blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Jun 2021

Program Superqurban dan Desaku Berqurban Rumah Zakat

Superqurban dan Desaku Berqurban

Program Superqurban dan Desaku Berqurban Rumah Zakat  Tak terasa tinggal beberapa pekan ke depan kita akan menghadapi hari  raya Idul Adha, hari dimana umat Islam melakukan prosesi ibadah berqurban mengorbankan sebagian hartanya untuk berbagi daging hewan qurban kepada yang membutuhkan.

Ibadah ini berawal dari pengorbanan Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembelih putra tercintanya yang bernama Ismail.  Ternyata  memberi perintah ini, Allah SWT hanya ingin menguji keimanan kedua hamba-Nya yang memang luar biasa.

Setelah ikhlas menerima perintah yang berat itu, Allah SWT mengganti Ismail dengan seekor domba jantan dari surga.  Peristiwa inilah yang kemudian mengawali ritual penyembelihan hewan qurban di hari raya Idul Adha setiap tanggal 10 Dzulhijah dan hari tasyrik yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah. 

Ibadah qurban ini memiliki dua dimensi yaitu dimensi spiritual dan dimensi sosial.  Dimensi spiritualnya diharapkan dengan ibadah qurban ini seorang mukmin mampu berkorban dengan apa yang dia miliki untuk Allah SWT.

Sementara untuk dimensi sosial, dengan ibadah qurban ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada orang-orang yang selama ini sangat jarang mendapatkan dan merasakan daging yang selama ini hanya bisa dirasakan dan dinikmati oleh orang-orang tertentu saja.

Program Superqurban dan Desaku Berqurban Rumah Zakat

Di masa pandemi ini saat Covid-19 masih menjadi sebuah ancaman besar karena tingginya kasus Covid-19 di Indonesia memengaruhi segala aspek kehidupan termasuk dalam pelaksanaan ibadah qurban.  Hal inilah yang membuat Rumah Zakat sejak tahun 2020 menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses pengelolaan ibadah qurban ini.


Superqurban Melipatgandakan Manfaat Qurban

Sejalan dengan ttujuan dimensi sosial ini Rumah Zakat memiliki program yang sangat bagus.  Program itu bernama Superqurban yaitu program optimalisasi qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi ketahanan pangan dari protein hewan dalam bentuk kornet atau rendang.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 program Superqurban ini sangatlah tepat diterapkan karena bisa membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.  Hal ini dikarenakan kemasannya mudah di distribusikan dan tahan lama hingga bisa disimpan sebagai persediaan makanan.

“Semua proses pengelolaan qurban mulai dari penyembelihan, boning, deboning, hingga pengemasan menjadi kornet atau rendang dilakukan sesuai dengan standar Prokes pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Seluruh sumber daya manusia yang terlibat sudah dipastikan kesehatannya, dan tidak ada kerumunan dalam prosesnya,” ungkap CEO Rumah Zakat Nur Efendi di acara Press Conference Superqurban & Desaku Berqurban.


Acara press conference ini diadakan hari Selasa tanggal 22 Juni 2021 secara online melalui media zoom meeting yang dihadiri juga oleh para  awak media, wartawan dan blogger.  Acara itu selain dihadiri oleh CEO Rumah Zakat juga dihadiri oleh relawan Rumah Zakat Adhin Abdul Hakim.

Selain menerapkan prokes yang ketat, Superqurban memiliki manfaat lebih luas karena daya tahan yang lebih lama sehingga distribusinya dapat dilakukan sepanjang tahun. Superqurban dapat menjadi ketahanan pangan bagi Indonesia dalam menghadapi masa-masa sulit seperti bencana alam, daerah rawan pangan, hingga pandemi Covid-19.

“Insya Allah Superqurban ini sesuai Syariah karena menurut Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, bahwa daging qurban ini boleh diolah dalam kemasan sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama,” ujar Nur Efendi.

Desaku Berkurban untuk Desa Minim Pequrban 

Selain Superqurban, Rumah Zakat pun memiliki program Desaku Berqurban yaitu penyaluran hewan qurban ke desa-desa minim pequrban.  Tentu saja ini sejalan dengan target dimensi sosial Idul Adha dimana bisa memberi banyak kebermanfaatan untuk orang yang jarang merasakan daging sehingga dapat menikmati hidangan istimewa di hari raya.  Program ini juga sekaligus memberdayakan para peternak di desa.

