blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

17 Feb 2020

Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif Ini


Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif  Ini  Pernahkah teman-teman mengalami kejenuhan ?  Kalau saya pernah, hidup terasa monoton, merasa tidak berkembang alias 'begini-begini saja'.   Merasa bosan, hingga akhirnya mager alias malas gerak, malas melakukan aktivitas apapun.  Kalau sudah begitu biasanya sih saya merasa 'butuh piknik'..hahaha... Itu sih modus, alasan seorang traveler blogger yang lama menganggur  dan tidak  jalan-jalan...hihi...


Yuk Belajar Sukses dari Sosok Indari Mastuti


Memang dengan jalan-jalan kita bisa banyak terinspirasi, akhirnya jadi fresh dan siap melaksanakan aktivitas kembali.   Tapi masih banyak jalan lain untuk menginspirasi diri kita hingga kembali bersemangat.  Mengunjungi seorang yang penuh inspirasi, yang bisa menjadi guru kehidupan adalah salah satu cara lainnya.  Seperti yang saya lakukan pekan yang lalu tepatnya hari Senin tanggal 10 Februari 2020, saya melakukan kunjungan ke Kantor Indiscript  di Jalan PLN Dalam I Bandung.  Sebuah kunjungan yang melahirkan tulisan Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif Ini.

Adalah Indari Mastuti, istri dari Bapak Deky Tasdikin ini merupakan tujuan utama saya datang ke Indiscript.  Indari Mastuti merupakan sosok perempuan mandiri yang penuh dengan prestasi.  Sebetulnya mengenal sosok perempuan tangguh ini sudah sejak 10 tahun yang lalu.  Diperkenalkan seorang teman dengan sebuah komunitas bernama IIDN yang merupakan singkatan dari Ibu-Ibu Doyan Menulis.  Memang saat itu saya sedang semangat-semangatnya menulis.



Takdir membuat saya mengenal dunia bloger dan akhirnya larut, asyik di dalamnya, hingga saya 'melupakan IIDN' dan hanya menjadi member pasif di komunitas ini.  Takdir pula lah yang akhirnya membuat saya kembali mengenal kembali sosok Indari Mastuti ini.  Yang kini sedang menuju 13 tahun perjalanan 'karir' nya membangun Indscript. Kisah hidupnya yang menginspirasi saya tulis dalam tulisan Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif Ini.

Menuju 13 Tahun Indscript


Bertemu Teh Indari Mastuti dan mengenal lebih dalam Indscript yang kini sudah berusia 13 tahun, membuat saya menjadi berkaca.  10 tahun berlalu, dan saya masih seperti ini,  ..huhuhu.. malu rasanya.  Sementara seorang Indari Mastuti sudah jauh melesat, terbang menjadi sosok yang banyak menebar manfaat dengan berbagai komunitas yang didirikannya.

Sosok Indari Mastuti yang Inspiratif


Tapi akhirnya saya tersadar, tak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain.  Karena memang beda potensi ..hahaha... Bandingkanlah diri kita dengan diri kita dengan masa yang sudah berlalu.  Dan hasilnya ?  Saya jadi tetap bersyukur walau mungkin orang beranggapan saya masih 'begini-begini saja' tapi secara pribadi saya merasa ada 'sedikit kemajuan'.  Duh... sedikit... terlalu santai sih diriku... Semoga tulisan Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif Ini bisa menjadi pemecut diriku untuk bisa berlari....

Mengenal sosok Indari Mastuti membuat saya teringat akan sebuah hadist:

"Sebaik-baiknya manusia adalah paling bermanfaat bagi manusia" (HR Ahmad, Ath- Tabrani, Ad-Duruqutn)

Itulah yang saya perhatikan, kalau Teh Indari ikhlas, terbayang banyak sekali pahala yang diraihnya dengan berbagai komunitas yang didirikannya.  Membangun Komunitas IIDN, IIDB (Ibu-Ibu Doyan Bisnis), Sekolah Emak Pintar dan sekarang Indscript Businesswoman University.  Memberdayakan perempuan-perempuan di Indonesia agar menjadi perempuan cerdas  yang lebih 'eksis', lebih berdaya guna dengan mengoptimalkan kemampuan dirinya.

Atau seperti yang dikatakan seorang Einstein "Don't try to be a man of success, try to be a man of value instead".  Mungkin seperti itulah sosok Indari Mastuti dalam pandangan saya.  Tidak sukses hanya untuk diri sendiri tapi mengajak para perempuan lain di Indonesia untuk menjadi perempuan yang pintar yang bisa menggali potensinya hingga menjadi pribadi yang lebih bisa memanfaatkan waktunya untuk sesuatu yang bermanfaat.

