**/ Cerita Ida : #AksiFlashBunda: Sebuah Kisah di Suatu Sore yang Dingin

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

10 Jan 2019

#AksiFlashBunda: Sebuah Kisah di Suatu Sore yang Dingin

#AksiFlashBunda:  Sebuah Kisah di Suatu Sore yang Dingin   Kami sedang asyik tertawa saat itu,  sementara hujan yang membesar tidak terlalu kami pedulikan.  Sampai lupa memakai jaket padahal udara sangat dingin, yang terpikir adalah ingin cepat sampai karena kami belum sholat maghrib.  Biasanya saya kalau naik motor harus berjaket ria, dan bersarung tangan, ini entah mengapa semua mendadak lupa.  Ya mungkin karena kami mengejar sholat maghrib di rumah.

Mungkin karena kurang fokus, entah apa yang sedang kami bicarakan, yang jelas saya dan Maghfi sedang tertawa sambil menembus hujan yang mulai menderas.  Tiba-tiba saja sebuah mobil putih melintas dari arah sebrang memasuki toko kue dan roti yang terkenal dengan lambang kincir anginnya itu.  

Saking kagetnya ada mobil yang melintas, saya merem mendadak motor..  Bruuuuk,,,, saya dan Maghfi pun terjatuh,  motor yang saya kendarai pun menimpa saya. Seketika kepala terasa sedikit pusing... Olalala... kepala saya terbentur jalan, untungnya memakai helm jadi benturan sedikit tertahan.   Kaki, tangan dan badan langung terasa sakit, duh pasti berdarah nih, pikirku. 


Maghfira Si Bungsuku 


Kulihat Mahfira bisa langsung berdiri.  Sementara saya masih belum bisa karena motor menghalangi badanku.  Untungnya jalan sepi, sementara saya terjatuh ke sisi kanan.  Terbayang kalau tiba-tiba ada mobil melintas dalam kecepatan tinggi.  Padahal biasanya jalan raya ini ramai sekali, karena merupakan jalan utama di Cimahi.  Hmmm... Allah SWT masih melindungi kami.

Orang-orang pun datang menolongku, alhamdulillah dalam hujan deras seperti ini masih ada yang mau menolong mengangkat motor dari badan saya.  "Neng engga apa-apa.." tanya seseorang berhelm ketika saya mulai berdiri.  "Engga... "jawabku, ragu.  Segera kutanya Maghfira dia hanya bilang sakit tangannya.  Alhamdulillah luka putri bungsuku jauh lebih ringan dari lukaku.

Saya segera menaiki motor kembali, hujan masih juga belum reda. "Ibu engga bawa jas hujan..?" tanya seseorang.  "Iya, saya lupa.." jawabku,  Seorang pemuda tinggi besar menghampiriku, ternyata dia pemilik mobil putih yang membuatku kaget.

"Ibu engga apa-apa..?" tanyanya mengkhawatirkanku.
"Engga.." jawabku sambil meringis, luka di seluruh tubuhku semakin terasa.
"Rumahnya dimana..?" tanyanya lagi
"Dekat Rumah Sakit Dustira.." saya menjawab sambil siap-siap untuk pergi, Maghfira sudah kembali duduk di belakangku.

"Wah masih agak jauh.."pemuda ganteng itu  berkata dengan khawatir,  Haduuuuh dalam kondisi sakit begini masih sempat memuji kegantengan pria dihadapanku itu..hihihi.. *bercanda.
"Enggak apa-apa, terima kasih., Tadi saya kaget, padahal mobil masih cukup jauh.." Saya berkata demikian takut dia merasa bersalah.  Kesalahan memang murni ada pada saya yang tidak fokus hingga kaget saat ada mobil melintas.
"Iya padahal tadi.." Pria itu tidak melanjutkan pembicaraannya, mungkin takut dibilang membela diri.

