blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

21 Mar 2022

Cerdas Berinvestasi Bersama InvestasiKu

InvestasiKu


Cerdas Berinvestasi Bersama InvestasiKu  Banyak kisah hidup di sekitarku baik itu di keluarga besar, teman atau kerabat jauh yang harus saya ambil pelajaran.  Tentang kisah hidup tragis akibat salah dalam memenej keuangan rumah tangga.  Memuaskan rasa ingin tanpa mempedulikan anggaran pengeluaran keuangan keluarga memang sering kali berdampak penyesalan yang besar.

Kisah salah satu kerabat ini bisa dijadikan sebagai contoh, memiliki kekayaan dari warisan yang berlimpah tapi tidak diiringi kemampuan memenej uang yang baik akhirnya di masa tuanya jatuh miskin dan harus bekerja keras untuk menghidupi kebutuhan hidupnya sendiri. Kisah yang menginspirasi saya untuk menulis tentang Cerdas Berinvestasi dengan InvestasiKu ini.


Kisah seorang kerabat yang memiliki kekayaan berlimpah, harta berupa penginapan sampai pom bensin dari warisan, tetapi ternyata tidak menjamin masa tuanya bahagia.  Tidak piawai melanjutkan bisnis keluarga, bercampurnya keuangan perusahaan dengan keuangan rumah tangga membuat pengeluaran yang tidak terkendali karena merasa memiliki banyak uang.  Terpuruk di masa tua menjadi pekerja kasar demi sesuap nasi.

Bak tidak belajar dari kisah orang tuanya sang anak dari kerabatku ini memiliki kisah hampir serupa.  Mungkin karena terbiasa hidup mewah, saat suaminya sedang berjaya ia sibuk show up menjadi seorang sosialita. Asyik jalan-jalan ke luar negeri, belanja berbagai barang mewah yang hanya memenuhi hasrat keinginannya saja.

Lupa bawa langit tidak selamanya cerah, mendung pun suatu saat kan menggelayut.  Itulah yang terjadi dengan anak kerabatku itu. Suaminya sakit struk lama kemudian meninggal.  Sang istri kebingungan karena selama ini ia terbiasa hidup manja dan tak bekerja. Hanya memiliki sedikit tabungan yang bisa habis untuk kehidupan sehari-hari selama beberapa bulan saja.

Itulah yang terjadi dengan kerabat dan anaknya. Gaya hidup ternyata diturunkan ya.... Bukannya belajar dari kisah orang tua untuk memenej keuangannya saat suami sedang berjaya.  Memenej keuangan bukan perkara mudah memang, selain pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen keuangan di sana ada juga disiplin atau konsistensi dalam anggaran yang sudah ditetapkan maupun dalam pencatatan.

Ya, mencatat memang penting dalam memenej keuangan karena dengan mencatat kita bisa mengevaluasi apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dilakukan selanjutnya.  Jadi tahu anggaran mana saja yang harus dikurangi agar bisa menabung dan berinvestasi.

Mengenal Investasi dan Manfaatnya

Investasi...?  Ya tidak cukup dengan menabung, kita harus juga menyisihkan anggaran untuk berinvestasi.  Mengapa kita harus berinvestasi? Mengapa tidak cukup dengan menabung? Ini ternyata penting kita ketahui.

Secara sederhana investasi bisa dimaknai sebagai sebuah usaha untuk membelanjakan sejumlah uang atau dana dengan tujuan untuk mendapat keuntungan di masa depan. Investasi tentu saja berbeda dengan menabung di bank, karena di bank uang akan berkembang lambat belum lagi ada potongan biaya administrasi tiap bulannya.  

Kalau pun mendapat kelebihan dari bank berupa bunga bank untuk bank konvensonal dan bagi hasil untuk bank syariah, butuh waktu yang lama untuk menjadikan uang yang kita miliki bertumbuh. Bank hanya memberikan bunga kecil kepada nasabah yang kadang tidak sepadan dengan tingginya inflasi yang membuat daya beli uang yang kita miliki terus menurun.

Belum lagi kalau berbicara time value of money dimana nilai mata uang saat ini berbeda dengan nilai mata uang yang akan datang.  Inflasi atau kenaikan biaya yang tinggi membuat nilai uang kita terus menerus tergerus sehingga daya belinya menjadi semakin kecil.

Berbeda dengan tabungan investasi akan memberi banyak manfaat  karena dengan investasi kita bisa mengatur uang dan meningkatkannya secara lebih singkat dan memberikan keuntungan jangka panjang.  Investasi harus dilakukan sedini mungkin karena dengan berinvestasi kita bisa melindungi nilai aset dari inflasi.

Banyak manfaat dari investasi semakin dini kita berinvestasi maka kita akan semakin siap dalam menghadapi tantangan dan risiko yang mungkin akan muncul di masa yang akan datang.  Investasi membantu kebutuhan di masa yang akan datang seperti untuk pendidikan anak, kesehatan, pernikahan dan lainnya.