Mendengarkan cerita 13 tahun perjalanan Indscript membuat saya jadi bisa menyimpulkan karakter yang dimiliki seorang Indari Mastuti.  Karakter yang dibutuhkan untuk menjadi sosok sukses penuh prestasi.  Ada beberapa karakter yang saya tangkap yang dimiliki oleh Teh Indari.  Apa saja karakter itu ...?  Yuk mari kita simak.


5 Karakter yang Dibutuhkan Agar Sukses dan Menginspirasi

Mungkin ada yang mengatakan, ah buat apa sukses dan menginspirasi, saya tak butuh itu.  Tak mengapa, tulisan ini hanya ditujukan bagi mereka yang mau saja.  Yang jelas semakin kita bermanfaat akan semakin banyak pahala yang bisa kita raih.  Insya Allah.... Baiklah kita mulai ya :)

1.  Keberanian


Dari cerita yang Indari Mastuti ungkapkan saya melihat keberanian merupakan karakter Indari Mastuti yang menonjol.  Seorang Indari Mastuti siap menerima tantangan walaupun sebelumnya sama sekali tidak  terbayang bagaimana melaksanakannya.

Saat Teh Indari  masih bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi misalnya.  Teh Indari mengiyakan saja saat diminta untuk membuat dan mengelola majalah perusahaan.  Padahal saat teknologi belum secanggih sekarang, tidak terbayang sama sekali bagaimana membuatnya.

Banyak hal di dalam hidup yang membutuhkan keberanian dan Indari Mastuti telah sukses melakukannya.  Berani untuk memberi manfaat bagi orang banyak, berani melakukan langkah yang benar dengan segala resiko dan konsekuensi yang akan didapatnya.  Keberanian ini diaplikasikan dengan langkah nyata melakukan perubahan menuju lebih baik.

2.  Mempunyai Visi yang Jelas


Seorang yang sukses dan inspiratif memiliki visi yang jelas dalam hidupnya.  Ini pulalah yang terlihat jelas dari sepak terjang seorang Indari Mastuti. Visi yang membawa perubahan yang nyata menjangkau jauh di atas norma dan pandangan orang lain.  Orang lain pun menjadi mengikuti dan terinpsirasi.

Small Company High Income adalah sebuah cerminan dari konsep hidup Indari Mastuti bahwa semua bisa dibangun dari rumah.  Dan itu yang ingin ia tularkan kepada para perempuan di Indonesia.  Tidak banyak keluar rumah tapi bisa berdayaguna dan menghasilkan dari rumah, hingga anak-anak dan keluarganya terperhatikan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

3.  Kebaikan


Seorang yang inspiratif selain memiliki kepandaian juga harus memiliki kebaikan.  Kepandaian mengacu pada pribadi, belum mencerminkan manfaat.  Sementara itu kebaikan lebih bersifat sosial menjangkaau kebermanfaat dan kepedulian kepada sesama.

Visi seseorang terungkap dari perilaku, ucapan, dan aktivitas sehari-hari.  Kita semua bisa melihat dengan jelas visi dari Indari Mastuti dari berbagai komunitas dan lembaga yang dibuatnya.  Mempunyai visi yang jelas membangun kerjasama untuk kembajuan bersama.


4.  Konsisten


Tulisan Konsisten adalah pemicu datangnya kesuksesan,  terpampang jelas di ruang administrasi kantor Indscript.  Dan hal ini lah pulalah yang dimiliki oleh seorang Indari Mastuti. Dari sejak remaja hingga sekarang Teh Indari konsisten di dunia menulis. 8 Maret 1996 saat masih kelas 1 SMA Indari Mastuti  merupakan hari bersejarah bagi Indari karena saat itu mulai memahami bahwa menulis itu bisa menghasilkan.  Ia mendapatkan uang pertamanya dari hasil menulis.  Konsisten berbisnis di dunia menulis, konsisten menebar manfaat  itulah yang dilakukan Indari Mastuti.

5.  Ulet dan Tangguh, Pantang Berputus Asa


Pantang menyerah, ulet dalam memperjuangkan apa yang menjadi target dalam hidupnya, ini juga lah yang dimiliki Indari Mastuti.  Meski ujian datang melanda, bahkan perusahaan Indscript nyaris colaps hal ini tidak membuatnya mundur, surut ke belakang.  Tetap bertahan dan melawan rintangan hingga kembali bisa tegak berdiri.

