blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Okt 2019

Mengenal 5 Jenis Gitar yang Paling Populer Bagi Pemusik



Sumber: google.com

Mengenal 5 Jenis Gitar yang Paling Populer Bagi Pemusik  Seni musik adalah salah satu seni yang bisa merangsang kecerdasan otak, alunan musik juga bisa membuat hati serta jiwa menjadi lebih tenang. Seseorang yang menyukai dunia musik biasanya akan lebih mudah terhindar dari stress, karena konon katanya jika setiap hari mendengarkan alunan nada yang indah akan meningkatkan kadar kebahagiaan dalam diri kita.

Kecintaan terhadap musik umumnya diawali ketika kita memiliki alat musik sendiri, pencinta musik biasanya suka membeli alat musik seperti piano, drum ataupun gitar akustik. Jika sudah tersedia alat musik di rumah, maka ketika ada waktu senggang kita akan iseng bermain meskipun belum mahir.
Musik tercipta karena adanya perpaduan bunyi dari berbagai alat musik, seperti gitar, piano, drum dan masih banyak alat musik lainnya karena setiap alat musik pasti mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda.

Yuk kita simak apa saja jenis-jenis gitar dan fungsinya yang paling populer di kalangan para pecinta musik.
1.  Gitar Akustik

sumber: shopee.co.id

Gitar Akustik ini menghasilkan suara melalui getaran pada senar gitar kemudian disalurkan melalui sadel dan ujung jembatan sebagai pengikat senar lalu diteruskan ke ruang suara, yang kemudian akan meresonansi kayu pada badan gitar.

Suara yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kualitas kayu dan senar. Body gitar akustik tanpa menggunakan alat elektronik yaitu spull, preamp, dan lain-lain. Senar gitar akustik sendiri terdapat dua macam yaitu folk atau string dan nylon atau klasik.

Jika teman-teman  ingin beli gitar akustik, tidak perlu khawatir karena di setiap toko menyediakan gitar jenis ini. Teman-teman  bisa dengan leluasa memilih warna, bentuk dan kualitas gitar yang tentunya dengan harga yang berbeda pula.

Perlu diketahui bagian-bagian dari gitar akustik adalah tuning machines, headstock, nut, neck, fingerboard, fret, strap pin, strings, body, pickguard, bridge, dan end pin. Tetapi yang menjadi bagian khususnya yaitu ada pada body yang bentuknya kotak kopong dan lubang suara.

2.  Gitar Elektrik atau Listrik

sumber: jadiberita.com

Gitar Elektrik atau gitar listrik membutuhkan bantuan perangkat seperti amplifier atau loudspeaker sebagai penguat suara yang berasal dari senar gitar.  Suara ini terjadi karena getar yang dihasilkan senar gitar mengenai ke kumparan yang berada pada badan gitar atau yang sering disebut dengan pickup.

Gitar listrik ini terdiri dari 11 bagian, yaitu headstock, tuning page, nut, fret, neck, pickups, tremolo, tone control, pickup switch, bridge, dan juga body. Semua bagian tersebut memiliki peran yang penting dalam menghasilkan suara.

3.  Gitar Bass

sumber: pusatview.com

Gitar bas adalah jenis gitar yang dalam memperbesar suara menggunakan bantuan listrik. Body gitar bass lebih besar dibandingkan dengan gitar listrik, lehernya pun lebih panjang dan umumnya terdapat empat senar. Gitar bass juga biasanya memiliki bobot yang lebih berat karena senarnya yang tebal otomatis menggunakan kayu yang lebih keras, kuat dan padat.

Gitar bass masih dibagi menjadi berbagai jenis lagi, namun yang paling sering digunakan adalah contra bass, cello bass, bass listrik, dan juga bass fretless. Gitar bass memiliki 13 bagian yaitu tuning keys, headstock, nut, neck, fingerboard, fret, strap pin, body, bridge, end pin, output jack, tone control dan pickups.

Gitar bass juga merupakan salah satu gitar yang menjadi incaran untuk dimiliki selain gitar akustik.

4.  Gitar Semi Akustik

sumber: dictio.id



Gitar Semi Akustik ini lebih terlihat seperti gitar listrik jika dilihat dari bodinya. Gitar ini memiliki hollow sound box ditengahnya, fungsinya untuk menghasilkan suara yang nyaring, sehingga tidak butuh amplifier. Sound box tersebut terbuat dari baja metal sehingga suara yang dihasilkan tidak sama dengan gitar akustik, bahkan lebih bagus.

Jadi, jika teman-teman  sudah beli gitar akustik maka kita juga perlu meminang gitar jenis semi akustik agar keterampilan kita semakin mahir. Karena gitar jenis ini tidak disarankan bagi gitaris yang masih pemula.

5.  Gitar Tenor
sumber: shopee.co.id

Gitar Tenor memiliki empat senar dan bentuknya sedikit lebih minimalis dibanding gitar akustik ataupun gitar elektrik. Ada pula yang bodinya mirip dengan piramida. Gitar jenis tenor dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Gibson Guitar Company dan CF Martin Company.
Nah teman-teman itulah jenis-jenis gitar yang populer dipakai para musisi seluruh dunia. Baik dilihat dari bentuknya, jenisnya, maupun suara yang dihasilkan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.
Jika teman-teman ingin beli gitar akustik, elektrik, bass, semi akustik ataupun tenor mungkin penjelasan diatas dapat membantu teman-teman dalam menentukan keputusan yang tepat dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan keterampilan teman-teman dalam bermain alat musik terkhusus gitar.
Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis gitar disarankan bagi gitaris pemula. Ada pula yang di desain untuk menunjang penampilan agar lebih menakjubkan dan lebih memukau dalam pertunjukkan musik. Semoga artikel Mengenal Jenis Gitar yang Paling Populer Bagi Pemusik ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan teman-teman ya :)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^