blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Okt 2021

Lagu Anak-Anak Terbaru dari Hoala dan Koala


lagu anak anak terbaru hoala dan koala

Lagu Anak-Anak Terbaru dari Hoala dan Koala  Pengalaman memang guru yang paling berharga, termasuk pengalaman dalam mendidik anak-anak.  Saya banyak belajar dari pengalaman saya waktu kecil, memanggil memori yang terekam  bagaimana dulu orang tua mendidik anak-anaknya.  Mengambil yang baiknya dan membuang yang buruknya.


Lagu Anak-Anak di Masa Kecilku


Ayah saya penyuka musik hingga mengoleksi banyak kaset berbagai genre musik .  Seingatku koleksi kaset ayah saya banyak sekali.  Sampai saat ini koleksi kasetnya masih tersimpan rapi di lemari almarhum ayah. Karena ayah penggemar musik dan sering memutarnya, akhirnya saya banyak hapal lagu-lagu itu.

Banyak kaset anak-anak yang ayah saya belikan, waktu itu penyanyi anak-anak masih banyak dan masih natural dalam arti tema, lirik dan cara membawakan serta penampilannya masih lugu khas anak-anak. 

Mungkin teman-teman seangkatan saya masih hapal  dengan nama-nama penyanyi cilik seperti Chicha  Koeswoyo, Dina Mariana, Adi Bing Slamet, Iyut Bing Slamet, Ira Maya Shopa, Sari Yok Koeswoyo, Bobi nya Titik Sandora dan Muchsin, Diana Papilaya dan lain sebagainya.  

Sayangnya waktu saya kecil lagu yang diperdengarkan ke telinga saya yang masih usia TK itu segala jenis lagu tanpa disaring. Hingga saya pun fasih menyanyikan lagu-lagu dewasa bahkan  dangdut seperti lagunya  A Rafiq yang berjudul "Dia" . 

Lirik lagunya masih hafal sampai sekarang karena sering ditanggap orang-orang dewasa untuk menyanyikan lagu itu...."Jangan-jangan samakan dia dengan yang lainnya bibirnya yang merah dan senyumnya menawan, rambutnya terurai hitam dan bergelombang ....." Mungkin mereka pikir lucu ya anak kecil menyanyikan lagu dangdut. 


Belajar dari pengalaman waktu kecil saya tak ingin memori anak-anak saya terisi dengan lagu-lagu orang dewasa yang lirik maupun penampilan saat menyanyikan lagu itu tidak cocok sama sekali untuk anak-anak. 

Lagu Anak-Anak di Masa Anak-Anakku


Sayangnya waktu anak-anak saya kecil, penyanyi anak-anaknya tidak sepolos lagu anak-anak di zaman saya kecil dulu.  Mereka jadi seperti anak kecil dengan penampilan dewasa.  Jadi meskipun lirik dan yang menyanyikannya anak-anak tetapi penampilan dan gaya penyanyi anak di masa ini meniru penyanyi dewasa.

Melihat penampilan mereka seperti itu akhirnya saya tidak membiarkan mereka menontonnya.  Alhasil anak-anakku tidak banyak mengenal lagu anak-anak.  Hanya sedikit lagu anak-anak yang mereka tahu yaitu lagu anak-anak legendaris yang saya ajarkan atau ibu gurunya ajarkan di sekolah  seperti Balonku, Pelangi-Pelangi, Bintang Kecil dan sejenisnya.  

Anakku yang bungsu - Maghfira- sampai tidak betah sekolah di TK karena sekolahnya kebanyakan nyanyi-nyanyi.   Sekolah TK  nya tidak selesai karena selalu minta ditungguin terus.   Begitu saya coba masukkan ke sekolah dasar hari pertama saja sudah bisa saya tinggal. 

