blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

4 Apr 2020

Ketika Emak Mulai Bertanduk


Ketika Emak Mulai Bertanduk  Dulu saat anak-anak masih kecil semangat membaca buku tentang parentingku begitu menggebu, tapi setelah anak-anak besar dan 'kepongahan' pun hadir.  Merasa sudah berpengalaman jadi tidak update lagi tentang parenting.  Dan proses pendidikan anak-anakku bergantung pada seorang ibu yang mungkin berpikiran sangat monoton.

Mungkin juga karena kesibukanku di beberapa aktivitas  tapi yang pasti semua berlabuh pada rasa malasku hingga saya jadi ibu yang tidak update dan malas membaca buku tentang proses pengasuhan anak.

Fokusku mungkin sudah teralih, hingga mencari ilmu parenting bukan lagi jadi fokus utamaku.  Meski sesekali saya mengisi ceramah tentang keparentingan, mungkin itu lebih pada ke pengalaman pengasuhanku.

Sampai mataku teronggok pada sebuah buku Anak dari Surga Menuju Surga, sebuah buku pemberian  dari kakakku, temanku sahabat seperjuangan di zaman kuliah dulu, Ida S Widayanti, sang penulis buku ini.

Bersama Teh Ida Sang Penulis setelah ratusan purnama tidak berjumpa

Anak dari Surga Menuju Surga  merupakan buku keempat dari Teh Ida -demikian saya memanggilnya-.  Buku 1 dan 2 saya dulu semangat sekali membacanya, sempat ikut menjualkan buku-buku itu juga dan kalau tidak salah Teh Ida pun sempat menuliskan testimoniku tentang bukunya di salah satu buku itu di cetakan berikutnya.

Tetapi buku keempat ini, hadir saat si emak sudah merasa jumawa dan tidak merasa perlu dengan ilmu parenting  lagi.  Hingga buku pemberian itu lama tersimpan begitu saja, tanpa sempat membacanya.

Sengaja saya menulis tentang kemalasan ini di prolog tulisan ini, agar Teh Ida tidak tersinggung, seandainya tahu bukunya belum saya baca.  Tapi hari ini saya mulai membaca buku ini, dan Masya Allah... berjuta kesadaran pun hadir dalam diri.

Buku-buku Parenting Karya Teh Ida

Semoga jadi amal jariyah yang barokah untuk Teh Ida.. Duh saya kok jadi seneng ya.. namanya sama dengan Teh Ida yang ini..hahaha...Semoga tertular kekerenannya...Aamiin Allohumma Aamiin..

Baru saja membaca beberapa lembar buku ini saya sudah bisa menangkap inti dari buku Anak dari Surga Menuju Surga Ini.  Dan ini mengubah mindset saya terhadap anak-anak.  Percayalah usai membaca buku ini para pembacanya akan memiliki pandangan berbeda tentang anak-anak.

Setidaknya itu yang saya alami, saya langsung mencari sisi positif dari anak-anakku ...Astagfirullah selama ini saya abai terhadap semua itu.  Faham bahwa anak itu terlahir dalam kondisi fitrah bahkan beberapa kali mengisi kajian tentang ini di beberapa acara parenting, tapi dalam tataran aplikasi saya sering abai...

Anak dari surga menuju surga memang benar adanya, seandainya saja kita sebagai orangtua berhasil mempertahankan kefitrahan itu....

Jadi terbayang saat Maghfira bungsuku, yang mendesakku untuk segera hapal surat Al Kahfi ayat 1 sampai dengan 10.  Bahkan beberapa kali dia memperdengarkan lantunan ayat itu dari youtube dengan suara keras padahal dia sudah hapal  "Supaya Umi cepat hapal.." katanya.  Rupanya Maghfira takut uminya tidak selamat dari fitnah Dajal...

Terbayang saat Mushab anak keempatku bercerita saat mengembalikan kembalian uang angkot karena merasa kelebihan. Sungguh kejujuran sudah tertanam dalam dirinya... Terbayang semangat menghapal al qur'an nya...duh Umi jadi malu kalau ingat ini...

Terbayang saat Fathya anak ketigaku yang mengoreksi bacaan surat At Tahrim ku saat sholat Isya tadi malam.. Anak yang sudah hapal lebih dari 10 juz itu enggan menjadi imam karena menghormati emaknya yang sudah sepuh... padahal dari sisi hapalan dan tahsin nya dia jauh lebih bagus. Ah malailat kecilku sudah menjelma menjadi guruku...

Terbayang dengan kejujuran Aa Miqdad yang menolak usulku mengambil shutle kok bekas yang berserakan di lapangan tempat berlatih karena itu  Aa rasa bukan haknya.  Terbayang saat kemarin siang dia dengan telaten membantu temannya mengerjakan tugas via video call..Terbayang Aa yang rajin membantu ngepel tiap hari... Sungguh baik hatimu Nak...

