blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Feb 2020

5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang


5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang  Sebagai traveler blogger yang (dulu) rajin menulis di website Idajourneys, alhamdulillah sering menjadi rujukan teman-teman yang di luar Bandung.  Mereka yang ingin berwisata ke Bandung khususnya kawasan Lembang atau ada saudara dari jauh yang ingin jalan-jalan kadang menjapri dan menanyakan tempat wisata di Lembang yang menarik.  Alhamdulillah, senang aja sih kalau bisa membantu.


Sebagai emak rempong yang kadang amnesia sering bingung juga kalau diminta menyebutkan beberapa tempat wisata di Lembang...atuda banyak sekali jadi baluaeng.  Kalau sudah begitu saya biasanya merekomendasikan agar membuka blog saya aja jadinya..hehehe...  Tapi karena tulisan tentang tempat wisata di Lembang tersebar membahas satu-satu jadinya kasihan juga kalau harus mencari-cari di blog.  Karena saya baik hati, tidak sombong serta rajin menabung ..xixixi.., saya berinisiatip untuk menuliskan saja dalam satu tulisan khusus tentang 5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang.

Lembang sering menjadi kawasan yang ingin dituju teman-teman bila ingin mencari tempat wisata di Bandung karena Tempat Wisata di Lembang itu memang banyak banget.  Jadinya asyik sih.. satu arah tujuan tapi banyak tempat yang bisa dieksplor.   Selain itu kawasan Lembang memang secara umum memiliki udara yang segar serta pemandangan alam yang indah.  Jadi sangat cocok sebagai tempat refreshing untuk melepas kepenatan setelah sibuk beraktivitas.

5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang


Tempat Wisata di Lembang yang menarik yang akan saya bahas hanya beberapa dulu ya, tapi tempat ini sudah saya eksplor minimal satu kali.  Jadi betul-betul bisa jadi rujukan teman-teman bila ingin mencari tempat wisata yang bagus di Lembang.

1. Orchid Forest Cikole Lembang


Tempat wisata di Lembang yang satu ini merupakan surga bagi para pecinta anggrek, tak kurang dari 20.000 jenis anggrek ada di sini.  Meski berkonsep tempat wisata budi daya anggrek namun tempat ini juga menawarkan berbagai spot cantik yang instagramable, berbagai wahana yang menarik dan berbagai fasilitas pendukungnya.

Suasana hutan pinus yang menyegarkan

Tempat dengan kesegaran hutan pinus ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu Raya Km 8 Cikole Lembanga Kabupaten Bandung Jawa Barat. Weekdays buka pukul 09.00 WIB - 19.00 WIB sementara weekend buka lebih pagi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.  Tiket masuk weekend Rp 30.000,-  dan weekdays Rp 25.000,00.

2. Floating Market Lembang


Diberi nama Floating Market karena merujuk pada stand tempat berjualan makanan yang berada di dalam perahu.  Tempat kulineran yang para penjualnya di perahu-perahu di pinggir danau buatan.  Sedangkan untuk para pembeli disediakan tempat menikmati makannya berupa meja kursi mungil. Tempat kulineran di perahu ini hanya merupakan satu dari berbagai macam spot menarik di Floating Market ini.

Salah satu spot cantik di Floating Market

Memasuki tempat wisata di Lembang yang satu ini cukup murah, per orang harus membayar tiket Rp 20.000,00 sementara untuk parkir mobil 3 jam pertama Rp 10.000,00 dan motor 3 jam pertama Rp 5.000,00.  Selain di tempat berperahu, kita juga bisa berkuliner ria di berbagai kafe atau resto yang tersebar di kawasan Floating Market.

Di Floating Market juga kita bisa menikmati berbagai wahana yang asyik yang gratis atau pun yang berbayar.  Kalau yang gratis kita bisa menikmati suasana pedesaan jadul alias suasana zaman dahulu kala di Kampung Leuit.  Tapi bila mau merogoh kantong lebih dalam berbagai wahana keren bisa kita nikmati di sini.

