkiprah di luar rumah adalah saat di rumah sudah teratasi dengan baik.  Betulkan? Hmmm....hihi...

Tentu saja hari ini saya begitu bersemangat karena akan bertemu perempuan-perempuan hebat.  Bagi saya perempuan hebat adalah perempuan yang banyak menebar kebaikan di lingkungan sekitarnya menebar manfaat bagi sesama.  Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang banyak memberikan manfaat bagi sesama? Jadi ingat sebuah hadist "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.." Hmmm lagi ah...

Para perempuan keren yang akan berbicara di sebuah acara bertema Kreatif Bersama Serempak: Literasi Digital Generasi Milineal. Acara yang digagas oleh Portal Serempak, Komunitas IWITA (Indonesia Women IT Awareness), Kementrian Kominfo dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan rangkaian Roadshow Serempak di beberapa kota di seluruh Indonesia.  Di Bandung acara ini berlangsung di Aula Masjid Mujahidin Jalan Sancang No 6 Bandung.

Tampilan portal Serempak yang user Friendly

19 Jul 2017

Carousell Aplikasi Jual Beli yang Inovatif

 "Ayo dong Mi..sudah lama kita enggak beli buku baru".  Itulah rengekan yang sering terdengar di mulut anak-anakku.  
"Kan itu buku numpuk, tinggal baca ulang aja.." Candaku sambil melirik buku anak-anak yang memang seabreg.  
"Yah, ga rame dong kalau buku lama, udah pada tahulah jalan ceritanya..., lagian bosen, dibaca berulang kali..." Timpal Fathiya Si Tengah yang rajin merengek minta buku baru.
Begitulah kalau hari libur tiba, harus siap kelabakan dengan permintaan membeli buku baru.  Bingung juga kan?  Terlebih sekarang ini harga - harga melambung tinggi, listrik di rumah yang katanya tidak naik tetep aja ternyata hampir dua kali lipat dari biasanya.  Belum lagi tahun ajaran baru sekarang tiga anak sekaligus masuk sekolah baru....hmmmm eh malah curcol ..xixiixi...
Cerita Kesukaan Anak-Anak
Skip curcolnya, akhirnya saya mengajukan usul agar buku-buku lama  dijual saja, hasilnya bisa digunakan untuk membeli buku lagi.  Anak-anak pun setuju, tapi begitu diminta memilah buku yang boleh dijual pada diem deh..heuheu.  Sayang juga buku-bukunya dijual walau untuk mendapatkan buku baru... 

18 Jul 2017

Omelet Chicken Nugget So Good

Omelet Chiken Nugget So Good  Lagi seneng posting tentang resep..hihi... Suka bingung engga sih dengan menu harian?  Terus terang kalau saya iya.  Kalau untuk saya pribadi sih gampang, lalab sambal aja plus ikan asin is okey, malah nikmat banget.  Nah kalau sudah hubungannya dengan anak-anak agak susah.  Lima anak dengan kesukaan yang berbeda-beda, terkadang bikin bingung.  Terutama untuk bekal anak sekolah, mana ada anak-anakku yang senang lalab sama sambal hehe... Cuman Mushab dan abinya yang suka sambal lalab buatan uminya, sisanya ga ada yang suka sambal... Padahal sambal buatan umi itu enak lho... hihi..

Supaya praktis terlebih untuk pagi hari yang waktunya sempit karena banyak hal lain yang harus diurusin, harus buat makanan yang semua anak suka.  Nah ini yang harus banyak diuji coba dan alhamdulillah ada beberapa menu makanan yang semua anak suka salah satunya adalah Omelet Chiken Nugget So Good.  Sajian yang terbuat dari telur dan nugget plus keju ini memag disukai oleh anak-anak.  Yuk kita bahas bagaimana cara membuat omelet  dengan rasa nendang ini.


Bekal Anak Praktis: Mie Gulung Nugget So Good

Bekal Anak Praktis: Mie Gulung Nugget So Good  Tidak terasa liburan anak-anak usai sudah, hari-hari sudah mulai disibukkan kembali dengan berbagai 'kariweuhan' persiapan anak sekolah.  Satu hal yang sering membuat pusing tujuh keliling adalah hidangan untuk bekal sekolah anak.  Kadang kepala dibuat mumet memikirkan panganan bekal anak yang praktis namun disukai anak-anak.