Foto 4 tahun yang lalu, blm bisa update lagi sampai sekarang karena susah kumpul

Terbayang kebaikan Si Sulung Kaka Azizah zaman SMA dulu, pulang sering agak larut karena bersama teman-temannya membuat rumah singgah yang menampung anak jalanan di pinggir kereta dan mengajari mereka belajar.  Kini Kakak menyisihkan sebagian dari uang saku bea siswanya untuk membiayai adik asuhnya dan sedikit membantu program beasiswa di SMA nya.

Sungguh... tiba-tiba saja banyak sisi positif dari mereka muncul dan saya sering lupa dan abai untuk mengapresiasinya.  Kita sebagai orang tua selalu fokus ingin mereka menjadi baik, sehingga sedikit saja mereka abai akan tugasnya kita berubah menjadi emak yang bertanduk.

Padahal kadang mereka sudah jauh lebih dari kita..padahal mereka adalah selembar kertas putih bersih tanpa noda..sedangkan kita?

Jadi saat kita akan mulai bertanduk, ingatlah dengan kebaikan-kebaikan mereka.  Mulailah lebih teliti terhadap sisi postif mereka. Saya haqqul yakin semua bunda di dunia ini akan menemukannya... Kalau takut lupa tulislah itu, buatlah list nya agar tidak sering berubah menjadi emak yang bertanduk. Karena benar adanya bahwa  Anak dari Surga Menuju ke Surga.... Semua anak itu keren kalau kita selalu memandang dari sisi positifnya  ..Jadi Ketika Emak Mulai Bertanduk ingat Cerita Ida ya.. eh :D


34 komentar :

  1. Semoga bisa ketularan emak-emak hebat ini, sudah produktif namun tidak abai terhadap mendidik anak, agar masa depan mereka sukses menuju surga...

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak mba remindernya, aku suka deh baca sharing seperti ini, jadi melembutkan hati, bikin aku mikir dua kali saat emosi sama anak.

    BalasHapus
  3. Selalu ada sisi2 si kecil yang bisa bikin emosi tapi juga lebih banyak sisi2 yang bikin sejuk hati

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak mab buat remindernya, saya bakal selalu ingat pesannya "saat kita akan mulai bertanduk, ingatlah dengan kebaikan-kebaikan mereka"

    BalasHapus
  5. Baca tulisan ini jadi self reminder. Jadi orangtua itu memang harus selalu belajar. Saya sendiri mengalami, kalau baru belajar parenting, sikap masih terjaga. Tapi kalau sekian lama ga di kasih asupan ilmu parenting, ilmu2 sebelumnya jadi buyar lagi. Emakpun jadi bertanduk.

    BalasHapus
  6. wah, kayaknya saya juga perlu baca bukunya ni. btw, anak-anaknya hebat banget ya Allah. hebat ibunya nih bisa mendidik anak-anak jadi pribadi yang baik semua..

    BalasHapus
  7. semoga bisa mengikuuti jejak emaknya. jadi wanita hebat dan luar biasa hah kak. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan bisa berkumpul dengan keluarga lagi

    BalasHapus
  8. Remind lagi buat saya. Setiap saat menemukan kebaikan mereka, seharusnya pada saat itu kita langsung bersyukur dan "menandainya" ya Mbak.

    BalasHapus
  9. Bener banget mbak, ternyata ilmu parenting itu seumur hidup. Ntar waktu sudah nenek2 beda lagi ceritanya. Sekarang mau apa2 bener2 kudu hati2, baca2 literatur, lihat tauladan & banyak2 doa. Takut salah, ntar kudu tanggung jawab di akherat.

    BalasHapus
  10. Hhiii iya kadang emang suka bertanduk, tapi aku suka ada yang ngelelepin lagi teteh. Semoga kita menjadi orang tua yang selalu mengingat sisi positif anak2.

    BalasHapus
  11. Wah keren banget mbak bisa menambah pengetahuan lagi dalam bacaan parenting terkhusus untuk mengasuh anak. Saya sampai hari ini terus belajar untuk mengasuh si kecil dengan luar biasa mbak.

    BalasHapus
  12. Reminder yg bagus sekali mbak. Semoga kita selalu bisa menemukan hal positif dari anak2 kita & bersyukur atas itu ya

    BalasHapus
  13. Masya Allah mbaak.. Anak-anaknya sholeh dan sholeha semua. Semoga bisa selalu jadi penyejuk hati yaa..

    BalasHapus
  14. Sunggu menjadi orang tua adalah pengalaman luar biasa yang menuntut kita untuk terus belajar yaaa mba.. dan ingat bahwa kita tidak pernah ‘cukup pandai’ untuk menjadi orang tua yang baik.. semangaaat

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah. Anak-anak Mba Ida baik semua, melakukan seperti yang dicontohkan orangtuanya. Aku bacanya aja ikut bahagia nih mba.

