**/ Cerita Ida : 8 Hal yang Membuat Saya Bangga Menjadi Seorang Blogger

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Jan 2019

8 Hal yang Membuat Saya Bangga Menjadi Seorang Blogger

Blogger

"Jadi Mba menulisnya di blog ya..?" Perempuan setengah baya yang terlihat sangat modis itu bertanya di sela-sela keasyikan kami menikmati sarapan. Ternyata ia seorang jurnalis dari sebuah majalah wanita terkemuka di negeri ini.

"Menulis apa saja..?" Kembali ia bertanya.

Saya pun kemudian menjawabnya dengan panjang lebar.  Sedikit kurang percaya diri. karena saat itu posisiku sebagai blogger baru, sementara perempuan di sekelilingku adalah awak media dari berbagai majalah  ternama di Indonesia.


Sekelumit kisah yang sangat berkesan  saat pertama kali saya mengikuti gathering media dan blogger.  Acara itu merupakan sebuah acara besar di akhir tahun yang diadakan oleh sebuah brand berskala internasional.  Saya mendapatkan kesempatan mengikuti acara itu karena tulisan saya lolos sebagai  pemenang runner up  lomba menulis yang diadakan brand tersebut.

Acara yang memberi kenangan tersendiri untukku, karena saat itu saya yang lama berkubang di sekitar sumur, kasur dan dapur tiba-tiba saja bisa menikmati kebersamaan dengan para jurnalis dari berbagai media ternama di sebuah resort di bilangan puncak Bogor.  Tentu mereka sudah lama merintis karir di sana, sementara saya waktu itu masih sangat baru di dunia blogger.

Blogger
Acara gathering media dan blogger pertama yang saya ikuti


Tak terasa waktu pun terus berjalan dan tahun pun berlalu, kini gathering bersama awak media sudah merupakan hal yang biasa bagi saya..  Rasa percaya diriku sudah muncul, saya tidak lagi merasa 'minder' atau di bawah mereka.  Kami sama-sama  penulis yang menuliskan reportase acara, namun berbeda media.

Kisah lain, di sebuah acara ketika kami asyik menikmati semilir angin di sebuah rumah kayu di tengah perkebunan pohon naga, seorang wartawati dari media nasional bertanya banyak hal tentang dunia blogger bahkan sampai tentang pendapatan seorang blogger.

"Asyik ya.. jadi blogger, mau dong belajar.." Sang jurnalis itu menatapku serius.  Akhirnya kami pun bertukar nomor handphone dan WA.  Intinya ia ingin mulai menulis di blog nya sendiri. karena merasa lelah dikejar deadline tulisan tiap harinya.  Mungkin  jurnalis itu melihat para blogger di setiap acara itu selalu ceria, ramai tanpa beban... hahaha..  Itulah kami kalau di event blogger hobi kami memang narsis, selfi asyik untuk mengisi media sosial kami.

Bukan tanpa alasan kami sering berselfi ria, kami memang harus mengisi konten media sosial kami seperti twitter, Facebook dan instagram dengan konten yang menarik.  Karena selain jadi blogger kami pun akhirnya menjadi micro influencer yang harus memiliki akun media sosial dengan engagement yang baik.

Itulah dua kisah pengalamanku menjadi blogger yang paling mengesankan.  Saya yang belasan tahun meninggalkan dunia kerja, dan 'hanya' mengurus suami dan anak-anak di rumah tiba-tiba saja bisa kembali sibuk seperti perempuan yang sudah berkarir lama.

Menjadi blogger adalah anugrah yang indah, di saat anak sudah besar dan saya sudah lebih bebas 'terbang' Allah SWT menghadirkan pekerjaan ini.  Berawal dari hobi menuliskan perkembangan anak-anak di blog mulitply,  tidak pernah sekali pun terbesit dan menyangka kalau hobi ini bisa memberikan pendapatan yang lumayan.

Banyak hal yang saya dapatkan dari pekerjaan sebagai blogger ini, bukan saja semata tentang uang, karena sesekali saya juga bersedia menulis tanpa dibayar.  Mendapatkan uang itu adalah berkah dari ngeblog selebihnya banyak hal lain yang saya dapatkan dari dunia kedua saya ini.  Beberapa manfaat itu antara lain adalah:

Menambah Wawasan


Selama menjadi blogger saya banyak menemukan hal-hal yang baru, baik itu tempat, ilmu pengetahuan, atau pun bertemu orang-orang baru.  Sedikit banyak hal itu membuat wawasanku mulai terbuka tentang banyak hal.  Itu sesuatu yang  menyenangkan sekali karena akhirnya saya bisa nyambung berbicara tentang banyak hal.