Salah satu menu andalan bekal favorit yang anak-anak suka adalah Mie Gulung Nugget So Good, membuatnya cukup praktis tetapi semua anak-anak saya menyukainya.  Jadi ga ribet harus membuat berbagai macam bekal karena satu jenis untuk berlima, eh sekarang berempat sih.. si sulung sudah tak perlu dibuatkan bekal lagi karena sudah tidak pergi sekolah hehe.... Si Kaka sekarang lagi menanti dengan harap-harap cemas pengumuman bea siswa ke Turki nya.  Mudah-mudahan saja keinginannya terkabul, sejalan dengan kehendak dan takdir Allah SWT Aamiin Allohumma Aamiin.

Back to laptop yaah... mungkin diantara teman-teman ada yang memerlukan resep bekal favorit keluarga kami yang praktis...? Hihi..dijamin maknyus deh... membuatnya juga cukup cepat hingga tidak terlalu banyak hal yang harus dipersiapkan.


14 Jul 2017

Antara Anyang-Anyangan dan Uri-cran

Antara Anyang-Anyangan dan Uni-cran  Kebugaran jasmani sangat penting untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Rutinitas harian kita akan berjalan dengan baik bila ditunjang dengan perfoma tubuh yang sehat.  Aktivitas akan sangat terhambat apabila kesehatan badan kita terganggu.  Terlebih untuk seseorang yang mempunyai aktivitas rutinitas yang padat dan tinggi, ketidaknyamanan dalam tubuh membuat target harian pun berantakan.

Salah satu penyakit yang mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas dan banyak dialami perempuan adalah penyakit yang biasa kita sebut anyang anyangan.  Bayangkan saja lima dari sepuluh perempuan mengalami ini.  Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan kita karena kita harus bolak-balik terus ke kamar mandi.  Tentu saja ini sangat mengganggu dan harus segera diatasi agar tidak semakin parah.


13 Jul 2017

Sukseskah Ramadan Kita ?


Sukseskah Ramadan Kita? Ramadan sudah berlalu berbilang minggu,  bahkan sebentar lagi kita pun akan meninggalkan Bulan Syawal.  Masih kah kita bisa berjumpa kembali dengan Bulan Ramadan mubarak?  Entahlah... hanya Allah SWT yang mengetahui.  Tentu kita semua berharap bisa bertemu kembali dengan bulan penuh keberkahan itu.

Rasulullah tercinta Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat merasakan perubahan pasca ramadan itu selama enam bulan selanjutnya.  Enam bulan setelah itu mereka persiapkan mencharge diri untuk menghadapi Bulan Ramadan.  Tak heran bila kemudian selama setahun penuh kehidupan mereka penuh dengan kebaikan.  Bulan Ramadan membuat kehidupan mereka penuh kesuksesan selalu berada dalam keridlaan Nya.

Lalu bagaimanakah dengan puasa kita?  Sukses kah?  Tentu hanya Allah SWT yang mengetahuinya, namun kita bisa melihat dari kehidupan kita pasca ramadan.  Apakah setelah ramadan berlalu kita masih mengamalkan amalan-amalan yang kita lakukan selama ramadan? Puasa. tilawah qur'an. qiyamul lail serta amalan sunah lainnya.

3 Jul 2017

IWP Alternatif Wisata Edukasi di Bandung

 IWP  Alternatif Wisata Edukasi di Bandung

Cinta bukan mengajarkan kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajarkan kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka

Hihi.. kok bicara cinta?  Suka jadi mikir aja sih ...kenapa untuk sebuah pernikahan ternyata banyak yang bela-belain membelikan sesuatu dengan harga yang selangit.   Memilihkan cincin pernikahan dengan batu permata terbaik bernama berlian, dulu saya pikir pemborosan.  Tetapi setelah memahami makna cinta....(cieee.....sok iya (((memahami))) ) hihi...setidaknya  saya jadi paham kalau batu permata yang paling cocok melambangkan cinta memang berlian lah....Tapi bukan berarti juga harus selalu berlian ya... :)

