blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

10 Jun 2021

Buku Ibu Smart Anak Hebat



Buku Ibu Smart Anak Hebat  Baru ingat kalau Cerita Ida belum mengulas tentang kehadiran buku Ibu Smart Anak Hebat.  Buku solo pertamaku.  Akhirnya punya buku sendiri juga...hihi.  Sebuah pencapaian lumayan untuk diriku yang sangat moody dan 'manja' ini.

Ya saya merasa diri terlalu manja, sering mengikuti rasa malas dalam menulis, dan akhirnya banyak 'niat mulia' yang tidak terealisir.  Wajar saja di usia ini baru menulis satu buku solo dan beberapa buku antalogi. Ala kuli hall, alhamdulillah saya bersyukur, walau tidak sempurna dan banyak kekurangannya saya senang sudah bisa merealisasikan keinginan lama ini.  


Buku Ibu Smart Anak Hebat

Buku Ibu Smart Anak Hebat ini sungguh hadir bukan karena merasa diri smart, buku ini hadir justru dari rasa bersalah dan kekurangan saya sebagai ibu.  Banyak penyesalan, banyak yang ingin diulang kalau memang bisa...

Buku Ibu Smart Anak Hebat ini juga hadir untuk mengingatkan diri, untuk para calon ibu agar siap menjadi ibu hingga bisa mendidik anak dengan optimal, dan juga untuk para ibu agar bisa mempersiapkan anak perempuannya menjadi ibu yang smart.

Sebetulnya kebanyakan isi buku Ibu Smart Anak Hebat  ini dari blog dan dari artikel buletin yang biasa saya tulis untuk sebuah komunitas.  Sedikit saya ubah gaya bahasanya kemudian disusun disesuaikan dengan tema per bab nya,

Buku Ibu Smart Anak Hebat ini terdiri dari empat bab, dimana bab pertama berisi motivasi agar kita bisa optimal mendidik anak.  Dibutuhkan motivasi yang kuat untuk mendidik anak dengan optimal, dan motivasi terkuat adalah motivasi Ilahiyah.  Motivasi karena memang tugas kita di muka bumi ini sebagai hamba dan khalifah yang harus melakukan hal yang terbaik dalam hidupnya.

Bab kedua tentang mempersiapkan diri sebagai ibu, baik kesiapan lahir maupun batin.  Di sinilah mengapa buku ini menggunakan kata smart. yang lebih saya artikan sebagai ibu yang selain cerdas tapi juga terampil.  Terampil menjadi seorang manajer yang bisa memenej diri dan keluarganya.

Seorang ibu yang tidak terampil memenej dirinya maka proses mendidik anak dengan optimal akan sangat mudah terganggu.  Terjadi sebuah peristiwa yang tidak disukainya bisa membuat goncangan dalam pribadinya.  Baperan, mudah tersulut emosi dan lain sebagainya, sehingga boro-boro bisa optimal mendidik anak, ia akan sibuk dengan perasaannya sendiri. 

Di bab ketiga mengulas tentang kiat mendidik anak, di sini saya menulis bagaimana agar kita bisa mendidik anak dengan optimal. Beberapa kiat-kiat keparentingan yang kesemuanya merupakan teori-teori belaka.  Maksudnya saya tidak menulis pengalaman dalam mendidik anak selama ini.   Di bab terakhir atau keempat saya bercerita tentang pengalaman beberapa ibu smart yang sukses mendidik anak-anaknya.  Sedikit saya sisipkan tulisan bagaimana pengalaman saya mendidik anak agar senang menulis.  

Mengapa saya menulis tentang diri di buku ini, apa karena saya merasa diri smart dan anak saya hebat? Oh..  Big no, sebab tulisan ini awalnya ide dari banyak pertanyaan teman-teman bagaimana bisa mendidik anak menjadi penulis.

Saya dan Trio Penulis Amatullah 

My Trio Amatullah

Alhamdulillah tiga dari lima anak saya memang penulis, walau bukan penulis produktif sih hehe....Si sulung Azizah dengan delapan bukunya (dua solo, sisanya antalogi).  saat di Turki terpilih menjadi pemimpin redaksi majalah PPI di Turki.

Fathya dengan dua buku antalogi dan tulisan-tulisannya yang dulu rajin terbit di PR Kecil.  Fathya juga rutin tiap tahunnya selama empat tahun berturut-turut terpilih ikut KPCI (Konfrensi Penulis Cilik Indonesia) dan saat menginjak remaja juga terpilih menjadi peserta ARKI (Akademi Remaja Kreatif Indonesia) mengikuti jejak kakaknya si sulung Azizah.