Akhirnya saya pun pamit dan berlalu, meninggalkan semua kenagan pahit itu..hahaha.... Kali ini motor yang kukendarai, berjalan pelan.  Saya tidak peduli lagi saya agak terlambat sholat maghrib, yang jelas pasti masih keburu.  Luka di sekujur tubuh saya membuat saya tidak bisa menjalankan motor secepat biasanya.

Sesampainya di rumah kuperiksa luka Maghfira ternyata tangannya sedikit berdarah, kakinya sedikit lebam..Alhamdulillah si bungsu cukup ringan lukanya.  Sementara saya membuka kaos kaki pun harus hati-hati, karena sakit sekali.  Ternyata benar saja kaki saya terluka dan berdarah.  Tanganku dekat siku bagian kanan, lukanya lebih besar...berdarah juga.  Hanya itu yang berdarah.  Tapi badanku serasa sakit semuanya... kenapa ya...?

Ternyata setelah beberapa lama terlihatlah banyak lebam-lebam di sekujur tubuhku.  Paha bagian kanan, ada lebam yang cukup besar berdiameter sekitar 10 cm, di kaki kiri dekat lutut juga ada lebam yang lebih kecil, tangan kiri pun tak ketinggalan ingin ikut meramaikan .. heu banyak juga luka lebam nya.  Pantas saja badanku serasa sakit semua, selain berdarah, ada lebam di sana-sini.




Ternyata luar biasa akibat dari jatuh dari motor itu, seluruh badan saya terasa sakit, mungkin karena lebam-lebam di banyak tempat,  Belum luka yang berdarah, kalau kena air terasa pedih.  Mungkin ini cara Allah mengingatkan diri yang selalu lalai ini.  Kalau lagi sakit seperti ini jadi kepikiran duh bagaimana siksa di hari akhirat nanti yak... hiiiy...  Bukan berpikir kejauhan sih, tapi ada bagusnya juga selalu berpikir visioner.  Supaya tidak menyesal nanti...


Tentang Lebam


Luka memar atau lebam terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah kulit akibat benturan dengan benda tumpul

Hal ini seperti yang terjadi pada saya, kaki tangan memar-memar karena terbentur pada aspal di jalan raya dan juga tertindih oleh motor sehingga pembuluh darah kapiler di bawah kulit menjadi pecah.  Nah saat pembuluh darah pecah maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit.



#AksiFlashBunda


Kebingungan deh mau diobatin apa, Jadi menyesal tidak menuruti teman-teman di sebuah grup yang menganjurkan agar menyimpan obat untuk lebam.  Hal ini terutama untuk yang memiliki anak-anak yang masih sering jatuh.  Nah saya kan anak-anaknya sudah besar tuh jadi merasa tidak penting menyimpan obat untuk lebam.



Teman saya merekomendasikan THROMBOFLASH wajib ada di kotak P3K di rumah kita.  Menggunakan obat ini  karena Thromboflash ini mengandung Heparin Sodium 200IU yang berasal dari mucosa sapi.  Thromboflash  merupakan produk salep berupa gel yang bisa membantu menyembuhkan lebam, memar dan juga luka dalam.  Nah karena heparin nya terbuat dari sapi maka Thromboflash ini halal dong.  Bahkan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga aman dan nyaman menggunakannya. 

Jadi jangan pernah berfikir seperti saya nih, karena engga ada anak yang sering terjatuh jadi enggan menyediakan Thromboflash di kotak P3K.  Ternyata jatuh bisa menimpa orang tua juga kalau memang ada musibah. Nah kita jadi enggak takut lebam lagi karena ada Thromboflash di rumah kita.  Segera saja oleskan tipis-tipis pada luka memar kita.