Seseorang yang mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu karena walaupun ada 100 alasan untuk menyerah dia akan menemukan satu alasan untuk bertahan.... begitulah kekuatan cinta.  Berlianlah sebagai batu permata termahal dan terindah yang cocok  dijadikan sebuah  simbol keteguhan untuk berikrar dalam sebuah pernikahan karena memang proses pembentukannya yang luar biasa.  Terproses secara alami sejak ratusan juta tahun yang lalu, dan yang tidak kalah pentingnya berlian terkubur di dasar bumi dengan kedalaman lebih dari 140 km. Terbentuknya berlian juga memerlukan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi,


16 Jun 2017

Berkah Silaturahmi

Padahal ada banyak orang di acara itu, tetapi kucing hitam itu terus-menerus menatapnya, seolah tidak ada orang lain di ruangan itu selain dirinya.  Karena penasaran lelaki setengah baya itu menghampiri Nabi Musa dan bertanya tentang kucing hitam yang terus menatapnya itu.  Setelah melakukan sholat, Nabi Musa pun mendapatkan jawaban dari Allah SWT bahwa usia lelaki itu tinggal beberapa hari lagi.

Mengetahui usianya tak lama lagi, lelaki itu segera menemui keluarganya, diceritakanlah pada istrinya tentang apa yang dicertakan Nabi Musa.  Seluruh keluarga pun mempersiapkan perpisahan itu, lelaki itu meminta izin untuk bertemu dengan para sahabat dan handai taulan untuk mengucapkan perpisahan.  Ia pun bertemu mereka dan mengungkapkan berita tentang usianya tersebut. Lelaki itu meminta maaf pada setiap orang yang ia temui.


13 Jun 2017

Berkah Kejujuran : Squishy-Squishy Maghfira

Sudah lama bungsuku Maghfira ingin mengoleksi Squishy, dia sudah membuat list squishy yg ingin dibelinya. Total harga semuanya menurutnya sih sejuta lebih.Tentu saja saya tidak meng acc nya. Saya hanya membelikan satu buah yang harganya lumayan, satu lagi yang harganya murah, yang ini dia beli dengan uangnya sendiri.


Akhirnya, inisitiatif Maghfira sendiri dengan berbekal tutorial di youtube dia membuat sendiri squishy-squishynya. Lumayan bagus sih klo menurut saya, tetapi  Maghfira tidak puas, katanya sih "kurang slow Umi..".  Saat ditanya kenapa suka squishy kan sayang uangnya dibeliin mainan yang cuman dipijit-pijit doang, Maghfira berkata "Kan buat mainan kalau stress".  "Memang Maghfi suka stress gitu?" Tanyaku.  "Kalau misalnya lagi belajar yang susah-susah..." Jawabnya.

Nah di bulan Ramadan ini ia biasa ikutan lomba tahfidz qur'an. Hadiahnya bingkisan lebaran dan uang pembinaan.  Sejak jauh-jauh hari ia sudah wanti-wanti ingin ikut.  Katanya kalau menang uangnya untuk mebeli squishy idamannya... :)

Hampir saja tidak jadi ikutan, daftar mendadak pas Hari H karena uminya ketinggalan info, itu juga karena ada yang izin gak ikut acara pengajian dengan alasan mau nganter anak-anak masjid lomba tahfidz al qur'an. Jadi tahu kalau acara lomba tahfidz sudah akan mulai.  Segera saya menghubungi panitia, ternyata masih bisa daftar, alhamdulillah akhirnya Maghfira ikut lomba juga. 

squishy buatan Maghfira :)
Syukur Alhamdulillah Maghfira ternyata juara...Di sini awal cerita bermula :) Maghfi yang berusia 9 tahun masuk katagori remaja, tetapi dipanggil sebagai salah satu juara di katagori anak-anak.  Katagorinya terbagi menjadi dua bagian memang, usia 4-8 Tahun untuk katagori anak-anak, dan usia 9 - 15 tahun untuk katagori remaja.