KPCI dan ARKI adalah ajang kepenulisan tingkat nasional yang dibesut Mizan yang bekerja sama dengan kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia.   Tak heran di ajang ini, para peserta bisa bertemu langsung dengan pak menteri pendidikan.  Para pesertanya berasal dari para penulis yang lolos seleksi dari semua provinsi di Indonesia.  KPCI untuk tingkat SD dan ARKI untuk tingkat SMP dan SMA.

Beberapa tulisan Fathya di PR Kecil

Sebuah acara keren sebetulnya anak-anak mendapat pengalaman berharga di sana, menginap di hotel berbintang di Jakarta, mengunjungi berbagai destinasi wisata dan mendapat penggantian uang transport dan uang saku.  

Selain tentu saja dikarantina untuk mendapat pelatihan penulisan dan lomba menulis.  Alhamdulillah di acara KPCI tulisan Fathya masuk ke 10 tulisan yang dibukukan, dan di acara ARKI tulisan kak Azizah yang masuk ke dalam 10 tulisan yang dibukukan.

Terakhir si bungsu Maghfira meskipun  agak terlambat tapi alhamdulillah sudah menulis dua buku antalogi.  Alhamdulillah kesemuanya pernah menorehkan diri jadi juara menulis di beberapa event.  Kesemua hal itulah yang menghadirkan pertanyaan-pertanyaan bagaimana bisa menularkan semangat menulis kepada anak, karena tidak semua ibu penulis anak-anaknya bisa menjadi penulis.

Maka akhirnya untuk menjawab pertanyaan teman-teman hadirlah keinginan untuk membuat buku tentang ini, tapi dalam prakteknya saat hendak menulis dan membuat outline ternyata anak-anak saya tidak terlalu wow untuk ditulis..hehe... Akhirnya kiat tentang anak senang menulis jadi pemanis di buku ini, mendampingi tiga ibu smart yang saya ceritakan di buku ini.   Selebihnya lahirlah buku Ibu Smart Anak Hebat ini.

Podcast tentang Buku Ibu Smart Anak Hebat

Besar harapan buku ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukannya, masih jauh dari disebut buku bagus.  Paling tidak buku ini mengingatkan bahwa untuk menghadirkan anak-anak hebat itu memang diperlukan kesiapan dari seorang ibu untuk bisa mendidiknya secara optimal.

Anak hebat di sini  bukan hanya yang berprestasi dan bisa meraih nilai akademis yang bagus.  Tapi anak hebat adalah selain berprestasi secara akademis, ia adalah anak yang memiliki akhlak yang mulia dan taat kepada Rabb nya.  Banyak anak yang sukses secara akademis, namun sayang kadang sisi ruhiyah terlupakan. Kecerdasannya tidak banyak memberi manfaat untuk umat tapi hanya untuk diri dan keluarganya sendiri.


Nah teman-teman cukup sekian tulisan tentang Buku Ibu Smart Anak Hebat ini, untuk yang ingin lebih jelas bisa mendengarkan podcast tentang buku ini.  Kebetulan saya diundang oleh BPKK PKS Kota Cimahi untuk berbicara tentang buku ini karena berhubungan dengan amanah yang saya emban sebagai Ketua Biro Kajian Perempuan Anak dan Keluarga di BPKK PKS Kota Cimahi.  Linknya ada di sini ya.....  

Oya bagi yang mau memesan masih tersedia beberapa eksemplar sila hubungi 085722389178 :D


21 komentar :

  1. MasyaALLAH TabarokALLAH, selamaaatt Teh Ida
    Ikut bahagiaaa banget dgn pencapaian Teh Ida dan buah hati.
    sungguh luar biasa, semoga semakin inspiring, bukunya laris manis tanjung kimpuull ya.
    supaya bisa dibaca banyak orang

    BalasHapus
  2. Masyaallah keluarga idola nih, keren mba anak2 nya penulis semua ya berkat doa dan didikan orangtua smart yang selalu konsisten maka lahirlah anak yang hebat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, sepakat!
      Bener nih kudu meneladani apa yg Teh Ida lakukan.
      BarokALLAH teh Ida kesayangaaaannn

      Hapus
  3. Ini mah emang beneran ibu smart anak hebat kak, kereeeennn, kagum ama apa yang udah dicapai anak-anak nya, pasti kaka yang jadi ibunya smart banget membimbingnya. semoga aku juga bisa kaya kaka, Aamiin.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, Selamat Teteeh dan anak2nyaa.
    Semoga Buku Smart ini membantu para ibu2 untuk menyiapkan dirinya menjadi ibu yang bisa optimal mendidik anaknya ya.
    SUkses buat semuanyaa/

    BalasHapus
  5. Masya Allah Tabarakallah. Produktif sekali, Mbak. Salut deh. Semoga bukunya bisa dibaca banyak orang terkhusus untuk ibu dan calon ibu. Jadi makin semangat, nih baca tulisan ini

    BalasHapus
  6. Salut banget deh, bisa cetak anak yang produktif kaya begini. buku smart ini bakalan banyak dibaca sama ibu atau calon ibu. mereka akan fokus mendidik dan membimbing anaknya menjadi anak yang membanggakan keluarga.

