blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

1 Okt 2020

Pengalaman Mengikuti Kelas Creative Writing di TBI Malang


Pengalaman Mengikuti Kelas Creative Writing di TBI Malang  Masa pandemi ini menyadarkan betul bahwa saya mempunyai kepribadian agak introvert, hal ini terbukti saya menikmati betul berbagai kegiatan di rumah saja.  Walaupun ternyata meski banyak di rumah saja,  kecanggihan teknologi masa kini membuat saya tetap bisa banyak belajar.  

Di era digital ini berbagai kegiatan seperti webinar, kursus, talkshow bahkan sampai membuat IG Live menampilkan berbagai nara sumber bisa dilakukan meski hanya di rumah saja.  Termasuk juga salah satunya adalah kursus kelas Creative Writing yang saya tulis di blog Cerita Ida dengan judul Pengalaman Mengikuti Kelas Creative Writing di TBI Malang ini.


Serunya Kelas Creative Writing di TBI Malang

Saat ini  walau di rumah saja saya dapat belajar dasar-dasar fotografi, belajar mengulik canva, edit video, kembali belajar dasar-dasar blog, SEO dan beberapa hari yang telah lalu saya mengikuti kursus bahasa Inggris kelas Creative Writing bersama The British Institute atau biasa disingkat TBI.

TBI tempat belajar saya ini adalah TBI cabang Malang.  Inilah enaknya belajar online itu jarak dan tempat tidak menjadi masalah.  Saya tinggal di Cimahi tetapi tetap  bisa ikut kursus di TBI Cabang Malang.  

Belajar Bahasa Inggris Itu Mengasyikan

Kursus singkat memang, hanya trial selama tiga hari, tapi bagiku tiga hari yang sangat berkesan sekali.  Setelah sekian lama tidak belajar dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris akhirnya setelah anak-anak beranjak besar bisa kembali dilakukan.

Ingatanku kembali ke masa-masa setelah lulus kuliah, saya sempat kursus bahasa Inggris di dua tempat.  Semangat sekali saya waktu itu, karena bahasa Inggris adalah bahasa yang menyenangkan menurut saya. Mungkin karena sesuai passion jadi dilakukan penuh semangat.

Sayangnya bahasa Inggris saya itu kemudian tidak terlalu banyak terpakai, hingga banyak lupa dan kembali kaku menggunakannya.  Sempat digunakan dan bermanfaat untuk menjadi teman kaka belajar s waktu akan test seleksi beasiswa kuliah di Turki.  Senang sekali ternyata akhirnya bahasa Inggris saya bisa bermanfaat.

Sebenarnya ingin mengajak anak-anak tetangga untuk belajar bahasa Inggris, selain memanfaatkan waktu juga supaya bahasa Inggris saya bisa dilatih kembali dan bermanfaat.  Tapi saya bingung bagaimana metodenya supaya bisa menarik dan tidak membosankan.  

Dulu saya pernah membuka kursus bahasa Inggris ini untuk anak-anak di sekitar lingkungan rumah tempat saya tinggal.  Sayangnya  karena tidak tahu metodenya akhirnya hanya berlangsung beberapa bulan saja.



Belajar Bahasa Inggris di TBI Malang: Seru !

Alhamdulillah kursus singkat 3 hari di TBI ini membuka wawasan saya.  Metodenya menarik sekali hingga membuat peserta menjadi bersemangat.  Meski kelas yang saya ikuti adalah kelas Creative Writing tapi ternyata tidak hanya kemampuan menulis yang diajarkan tapi kami bisa banyak berkomunikasi aktif menggunakan bahasa Inggris.

Senang sekali bisa berkesempatan ngobrol menggunakan bahasa Inggris dengan native speakernya langsung.  Dan yang lebih menyenangkan lagi kami bisa memahami apa yang  native speaker ungkapkan. 

Awalnya sebelum melakukan kursus kami para peserta diseleksi terlebih dahulu, placement test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa kami.  Peserta  diberi soal pilihan berganda sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit.  

Keesokan harinya hasil diumumkan, deg deg an dong, karena banyak pelajaran yang sudah terlupakan. Ternyata hasilnya cukup mengecewakan saya hanya mendapat score 63 dan berada dan masuk ke kelas intermediate awal.  Teman-teman dan masuk kelas intermediate akhir.  Engga heran sih Seffin kan anak muda lulusan Sastra Inggris ... :D

Berhubung ini kelas trial meski sudah dilakukan placement test kami yang terdiri dari teman-teman blogger berada dalam satu kelas bersama.  Untuk memulai kursus kami diminta masuk ke Googleclassroom yang sudah disediakan. 