Heparin yang terkandung di dalam Thromboflash akan bekerja melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar.  Dengan demikian dapat membantu mengurangi peradangan serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Heparin yang diekstrak dari mucosa hewan ini  berasal dari

  • Porcine yang berasal dari mucosa babi
  • Bovine  yang berasal dari mucosa sapi

Itulah mengapa untuk obat lebam ini kita harus mencari obat yang bersertifikat halal MUI seperti Thromboflash ini.  Kalau tidak, bisa jadi heparin yang digunakan berasal dari mucosa babi.  Enggak mau kan ada zat haram yang masuk ke tubuh kita ya...

Ok deh begitulah tulisan saya tentang sebuah Kisah di Suatu Sore yang Dingin #AksiFlashBunda semoga ada manfaatnya ya teman-teman... :)


46 komentar :

  1. Wah bener juga ya bund, jangan asal sembarangan kasih obat ke anak. Ya, walaupun kita kalau beli obat lihat kemanjurannya tapi kehalalannya juga harus diperhatikan. Terima kasih bund untuk sharenya :)

    BalasHapus
  2. Akh kisah sore yang dingin dengan hidangan yang banyak gitu hahaha. Obat nyaman aman ya bu.

    BalasHapus
  3. tromboflash ini harus ada di kotak obat yah apalagi kalau anak - anaknya aktif, nuhun sharingnya teh

    BalasHapus
  4. Teh Ida, serius rumahnya deket RS Dustira? Waktu kecil aku seminggu sekali ke sana Teh, ngantar Ibu. Jadi sediki banyak, aku punya banyak kenangan dengan RS Dustira.

    Duh, masya Allah Teteh dan Maghfira baik-baik aja ya. Aku serem sendiri ngebayanginnya. Harus sedia thromboflash ini di rumah, buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  5. Obat seperti ini juga sealu saya usahakan ada di rumah. Ya meskipun jarang dipakai, tetapi kalau perlu bisa cepat penangannya. Tenang juga menggunakannya kalau halal ya, Mbak

    BalasHapus
  6. Duh..mudah-mudahan cepet pulih lagi..dan selalu hati-hati juga ya teh..

    BalasHapus
  7. Teteh aku ngakak bagian memuji kegantengan si pemuda wkwkwk...masih sempet2nya merhatiin teh dan teteh juga woles pisan kalau aku mah udah umbak ambek da hahaha..

    alhamdulilah lukanya ga parah ya teh dan ada thromboplash deh untuk ilangin memarnya :)

    BalasHapus
  8. aku sering tiba2 lebam gitu tau Teh, dan aku selalu ngebiarin aja gitu, nah sekarang mah aku mau coba deh pake ini kalau gitu

    BalasHapus
  9. Cepat pulih kembali ya mba, semoga tidak ada luka yang berarti :)

    BalasHapus
  10. Teh makasih infonya, aku baru tau kalo obat semacam salep gini juga harus perhatiin ingredientsnya yaa. Nanti mau ngecek deh obat yang di P3K jangan sampai mengandung porcine. Nanti mau nambahin Thromboflash juga buat di P3K

    BalasHapus
  11. Saya selalu takut jatoh dari motor dan ditabrak mobil setelahnya hahaha... ketakutan kita sama sepertinya bu.. Yang penting selamat.. Btw saya baru tau ada produk Thromboflash.. bisa jadi opsi nih kalau lebam suatu saat.. semoga gak lebam sih.. tapi jaga-jaga aja hahaha. Makasih bu infonyaa

    BalasHapus
  12. Ternyata obat luka lebam ada yg mengandung babi ya. Untung thromboflash udah halal. Liat foto lebam jadi inget dulu alm mama sempet transfusi darah dan salah masukin ke nadi. Jadinya lebam setangan-tangan.