Sempat bimbang, karena kasihan melihat Maghfira sudah begitu bergembira berdiri di depan. Tetapi khawatir tidak berkah, akhirnya ketika sudah duduk di samping, Maghfi kubisikin "Maghfira tadi itu jurinya salah, Maghfira kan masuknya ke katagori remaja..." Kataku pelan-pelan..
"Kita luruskan yuk ke panitia...Ga apa2 ya kalau Maghfira gak juara juga.." Saya memberinya alternatif terburuk, mengingat 'saingan' di katagori remaja sudah besar-besar, sudah lulus SMP hapalannya pun sudah ada yang hapalannya sampai 22 juz.

Maghfira terlihat kecewa, seperti menahan tangis.. Kubiarkan dia memikirkannya. Hanya kutambahkan khawatir uangnya tidak berkah, karena bukan hak nya. Akhirnya dengan terlihat sangat berat Maghfira mengangguk. Alhamdulillah..good job, anak sholihat...:)

Segera saya pun menghampiri, panitia, kujelaskan duduk permasalahannya, sambil kukatakan Maghfira enggak apa-apa kalau enggak juara juga, Maghfi nya sudah siap, panitia pun terlihat kikuk, dan meminta maaf,  Setelah dilihat nilainya. Panitia pun berkata "Enggak apa-apa bu, Maghfira tahfidznya memang bagus, nilainya juga masih masuk sebagai juara di katagori remaja".
Alhamdulillah, berkah kejujuran akhirnya Maghfira tetap juara kali ini plus dengan ketenangan hati karena memang haknya.

"Tuh kan Maghfira, Allah Maha Baik ya...kalau jujur hatinya jadi senang dan tenang....alhamdulillah Mahgfira tetap juara.  Kataku sambil memeluknya."Iya Umi..." katanya tersenyum senang. Alhamdulillah sebuah pelajaran yang berharga di bulan Ramadan ini untuk Umi dan Maghfira tentang kejujuran. Menanamkan kejujuran dari kecil memang tidak mudah ternyata, terkadang menyangkut sebuah perasaan... :)

12 Jun 2017

7 Tips Menjaga Semangat Ramadan




7 Tips Menjaga Semangat Ramadan  Tak terasa ramadan kali ini telah kita lalui selama 17 hari, hanya tersisa 12 atau 13 hari lagi.  Sudah mulai terasa kendorkah semangat kita? Atau iman di dada sudah semakin membuncah?  Alhamdulillah kalau ternyata ramadan ini semakin semangat, pertanda kita memiliki persiapan yang mantap dan masih memiliki tenaga hingga sukses sampai final nanti.

Sayangnya, melihat secara umum di masyarakat kita yang terjadi justru sebaliknya, shaf di masjid mengalami kemunduran, banyak yang hijrah aktivitas yaitu melakukan thawaf di pertokoan, mall. pasar, dan super market mendadak penuh tak terkira.  Fenomena yang terus terjadi di setiap tahunnya.  Sangat disayangkan ya, Ramadan mubarok ini disia-siakan sedemikian rupa.

28 Mei 2017

Sebuah Metamorfosa Pelajaran Membosankan

Hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 bertepatan dengan Hari Kebangkitan, saya menghadiri sebuah acara di Ruang Voltaire Hotel Novotel Jalan Cihampelas Bandung.  Sebuah acara yang bertajuk Netizen Bandung Ngobrol Bareng MPR RI yang diselenggarakan atas kerjasama MPR RI dengan Blogger Bdg.  Acara ini dihadiri oleh para blogger dari Bandung dan luar Bandung yang tergabung dalam komunitas Blogger Bandung dan Blogger Jawa Barat serta dari berbagai media nasional.

Saat mendapat undangan ini ingatan saya melambung jauh ke masa lalu, pada masa ketika duduk di bangku sekolah maupun ketika kuliah.  Ya saat saya 'dijejali' dengan materi-materi pelajaran PMP atau pun penataran P4.  Hapalan-hapalan tentang butir-butir Pancasila serta Ketetapan-Ketetapan MPR yang kini menguap entah kemana.  Terus terang pelajaran ini adalah pelajaran yang paling tidak saya sukai, karena berisi hapalan-hapalan yang sama sekali tidak saya mengerti isinya..hehe maaf, kalau rasa-rasanya ternyata saya harus berterus terang kalau pelajaran ini membosankan.