Lima karaktek inilah yang dimiliki oleh seorang Indari Mastuti hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.  Perjalanan Indscript selama 13 tahun memang terus semakin berkembang.  Setelah mendapatkan berbagai penghargaan, menjadi branding yang memperkuatnya. Indscript yang sempat nyaris bangkrut malah jadi sebuah pembelajaran berharga.

Pengalaman berharga itu melahirkan Indscript Training Center. yang bergerak memberikan semacam couching kepada para pengusaha yang sedang menhadadapi goncangan dalam usahanya.  Indscript Training Center pun mengdakan berbagai pelatihan yang salah satu diantaranya adalah Pelatihan Bangkit dari Bangkrut.

Small Company High Income dan Suasana Hommy


Tahun   2017 setelah 10 tahun berdiri, setelah sistem berjalan dengan mantap dan memiliki tim yang kuat akhirnya  Indscript melebarkan sayapnya dalam berbisnis. Tidak hanya di bidang tulis menulis dan percetakan buku saja.  Karena tidak semua orang bisa menulis, sementara keinginan memberdayakan para perempuan di sekitar Indscript kuat maka lahirlah  Indblack Handscock Premium.

Ibu-ibu di sekitar Indscript mulai diberdayakan dengan diawali memberikan pelatihan membuat hand Sock.  Akhirnya bisnis hand sock pun berjalan an berkembang pada penjualan lainnya seperti makanan, mukena, kaos kaki dan kebanyakan penjualan dilakukan secara online seperti di kunikita.com

Tidak pernah memisahkan kantor dengan suasana rumah, suasana inilah yang ingin dipertahankan teh Indari.  Rumah itu harus produktif dan bermanfaat bagi orang banyak.  Sekolah Perempuan yang berdiri pada tanggal 17 Agustus 2013 selama 24 angkatan  merupakan sekolah yang berbayar.  Selama ini pun dilakukan secara online dan setelah 24 angkatan berbayar Sekolah Perempuan kini menjadi gratis.

Studi banding pernah dilakukan negara-negara dari Paris, Amerika, Singapura dan Nepal.  Secara umum mereka terkaget-kaget melihat penampakan Sekolah Perempuan yang mungil ini.  Hal ini dimungkinkan karena memang Sekolah Perempuan dilakukan secara online.  Bagi Indari rumah kecil tidak harus menghasilkan pikiran kecil.  Bagaimana sebuah rumah sekecil ini bisa menghasilkan ibu-ibu yang berdaya guna dan menghasilkan.

Di kantor mungilnya, sesuai dengan motto Small Company High Income di sinilah Indari Mastuti terus berinovasi.  Dibantu oleh 9 pegawai tetapnya yang hampir semua merupakan para perempuan muda berhijab, Teh Indari menggawangi Indscript agar terus berkembang hingga banyak menebar manfaat.  Di ruang mungil ini pula lahir banyak buku-buku karena kini Indscript pun memiliki percetakan sendiri.

foto by Yasinta


Kini setaleh 13 tahun berdiri, tercatat pula 80 ribu member bergerak aktif tersebar di berbagai komunitas yang Teh Indari dirikan.  Sebuah kiprah yang luar biasa ya...  Selamat untuk Teh Indari dan Indscript nya semoga semakin sukses dan selalu terus menginspirasi para perempuan Indonesia dimana pun berada. 

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Yuk Belajar Sukses dari Sosok Inspiratif Ini dapat memberikan inspirasi kepada kita untuk lebih semangat menebar manfaat untuk sesama :)

24 komentar :

  1. Belajar dari sosok inspiratif secara langsung emang beda ya teh rasanya. Senang sekali ya berkat komunitas yang teh Iin gawangi ini aku juga jadi ketemu banyak temen - temen lain yang ga kalah hebat

    BalasHapus
  2. Masha Allah salut dgn teh indari. Pertama2 tahu beliau sbg penerbit dan penulis buku. Sekarang bisnisnya udah kian ekspansi aja

    BalasHapus
  3. Suka banget sama sosok perempuan inspiratif ini selalu empowering setiap kaumnya menjadi lebih produktif, Yuk atuh belajar sukses, dan kusuka sukses bersama-sama teman saling kolaborasi.