Bersama teman-teman sesama blogger yang selalu ceria

Bertambah Teman


Tidak bisa dipungkiri, menjadi blogger menjadikan saya memiliki teman-teman baru, di luar komunitas yang selama ini saya ada di dalamnya.  Berteman dengan teman-teman yang berbeda latar belakang membuat hidup saya semakin berwarna.  Ada hal yang lebih penting, yaitu tentang menjadi lebih bijak, lebih mudah memahami karena mulai terbiasa dengan perbedaaan-perbedaan yang mencolok diantara kami.

Menambah Keterampilan


Selain keterampilan bergaul, sebagai blogger mau tidak mau akhirnya saya merasa tertuntut untuk meningkatkan kemampuan.  Keterampilan apa saja yang harus dimiliki seorang blogger ?  Selain bersosialisasi, seorang blogger tertuntut oleh keadaan untuk memiliki kemampuan dasar fotografi, infografis, bahkan kemampuan utak atik  video pun terkadang dibutuhkan. 

Dan tentu saja seorang blogger akan terus meningkatkan kemampuan menulisnya.  Tanpa disadari dengan semakin sering menulis, kemampuan menulis pun bisa terus semakin terasah.

Memahami tentang Perbloggan


Dengan semakin banyaknya blog atau website yang hadir saat ini,  maka 'persaingan' untuk memiliki blog yang berkualitas tentu saja semakin meningkat.  Itu menantang para blogger untuk memiliki kemampuan tentang SEO misalnya.  Dengan memiliki kemampuan tentang SEO maka kemungkinan blog nya dibaca banyak orang semakin terbuka lebar.

Selain itu blogger juga dituntut untuk mengetahui seputar DA dan PA, memasang Google analytic dan hal lain yang berhubungan dengan peningkatan kualitas blog yang dimilikinya.  Jadi saat ini pekerjaan sebagai blogger bukan semata menjadi penulis di blog nya.  Tapi juga harus mampu memahami tentang internet marketing agar blog nya semakin dikenal dan banyak pembacanya.

Mendapat hadiah saat jadi juara menulils review

Ikut Berbagai Lomba Menulis 


Tidak pernah terpikirkan sebelumnya,  seorang ibu rumah tangga seperti saya ini masih bisa mengejar prestasi di bidang kepenulisan.  Bisa mendapatkan hadiah jutaan rupiah, atau barang seperti gadget misalnya.  Walaupun sering kalah juga, tapi bisa ikut berperan serta meramaikan lomba menulis terkadang memberi kepuasan tersendiri.

Bisa Memotivasi Anak


Senang rasanya ketika akhirnya kegiatan saya di depan laptop diikuti oleh anak-anak saya.  Hampir semua anak saya ikut termotivasi dengan kegiatan ngeblog ini.  Walau tidak semua di bidang kepenulisan tetapi semuanya berhubungan dengan pekerjaan sebagai blogger.

Buku-buku anak-anak dan saya


Tiga anak perempuan saya penulis, dua diantaranya sudah menghasilkan buku-buku.  Sementara dengan anak kedua saya Miqdad, kami sering asyik membuat proyek pembuatan video bersama, dan Mushab anak keempatku  lebih jatuh cinta pada dunia fotografi.  Si sulung kini kuliah jurusan sinema di Turki.  Semuanya ternyata tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia blogger.


Bisa Berbagi


Menulis hal yang positif dan bermanfaat bagi orang lain, memberikan kebahagiaan tersendiri.  Banyak yang akhirnya menghubungi saya untuk bertanya lebih detil tentang tulisan yang saya buat.  Kelemahan saya memang jarang bisa menjawab pertanyaan di blog.  Entah mengapa handphone saya bermasalah, hingga kalau menjawab blog harus memakai laptop.

Tetapi umumnya yang serius akan mengejar dengan bertanya  melalui WA yang sudah saya cantumkan di homepage blog.  Tentu saja ini memudahkan saya untuk berkomunikasi dengan mereka, karena handphone lebih sering dibuka daripada laptop.

Sesekali saya pun diminta mengisi tentang dunia blog untuk para pemula.  Tentu saja ini menyenangkan bagi saya, karena kebermanfaatannya lebih luas lagi tidak semata melalui tulisan saja.

Mendapatkan Penghasilan dari Blog


Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa akhirnya di era digital ini pekerjaan menjadi seorang blogger menjadi pekerjaan yang bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.  Meskipun bukan blogger profesional dan bukan full time blogger, alhamdulillah saya pun mendapatkan penghasilan dari pekerjaan sebagai blogger ini.  Tidak besar, tapi siapa sih yang tidak suka kalau hobinya ternyata menghasilkan uang..?

