blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

17 Feb 2022

8 Cara Cari Rumah Baru Agar Tidak Salah Pilih

         
Cara Cari Rumah Baru Agar Tidak Salah Pilih

8 Cara Cari Rumah Baru Agar Tidak Salah Pilih Belakangan ini semakin banyaknya peminat properti khususnya dalam mencari rumah baru. Dengan tingginya minat beli rumah yang terus meningkat, para developer properti pun semakin berlomba-lomba dalam menghadirkan produk hunian terbaru yang modern dan menarik bagi para peminat properti.

Sudah banyak sekali developer properti yang menghadirkan rumah dengan desain menarik dan tentu saja tata ruang yang fungsional sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Semakin banyaknya pilihan dalam memilih rumah baru juga bisa menjadi suatu keuntungan, karena bisa membandingkan antara satu dengan yang lainnya.

Banyak sekali faktor yang bisa menjadi dasar pertimbangan dalam memilih rumah baru, terlebih bagi keluarga muda yang ingin memiliki rumah pertama nya sebagai tempat tinggal. Faktor yang sering ditemukan dalam memilih rumah baru yaitu dari faktor lokasi, fasilitas dalam cluster, desain rumah, serta yang terpenting adalah harga.

Berbicara mengenai harga, saat ini sudah banyak sekali rumah baru dengan harga terjangkau namun desain juga menarik. Faktor harga menjadi komponen yang penting dalam memilih rumah. Perlu perencanaan yang matang ketika memilih rumah sebelum memastikan untuk dibeli. Jangan sampai muncul rasa menyesal diakhir akibat tidak riset secara mendalam ketika memilih rumah tersebut.



Yuks simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips-tips cari rumah baru agar tidak salah langkah saat melakukan perencanaan dalam memilih rumah.


  1. Pahami kondisi finansial


Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam mencari rumah baru adalah memahami kondisi finansial diri sendiri. Hal ini sangat penting agar tidak overbudget atau minimbudget ketika membeli rumah. Ketahui keuangan yang sudah dimiliki untuk membeli rumah sudah tidak mengganggu pengeluaran sehari-hari. Pisahkan keuangan untuk membeli rumah dan pengeluaran sehari-hari agar tidak tercampur.


  1. Pilih developer yang terpercaya


Saat ini sudah banyak sekali cluster perumahan terbaru yang didirikan di berbagai daerah di Indonesia. Developer terkemuka di Indonesia seperti Sinarmas Land, Paramount Land, Ciputra, dan lainnya sering kali ditemukan produk propertinya. Tentunya tiap developer memiliki ciri khas masing-masing dalam tiap rumah yang dibangun, mulai dari desain, fasilitas, harga, dan lainnya.


Kenali latar belakang developer tersebut, cek kembali riwayat terdahulu developer tersebut apakah terdapat riwayat penipuan atau sebagainya yang bisa menjadi red flag dalam membeli rumah. Teman-teman bisa meminta saran kepada teman, atau bisa juga berdiskusi dengan Property Advisor Cari Properti yang terpercaya untuk memberikan saran dan rekomendasi rumah terbaik.


  1. Tentukan besaran budget


Ketika mencari rumah untuk tempat tinggal dan beristirahat bersama keluarga, tentunya diharapkan dapat memberikan suasana dalam rumah yang nyaman dan menyenangkan. Sesuaikan budget yang kita miliki untuk membeli rumah, pilihlah rumah yang masuk dengan budget dan sesuai dengan selera atau kebutuhan kita.


Jangan sampai ketika akan membeli rumah terkendala overbudget dan dapat mengganggu pengeluaran sehari-hari yang lebih penting. Maka dari itu, perlu adanya perencanaan yang matang dalam menentukan budget. Saat ini sudah banyak pilihan rumah dengan harga terjangkau atau subsidi.