Wahana berbayar ada Kota Mini, Taman Kelinci, Taman Miniatur Kereta Api, Rainbow Garden, Nonton film 3 dimensi.  Kita  juga bisa berkeliling di danau buatan dengan menggunakan kereta air. Bisa juga menggunakan sampan, kano, atau sepeda air.   Masih banyak wahana lain di Floating Market yang bisa kita eksplor.

Alamat Floating Market tepatnya berada di Jalan Grand Hotel No 33E Lembang Kabupaten Bandung Barat Telepon 022 2787766.  Mudah dijangkau karena berada di pusat Kota Lembang.

Tempat bermain anak-anak yang ada di Dusun Bambu

3.  Dusun Bambu


Mundur sedikit tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM 11 Cisarua Bandung Barat kita akan menemukan sebuah tempat wisata di Lembang yang bernama Dusun Bambu.  Dusun Bambu lebih tepatnya tempat berkuliner ria yang menjual keindahan alam yang indah.  Namun tidak hanya tempat kuliner di sini juga kita akan menemukan berbagai wahana wisata yang menarik.

Saat pertama kali ke Dusun Bambu, para pengunjung hanya bisa menikmati berperahu ria di danau cantik  diantara tempat-tempat makan yang eksotik bila kita memesan makanan di Restoran Purbasari yang berada di  kawawan sekitar danau tersebut.  Tetapi sekarang kita bisa berperahu ria di danau ini dengan membayar tiket naik perahu saja.

Untuk memasuki tempat wisata Dusun Bambu ini terlebih dahulu kita harus membayar tiket Rp 20.000,00 per orang di hari biasa dan Rp 25.000,00 per orang di waktu weekend.


Danau di sekitar restoran Purbasari


Ada beberapa tempat kuliner yang unik di Dusun Bambu seperti di Restoran Purbasari yang eksotik, atau menikmati sensasi berkuliner ria di atas tempat makan-makan berbentuk sarang burung di area Lutung kasarung.  Di Dusun Bambu juga terdapat spot lainnya yang menarik.  Untuk anak-anak ada area Rabbit Wonderland yang cantik dan beraneka permainan anak di booth bermain anak-anak lainnya.


4.  Fairy Garden


Fairy Garden merupakan salah satu dari 5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang yang saya rekomendasikan.   Merupakan salah satu unit bisnis dari The Lodge Grup.  Berkonsep Family Edutainment Park yang mengajak anak untuk belajar mengeksplorasi indera dan menuangkan berbagai kreativitas di berbagai wahana di tempat ini. Fairy Gorden memiliki beberapa wahana yang ramah untuk anak seperti Kastil dan Taman Bunga Raksasa, Edukasi Tanam Kaktus, Labirin, Teater Boneka, Area Menggambar, Area Bermain Golf Mini untuk keluarga, Edukasi penambangan bijih emas serta edukasi pembuatan alat dari besi.



Selain itu di Fairy Garden ini terdapat juga wisata kuda poni, taman kelinci, spot berfoto dengan burung hantu, trampoline hingga spot selfi asyik ala gipsy yang unik.  Di spot gipsy ini kita bisa menyewa kostum dengan asesoris cantik ala-ala gipsy.

Tempat wisata di Lembang yang cantik ini juga menyediakan resto indoor yang memiliki desain yang cantik dan kekinian.  Banyak pula foodtruck yang menjual makanan dan minuman seperti kentang goreng, sandwich, burger dan berbagai makanan dan minuman lainnya.

Fairy Garden berlokasi di Jalan Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat.  Tidak sulit menemukan lokasi Fairy Garden karena berada tepat di depan tempat ngehits The Lodge Maribaya Lembang.  Memasuki tempat ini terlebih dahulu kita harus membeli tiket seharga Rp 35.000,00 per orang.  Kita juga bisa membeli tiket terusan seharga Rp 50.000,00.  Dengan tiket terusan ini selain ke Fairy Garden kita juga bisa menikmati tempat wisata dengan spot ngeri-ngeri cantik di The Lodge Maribaya.