    BalasHapus
  16. Banyak anak banyak rejeki ya Mba Ida, namanya sama-sama Ida heheh bukunya judulnya bags-bagus banget mba jadi pengen baca hahaha. Ditunggu updatean foto kelima buaha hatinya yang udah makin gede ya Mba

    BalasHapus
  17. anaknya lima ya teteh? senangnya. Gak kebayang dulu ribet ya teh? klo saya satu aja ribet hahaha.(becanda)

    BalasHapus
  18. wih ternyata anaknya 5 rame, seru nih.
    luar biasa parentingnya mba ida ni yaa

    BalasHapus
  19. Waaah putera-puterinya masya Allah mba, ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Anak Pancasila nih, ada 5. Dulu saya sempat bercita-cita punya anak 5. Hihihi. Anak pertama saya meninggal di dalam kandungan saat berumur 5 bulan. Anak kedua saya puteri, dan ketiga alhamdulillah kembar putera. Jadi, saya sebetulnya sudah punya 4 anak. Setelah merawat krucil bertiga nih di rumah, saya nyerah dan melupakan niat punya anak 5. Fokus mengurus Trio Rempong ini dulu, insya Allah semoga mereka kelak menjadi anak-anak surga. Terima kasih sudah mengingatkan kembali sebagai sesama ibu ya mba. Salam kenal.

    BalasHapus
  20. Tapi sebagai anak kadang rindu tanduk emak hehe
    Spt saya, rindu ditandukin emak bangunin pagi dan nyuruh mandi huhu

    BalasHapus
  21. Masyaallah saya baca ini jadi self reminder juga. Padahal anak saya baru satu tapi kadang pas marah, ya marah aja. Makasih diingatkan. Buku Anak dari Surga Menuju ke Surga ini menarik banget. Jadi pengen punya bukunya. Apa buku ini bisa dibeli di Gramed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku di Gramedia sudah habis katanya Mba... Bisa hub no WA saya ya mba nanti saya hubungkan dengan no Teh Ida nya..

      085722389178 Terima kasih..

      Hapus
  22. Pendidikan anak memang utama. Namun lebih utama lagi jika orang tua bisa bijak dalam menghadapi karakter anak

    BalasHapus
  23. Bener-bener belajar seumur hidup jadi ortu ya, Teh.
    Kalo Teh Ida aja bertanduk gitu, gimana pula aku.

    BalasHapus
  24. Anak soleh ngga muncul dengan sendirinya, pasti meneladani ayah ibunya
    Bedanya ....
    Mereka belum tercemar ..... :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup setuju..berat ortunya nih untuk selalu bisa mempertahankan kefitrahan mereka supaya Anak dari Surga Menuju Surga bisa terealisasi..:D Dan itu akan jadi amal jariayah yg bisa menghantarkan ortunya ke surga..Masya Allah :D

      Hapus
    2. tugas berat maksudnya ..hehe..

      Hapus
  25. Yap teh, terkadang emosi menguasai jiwa sehingga lupa pada sisi positif anak. Ketika emak mulai bertanduk, ingatlah kebaikan-kebaikan mereka :)

    BalasHapus
  26. Aduh Teh anak lima tapi pada baik-baik salut deh cara mendidiknya dan kesabarannya. Memang kalau kita dah marah suka lupa dengan kebaikan yang mereka miliki kadang tanpa sengaja membandingkan dengan yang lain.

    BalasHapus
  27. Duh aku bnaget ini. Tiap hari, apalagi sekarang, jadi guru di rumah, sering ke luar tanduknya. Kudu banyak baca buku-buku Teh Ida yang itu ya. Dan belajar dari Teh Ida juga.

    BalasHapus
  28. Masya Allah Bunda. Ijinkan Acha memanggil mba begini ya, sebab rasanya lebih pas Acha panggil Bunda. Semoga kelak ketika anak anakku besar, aku tetap ingat pesan ini.

    BalasHapus
  29. Masyaa Allah, pastinya tidak mudah ya mbak, sehingga kadang emak2 mulai keluar tanduknya. Smg selalu diberi kesehatan ya mbak, agar bisa terus membersamai anak2. Aamiin

    BalasHapus
  30. Maa syaa Allaah tulisannya menginspirasi sekali Mbak. Noted nih Jadi pembelajaran juga buat saya yang masih new mom. Semoga bisa mengikuti jejak Mbak Ida dalam mendidik anak-anak.

    BalasHapus
  31. Setiap orang tua pasti punya pola asuhnya tersendiri, namun mengupdate diri tentang parenting memang kebutuhan harusnya, ya, Teh? Seperti aku, kadang suka mikir seperti Teh Ida juga, toh anak sudah gede, dan udah ga terlalu butuh lagi pattern2 tertentu dalam pengasuhan anak. Namun, penting loh! Makanya aku masih suka juga update diri tentang hal ini, karena tetap akan bermanfaat untuk kapan pun.

    Btw, mengapresiasi setiap pencapain (walau terkecil sekalipun, yang dilakukan anak dalam kesehariannya) perlu banget diapresiasi, karena ini akan membuatnya semakin yakin bahwa dirinya berharga, bisa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

    Trims untuk postingannya, Teh Ida.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^