Googleclassaroom ini ternyata tempat kami berkumpul, mendapat tugas dan mengumpulkan tugas dan mendapat feedback dari tugas yang kami lakukan.  Sementara untuk proses selama dua setiao kali pertemuan kami melakukan komunikasi aktif melalui Zoom Metting yang telah disiapkan.

Hari pertama kami mendapat pengajar seorang native speaker dari Australia yang bernama Mr Ryan.  Bersama Mr Ryan kami banyak berkomunikasi aktif karena Mr Ryan memberi banyak kesempatan kepada kami untuk berbicara.

Selanjutnya karena ini kelas Creative Writing kami pun diminta membandingkan dua tulisan pengalaman traveling berbahasa Inggris.  Di sini kami jadi banyak belajar menuliskan pengalaman traveling dengan baik dalam bahasa Inggris.

Hari kedua dan ketiga kami didampingi Ms Mega dari Bali, kami diajarkan menuliskan pengalaman atau mereview sebuah restaurant atau kafe dalam bahasa Inggris.  Hal-hal apa saja yang ada harus ada mereview restoran kami dapatkan dari Ms Mega.


Tugas menulis di akhir hari pertama


Alhamdulillah, pengalaman yang menyenangkan sekali bisa kursus singkat bahasa Inggris bersama TBI. 


Tentang TBI (The British Institute)  

Setelah merasakan asyiknya kursus di TBI ini jadi ingin tahu lebih banyak tentang TBI ini, baiklah saya tulis di tulisan Cerita Ida ini aja ya biar teman-teman pun bisa membacanya.  TBI atau The British Institute ini merupakan sebuah insitusi pendidikan yang fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. 

TBI berdiri pada tanggal 18 Februari 1984, itu berarti TBI sudah berusia 36 tahun, sebuah usia yang sangat matang untuk ukuran sebuah institusi pendidikan. Seperti pengalaman yang saya rasakan kemarin, para guru pembimbing di TBI memang bagus wajar saja kalau TBI mengklaim bahwa para pengajarnya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan standar internasional.

Bahkan saya mendengar bahwa TBI merupakan salah satu institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang mendapat sertifikat dari the University of Cambridge English untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA ( Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages ).  Ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi terdepan dalam segala metodelogi pembelajarannya.  

Di usianya yang menginjak 36 tahun ini TBI mengadakan kompetisi seperti lomba menulis, membuat vlog, kompetisi video dan yang lainnya.  Ini tentu saja membuat para peserta didiknya menjadi lebih bersemangat belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan.


Mengenal TBI Malang

Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa saya mengikuti kursus Creative Writing ini di TBI cabang Malang.  Ternyata TBI ini memiliki banyak cabang lho seperti di Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang, Cibubur dan Malang.

TBI Malang ini bertempat di lokasi yang sangat strategis yaitu di Jalan Soekarno Hatta Kav A2 dekat dengan Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Malang dan Universitas Malang.  Seperti di cabang TBI lainnya, TBI Malang ini memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi serta sertifikasi internasional.

TBI Malang dipercaya oleh banyak perusahaan dan institusi di Malang, bahkan juga beberapa universitas di Malang menjadikannya program wajib untuk persiapan tes TOEFL sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa atau mahasiswinya.

Selain itu juga TBI Malang ini menyediakan Practice Test TOEFL yang bisa digunakan oleh beberapa universitas di Malang.  Menerapkan sistem pengajaran yang praktis, menyenangkan dan dinamis serta relevan dengan jadual kelas yang bervariasi, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI Malang memiliki kelas dari Senin sampai dangan Sabtu mulai pukul 10.00 - 21.00.

Asyiknya lagi di TBI Malang ini kita bisa belajar dimana saja karena TBI memiliki kelas yang bisa diakses secara digital learning atau online.  Seperti yang saya lakukan kemarin, saya di Cimahi tapi kursusnya di TBI cabang Malang.  

Selain itu juga TBI Malang ini banyak mensupport acara-acara pendidikan, pentas seni, bundling program. Special Promotion (Back to School, Back to Campus, TBI Anniversary, Year End dll).  Aktif melakukan exhibition di mall-mall dan sekolah  atau universitas dan  workshop gratis untuk sekolah, perusahaan, universitas, serta lembaga-lembaga pemerintahan maupun pendidikan. 

Untuk biaya kursus di TBI Malang ini cukup terjangkau terlebih lagi terdapat program-program promo yang menarik seperti All Year Programme (Pay one level get special discount, harga khusus untuk anggota keluarga, group promo dll). Upcoming Promo, Back to Campus: Special Discount

Di TBI Malang ini tersedia beberapa program kelas yaitu:

- Children

- Pre Teen

- Teen

- Global English

- Exam Preparation for TOEFL or IELTS test

- In-House Training / Private Class

- Online Learning

Nah teman-teman cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida tentang Pengalaman Mengikuti Kelas Creative Writing di TBI Malang ini ya semoga bermanfaat.