Berfoto di Kampung Daun yang sejuk

5.  Kampung Daun


Bagi teman-teman yang ingin menikmati kulineran ala sunda yang nikmat dipadu dengan pemandangan yang cantik, Kampung Daun merupakan pilihan wisata yang tepat.  Tempat wisata di Lembang yang cantik ini tepatnya berada di Villa Triniti Jalan Sersan Bajuri Km 4,7 Cihideung Kabupaten Bandung Barat.  Memang tempatnya masih agak sedikit sebelum Lembang.

Seperti tempat kulineran yang memiliki view  cantik, makan di Kampung Daun cukup merogoh saku agak dalam.  Tapi sebanding sih dengan sensasi makan di sini yang ngangenin.  Yup tempat ini bikin kangen dengan suasana hijau rimbun yang menyegarkan dan rasa makanannya yang juga juara.  




Bila datang menjelang makan siang Kampung Daun sering penuh, terkadang yang terlambat datang harus antri menunggu di luar, menunggu ada tempat makan yang kosong.  Nah kalau malam hari tempat ini berubah menjadi jauh lebih romantis.  Di beberapa tempat disediakan api unggun yang membuat suasana menjadi remang-remang syahdu... hehe...

Nah teman-teman itulah 5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang.   Buat teman-teman yang di luar Kota Bandung yang ingin eksplor Lembang, di kawasan Lembang banyak hotel-hotel, jadi engga usah khawatir soal penginapan.  Tinggal cari saja dengan menggunakan aplikasi traveloka.  Kalau saya traveling bersama keluarga yang ada menginapnya  prefer memilih dan mencari penginapan villa karena jatuhnya lebih murah dan  praktis.

Dengan menyewa villa kita jadi bisa lebih hemat lho dibanding menginap di hotel karena bisa memasak sendiri, jadi engga banyak jajan di luar.  Villa di Lembang juga banyak, jadi teman-teman tidak perlu khawatir tinggal pilih saja yang sesuai dengan keinginan dan yang sesuai budget teman-teman.

Booking Villa di Lembang gampang kok, tinggal pesan di Traveloka aja, gampang anti ribet. Terlebih sekarang Traveloka ada fitur-fitur baru yang sangat membantu acara traveling kita.  Fitur-fitur yang sangat membantu kita para traveler itu antara lain adalah :

1. Metode Pembayaran Cashless


Zaman sekarang tuh ketinggalan dompet sudah bukan masalah besar lagi seperti zaman dulu.  Sekarang yang menjadi masalah besar kalau ketinggalan smartphone ya..hehe... karena memang sudah hampir semuanya  serba cashless.  Membawa uang tunai banyak-banyak juga enggak nyaman kan?  Nah Traveloka memberi kemudahan pembayaran melalui transfer ATM, e-banking,  bahkan ada metode PayLater.  Tentang PayLater ini ada di fitur ke lima ya...

2. Fitur Easy Reschedule


Pernah engga teman-teman mengalami perubahan rencana mendadak?  Wah merepotkan sekali ya kalau tiba-tiba jadual traveling harus diubah karena sesuatu hal.  Banyak hal yang harus direscedule tentu saja.  Nah sekarang tidak perlu khawatir karena ada fitur Easy Reschedule dari Traveloka.  Dengan fitur ini kita tidak akan kehilangan biaya yang sudah kita keluarkan untuk memesan penginapan. Asyik kan? :D

3.  Fitur Pay at Hotel


Ini juga merupakan fitur keren di Traveloka nih, dengan fitur ini kita dapat membayar hotel yang kita pesan pada saat sudah check in.  Beberapa hotel atau penginapan lainnya ada yang memperbolehkan pembayaran pay at hotel.

4.  Fitur Hotel Near Me dan Last Minute Hotel


Fitur ini sangat membantu mencarikan kita hotel atau penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang kita tuju.  Fitur yang sangat membantu terutama untuk para wisatawan yang membawa anak-anak atau bayi.  Jadi tidak perlu ribet dengan urusan transportasi menuju tempat wisata karena lokasinya dekat dengan tempat kita menginap.

5.  Fitur PlayLater


Fitur ini dipakai jika teman-teman memang memerlukannya.  Misalnya saja invoice belum cair hingga dana traveling yang sebelumnya sudah dianggarkan agak tertunda sementara rencana sudah dipersiapkan dengan matang.  Saya belum pernah mencobanya sih, tapi teman-teman bisa memanfaatkan fitur ini dengan bijak.  Traveloka PayLater ini didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdatar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK.