  1. Sesuaikan desain dengan selera


Saat ini sudah banyak sekali pilihan desain yang sangat menarik, seperti minimalis, scandinavian, industrial, dan lainnya. Berbagai pilihan desain tersebut dapat kita sesuaikan dengan selera kita sendiri. Terdapat ciri khas tersendiri dari masing-masing desain tersebut, seperti minimalis yang tidak terlalu banyak furniture dan tata ruang yang tanpa sekat, industrialis lebih menonjolkan bahan material.


  1. Survei lokasi langsung


Tips selanjutnya dalam mencari rumah baru adalah survei atau mendatangi langsung lokasi rumah tersebut. Hal ini sangat penting karena dengan cara ini kita dapat menganalisis area sekitar rumah apakah terdapat pusat perbelanjaan terdekat, akses yang mudah dilalui, terdapat pilihan akses jalan tol atau transportasi umum, dan terhindar dari rawan bencana.


Adapun lokasi rumah yang strategis dan ramai cluster perumahan terbaru seperti rumah BSD, rumah Alam Sutera, rumah Gading Serpong yang menjadi incaran utama para peminat properti. Menentukan tingkat strategis suatu rumah bisa kita nilai ketika sudah melakukan survei langsung.


  1. Lihat kelengkapan fasilitas


Ketersediaan fasilitas dalam unit rumah tentunya akan memudahkan hidup penghuni sehari-hari. Adapun standar yang diberikan pada unit rumah terbaru saat ini yang sering dijumpai adalah smart home system yang meliputi dari smart door lock, smart bulb, dan sistem smart home lainnya. 


Selain memperhatikan fasilitas dalam unit rumah, perlu juga untuk memperhatikan fasilitas dalam cluster atau lingkungan sekitar. Fasilitas dalam cluster yang biasanya tersedia adalah kolam renang, playground anak, taman, jogging track, dan one gate system. Fasilitas yang lengkap tentunya dapat menunjang aktivitas sehari-hari.


  1. Perhatikan lingkungan sekitar


Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mencari rumah baru adalah lingkungan sekitar. Ketika lokasi sudah mudah di akses, perhatikan apakah lingkungan sekitar mendukung untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Adapun yang perlu diperhatikan adalah rumah berdekatan dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, institusi pendidikan.


Seperti pada rumah BSD yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan AEON Mall, QBIG, The Breeze, lalu rumah Gading Serpong yang memiliki Summarecon Mall Serpong, rumah Alam Sutera dengan Living World Alam Sutera yang tentunya mempermudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


  1. Pastikan legalitas dan dokumen lengkap


Pastikan legalitas dari rumah tersebut dengan cara mengecek keseluruhan dokumen apakah sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan hukum di Indonesia. Jangan sampai ketika membeli rumah dokumen tidak lengkap dan legalitas dipertanyakan.


Adapun surat-surat yang perlu dipastikan keberadaanya ketika membeli rumah baru adalah sertifikat kepemilikan, sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), akta jual beli (AJB), bukti Pajak Bumi Bangunan.


Sekian artikel mengenai tips cari rumah baru yang bisa menjadi referensi teman-teman Cerita Ida dalam mencari tempat tinggal bersama keluarga tercinta sehingga tidak salah pilih. Bagi teman-teman yang tertarik dan sedang mencari rumah baru, dapat kita temukan di Cari Properti yang akan memberikan rekomendasi dan kemudahan untuk menemukan rumah impian yang ideal.


Semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul 8 Cara Cari Rumah Baru Agar Tidak Salah Pilih ini bermanfaat ya teman-teman....



19 komentar :

  1. sekarang sudah bertambah lagi mbak Ida persyaratan jika ingin memiliki rumah yaitu harus punya BPJS

    BalasHapus
  2. Betul semua Mbak, aku juga waktu beli rumah bener2 teliti banget, karena banyak cerita temen yang ketipu developer, apalagi ngga teliti dan cek sana sini. Kasian kan uang jadi melayang entah kemana.

    BalasHapus
  3. Survenya kalau bisa pas kondisi hari hujan juga, agar kita tau akses dan lingkungan calon rumah tidak banjir. Rumah tempat berkumpul anggota keluarga sekaligus menghabiskan waktu bersama, jadi nggak boleh sampai salah pilih ya mba.