Dan kini puluhan tahun kemudian, saya ada di sini, saat zaman dengan begitu cepatnya mengalami perubahan karena kemajuan teknologi yang tak terbendung.  Zaman ketika orang dengan mudahnya mengakses berbagai berita dan kejadian melalui alat yang bernama internet.  Pengguna media sosial di Indonesia seperti Facebook, twitter, instagram dan youtube memang termasuk terbesar di dunia.  Tentu hal ini tak terlepas dari besarnya jumlah penduduk Indonesia.



Media sosial kini menjadi sebuah alat yang efektif serta efesien mengingat target market yang bisa dibidiknya begitu besar.  Media sosial inilah yang dijadikan tempat menyebarkan berbagai berita yang terkadang disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita yang tidak jelas atau hoax untuk kepentingan tertentu baik untuk pribadi atau golongannya.  Dan di media sosial ini pulalah terkadang terjadi 'perang opini' yang kadang tak terkendali.  Perang yang menyebabkan terjadi permusuhan yang menimbulkan kubu-kubu yang saling berperang dan menyerang,

Saat kondisi seperti inilah saya merindukan kembali pelajaran 'menyebalkan' yang saya peroleh dulu.  Pelajaran yang sebenarnya isinya adalah alat pemersatu bangsa ini.  Berharap sekali generasi sekarang pun 'dijejali' penataran P 4 yang membosankan hahaha.... Tentu saja dalam bentuk yang berbeda. 

26 Mei 2017

11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan


11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan  Bersyukur sekali kalau masih diberi kesempatan berjumpa dengan Ramadhan kali ini, meski persiapan kurang begitu optimal. Kalau ingat persiapan para sahabat Rasulullah SAW jadi malu, mereka mempersiapkan diri selama enam bulan sebelum Ramadhan dan selama enam bulan setelah Ramadhan mereka menikmati hasil men charge diri selama bulan Ramadhan sebelumnya.  Jadi selama setahun penuh mereka selalu berada dalam kebaikan jauh dari dosa dan perbuatan sia-sia...

Persiapan yang dilakukan oleh para sahabat meliputi persiapan Maaliyah, Fikriyyah, Jasadiah dan Rukhiyah atau bahasa lainnya, harta, keilmuan, fisik dan ruhiyah.  Kalau kita selama ini kurang mempersiapkan diri, seperti misalnya nih, kok jelang ramadhan malah fisik ngga fit, terkena flu, ada yang harus kita lakukan segera.  Sayangkan kalau Ramadhan ini tidak kita optimalkan, bulan bertabur diskon dari Allah SWT harus kita buru agar kita meraih banyak pahala di bulan ini.

Lalu apa dong yang harus kita lakukan agar Ramadhan ini kita bisa sukses?  Berikut 11 Tips Agar di Sukses Ramadhan :

24 Mei 2017

Saat Si Dia Pergi



Entah kenapa tiba-tiba saja saya teringat seorang sahabat lama saya yang ditinggal pergi oleh suaminya secara mendadak.  Hanya mengeluhkan sakit di dada kemudian tak sadarkan diri, sesaat kemudian meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.  Mungkin ingatan saya itu terpicu dengan meninggalnya salah seorang sahabat suami saya yang meninggalkan istri dan anak-anaknya dengan cukup mendadak pula.

Setiap teringat para sahabat yang ditinggal pergi suaminya secara mendadak, ada suatu rasa yang sulit saya terjemahkan.  Sedih tentu saja, selain itu ada perasaan lain saat saya memikirkan nasib anak-anaknya.  Beruntungnya sahabat saya yang pertama itu memiliki suami seorang tentara hingga ia memiliki uang pensiunan walau tak sebesar gaji suaminya dulu.  Hingga untuk kehidupan sehari-hari bisa mengandalkan pensiunan suaminya, meski lebih prihatin dari sebelumnya.