21 komentar :

  1. Wah pengalaman sangat berharga sekali, menambah wawasan untuk menulis secara kreatif. Keren mbak.

    BalasHapus
  2. Menyenangkannya sekarang, di mana pun kursusnya, kita bisa mengikutinya secara online juga ya Mbak Ida. Sepeti TBI Malang ini, mungkin saya yang di SUlawesi bisa ikutan juga ya kursusnya.

    BalasHapus
  3. Md2an ada kesempatan buat bunda utk ikutan Class Online di TBI melalui Grup yg bunda ikuti. Di ISB bunda ketinggalan info berharga utk ikutan Class Online utk menambsh ilmu bhs Inggris bunda yg masih acakadut.

    BalasHapus
  4. Kalau dilakukan secara online, siapapun dan dimanapun kita bisa ikutan. Memang saat pandemi lebih baik mengisi waktu di rumah saja dengan pembekalan pembelajaran bagus seperti ini ya Teh

    BalasHapus
  5. Yeayyy kerennyaaaa
    ini kayaknya perlu nih blogger pd ikutan kelas di TBI
    Banyak faedah bangettt ya mba Ida

    BalasHapus
  6. Menarik juga ya bisa dapat kesempatan kursus bahasa Inggris bareng teman-teman blogger. True sekarang jadi pede dong buat ngobrol dengan orang asing di media sosial

    BalasHapus
  7. Seru banget ikutan kelas bahasa Inggris bareng temen2 blogger nih Teeh,

    Walau di rumah aja, beneran bisa makin produktif dan dapet ilmu baru yah Teeeh

    BalasHapus
  8. Dewi pingin banget ikutan belajar bahasa Ingrris. Rekomended banget deh TBI Malang, apalagi sekarang bisa kita maksimalkan waktu di rumah dengan belajar ya mbak Ida....

    BalasHapus
  9. seru banget ya ini kayanya kelasnya hihihi, meskipun masih di rumah aja, masih bisa belajar dari jarak jauh kaya gini hihihi

    BalasHapus
  10. Oh ada kursus singkat 3 hari ya Mba. Aku kepengen juga mengasah kemampuan cas cis cus basa Inggris, secara dah lama bgt gak dipake, jadi lupa hihi

    BalasHapus
  11. Seru banget nih mbak bisa ikutan kelas belajar bahasa Inggris secara online...secara bahasa Inggris saat ini perlu banget dikuasai ya...apalagi saat ini blogger banyak mendapatkan tawaran menulis bahasa asing, dapat tiket gratis ke LN atau berteman dengan teman2 dari luar negeri di media sosial...kalau kita mampu berbahasa asing tentu hal ini memberikan kemudahan bagi kita.

    BalasHapus
  12. Seru banget ya belajar bahasa Inggris online, meski pandemi, kita tetap bisa belajar lewat online. Jadi pengen belajar juga deh.

    BalasHapus
  13. wah Mba Ida ikutan TBI juga yah.
    Aku pernah ikut nih mba, creative writing. Jadi lebih kebayang gimana menulis review hotel dan resto dalam bahasa Inggris.

    BalasHapus
  14. Jadi pengin juga nih mba ikutan kelasnya TBI Malang. Kalau untuk yang blogger gimana sih caranya mba? Udah mulai kaku nih bahasa Inggrisku karena udah lamaaa banget enggak dipraktekkan.

    BalasHapus
  15. Seruu...
    Kangen belajar bareng temen-temen jadi terobati yaa, teh..
    Pandemi tetap produktif dan aktif bersama TBI dan ISB.

    BalasHapus
  16. Mau deh ikutan free trial classnya, teh.
    Eh Tapi skrg saya juga ada meeting mingguan bareng salah satu nara sumber dari Utah, USA sih. Jadi sebenernya maksa latian ngomong verbal dengan mbak narsumnya :D

    BalasHapus
  17. I always love learning English, even writing which proves to be a bit more complicated than speaking

    BalasHapus
  18. Akk pengen banget deh aku bisa kursus bahasa inggris lagi. Dulu sebelum menikah aku pernah ambil class tapi udah ga dilanjut lagi, huhu..

    BalasHapus
  19. Toss saya juga ikutan ini tapi TBI Cabang lain
    Namun apapun itu semuanya bermanfaat buat saya dalam menulis

    BalasHapus
  20. wah mantap Bun, walau lagi pandemi tetap semangat belajar ya :D

    BalasHapus
  21. Ngomong english dan belajar tentang bahasa Inggris itu emang tantangan banget ya Mba Ida. Seru banget pastinya pengalamannya ya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^