blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

7 Des 2019

Cosmos Harmond CRJ 6601 Rice Cooker Canggih Anti Gores

Cosmos Harmond CRJ 6601


Cosmos Harmond CRJ 6601 Rice Cooker Canggih Anti Gores

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Lirik lagu dari Keluarga Cemara ini memang benar adanya ya?  Hampir semua individu di dunia ini menganggap keluarga adalah harta yang paling berharga.  Untuk itu tentu saja kita akan selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga kita.  Memberikan yang terbaik di berbagai aspek tentu saja,  termasuk di dalam menyajikan makanan sehari-hari.  Terlebih lagi untuk makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari yaitu nasi.  Sebagai penduduk asli Indonesia makanan yang paling banyak dikonsumsi tentu saja nasi.

Hei..hei.. memang ada apa dengan nasi? Kan gitu-gitu aja ya proses pembuatannya?  Tidak begitu Rudolfo di zaman sekarang proses menanak nasi tidak seribet di masa kecil yang prosesnya memerlukan api di atas kompor.  Itu zaman jadul ya, sekarang menanak nasi kan hampir semua orang sudah menggunakan penanak nasi alias rice cooker.  

Sebuah pilihan yang memang lebih mudah, efektif dan efesien terlebih ada fitur penghangat yang membuat nasi selalu tetap hangat setelah matang.  Saat ini kita tak perlu lagi menanti dan mengawasi nasi apakah sudah matang atau belum karena rice cooker dilengkapi sensor yang mengeluarkan suara klik saat nasi telah matang.  Jadi penggunaan rice cooker memang betul-betul membantu kita.


Riset Membuktikan:  Bahaya Penanak Nasi Anti Lengket


Masalahnya menurut sebuah riset setiap butir nasi yang menempel pada penanak nasi anti lengket, saat dipaksa dilepas ada elemen-elemen kimiawi yang bernama Perfluorootanic (PFOA) yang bersifat Karsinogen yang terbawa oleh nasi tersebut. Karsinogen ini adalah zat yang menyebabkan kanker dengan cara mengubah asam dioksirbonukleat atau kita biasa menyebutnya DNA dalam sel-sel tubuh.  Hal ini mengganggu proses-proses biologis di dalam tubuh kita.

Kalau kita perhatikan alat masak yang menggunakan teflon ini lama-lama banyak terlihat kelupasan-kelupasan.  Wah tentu saja kita harus waspada, jangan-jangan kelupasan itu tercampur ke bahan makanan yang kita makan.  Hiiiy ngeri kan ?  Tentu kita tidak menginginkan diri kita dan keluarga kita terpapar zat yang membahayakan ini.  




Cosmos Harmond CRJ 6601 Rice Cooker Canggih Anti Gores


Alhamdulillah akhirnya saya menemukan Cosmos Harmond yang memiliki jargon "Tinggalkan yang anti lengket pindah ke anti gores".  Jadi Riice Cooker Cosmos Harmond 6601 ini memang tidak anti lengket tetapi anti gores.  Tidak ada sama sekali kelupasan dari dinding panci penanak nasinya.  Pembuatan panci penanak nasi Cosmos ini menggunakan teknologi Harmond yang menjadikannya anti gores.  Teknologi Harmond ini melalui proses Hard Anondized dan proses pendingan dengan temperatur mendekati 0 derajat Celcius.

Dengan teknologi Harmond ini selain panci menjadi anti gores, menjadi lebih aman dan tahan lama pula.  Panci Cosmos Harmod ini memang tidak dapat terkelupas dan tergores oleh apapun, saya sudah mencoba menggosoknya dengan sikat yang terbuat dari paku.  Hasilnya tidak sedikitpun panci itu dapat tergores.  Panci yang digunakan terbuat dari bahan food grade yaitu bahan tidak menimbulkan anti racun bagi manusia.

Selain itu pada Cosmos Harmond CRJ 6601 ini pada tangkai sambungan tutupnya memiliki tempat menampung embun-embun air yang dihasilkan dari nasi yang panas.  Di tutup bagian atas juga terdapat saluran pembuangan uap sehingga uap panas yang dihasilkan dari menanak nasi dapat langsung keluar tanpa mengendap di bagian tutup dalam yang bisa menjadikan nasi bau dan akhirnya menjadi basi. 



