**/ Cerita Ida : Tips Merawat Peralatan Plastik

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

6 Mar 2016

Tips Merawat Peralatan Plastik


Tips Merawat Peralatan Plastik 

Sewaktu saya masih kecil, pekerjaan rumah yang paling saya sukai adalah mencuci peralatan bekas makan.  Waktu itu cara mencuci tidak seperti sekarang bisa sambil berdiri,  menggunakan spon dan sabun.  Dulu waktu saya masih imut dan lucu...ehm..hihi... mencuci itu  menggunakan abu gosok diberi sabun dan sponnya terbuat dari serabut kelapa.  Mencucinya pun dengan berjongkok, pegel sih, tapi saya kecil senang saja karena bisa sambil bermain air atau balon-balonan dari sabun.  Dengan  bulatan dari jari, telunjuk dan ibu jari ditempelkan membentuk lingkaran kemudian ditiup maka keluarlah gelembung-gelembung sabun yang kunamai balon sabun.

Itu waktu saya kecil, sekarang kalau ditanya pekerjaan rumah yang paling saya sukai ternyata jawabannya masih mencuci piring dan kawan-kawan.  Tapi bukan karena bisa sambil bermain membuat balon-balon sabun tentu saja, kalau saya masih melakukan itu, masa kecil kurang bahagia dong namanya hehe...  Kalau sekarang alasannya lebih karena kalau mencuci itu bisa memberikan semangat lebih saja.  Bagi saya beda lho kalau pekerjaan rumah diawali dengan mencuci, pekerjaan selanjutnya bisa lebih semangat mengerjakannya.  Entah kenapa, mungkin karena memulai dengan sesuatu yang kita suka ya, selain itu ketika mencuci, pikiran bisa melayang kemana-mana, memenej rencana kegiatan hari itu, muncul ide-ide, menghayal  dan lainnya. Etapi sering juga mencuci sambil mendengarkan ceramah di radio.


Wadah dari plastik ini lucu ..sayang gambarnya banyak tergores



Berbicara tentang mencuci piring dan kawan-kawan, awalnya saya tidak pernah peduli dengan merek spon, yang penting bisa buat mencuci dan keluar sabun, sudah deh, merasa cukup.  Etapi ternyata saya dirisaukan oleh gambar - gambar di peralatan plastik bermerk yang memudar.  Sayang dong, gambar bagus-bagus dengan harga yang lumayan mahal, eh penampakannya lama-lama tidak menarik lagi.  Sempat bingung dan ngenes juga melihatnya, akhirnya saya pasrah saja, paling akhirnya tidak memilih tempat dari plastik yang bergambar.  Masalahnya anak terkecil, masih suka kalau bekal makan mereka bergambar karakter yang lucu-lucu....gimana dong?


Tetapi itu kerisauan saya dulu, sekarang saya sudah menemukan cara yang tepat agar penampakan gambar pada perabotan plastik bisa awet.  Caranya ?  Ternyata cara mencuci saya selama ini salah, semua perabotan saya cuci dengan spon yang sama, padahal masing-masing perabotan itu membutuhkan penangan yang berbeda-beda lho....jadi spon untuk mencucinya pun harus berbeda pula.
 

Scotch Brite itulah merk spon yang memberikan solusi masalah yang beberapa waktu yang lalu saya hadapi, mungkin juga masalah ibu rumah tangga yang lainnya ya... Karena saya juga sering melihat warna dan gambar pada peralatan plastik milik teman-teman yang memudar dan tergores. Solusi yang diberikan Scotch-Brite™   melalui salah satu produknya yaitu spon untuk mencuci.  Bukan spon sembarang spon karena spon yang dikeluarkan Scotch-Brite™ adalah spon 'cerdas' yang 'memperlakukan'  peralatan rumah tangga kita yang berbeda. Bahan, permukaan, cara pemakaian, kekuatan, warna dari peralatan rumah tangga kita kan berbeda-beda so penyikapannya pun harus berbeda pula ternyata.



Khusus untuk peralatan plastik  untuk menjaga warna, gambar, penampakan dan ketahanan plastik secara keseluruhan Scotch-Brite™ telah mengeluarkan sabut spon Scotch-Brite™ Alat Makan dan Minum Anak yang bewarna pink.  Dengan kelembutannya spon jenis ini bisa memberikan solusi membersihkan peralatan makanan anak kita 3x lebih bersih dan 3x tanpa gores, tidak merusak penampakan peralatan makan yang memang lucu-lucu itu.

Produk Scotch-Brite™ yang nge-pink ini ada dua, untuk peralatan biasa yang berbentuk datar bisa mengguanakan Scotch-Bridte™ yang biasa dengan bentuknya yang mudah digenggam.  Satu lagi memanjang, nah produk memanjang ini digunakan untuk membersihkan peralatan berbentuk botol.  Dengan bentuk ini peralatan plastik kita yang berbentuk memanjang seperti botol atau gelas panjang (tembler)  bisa dibersihkan dengan mudah diseluruh sisinya yang memang sulit dijangkau.