Asyiknya lagi penagihannya pun sesuai etika  jadi kejadian penagihan yang meruaak harga diri peninjam seperti yang banyak terjadi saat ini , insya Allah tidak akan dilakukan Traveloka dan mitranya :)~

Nah teman-teman semoga tulisan 5 Tempat Wisata yang Bagus di Lembang ini bisa memberikan informasi tentang 5 tempat wisata yang bagus di Lembang.  Semoga bermanfaat ya teman-teman :)


38 komentar :

  1. Lembang.. juda masuk ke list liburanku, mbak. semoga saja bisa ke sana, mengingat di sana penuh banget kalau liburan

    BalasHapus
  2. Aku sama suami paling seneng ke tempat sejuk, list liburan aku paling favorit adalah Lembang dan Ciwidey. Lokasi wisata yang disebutkan di atas sudah hampir aku kunjungi kecuali dusun Lembang. Padahal wisata ini paling marak orang kunjungi jika ke sana. Hehe. Ntar kapan2 masuk list utama tujuan ketika ke Lembang again. 😁

    BalasHapus
  3. Semuanya alami banget ya. Aku belum pernah ke Lembang. Baru nyampe Bandung doank. Terakhir ke Bandung pingin kesana tapi lagi macet2nya

    BalasHapus
  4. Soal pinjaman memang harus di cek siapa mitranya.. dan apakah resmi terdatar di OJK apa tidak, karena memang etika penagihan dari pinjol saat ini sangat kurang manusiawi ya teh hiks.. btw dari kelima tempat wisata yang bagus di lembang yang disebutkan aku baru satu euy.. ketaun banget jarang wisata ke bandung sana hihi

    BalasHapus
  5. yang dusun bambu gemes banget, sama tuh mba kalau saya juga sering ditanya ke Bali enaknya kemana aja ya, ya udah saya jebretin aja tuh artikel destinasi dr blog lain, soalnya sy sendiri jg belum ada keinginan buat nulisnya haha

    BalasHapus
  6. aku kangen liburan ke Lembang. Terakhir ke lembang ke kebun teh dan itu kejebak macet dong 3 tahun lalu... jadi suami kapok diajak main ke sana lagi.

    BalasHapus
  7. Ya ampun aku udah lama nggak ke Lembang dan malah belum pernah ke sini mba. Lembang itus elalu ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi ya mba

    BalasHapus
  8. Banyak ya tempat yang bagus di Bandung huhu waktu ke Bandung aku cuma ke Trizara resort sama sekitaran Ciwalk aja hehe.

    BalasHapus
  9. Traveloka memudahkan ya teh, aku belum pernah da ke fairy garden haha

    BalasHapus
  10. Baca tulisah teteh bikin aku kangen Bandung deh :) aku selalu jatuh cinta banget sama suasananya Bandung, romantis dan sejuk. Jadi pengen ajak anak liburan kesana deh, tar ah tunggu jadwal liburnya dia. Ak pengen ajak ke Orchid Forrest sama ke Dusun Bambu rencananya

    BalasHapus
  11. Masuk bucket listku lho ini mba Cikole dan Dusun Bambu. Udah sering baca reviewnya di blog maupun instagram, tinggal nunggu rejeki waktu dan modal nih untuk ke sananya.

    BalasHapus
  12. Banyak tempat menarik di Lembang. Saya juga suka kepikiran kalau mau ke sana lagi, cari penginapan yang dekat aja. Suka macet kalau dari tengah kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama satu lagi, saya pengennya gak saat akhir pekan. Pernah kami melakukan ini. Memang jadinya lebih nyaman. Karena gak menumpuk wisatawannya

      Hapus
  13. Aku dua kali ke Bandung selalu main ke Lembang. Kemarin mampir The great Asia africa sama Farm House.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku pernah ketemuan dengant teman-teman kampus di Lembang, mak. Tapi ya cuma stay di hotel, ga jalan-jalan. Jadi pengin balik lagi ke sana.