Nasi sisa yang saya simpan dan disatukan dengan nasi baru ternyata tidak membuat nasi baru menjadi bau setelah seharian lho.  Padahal di rice cooker saya yang dulu bermerk lain harus disimpan terpisah di atasnya agar nasi baru lebih awet, kalau dicampur belum sehari saja nasi sudah menjadi bau. 

Dulu saya memakai rice cooker ukuran 2 liter, tapi jarang menggunakannya dengan full kapasitas. Sekali menanak nasi kurang dari 1 liter, karena anak-anak di rumah tinggal tiga orang lagi, yang dua sedang menuntut ilmu di tempat yang jauh. Jadinya  walaupun menggunakan rice cooker ukuran 2 liter, saya tetap  menanak nasi dua kali  sehari.  

Jadi pagi hari untuk sarapan dan bekal makan siang kemudian sore hari menanak nasi lagi dengan ukuran lebih sedikit.  Dengan Cosmos Harmond CRJ 6601 yang memiliki kapasitas 0.8 liter ini ternyata cukup juga lho.  Jadinya dengan Cosmos Harmond CRJ 6601 ini lebih hemat karena  listrik yang digunakan lebih kecil. 




Kenapa dua kali menanak nasi karena dengan rice cooker lama kualitas nasi di sore hari sudah tidak maksimal lagi.  Sebetulnya kalau dengan Cosmos Harmond ukuran besar juga enggak masalah sih karena memiliki kualitas yang bagus sampai sore pun nasi tetap kualitasnya bagus. 

Yang harus diingat jangan biarkan rice cooker tersambung listrik seharian  karena ini akan mengakibatkan nasi kering, kuning, cepat basi serta nutrisinya pun hilang.  Kalau ingin nasi hangat kita tinggal menghangatkannya 30 menit sebelum makan.  Kalau untuk saya mendingan sekalian menanak nasi lagi di sore hari, jadi saat makan malam menyantap nasi masih baru.

Oya ada tips nih kalau nasi sudah matang tunggu lima menit kemudian aduk nasinya.  Cara ini membuat nasi tidak cepat basi tidak kering dan tahan lebih lama.  Karena dengan mengaduk nasi dapat mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi jadi bisa mempermudah proses penguapan air.  


Kelebihan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6601


Alhamdulillah pokoknya saya puas menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6601 ini.  Kelebihan-kelebihan yang dimilikinya antara lain adalah:



Selain proses dari nasi menjadi beras yang harus diperhatikan, ternyata penyimpanan beras pun harus kita perhatikan lho.  Pernahkah saat  membuka penyimpanan beras menemukan kutu atau serangga lainnya di dalam tumpukan beras?  Terkadang bahkan beras jadi berbau tidak sedap. Hal ini terjadi mungkin  saja itu disebabkan cara menyimpan yang kurang tepat.

Kutu beras yang berkembang biak di dalam wadah beras akan mengurangi kualitas serta nutrisi dalam beras.  Hal ini disebabkan gizi di dalam beras sudah diserap oleh kutu beras.  Kutu di dalam beras bila tertelan oleh anak-anak akan mengalami reaksi penolakan di dalam tubuh.  Ini akan memicu alergi di dalam tubuh anak.  



Penolakan dari dalam tubuh ini bisa berupa gatal-gatal pada kulit, perut mual serta muntah. Selain itu beras yang sudah ada kutunya rasanya pun akan berubah menjadi lebih tawar hingga membuat selera makan menjadi berkurang.  



Lebih Sehat dengan Penyimpan Beras Cosmos 007 Pundi 


Untuk mencegah beras berkutu saya menggunakan produk dari Cosmos juga yaitu penyimpanan beras Cosmos 007 Pundi.  Alhamdulillah puas menggunakan tempat beras ini  Selain penampilannya menarik kapasitasnya pas tidak memakan banyak tempat karena memang saya terbiasa membeli beras per 5 kg di toko beras atau super market.  