O ya ada tips untuk para ibu yang selama ini tidak menggunakan spon Scotch-Brite™, sehingga peralatan plastiknya terlanjur kusam dan menoda :
 
Untuk peralatan yang bernoda :  Rendam kain dengan air cuka, kemudian oleskan pada peralatan makan yang bernoda berminyak, kemudian cuci dengan sabun dan air hangat. Bisa juga  kita gunakan baking soda yang dibuat pasta, kemudian oleskan pada peralatan yang bernoda dengan menggunakan lap, cuci seperti biasa.

Untuk peralatan yang kusam warnanya : Celupkan lap pada perasan jeruk lemon, oleskan dengan kain pada peralatan plastik kita kemudian jemur dua sampai tiga jam di bawah sinar matahari. Lalu cucilah hingga bersih.



Selain untuk peralatan plastik spon Scotch-Brite™ ada juga untuk peralatan yang lainnya.  Untuk peralatan memasak,  kita bisa menggunakan Scotch-Brite™ berwarna hijau.  Dengan permukaannya yang keras sabun spon ini mencuci 3x lebih bersih dan 3x lebih tahan lma. Paeralatan dapur kita seperti panci, wajan bisa menggunakan produk ini dengan menggunakan sisi hijaunya. Sisi yang kuning saya biasa gunakan untuk mencuci peralatan bekas makan, dan minum.  Dengan partikel penggosok khususnya, bentuknya yang mudah digenggam, produk ini nyaman digunakan.



Untuk peralatan dapur kita yang rawan gores dan lengket bisa menggunakan spon Scotch-Brite™ Tidak menggores.  Produk ini diklaim tidak menggores peralatan dapur kita hingga bisa 3x lebih bersih dan 3x lebih tahan lama. Dengan produk ini teflon-teflon kita yang rawan gores dan lengket akan lebih mudah dibersihkan. Magic com kita juga bisa menggunakan ini, wadah tempat nasinya kan harus selalu terjaga sampai tergores tuh.  Kalau sampai banyak tergores, rusaklah magic com kita, nasi akan menjadi cepat mengering, hingga tidak bisa kita gunakan lagi.  Kita pun harus membeli lagi, tidak efesien bukan.  Jadi sebaiknya mencegahnya dengan menggunakan spon yang tepat.

Scotch-Brite™ dengan varian produknya memang sangat membantu kita untuk bersikap efisien dan eafektif ya... Nah cerita cuci mencuci peralatan makan dan dapur ini, cukup sampai di sini ya teman, semoga bermanfaat. 






13 komentar :

  1. Iya sayang kalo gambar bagus sering dicuci jadi ilang. Sekarang gak khawatir lagi setelah ada Scotch Brite ya Teh ��

    BalasHapus
  2. Dengan adanya cairan dan spon yang sekarang banyak beredar maka kegiatan cuci-mencuci kitchen gadget menjadi lebih mudah dan hasilnya memuaskan.
    Terima kasih tipnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. Waaah pantes gambar di tempat minum anak-anak suka ilang.. Ternyata butuh spons khusus ya Mak.. Makasi infonya ya Mak..

    BalasHapus
  4. Yang begini yang aku cari, pas bangad. Di rumah banyak botol minuman yang ada gambarnya dan kadang terlihat unik. Kan sayang kalau gambarnya ilang, padahal bisa dijadikan pajangan.

    BalasHapus
  5. senangnya ada scotch brite, cuci tempat minum dan tempat bekal anak dari plastik jadi gampang n ga tergores

    BalasHapus
  6. Spons ini juga sahabat saya pas cuci piring neh mak

    BalasHapus
  7. Aaah samaaa, aku juga dulu paling males cuci piring karena repot pake sabun, abu gosok dan sabut kelapa. Alhamdulillah sekarang gak repot lagi ya.

    BalasHapus
  8. Senang ya ada spons Scotch Brite dengan banyak varian untuk penggunaan yang berbeda-beda. Kegiatan cuci piring jadi menyenangkan :)

    BalasHapus
  9. peralatan masak dari plastik emang suka susah nyucinya, berminyak dan lengket

    BalasHapus
  10. Sebelum tau ada jenis-jenis spons untuk peralatan berbeda, aku makainya all in one, yang hijau untuk semua. Sejak tau kalau masing-masing spons ada fungsinya aku jadi mikir untuk merperlakukan peralatan masak dan makan dengan beda-beda. Thanks untuk infonya Teh Ida.

    BalasHapus
  11. Sekarang bisa bebas lagi ya menggunakan peralatan makan plastik. Saya sempat parno mau beli tempat makan yang ada gambarnya, takut lama-lama gambarnya ilang. Ternyata itu tergantung dari cara kita nyucinya ya, kalo pake Scotch Brite, ga perlu khawatir gambar hilang, hehehe ^^

    BalasHapus
  12. kalau buat plastik mbak Scotch Brite warna pink emang andalan sih, gak takut gambarnya hilang...

    BalasHapus
  13. Waahh.. Tipsnya menarik. Peralatan plastik dirumah mulai kusam. Pas banget nih buat dibersihin. Terima kasih tipsnya. :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^