23 Mei 2017

Backpaper Korea | Ke Seoul Yuk Ah :)

Ke Seoul Yuk Ah  "Bi kapan atuh ya kita bisa jalan-jalan berdua, ga usah ke Paris lah, ke sini aja ke Korea kali aja bisa ketemu Si Lee Min Hoo, Jang Geun Seok atawa Choi Minho.." Ujarku Spontan
"Euleuh si umi kok hapal artis Korea.." Timpal si abi sambil ketawa..
"Hahaha.. denger-denger aja sih..soalnya banyak temen-temen yang ngomongin mereka.." Jawabku
"Sok atuh.. rencanakan..., rencana aja dulu, soal jadi engga nya gimana nanti.." Suamiku tertawa, walau matanya masih tetap ke layar laptop.

Itulah obrolan ringan antara saya dan suami kemarin sore, saat tanpa sengaja saya menemukan album foto lama, saat si abi pergi ke Seoul ibu kota Korea Selatan.  Iseng aja sih komen tapi ternyata si abi menimpali rada serius.  Siapa tahu bener yak, anak-anak mah sesekali titipin aja ke kakek neneknya di Tasik hehe...

Wah mulai dong saya hunting tempat-tempat menarik di Seoul. sebenarnya saya gak pernah kepikiran pengen ke Korea siih.  Dari zaman masih gadis dulu destinasi wisata yang paling ingin saya kunjungi adalah Kota Paris.  Entahlah dalam bayangan saya sih Paris adalah tempat yang paling romantis di dunia, tapi Korea juga oke lah yang penting berdua sama suami hehe.. Terlebih pak suami bilang kalau musim gugur atau salju di sana terasa begitu eksotis, tempat wisata di sana juga katanya dikelola dengan begitu baik terutama di Kota Seoul ibu kota negara Korea Selatan.

Yup, Seoul konon katanya adalah kota dengan sejumlah pesona wisata yang memikat dan populer di kalangan wisatawan dunia.  Perjalanan wisata ke Korea Selatan kini semakin menyenangkan dan mudah, selain dukungan infrastruktur pariwisata yang lengkap, kemudahan pengurusan visa kunjungan ke Korea Selatan serta jalur penerbangan internasional yang tersedia membuat kita bisa berwisata ke Korea Selatan secara mandiri tanpa agensi travel yang menyediakan tour trip yang belakangan semakin banyak jumlahnya.  Belum lagi  transportasi kereta api di  Korea Selatan yang biasa disebut Moda adalah sistem transportasi terbaik dalam melayani publik akan memudahkan kita selama di sana,

Dan setelah searching untuk membuat itinerary sederhana ada beberapa tempat menarik yang ingin saya kunjungi di sana yaitu:

Istana Gyeongbok  sumber: korea.panduanwisata.id

20 Mei 2017

Belajar dari Keterpurukan: Persiapkan Proteksi dengan Asuransi Pruedential Syariah



Persiapkan Proteksi Belajar dari Sebuah Keterpurukan  "Jadi begitulah kisahnya Mi...., Si Bibi bersama ketiga anaknya sekarang hidup dalam keadaan yang sangat sederhana... kasihan ya... tragis.." Adikku mengakhiri ceritanya dengan menyeruput segelas es jeruk di hadapannya.  Saya yang mendengarkan kisah Si Bibi dari awal sampai akhir jadi terpekur sendiri, tidak menyangka kalau nasib Si Bibi  jadi begitu tragis,

Bayangan masa-masa beberapa tahun yang lalu pun berkelebat di depan mata.  Bibi adalah adik dari almarhum ayah saya,  beliau hidup berkecukupan bersama ketiga anaknya.  Gaya hidup paman dan bibi bisa dibilang cukup mewah. Meski setelah berkeluarga saya jarang sekali bertemu dengannya, tetapi saya sempat mendengar dari adik saat Bibi jalan-jalan ke luar negeri untuk belanja - belanja bersama geng sosialitanya.

Mungkin gaya hidup paman terpengaruh oleh kehidupan kakek saya, hingga ia memanjakan istri dan anak-anaknya sedemikian rupa.  Menurut cerita ibuku, kakek dari ayah saya dulunya adalah seorang pengusaha sukses.  Ia menikah dengan nenek yang cantik dan keturunan ningrat.  Dulu kakek memiliki usaha pemotongan hewan, penginapan sampai pom bensin.  Sayang di hari tuanya saya menyaksikan kehidupan kakek yang begitu sederhana.