    BalasHapus
  4. nyari rumah tuh kayak nyari jodoh ya mbak, soalnya kalau bisa sih nggak pindah2 lagi wwkwkk

    BalasHapus
  5. paling penting menurutku juga memilih developer yang terpercaya, mba Ida. Cuma emang harus cari yang teliti. Satu sisi juga penting untuk cek anggaran untuk membeli rumah ya mba

    BalasHapus
  6. Nyari rumah itu gampang-gampang susah ya mbak. Yang penting pengembangnya amanah barangkali aman ya, tapi 8 cara diatas memang harus diterapkan agar tidak salah pilih dalam membeli rumah, karena rumah itu kan investasi jangka panjang sekaligus hunian yang akan kita tempati selamanya...jadi harus mempertimbangkan 8 cara diatas supaya aman dan nyaman.

    BalasHapus
  7. Memang banyak hal yang harus dipikirkan kalo mau beli rumah yaa soalnya ini yang akan jadi hunian kita bersama keluarga

    BalasHapus
  8. Membeli rumah kek jodoh2an ya teteh, bener2 harus dipikir-pikir biar ga nyesel dikemudian hari apalagi dengan banyak persyaratan ini itu, ditambah yang kekinian harus punya bpjs, hihiii.

    BalasHapus
  9. Beli rumah emang gak bisa main-main ya. Baik itu buat dihuni sendiri atau pun buat bisnis. Kudu teliti milih ini itunya. Biar gak nyesel. Perlu juga dilihat developernya. Btw, kepengeeen punya rumah di BSD. Heheheh

    BalasHapus
  10. Punya rumah apalagi di tempat strategis itu kalau kata teman saya untuk cantelan alias investasi. Karena namanya tanah di Bumi ini kan nggak nambah nambah hehe. Jadi Insyaa Allah harganya terus naik. Asal pilih lokasi dan developer yang tepat.

    BalasHapus
  11. Memiliki rumah di lokasi strategis memang banyak untungnya ya, untunglah sekarang banyak perumahan yang memiliki fasum yang lengkap...

    BalasHapus
  12. Tips yang penting banget nih diperhatikan apalagi bagi yang memang belum punya pengalaman beli rumah baru sama sekali biar nantinya gak salah pilih ya. Apalagi terkait beli rumah ini memang sangat perlu dipertimbangkan baik2.

    BalasHapus
  13. Keren nih bisa berburu rumah idaman melalui Cari Properti. Kadang bingung kan ya mau rumah seperti apa kalau tidak ada panduannya. Lebih praktis gini deh, ga harus mendatangi satu-satu lokasi hunian di kota kita.

    BalasHapus
  14. Beautiful home by The Lake bagus banget eh, jadi bermimpi kapan gitu punya. Hahaha. Tips beli rumahnya oke banget dan memang ya saat memilih hunian penting juga untuk cari informasi mengenai developer, lingkungannya gimana, dan paling penting terkait dokumennya

    BalasHapus
  15. Suka banget kalau dapat lingkungan rumah yang baik dan adem dengan segala fasilitas lengkap.
    Nyaman yaah..teh.

    BalasHapus
  16. betul mba, kalau mau pilih rumah harus sesuai dengan kondisi financial kita. Jadi ingat dulu waktu pertama berumah tangga dan hunting rumah baru :)

    BalasHapus
  17. Nggak bisa nggak sepakat ni.
    Delapan tips di atas, bakal bikin nyaman selama tinggal di hunian tersebut.
    Alhamdulillah

    BalasHapus
  18. Nah, iya bener nih kalau beli rumah yang sudah jadi banyak banget yang harus dipertimbangkan. Maunya sesuai selera, budget, dan aman dari banjir. Boleh juga dekat ke mana-mana. Wah, idaman banget itu.

    BalasHapus
  19. survei lokasi langsung ya jelas penting. Pernah ya pengalaman suami survei malah penjualnya ga paham lokasi propertinya. eh ternyata dia makelar, tapi kelewatan juga sih masa' jualan tapi ga tahu barang yang dijual

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^