Keunggulan tempat beras Cosmos 007 Pundi ini antara lain adalah:


  • Bebas kutu sehingga beras tetap enak dan sehat
  • Kualitas beras terjaga dengan baik
  • Menggunakan teknologi First In First Out (FIFO)  jadi beras yang pertama masuk itu akan keluar terlebih dahulu.
  • Penampilan yang menarik dan tidak banyak memakan tempat
  • Anti Slip tidak gampang bergeser
  • Pull & Dispenser, sekali tarik otomatis beras keluar satu gelas takaran 150 gr


Berbagai produk dari Cosmos mudah kita temukan karena sudah tersebar di supermarket dan toko elektronik.  Kalau di toko online kita bisa membelinya di marketplace seperti Lazada, Bukalapak,  Shopee, Tokopedia, Blibi (Cosmos Official Store)

Untuk mengetahui informasi produk dari Cosmos secara lengkap bisa kita kunjungi akun sosial medianya yaitu:

Website :  www. cosmos.id  Di sini juga kita akan mendapatkan banyak resep dan tips bermanfaat
Instagram :  @cosmosonline
Facebook :  @mycosmos
Youtube   :  https://www.youtube.com/BelanjaCosmos

Nah itulah sedikit pengalaman Cerita Ida menggunakan Rice Cooker CRJ 6601 dan Penyimpan Beras Cosmos 007 Pundi.  Semoga tulisan Cosmos Harmond CRJ 6601 Rice Cooker Canggih Anti Gores bermanfaat ya teman-teman.

16 komentar :

  1. Pemilihan rice cooker ini sangat penting untuk kesehatan keluarga ya Teh. Jangan sembarangan milih penanak nasi hanya karena harganya murah. Tetapi kualitas tidak maksimal. Semoga saya bisa segera membeli rice cooker ini. Amin.

    BalasHapus
  2. Aakkk aku juga punya rice cooker ini Mba.
    Cintaaaa bgt dgn produk Cosmos yhaaa

    BalasHapus
  3. Penting banget milih rice cooker yang bener, karena kesehatan berawal dari kondisi beras yang sehat.

    BalasHapus
  4. Cosmos mmg dari dulu megang banget utk produk rumah tangga ya. Sampe2 aku tahunya tempat beras itu namanya cosmos hahaha

    BalasHapus
  5. pilih rice cooker emang ga boleh main2 ya mbak,, soalnya nasi bakal masuk ke tubuh kit tiap haru,, mrek sembarangan kan byk yg bikin nasi cepet kering itu

    BalasHapus
  6. Kebetulan sedang mencari-cari rice cooker yg OK, jadi punya referensi deh.. TFS, Teh..

    BalasHapus
  7. Cosmos Harmond emang bagus banget sih dari dulu sampai sekarang. Tampilannya juga unik ada karakter angry bird juga mbak.

    BalasHapus
  8. Aku juga pakai rice cooker Cosmos nih mba. Beneran anti gores banget dan emang bikin kita jadi puas dan nasi juga jadi sehat ya mba :)

    BalasHapus
  9. Wah perangkat Cosmos ini kece banget mbak, apalagi menanak nasi dan tempat beras. Kualitas bagus dan bener awet kalau pakai cosmos.

    BalasHapus
  10. Rice cooker tuh penting bangeet mba.. vital karena keluargaku doyan nasi hehehe

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai tempat beras merek cosmos tapi bukan tipe itu , Alhamduliklah beras bebas kutu hehe.

    BalasHapus
  12. Aku baru tau lho kalo 5 menit setelah matang, Nasi harus diaduk. Pantesan nasiku cepet basi atau gak enak. Harus dipraktekkan nih caranya.

    BalasHapus
  13. Aku senang banget nih punya rice cooker ini. Lebih sehat juga ya digunakan sebagai alat masak

    BalasHapus
  14. Ya ampun mba itu nggak merusak partikelnya d sikat pakai itu, bentuknya imut ya pas utk keluarga kecil

    BalasHapus
  15. ya ampun bentuknya super gemas begini. terus anti gores ya. seneng lho aku ada peralatan masak yang bukan hanya mementingkan packaging tapi juga kesehatan keluarga

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^