19 Mei 2017

Asyiknya Belanja - Belanja Penuh Promo



Asyiknya Belanja – Belanja  Penuh Promo  Tak terasa sebentar lagi kita menghadapi Bulan Ramadhan, persiapan lahir maupun batin pun harus kita siapkan. Biasanya agar Bulan Ramadhan kita dapat khusyu beribadah, pernak - pernik kebutuhan untuk ramadhan serta lebaran selalu dipersiapkan sebulan sebelumnya.  Sekarang pun harusnya seperti itu, baju anak-anak atau kebutuhan lainnya harusnya sudah dibeli.

Sebetulnya bukan menjadi keharusan sih lebaran dengan pakaian serba baru, meski sebenarnya sudah menjadi budaya bangsa kita dan ada hadist Rasulullah SAW yang menyebutkan hendaknya menggunakan pakaian terbaik saat sholat Iedul Fitri nanti. Itu bukan berarti mewajibkan menggunakan pakaian yang serba baru.  Tetapi untuk keluargaku karena jarang membeli baju, akhirnya menjelang lebaran menjadi saat yang tepat untuk membeli pakaian.  Bukan karena keharusan, tetapi memang sudah merupakan kebutuhan yang sudah harus dibeli.  Pengalaman sih tiap tahunnya pasti aja ada sesuatu yang harus dibeli untuk kebutuhan lebaran nanti.

14 Mei 2017

Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak

Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak  Memiliki lima anak yang sudah mulai beranjak besar,  yang bungsu saja sudah menginjak kelas empat SD membuat saya memahami betul pentingnya orang tua yang  memiliki pemahaman tentang pendidikan anak.  Dulu tidak ada sekolahnya untuk menjadi orang tua yang berkualitas sehingga wajar saya banyak trial dan error nya dalam mendidik anak. Berbeda dengan sekarang meski belum ada yang formal tetapi pendidikan parenting cukup marak dimana-mana.

Oleh sebab itu saya sangat mendukung dan menyambut gembira dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh SGM Eksplor.  Yup SGM Eksplor mengadakan rangkaian kegiatan edukasi Parenting Seminar di beberapa kota besar di Indonesia.  Menurut Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan SGM Eksplor kepada para orang tua untuk bisa mendampingi si kecil dengan pola asuh dan pemenuhan nutrisi yang tepat agar mereka mampu bersosialisasi dengan baik, tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang super kreatif dan mandiri.

3 Mei 2017

Tips Memilih Meja Makan untuk Keluarga Kecil

Bagi sebuah keluarga yang memiliki keluarga kecil, tentulah saat ini sedang berusaha membangun berbagai hal. Salah satunya adalah rumah. Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang, baik dalam waktu cepat maupun lama. Nah, bagi keluarga kecil yang sedang melengkapi isi rumah tentu saja harus memilih furniture  yang menarik untuk melengkapi perlengkapan rumah tangga.  Entah itu lemari pakaian, kasur, maupun meja makan. O ya meja makan merupakan salah satu hal yang penting untuk kita miliki sebab dengan meja makan kita bisa berkumpul bersama dengan keluarga tercinta.


Desain-Modern-Meja-Makan-Minimalis-4-Kursi.jpg

Hardendang '84 Goes to KP : Luar Biasa

Persahabatan bagai kepompong 
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu 
Persahabatan bagai kepompong 
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
 
Persahabatan bagai kepompong

Maklumi teman hadapi perbedaan 
Persahabatan bagai kepompong 
Kepompong.. Kepompong 
Na na na na... Na na na na..

Lagu tentang persahabatan itu memang cocok bila diibaratkan dengan pertemanan diantara teman-teman kami alumni SD Assalaam.  Enam tahun bersama sewaktu kecil dulu, memang kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan.  Terbantu dengan teknologi  internet, kami pun dipersatukan kembali melalui pertemanan di dalam grup WA.