Content Placement, review, reportase acara, hadiah lomba itu adalah beberapa sumber pendapatan dari pekerjaan sebagai blogger.  Alhamdulillah walau belum sebesar para blogger profesional saya sangat terbantu dengan pendapatan sebagai blogger ini.

Namun selain itu, ada tanggung jawab moral juga sih, sebagai seorang blogger harus tetap memiliki idealisme, jangan hanya karena uang lalu  mau saja menulis sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani.  Mereview pun harus dengan jujur, jangan karena dibayar akhirnya membuat kebohongan publik ... hehe.. jangan sampai ya..

Itulah 8 kebermanfaatan menjadi blogger sekaligus menjadi 8 hal yang membuat saya bangga menjadi blogger di era digital ini.  Di tahun 2019 ini saya  sudah membuat resolusi yang isinya antara lain harapan ingin semakin lebih baik lagi.  Banyak menulis konten yang bermanfaat, menambah pengetahuan dan keterampilan tentang infografis dan foto grafi untuk menunjang tulisan-tulisan saya.  Harapan saya semoga resolusi itu bisa terealisasi dengan baik.



67 komentar :

  1. Ngeblog memang luar biasa. Banyak manfaat yang kita dapat. Aku pun gak nyangka akhirnya bisa cinta ngeblog dan bisa ngeblog sejauh ini. Dulu mah ngeblog cuma curhat2 geje. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari ngeblog juga aku jadi kenal Teh Ida. Eh bukan kenal ding. Lebih deket, ya. Kenal mah sejak di IIDN :D

      Hapus
    2. iya allhamdulillah bisa kenal dekat Teh Nia blogger keren yang baik budi dan tidak sombong :D

      Hapus
  2. Ngeblog bisa menambah pertemanan dan bersilaturahmi sampai sekarang saya maen ke luar kota pasti mampir ke teman2 bloger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantaps mba..iya saya juga jadi sering kumpul dengan teman2 blogger bahkan mau traveling bersama :)

      Hapus
  3. Kalau saya sendiri sebagai seorang blogger yang menulis tentang ilmu pengetahuan, sangat bangga kalau misalnya dibaca oleh para siswa se indonesia hehe

    BalasHapus
  4. alhamdulillah mbak, sudah bisa menemukan enjoy dan menghasilkan dari blog ya.., yang penting kita serius jika mendalami sesuatu ya..
    itu yang kutangkap dari tulisan ini, semoga nanti kalau punya waktu lebih luang bisa lebih serius lagi, mengikuti jejak teh Ida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba alhamdulillah banget :) Ayuk Mba saya jg mencoba lebih serius di tengah berbagai kesibukan lainnya nih hehe

      Hapus
  5. Event yang bikin kita jadi nambah ilmu, bikin kita makin semangat ada di dunia per-bloggan apalagi udah bisa menghasilkan pundi-pundi juga.

    BalasHapus
  6. sam ambak paling aku suka di bagian menambah wawasan
    sama kayak blog walking gini
    baca2 artikel dan postingan blogger yang lain jadi menambah wawasan juga
    keep blogging mbak

    BalasHapus
  7. Itulah kenapa saya betah banget ngeblog sampai sekarang. Banyak manfaat yang didapat. Termasuk banyak dapat teman dari dunia blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..bisa tau banyak traveling keluarga juga dari Mba nih hihi...

      Hapus
  8. Tahun 20017 lalu tulisan blog aku mah curhat-curhat keluarga aja tapi seneng bisa dapetin banyak temen. Sekarang juga bisa dapetin banyak teman & ilmu yang bisa dipakai untuk mengupgrade diri sebagai blogger ya

    BalasHapus
  9. Ikut seneng teh ida atas semua berkah yang didapatkan melalui ngeblog. Aku juga mulai seneng nih ngeblog awalnya mulai tahun 2016 Alhamdulillah sekarang sudah merasakan berkahnya juga. Barokalloh teh semoga makin jaya berkat ngeblog. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... dirimu keren banget deh. Aamiin Allohumma Aamiin.. terima kasih atas doanya :)

      Hapus
  10. Alhamdulillah..banyak manfaat positif dari ngeblog yg sudah kita dapat ya mba .. Semoga ngeblog makin membuat kita bisa lebih bermanfaat bagi orang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Alhamdulilah semoga begitu ya bisa bermanfaat utk orang lain

      Hapus
  11. ALhamdulilah berkat ngeblog bisa kenal teh Ida, padahal rumahnya lumayan dekat tapi jarang bersua hehehe semoga nanti mah bisa rajin mampir ga cuman ke blognya tapi ke rumah teteh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heha iya yaa..deket tapi ga pernah mampir tst lah pada sibuk semua hahaha..aku juga belum mampir ke kedai es krim nya deuh...