    BalasHapus
  4. consistency is the key ya mba. Yang penting menurutku adalah find your passion and maximize it! kalau sudah ada satu hobby dan kesenangan yang kita nikmati perlu kita lanjutkan dan kita tekuni ya

    BalasHapus
  5. menginspirasi sosok perempuan solehah yang tanggung dan mandiri, terima kasih buat artikelnya mba ida

    BalasHapus
  6. Teh Indari kereeennn dan selalu LOVELY!
    Semoga segera ada acara di Surabaya, duhhh mupeng banget bisa kopdar dgn beliau

    BalasHapus
  7. Sosok yang sangat inspiratif nih mbak Idari. Membuat banyak perempuan jadi lebih berdaya.

    BalasHapus
  8. Senangnya ketemu orang-orang yang inspiratif kaya Mbak Indari Mastuti. Tahu beliau, tapi memang belum pernah ketemu. Pastinya banyak tantangan, tapi beliau tetap kuat ya sampai komunitasnya juga masih jalan dengan baik

    BalasHapus
  9. Ya ampun keren banget ini mba Teh Indari. Bahkan studi banding pun dilakukan oleh berbagai maju ya mba :)

    BalasHapus
  10. Kagum banget sama sosok Teh Indari yang sangat menginspirasi, bisa belajar banyak dari beliau untuk lebih produktif yah Teh.

    BalasHapus
  11. Seneng banget bisa belajar langsung dari sosok inspiratif kayak teh Indari ini. Bisa jadi pelecut semangat ya mbak..

    BalasHapus
  12. Aku pernah ngobrol seru juga dengan Teh Iin di Jogja, pas kebetulan aku mampir di both Indscript. Beliau memang sosok yang inspiratif, pemikirannya tergolong antimainstream dan berani membawa ide yang berbeda.

    Semoga Insdcript makin sukses, barakallah juga buat Teh Indari

    BalasHapus
  13. Udah temanan lama banget tapi online di facebook. Belum berkesempatan ketemu langsung. Wanita hebat, selalu ada usaha baru.

    BalasHapus
  14. Udah pernah ketemu dan memang Mbak Indari keren banget serta inspiratif ya dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan. Sukses dan sehat selalu untuk Mbak Ida, juga untuk Mbak Indari.

    BalasHapus
  15. Menginspirasi banget ya Teh Indari ini, dan kalimat di dinding tuh bikin semangat, rahasia sukses hanya satu, KONSISTEN.

    Dulu saya sering ikut grup chatnya Teh In, sebelum hamil anak kecilnya itu sih :)

    BalasHapus
  16. Berani keluar dari zona nyaman dan menemukan dunia baru merupakan tantangan. Kalau berhasil kita bangga . konsisten selama ini menghasilkan . bukan hanya buat diri sendiri tapi juga buat orang lain.

    BalasHapus
  17. Perlu keberanian melangkah dan keluar zona nyaman.

    Kalau berhasil lumayan bisa menghidupi diri sendiri dan bermanfaat bagi oranglain sehingga bisa lebih menginspirasi kaum wanita untuk maju sehingga tidak hanya nunggu gaji suami.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, semoga suatu saat bisa berjumpa dengan beliau. Sangat menginspirasi ya mbak��

    BalasHapus
  19. Mbk indari mmg kece bner. Saluuuuttt. Btw aku blm punya poin yg no. 4 sm no. 5, masih suka nggk konsisten dan baperan. Hiks

    BalasHapus
  20. Jadi ingat pertama masuk group ibu ibu doyan menulis alias IIDN saat saya masih kerja di Taiwan. Di sana belajar banyak terkait menulis dan pemberdayaan. Termasuk management waktu

    BalasHapus
  21. Kadang suka minder saya kalo liat wanita yang benar-benar menginspirasi. Terus kadang suka refleksi diri, selama ini saya udah ngapain aja dan apa yang bisa saya banggakan dai diri saya hehehe

    BalasHapus
  22. Wah keren nih ketemu teh Indari. Saya punya satu dua bukunya keknya. Pengen gabung di IIDN tapi bingung gmn caranya jd gak gabung2 haha. Seru ya bisa ketemu sosok yang menginspirasi kek gtu, jd terpacu jd lbh produktif lagi :D

    BalasHapus
  23. Teh Indari ini sosok yang menginspirasi banget! Semangatnya patut diacungin jempol.

    BalasHapus
  24. Beruntung bgt ya bisa berkumpul sama circle yang positif kaya gini jadi kita mendapatkan inspirasi dari orang yang menginspirasi.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^