      Hapus
  14. Belum pernah main ke Lembang

    Adem mana sama Bandung, mak?

    Atau adem semua?

    BalasHapus
  15. Saya masih penasaran samapi sekarang adalah nomor 1, yang di cikole. Kepengen kesitu dr dulu tp blm ada yang ngajk, huu sedihnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbaaa... aku temani. Temani mupengnya maksudnya hihiii.. Aku juga pengin banget ke sana, tapi suami kok ya belum ajak jalan-jalan ke arah Jawa Barat huhuuu...

      Hapus
  16. Menggiurkan sekali niiih
    Aku juga demen banget ke Lembang
    Udaranya suegerrr, banyak tempat wisata yg uhuy buanget!

    BalasHapus
  17. Aku belum kesana semua :(. Anakku bulan lalu ke no 2. Fotonya bagus2. Jadi pengin ke Lembang. Udah ada kali 15th nggak ke Lembang. Kasihan, ya?

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, tempat-tempat wisata di Lembang ini bagus-bagus ya Mbak, huhuhuh kapan ya bisa ke Lembang, pengen deh ke semua tempat yang Mbak rekomendasikan ini, siapin kocek yang dalam deh dari sekarang, heheheh.
    terimakasih ya Mbak :)

    BalasHapus
  19. Lembang, sepertinya mmg dikelilingi sm bnyak destinasi wisata dan cakep semua. Kpn ya aku bs ke sini. Pgn bangeeeeetttt

    BalasHapus
  20. Tak ada yang meragukan keindahan berbagai pilihan tempat wisata di Lembang. Bagus bener ya dan lokasinya jiga masih terawat baik

    BalasHapus
  21. Aku kudet banget ya meskipun tinggal dibandung baru floating market aja yang lain belum :D

    BalasHapus
  22. Aku penasaran sama Floating Market dan Desa Bambu mbak. Udah lama enggak ke Bandung dan blm pernah ke tempat ini.

    BalasHapus
  23. berkali-kali ke Bandung tapi belum juga ke Lembang, bagus banget ya mbak tempat2 wisatanya.

    BalasHapus
  24. Jadi kangen Lembang. Tempat yang gak pernah kehabisan ide menciptakan wahana-wahana seru buat liburan..

    BalasHapus
  25. Sudah lama pengen ke Lembang.
    Artikel ini bisa jadi referensi.
    Terima kasih ya, mba :)

    BalasHapus
  26. udah lama ga ke Lembang dan belum pernah juga nih aku mampir ke sana teh wkwkwk duh padahal deket yah :p

    BalasHapus
  27. Yg belum pernah aku ke floating market pdhl udah di pintu masuk eh pindah lokasi jadinya

    BalasHapus
  28. Kalau kampung sanpireun tu di Lembang ga siih...teh?
    Aku suka banget main ke dusun Bambu.
    Asti yaa...suasananya.

    BalasHapus
  29. Aku pas ke Lembang baru ke Floating Market Lembang doang. Lalu muter-muter daerah lain deh. Next kalau ada kesempatan, kudu banget nginep. Sekarang nyari penginapan atau vila juga mudah gak pakai ribet

    BalasHapus
  30. Aku terakhir ke Lembang saat masih gadis dan waktu itu belum ada wisata kekinian, kalau sekarang berjamur yaaa ada di mana2. Pengen sih kapan2 bawa anak ke sana, moga bisa kesampaian tahun ini

    BalasHapus
  31. Akh pengen banget ke Orchid Florest kayanya bagus ya buat refreshing sama keluarga dan sejuk banyak pohon. Semoga bisa kesana dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  32. Dari 5 tempat wisata di Lembang itu, saya baru ke Dusun Bambu dan Floating Marketnya aja, Teh.
    Pengen juga ke tempat lainnya

    BalasHapus
  33. Aku udah banyak mampir ke tempat - tempat itu mba.. tinggal review aja hehehe

    BalasHapus
  34. Belum pernah ke nomor 1,4 dan 5.
    Tapi waktu ke Dusun Bambu itu masih dalam tahap pembangunan beberapa spot.

    BalasHapus
  35. terimakasih untuk referensinya ya mba, lumayan klo mudik bisa kesana

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^