      Hapus
  12. Assalamualaikum mb salam kenal, saya masih sangat baru di dunia blog blm Ada satu tahun mohon bimbingannya, ternyata memang jika di tekuni manfaatnya bisa sebanyak itu ya mb 8 manfaat blogging. Itu memotivasi saya mb untuk terus berkarya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Mba... iya banyak ya mba.bisa jadi terapi hati juga hehe...

      Hapus
  13. suka bangeeet dengan segala manfaat dari ngeblog dan being blogger yaaa mba...Dan setuju dengan semua yang dilist di atas tentang indahnya ngeblog..saya sendiri banyak merasakan benefits yang disebut tadi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba... saya juga banyak belajar dari Mba Indah yang wanita karir tapi semangat ngblognya ngegazzz banget hehe..

      Hapus
  14. Subhanallah keren banget nih teh, tetap semangat berkarya dan berbagi ya🌟

    BalasHapus
  15. ngeblog memang luar biasa mba, saya pun sudah merasakan hal-hal positif yang bisa saya dapatkan dari ngeblog, semangat terus yah dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba luar biasa... Aamiin semoga terus semangat... :)

      Hapus
  16. Wah, ternyata seabreg abreg ya keuntungan jadi blogger. Saya juga merasa banyak dapat ilmu baik secara teknis maupun non teknis dari teman teman blogger

    BalasHapus
  17. 2 hal yang paling saya rasakan dari kegiatan ngeblog adalah teman-teman saya bertambah dan dapat penghasilan tambahan dari kegiatan yang awalnya hanya sebagai hobby ini. Bahagia banget deh rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah alhamdulillah..senangnya ya Mba... :)

      Hapus
  18. MasyaAllah hal yang sama juga saya inginkan dari anak-anak. Melihat hal positif yang dilakukan oleh ibunya walau hanya dari rumah. Termasuk ngeblog ini mba. Semoga niat saya tetap sama supaya bisa ngerasain 8 kebanggan ini juga ya mba

    BalasHapus
  19. Ujame semakin kagum dengan bangga sama mamak-mamak blogger ini.
    DI tengah kesibukannya masih punya semangat yang bergelora,
    Usia emang bukan penghalang buat berkarya ya, bund

    Yang muda jadi merasa tertampar nih hehe,
    Tulisannya memotivasi banget.
    Thanks for sharing bund Ida :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Saya juga kagum padamuh..masih muda sudah bisa menghasilkan dan banyak jalan2nya..hehe..

      Hapus
  20. MAsyaallah, aku ikut bahagia mba melihat hasil karya buku-buku anakmu. Luar biasa, salam ya buatnya

    BalasHapus
  21. Waah Teh ida berfoto bersama Pak Abdul Raup, pengalaman ngeblog Teh Ida keren dan banyak prestasinya, banyak belajar dari Teh Ida

    BalasHapus
  22. Toosss dulu mba, ketika anak-anak udah besar jadi punya waktu luang untuk mengekspresikan kemampuan kita ya. Dan menjadi inspirasi bagi anak-anak juga sama nih. Soal blog, justru yang membuat blog adalah anakku. Sekarang kami juga bikin blog baru, yang jadi admin sementara aku sama si sulung

    BalasHapus
  23. Barokallah mba Ida. Perjalanan menjadi bloggernya sungguh menginspirasi mbak. Meski pertama jadi blogger ikut gathering tapi udah bisa menduduki kursi runner up loh. Aku padamu, mbak

    BalasHapus
  24. Wah keren keturunan yang berhubungan dengan dunia blogger. Pasti ada kebanggan tersendiri karena secara tidak langsung sering lihat bunda saat mengerjakan tugas sebagai blogger.

    BalasHapus
  25. Kerennya teteh...
    Barakallahu fiik~

    Ingin juga menumbuhkan minat meulis pada anak.
    Tapi kedua anakku hobinya gambar.

    Emm, kalau diarahkan untuk membuat plot cerita, biasanya si kakak cenderung suka bikin ilustrasinya saja....Mamanya yang asik menuangkan ide cerita.
    Aaahh~

    BalasHapus
  26. Sama Mbak, yang paling ngena tu kudu upgrade keterampilan ya. Sejak jadi bloger saya jadi belajar sedikit-sedikit juga tentang fotografi, infografis.... Hihihi.... Awalnya terpaksa tapi kok ternyata menyenangkan ya, bikin otak jadi tajam terus....