Lagu anak anak terbaru

Manfaat Lagu Anak-Anak


Sebetulnya lagu untuk anak-anak itu penting karena bisa dipakai sebagai sarana untuk mengajarkan sesuatu kepada anak dengan cara yang menyenangkan.  Mengenalkan nama-nama hari, warna, binatang, menghafal nama-nama nabi bahkan sampai belajar berhitung pun bisa dilakukan melalui lagu-lagu.

Lagu anak-anak pun bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan kepada anak.  Seperti misalnya lagu Bangun Tidur, yang menyampaikan pesan-pesan apa yang harus dilakukan anak setelah bangun tidur.  Dengan cara ini memudahkan anak untuk memahami perintah yang kita sampaikan.

Lagu anak-anak pun mempererat bounding anak dan orang tua.  Saat orang tua menyanyikan sebuah lagu, anak-anak tentu akan senang, ibunya pun tentu senang.  Dengan demikian terjalin keterikatan emosi yang baik antara ibu dan anak.

lagu anak anak terbaru

Lagu Anak-Anak Terbaru dari Hoala dan Koala


Berbeda dengan lagu anak-anak di masa kecilnya anak-anakku,  anak-anak sekarang diuntungkan dengan kehadiran sebuah saluran youtube bernama Hoala dan Koala.  Di tengah kondisi musik yang kurang mendukung terhadap lagu anak-anak kehadiran Hoala dan Koala ini seperti sebuah oase di tengah padang pasir.

Saluran Youtube Hoala dan Koala bisa menjadi referensi lagu-lagu anak untuk para orang tua.  Di saluran ini kita bisa mencari lagu anak anak terbaru dengan kualitas yang baik.  Saat ini Hoala dan Koala sudah memiliki lima album.  Lebih dari 45 lagu anak yang bisa dilihat di YouTube, Sportify atau iTunes.

lagu anak anak rubah ngintip Hoala dan Koala


Selain lagu-lagunya yang variatif, anak-anak pun akan terhibur dengan tampilan karakter di animasi musik ini yang lucu.  Selain Hoala dan Koala ada tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk serta banyak lagi yang lainnya dengan tampilan tiga dimensi.  Variasi lagunya tidak hanya ada genre pop saja tapi ada juga genre lainnya seperti akustik, jazz, swing, ipop, etnik  hingga big hand.  

Salah satu lagu anak-anak di Hoala dan Koala ini adalah lagu anak rubah ngintip Hoala dan Koala.  Sebuah lagu anak yang menceritakan seorang anak perempuan yang ketakutan ketika akan tidur.  Ia takut mimpi buruk diintip binatang-binatang dalam tidurnya.  Sang ayah kemudian menenangkannya dan menasehati sang anak untuk berdoa sebelum tidur. 




Lagu anak-anak di Hoala dan Koala ini tidak sesederhana di zaman saya dulu. Di video Hoala dan Koala ini banyak sekali alat musik yang mungkin tidak dikenal anak-anak kta seperti saxophone, terompet, double bass, klarinet, cello, harpa, trombone hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Kehadiran Hoala dan Koala ini semoga bisa membangkitkan kembali dunia musik anak-anak.  Memberi warna baru dan mengembalikan hakikat lagu anak-anak yang sebenarnya.  Lagu anak-anak yang mengedukasi dan menghibur serta sesuai dengan perkembangan usia anak.  

Semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Lagu Anak-Anak Terbaru dari Hoala dan Koala ini ada manfaatnya ya untuk kita semua.  Terutama bagi teman-teman yang membutuhkan referensi lagu anak-anak yang mengedukasi dan menghibur. 



16 komentar :

  1. Lucu sih lagu-lagu dari Hoala dan Koala ini, lagu-lagunya pakai bahasa Indonesia yang bener gitu ya.
    Benar-benar ngajarin anak-anak untuk kembali ke bahasa kita, takutnya juga keseringan dengar bahasa gaul, bahasa Indonesia jadi hilang.
    Anak-anak saya sering banget buka Youtube buat nontonin lagu-lagu anak Hoala dan Koala ini :)

    BalasHapus
  2. ini sih tontonan favorit anakku juga mbaaa.. seneng banget dia kalo nonton hoala & koala, auto ikutan nyanyi-nyanyi, kadang juga praktekin gerakannya. Alhamdulillah ya walau ga ada artess cilik macem kita dulu, tapi ada Hoala & Koala ini..