    BalasHapus
  13. Duh.... Mudah mudahan bisa lebih berhati hati lagi ya moms... Untung juga ada thromboflash yang bisa menghilangkan lebam. Cepet pulih yaaaa

    BalasHapus
  14. kejadian tak terduga atau kecelakaan itu emang bikin takut, apalagi sama anak, harus sedia obat luka sama lebam ya kalau di rumah, atau bisa juga dibawa buat di jalan

    BalasHapus
  15. Aduh aku baca ceritanya ngilu2.. hati2 ya tteh.. aku baca doang tp malah ngerasa panik. Hahaa
    Tapi obat ini emang terkenal banget ya. Ibu selalu nyebut2 ini kl abis keseleo

    BalasHapus
  16. Wah wajib nyetok Thromboflash nih di rumah buat jaga-jaga kalau sedang memar atau lebam. Soalnya ponakanku aktif-aktuf banget dan sering kejedot :)

    BalasHapus
  17. kita memang harus hati-hati memilih produk yang halal..aku juga suka ujug-ujug lebam, tar mau coba pake

    BalasHapus
  18. Waah jadi pengen coba juga nih untuk luka lebam kayaknya bagus

    BalasHapus
  19. Ya Allaah kalau anak kena memar itu, orangtua khususnya Ibu ikut memar juga hatinya :( deg-degan banget khawatir anak kena luka serius. Sebetulnya lebam karena anak habis main lalu jatuh, itu hal biasa. Cumaaa...akan jadi nggak biasa kalau dibiarkan aja. Akumulasi dari luka ringan yang dibiarkan, khawatir malah jadi luka serius dan parah saat anak sudah besar.

    Ini kejadian sama senior saya di organisasi kampus. Hobi jatuh saking aktifnya, dibiarin aja sama orangtuanya. Ternyata, setelah usia beliau sekarang hampir 40 tahun, ada satu penyakit yang penyebabnya adalah akumulasi jatuh pas kecil. :( Na'udzubillaaaah. Semoga Dik Mahfira sehat-sehat selaluu dan ceria :D

    BalasHapus
  20. Duuh mba, aku ikut ngilu negbayanginnya, jatuh dari motor pas hujan2.. Thromboflash ini salah satu obat yg wajib ada di tas P3K keluarga kami, jadi kalau ada jatuh atau terbentur lebih cepat penanganannya :)

    BalasHapus
  21. Sama kayak Mom Herva, aku juga ngakak pas di bagian memuji kegantengan, hahaha.
    Tapi kalau aku, juga kayak gitu kali, hihihi
    Lumayan laaa bisa menghilangkan nyeri seketika, hahaha

    Aku nih masih bingung apakah Thromboflash ini sepupu sama ThromboPho* ya
    Ada yang bisa bantu jawab?

    BalasHapus
  22. Kayaknya aku sekarang harus sediakan tromboflash di rumah deh mba. Soalnya anakku juga aktif banget bergerak, mba. Pernah pas lebam aku panik

    BalasHapus
  23. Wahh pas bgt infonya kbetulan anakku abis kejedot bbrpa wktu lalu dan lebam nya msh ada huhu, coba ini dh ya siapa tau cocok

    BalasHapus
  24. aku kadang enggak ngerti kenapa suka ujug-ujug ada lebam. Anak-anakku juga sama.. entar mau nyoba thromboplash ini

    BalasHapus
  25. Karena lebam memang tidak boleh dianggap sepele ya mba.. dan bagusnya harus punya produk andalan di rumah yaaa mba

    BalasHapus
  26. Duuh, semoga lukanya enggak parah mba. aku kalau pas cape, suka muncul lebam kaya agak memar, aku coba thromboplash deh. Semoga saja menghilangkan memar aku

    BalasHapus
  27. Pengalaman saya waktu SD jatuh kena dengkul lebam lebam dan menghitam. Dlu belum kenal thrombloflash sih. Untuk memar dan lebam bagus sangat recommended nih Btw ini bisa buat melepuh gak ya?

    BalasHapus
  28. Iya penting banget sedia thromboflash ini di rumah, buat luka-luka lebam gitu biar membantu cepet sembuhnya ya mba.

    BalasHapus
  29. Ternyata ada salep untuk mengobati lebam ya..perih ga teh?Kalo aku biasanya pake minyak tawon kalo ada lebam..