Dalam kesempatan ini Adhin bercerita tentang pengalamannya mendistribusikan hewan qurban ke desa terpencil di Sulawesi.  Dimana menurutnya di desa ini belum hadir sila kelima dari pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  Selain pmedan menuju tempat ini sangat berat desa ini juga belum tersentuh penerangan listrik dari PLN, masyarakat di sana pun kekurangan secara ekonomi. 

Beruntung hewan qurban sudah dikemas dalam kaleng sehingga walaupun medannya berat perjalanannya lama, alhamdulillah daging qurban pun tidak rusak di jalan. 

Tahun lalu tercatat sebanyak 3.066 pequrban menitipkan hwan qurban dalam program Desaku Berqurban yang dibagikan kepada 23.027 penerima manfaat yang ada di desa. Sementara tahun ini sudah ada peternak di 100 titik Desa Berdaya Agrobisnis binaan Rumah Zakat yang menyediakan hewan qurban untuk program Desaku Berqurban.

Tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20.000 pequrban yang berpartisipasi dalam program Superqurban dan Desaku Berqurban ini.  Hal ini diupayakan dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu dengan lebih maksimal dari program ibadah qurban.

Nah bagi teman-teman yang akan berqurban tak perlu ragu lagi, teman-teman bisa  menitipkan qurbannya di Rumah Zakat ya.  Prosesnya sangat mudah lho, pembelian hewan qurban bisa dilakukan di berbagai marketplace yang ada.  Untuk informasi lebih lengkapnya teman-teman bisa mengunjungi websitenya di https://www.rumahzakat.org/superqurban/ ya.... 

Semoga informasi dari Cerita Ida yang berjudul Program Superqurban dan Desaku Berqurban Rumah Zakat ini bermanfaat untuk semua yang membacanya.  

12 komentar :

  1. masyaallah ya. dari berkurban banyak orang bisa merasakan kebahagiaan. semoga tahun ini yang berkurban juga makin banyak. kalau aku biasa kurban di kampung halaman.

    BalasHapus
  2. Sangat bagus idenya untuk pendistribusian kurban ke daerah terpencil yang belum tersentuh dengan adanya kurban. Jadi kurban tidak sia-sia manfaatnya.

    BalasHapus
  3. Semoga target nya tercapai, banyak pequrban yang bergabung dan berpartisipasi dalam Superqurban. Kehadiran superqurban juga bisa menjadi contoh yang baik dalam membantu pequrban dan juga penerima qurban. Terima kasih mba ;)

    BalasHapus
  4. Efektif dan tentunya banyak yang terbantu hingga pelosok karena hewan kurban dagingnya sudah diolah dan dikemas dalam kaleng. Inovatif sekali

    BalasHapus
  5. keren ya terobosan Rumah Zakat
    Selain Superqurban, juga punya program Desaku Berqurban
    Karena Rumah Zakat tau banget, saat Idul Qurban, hewan kurban akan menumpuk di perkotaan, di desa/perkampungan mah ssepi

    BalasHapus
  6. Inovasi dari Rumah Zakat dengan Superqurban ini, menurut daku bagus, karena olahan daging kurban dapat langsung dimanfaatkan oleh para penerimanya.

    BalasHapus
  7. Kagum dengan inovasi yang dilakukan oleh Rumah Zakat ini ya mbak, super qurban ini bisa membuat distribusi daging korban jadi lebih luas dan merata

    BalasHapus
  8. bagus sekali ini programnya. di desa desa seringnya memang masih minim yang ikut berqurban y sementara masyrkat miskin lebih banyak di desa. jadi bagus banget acara ini untuk memberikan kebahagiaan kepada mereka yg tidak mampu

    BalasHapus
  9. Wah daging qurban dikemas menjadi kornet atau rendang demi ketahanan pangan. Wah next level dari qurban kalau begini. Karena si daging qurban jadi lebih awet dan lama manfaatnya.

    BalasHapus
  10. Bagus sekali ini kak idenya, di kampung memang nggak sebanyak di kota yang berkurban. Kadang juga nggak ada, masyarakatnya rata-rata hanya petani yang kurang mampu jika harus berkurban. Semoga dengan adanya program ini masyarakat di desa bisa merasakan daging qurban juga.

    BalasHapus
  11. masyaAllah ini baru solusi yang solutif yang mbak. Biar bisa tersebar keseluruh pelosok tanah air

    BalasHapus
  12. Wah salah satu cara untuk berqurban nih supaya semakin merata ya, diterima oleh yang membutuhkan di pedalaman.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^