    BalasHapus
  3. Bagus ya teh ada Hoala Koala, anak-anak kecil sekarang jadi punya lagu anak-anak lagi kaya jaman saya waktu kecil deh

    BalasHapus
  4. Sepakat banget mba kalau dengan adanya Hoalah Koala ini memberikan edukasi kepada anak anak melalui lagu yang sesuai untuk mereka

    BalasHapus
  5. sudah lama ngga dengar lagu anak - anak yang bukan hanya bagus tapi juga mendidik dan banyak bawa pesan baik ya mba

    BalasHapus
  6. Koleksi kasetku masih ada di rumah orangtua nih mbak, tapi udah ga ada playernya sekarang. Jaman dulu banyak lagu anak-anak baru bermunculan ya sekarang agak jarang.
    Untung ada Hoala dan koala nih jadi anak-anak punya lagu khusus untuk umurnya. aku udah dengerin nihbarusan, lagunya ceria & bagus mbak

    BalasHapus
  7. bener. suka sedih kalau lihat anak2 terus pakai make up dewasa ya, mbak. btw, anak2 aku juga suka lagu Hoala&Koala. karakternya bagus ya, mbak.

    BalasHapus
  8. Zamanku tuh Tasya Kamila.
    Masih inget banget waktu kecil suka ngeliat acara lagu anak di sore hari. Kini zaman digital, anak-anak tidak punya lagi jam nonton lagu anak yang dinanti.

    Alhamdulillah ada Hoala Koala yang bisa mengajak anak-anak bernyanyi dan belajar bersama.

    BalasHapus
  9. Hoala Koala ini bagus menurutku, jadi anak-anak punya tayangan edukasi sendiri + bisa bantu mereka belajar nyanyi lagu anak-anak juga. Suka miris kalau denger anak balita udah nyanyi cinta-cintaan atau nyari lagu yang liriknya malah saru... hehehe

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu soal si Hoala & Koala ini kak. Bagus ya materi tayangannya banyak lagu anak dan pastinya mengedukasi anak kecil

    BalasHapus
  11. Kadang sedih lo mba melihat anak-anak kecil sekarang nyanyiin lagunya orang dewasa. Semoga dengan kehadiran Hoala dan Koala ini, masa kecil mereka kembali riang gembira, penuh pengetahuan sesuai pertumbuhan usianya.

    BalasHapus
  12. Wakakakaa, buahahhahhaa..fix seangkatan teteh, itutu lagu2nya masa kecil.
    Kalo aku suka sama Mbah disetelinnya, duuh jadi kangen masa kecil dan lagu anak2 yang natural. jauh banget dengan jaman now yaaa.
    Semoga saja hadirnya Hoala Koala ini bisa membangkitkan kembali lagu2 anak pada fithrahnya dan sesuai dengan usianya.

    BalasHapus
  13. Sama nih kangen dengan lagu anak yang anak anak banget. Soalnya mereka masih polos jadi butuh lagu yang sesuai umurnya

    BalasHapus
  14. gemes banget animasinya, pasti banyak yang suka :D

    BalasHapus
  15. Dulu ketika Chica, Iyut,Dina mariana masih ngetop, selain lagu-lagu mereka, aku senang banget beli buku tulis dengan foto-foto artis tersebut disampulnya. Sampai sekarang aku juga masih hapal lagu Heli dari Chica..Yah masa-masa yang sangat menyenangkan ketika itu :)

    BalasHapus
  16. Wah ini ah Aqsa pasti suka banget nih. Ntar ah cobain liatin Aqsa videonya, kujamin dia pasti suka.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^