    BalasHapus
  7. Mendiidk anak menjadi anak hebat itu butuh perjuangan. Dan ini perang orangtua khususnya ibu juga yang mendidik anak dengan baik. KArena anak butuh motivasi dari ibundanya

    BalasHapus
  8. Saya setuju memang di buku2 parenting ada yang banyak cuma bahas teori2 saja. Nah, di buku kak ida ini nampaknya akan memunculkan berbagai pengalaman selama mendidik anak hingga menghasilkan penerusnya yang pandai menulis.

    Btw, saya apresiasi untuk anak2nya yang keren mampu menjadi penulis yang berbakat. Salam ya kak untuk anak2 kak Ida yang keren itu dari saya, terus asah kemampuan menulisnya.

    BalasHapus
  9. podcastnya keren banget, salam ya untuk anak-anaknya mbak ida. semoga sukses selalu dan jadi podcaster handal di masa depan

    BalasHapus
  10. Selamat atas buku solonya ya mbak
    semoga sukses dan banyak menebar manfaat
    penasaran dengan ceritanya

    BalasHapus
  11. Ibu Smart insya Allah pasti menciptakan anak hebat. Apalagi katanya intelegensi anak sebagian besar diturunkan dari genetik ibunya. Keren banget Mba Ida, bukunya sudah terbit. Masya Allah. Semoga bisa menjadi panduan bagi ibu-ibu yang membutuhkan. Selamat ya mba.

    BalasHapus
  12. wah kerennnn.....
    selamat ya Teh Ida
    Saya masih berjuang ngerampungin buku nih, satu aja dulu :D :D

    senangnya bikin buku karena bisa berbagi ya?

    BalasHapus
  13. Konsep bukunya luar biasa... ada motivasi, persiapan jadi ibu, teori parenting lalu kemudian pengalaman menjadi ibu untuk anak berprestasi.

    Lengkap banget. Dan pengalaman mengenai bagaimana mendidik anak agar menyukai literasi tu keren.

    Memang sih, nggak semua orang tua penulis, anaknya juga suka menulis.

    BalasHapus
  14. Ibu hebat, anak smart. Dan kunci menjadi orangtua sukses tuh susah-susah gampang. Gak semua ilmu bisa diterapin dalam keluarga dan anak yang sama. Tapi dengan berusaha membaca buku atau mendengarkan podcast, bisa menjadi tambahan wawasan

    BalasHapus
  15. Masya Allah Tabarakallah...salut dengan Mbak Ida dan buah hatinya. Pengalaman yang dicurahkan dalam sebuah buku akan menginspirasi banyak orang dan itu jadi amal jariyah yang tak berkesudahan. Sukses untuk bukunya Mbak Ida dan smeoga selalu sehat bahagia bersama keluarga

    BalasHapus
  16. Selalu angkat topi dengan teman-teman yang memiliki skill khusus dibidang penulisan ilmu parenting. Karena menurut saya keilmuan ini butuh pengetahuan yang istimewa disamping tentu saja pemahaman akan dunia psikologis keluarga.

    BalasHapus
  17. Keren banget mba, bisa menulis buku yang bagus terutama dalam pengasuhan anak. Benar sih saya juga merasa banyak yang kurang tepat dalam mengasuh anak-anak. Sebagai ibu perlu banget belajar dari orang lain yg berpengalaman bisa seperti yang mbak lakukan melalui buku

    BalasHapus
  18. Keluarga idola ini, bukan cuma ibunya yang bisa membuat tulisan-tulisan keren, tapi anak-anaknya juga. Seneng ya jadi keluarga penulis gini, kalau lagi loyo, ada yang menyemangati untuk terus berkarya lewat tulisan

    BalasHapus
  19. Wah keluarga idaman ini ya karena dibalik kehebatan ibu dengan tulisan yang bisa menginspirasi akan lahir dan terbentuk anak2 yang hebat juga

    BalasHapus
  20. Tahniah, karya literasi sudah menjadi kenyataan. Semoga berkarya terus.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^