    BalasHapus
  30. Karena dokter bilang lebam itu gakpapa gosok aja sama thromboflash. Nah anak bunda sampai anaknya udah di Wisuda, tetep aja lebam melekat pd dirinya kl dia kepentok. Udah santai dia menyikapinya karena ada Thromboflash, hehehe..

    BalasHapus
  31. Saya juga sering lebam-lebam gitu Mbak, cuma bedanya bukan karena jatuh ketimpa motor. Tapi ketimpa anak hehehehe....

    BalasHapus
  32. Aku juga pernah nih ngalamin jatuh dari motor sama anak. Alhamdulillah cuma luka lebam ya dan ada obatnya.

    BalasHapus
  33. Pengalaman jatuh dari motor saya juga pernah mbak. Kalau saya, memang ditabrak mobil. Saya yang bonceng, jatuh ambruk ke aspal. Lutut memar parah. Di kasih salep trombo gitu langsung adem dan memar cepat sembuhnya.

    BalasHapus
  34. Aku kadang juga ngebiarin aja kalo anakku jatuh dan lebam kecil cuman ta olesin salep. Senengnya Tromboflash itu ada halal MUInya ya jadi aman kalo dipake muslim

    BalasHapus
  35. Bunda gak perlu khawatir lagi kalau anaknya aktif bermain yah ada Thrombo Flash yang paling mengerti 😎

    BalasHapus
  36. YaAllah mba, lain kali hati-hati ya. Tapi nggak bisa disalahkan juga namanya kenasiban kok ya.
    Alhamdulillah lukanya tertolong dengan thromboflash ini ya. Barokallah sehat terus ya Mba dan anak-anak.

    BalasHapus
  37. Lekas sehat Maghfi..
    Alhamdulillah sedia ThromboFlash selalu di kotak obat yaa, teh...

    BalasHapus
  38. Aku pernah lebam waktu ketabrak bom bom car saat nemanin anak, jadi ada orang dewasa yang ikutan nemenin naik dan ga bisa ngendaliin. Sandal yang kupakai rusak, kakiku lebam sampai jendol. Lumayan lama lebamnya baru hilang, kalau pakai ini lebih lekas sembuh ya?

    BalasHapus
  39. Sampai skrng saya tuh gak berani bonceng anak2 mbak, lbh milih ojek atau mobil online hehe. Sayanya cemen hihihi. LAhamdulillah ya gak pa pa, cuman lebam. Untung pakai Thromboflash yaaa

    BalasHapus
  40. Ya Allah mbaaa... itu lebamnya kok ngeri amaaatt... Bisa sampe segitu ya efeknya.
    Aku juga termasuk gampang lebam nih kalau kejedot apa aja. Atau misal pas capek banget gitu bisa muncul lebam sendiri di area paha. Kudu sedia thromboflash juga nih di rumah.

    BalasHapus
  41. Aku sering bgt lah ngalamin tiba2 nemuin lebam di kulit anak. Emg hrs selalu sedia tromboflas ya klo punya anak mah

    BalasHapus
  42. Seneng skrg ada tromboflas, terjamin kehalalannya

    BalasHapus
  43. Lihat cowok ganteng lukanya jadi gak berasa ya Mbak, upsss #galfok.

    Alhamdulillah ya Mbak, gak parah. Semua masih aman terkendali, dan untung juga ya udah sedia Thromboflash.

    BalasHapus
  44. baru tahu lebam ada obatnya nanti ku coba ah , terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  45. Sama kejadiannya waktu aku kecelakaan motor tahun lalu, esoknya muncul lebam di beberapa titik tubuh. Dan salep ini worth it banget

    BalasHapus
  46. Dengan tahunya produk ini, jadi gak khawatirr lagi ya kalo kita atau anak-anak lebam. Ada obatnya sekarang mah. Dulu mah didiemin aja sampai sembuh sendiri.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^