    BalasHapus
  27. Keren banget sih teh anaknya udah jd penulis :D
    Ngeblog emang merubah hidup ya? AKu jg jd banyak kenalan dan tambah wawasa krn kegiatan blogging ini, alhamdulillah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata teh Ida dulu multiplyers juga ya? Akunnya apa nih? Jgn2 udah kenal dr dulu? Tapi akunku dulu alay sih haha

      Hapus
    2. Mba April Blogger keren dimana saya banyak belajar tentang kegigihan dan fokus hehe.. saya dulu nama Multiplynya Bumi Sakinah Mba.. Mba April apa yak..

      Hapus
  28. Betul, Mbak. Dengan ngeblog, manfaat yang didapat banyak sekali. Malah manfaat materi itu jadi nomor sekian ya bagi sebagian blogger. Proud of blogger

    BalasHapus
  29. Saya ngeblog juga sudah sejak SMP mba, memang kalau dasarnya nulis dan suka belajar, ngeblog bisa jadi opsi jitu untuk mengembangkan kreatifitas ya :)

    BalasHapus
  30. Keren nih anak-anaknya mba Ida udah jadi penulis juga yaa.. anak-anakku masih bersenang2 jadi anak-anak.

    BalasHapus
  31. Masya Allah anak Mbk ada yang di kuliah Sinema di Turki ya, barokallah anaknya juga ada penulis buku. Keren deh sekeluarga mencintai dunia blogger.

    BalasHapus
  32. Yup saya suka kalau ada blogger yang mau belajar SEO. Karena paling greget kalau ada yang mau ini itu sebagai blogger tapi ga upgrade skill-nya

    BalasHapus
  33. Luar biasa nih Mb Ida, selain konsisten ngeblog ternyata aktivitasnya juga menginspirasi anak-anaknya ya. Anak-anak yang hebat memang terlahir dari ibu yang luar biasa. Senang sekali mba aku baca artikel yang menginspirasi ini.
    Anak perempuanku ya ngeblog gara-gara ngeliat ibunya ngupleeeek aja di blog. Trus yang lelaki lebih tertarik ngeyoutube karena suka bantuin ibunya syuting. :)) Hepi banget kita ya mba di dunia blogging ini.

    BalasHapus
  34. Senang banget bisa mampir ke tulisan ini dan baca pengalaman mba sebagai blogger.

    Dunia narablog begini memang seru ya. Pun sebelum memutuskan resign tahun lalu, biar nggak merasa gabut, aku aktif ngeblog lagi. Ya walaupun untuk ikut event masih harus banyak bersabar dulu.

    BalasHapus
  35. Aduh teh itu foto waktu di pabrik susu jadi keinget almarhum ya...
    Pas di samping saya lagi.
    Alfatihah...

    BalasHapus
  36. Mudah2an kita tetap consistent ya mba memberikan tulisan yang bermanfaat untuk org banyak

    BalasHapus
  37. Sudah seharusnya ya Blogger bangga akan profesinya. Sebab siapa lagi kalau bukan dirinya sendiri ya bu Ida. Sukses ya bu.

    BalasHapus
  38. wah, aku juga merasakan hal yang sama mba, btw itu memahami dunia perbloggan..apaan ya Mba, apa typo kah, hihihi atau ada istilah baru

    BalasHapus
  39. keren! betul itu mba, delapan hal ini saya sepakat bangeet ^^

    BalasHapus
  40. Seru memang jadi blogger itu ya mba. Selain menambah wawasan juga menambah teman. Tapi konsekuensinya, harus terus upgrade keterampilan. Setuju banget.


    Semangat menulis terus ya mba.

    BalasHapus
  41. Jadi blogger mah banyak pisan mnafaatnya ya teh Ida, ku bangga juga menjadi seorang blogger

    BalasHapus
  42. menjadi blogger memang banyak keuntungan ya kak. kalau diriku selain jaringan yang luas juga seneng karena punya diari elektronik sekalian juga belajar menulis terus. seru

    BalasHapus
  43. Momen yang paling spesial buat mba Ida pasti saat anak-anaknya mengikuti jejak emaknya dalam bidang kepenulisan. Lanjutkan!

    ~ semangat berkarya ~

    BalasHapus
  44. Mengapa nge blog? Belajar nulis...
    Kadang ada yang bilang "Aku gak nyangka kamu tulisannya bagus"
    Kebanyakan sih silent reader temen2 gw itu....

    BalasHapus
  45. aku setuju banget kalau ngeblog itu nambah wawasan dan nambah temen juga ya teh :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^