Dengan investasi juga kita akan memiliki kebebasan finansial. Sebuah kondisi dimana keadaan keuangan kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.  Dengan berinvestasi juga kita bisa lebih siap menghadapi masa pensiun.  Masa tua kita lebih berkualitas terutama dalam hal finansial.

Sebagaimana disebutkan di atas tentang konsep nilai uang berdasarkan waktu atau time value of money bila di masa pensiun kita ingin memiliki gaya hidup yang sama seperti masa kini bisa lihat di ilustrasi perhitungan investasi di atas.  

Bila kita ingin memiliki uang Rp6,3 milyar di 21 tahun yang akan datang maka uang yang harus kita tabungkan per bulan selama 21 tahun itu berbeda-beda tergantung nilai return yang diberikan. Menyimpan di pasar uang atau deposito kita harus menabung 18 juta per bulan, sementara di obligasi hanya 11 juta, bahkan di saham cukup dua jutaan saja.  

Semakin tinggi return, resiko memang semakin besar dan pilihan menyimpan harus berdasarkan kesiapan kita menanggung resiko dari investasi baik lahir maupun batin.  Lalu bagaimana memilih investasi yang sesuai dengan keadaan diri kita?

Poin penting memilih investasi tentu kita harus mengetahui profil resiko sebuah investasi.  Setelah mengetahui resikonya kita harus mengenali tipe kita dalam berinvestasi.  Apakah kita ini tipe yang
konservatif yang cenderung bermain aman, moderat yang siap menghadi resiko rugi dalam jumlah yang masih bisa ditolelir atau tipe agresif yang siap menerima kerugian berapa pun.

Dari situ kita bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan diri kita.  Pilihlah tempat berinvestasi yang aman, terdaftar dan yang penting diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disingkat OJK.  Dengan diawasi oleh OJK ini maka kita akan lebih terlindungi dari penipuan berkedok investasi.  

Hal ini dikarenakan OJK sebagai lembaga keuangan telah menetapkan syarat-syarat khusus bagi perusahaan investasi yang mendaftar. Jadi legalitasnya terjamin sehingga investor mendapatkan haknya dengan baik.


Cerdas Berinvestasi Bersama InvestasiKu

Salah satu platform investasi yang sudah terdaftar di OJK itu adalah aplikasi InvestasiKu.  Dibandingkan dengan platform investasi yang lain aplikasi InvestasiKu ini memiliki beberapa kelebihan. Beberapa dari kelebihan itu antara lain adalah:  

  • Sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Membership Single key to unclock CT Corp Ecosystem
Dengan memiliki membership ini kita akan mendapatkan beragam benefit dan peluang untuk berkolaborasi dengan ekosistem CT Corp. PT CT Corpora ini singkatan dari Chairul Tanjung Corpora dulu bernama PT Para Inti Holdindo yang berdiri sejak tahun 1987.
  • Poin
Sebagai nasabah kita bisa mendapatkan dan menggunakan kembali point dari transaksi untuk semua unit bisnis di bawah CT-Corp
  • Kupon  
Kupon potongan belanja membuat kita hemat berbelanja.  Lumayan banget kan ini kalau kita manfaatkan?  

  • Ada edukasi terkait investasi yang kerap dilakukan InvestasiKu melalui akun sosial medianya yaitu di instagram dan youtube InvestasiKu. 

Itulah beberapa kelebihan dari aplikasi InvestasiKu.  Di InvestasiKu ini ternyata kita bisa banyak belajar tentang investasi melalui webinar-webinar yang kerap dilakukan oleh InvestasiKu.  Di InvestasiKu kita akan lebih mudah memilih investasi karena di sini sudah ada manajer investasi yang bagus akreditasinya dan juga terpercaya.  


Dengan belajar banyak tentang investasi ini maka pengetahuan kita tentang berinvestasi akan semakin terasah.  Ini tentu bermanfaat bagi kita untuk terus meningkatkan uang yang kita investasikan.  Setelah banyak belajar nanti kita akan tahu investasi mana yang lebih menguntungkan.  

Untuk menggunakan aplikasi ini kita tinggal mengunduhnya saja.  Setelah kita unduh lengkapi data diri kita hingga selesai dan Rekening Dana Nasabah (RDN) pun terbentuk.  Selesai nih kita bisa langsung melakukan transaksi ya... eh tapi sebelum bertransaksi atau memilih produk investasi yang kita inginkan terlebih dahulu kita harus melakukan top up dulu ya teman-teman.... :) 

Setelah terbentuk RDN, nanti di bagian Profil kita bisa melihat semua riwayat transaksi yang pernah terjadi.  Aplikasi ini ternyata user friendly, simpel dan mudah menggunakannya.  Proses registrasi dan transaksinya tidak pakai ribet, tampilannya simpel, transaksinya pun mudah dan cepat.  

Buat teman-teman yang mau mendaftar silakan  gunakan kode referralku ya.  Tinggal klik banner di atas (yang ada tulisan mulai investasi sekarang), selanjutnya teman-teman bisa mendapatkan kode refferal yang bisa disebarkan dan digunakan teman-teman lainnya .  Ada hadiah menarik lho....  

Nah teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Cerdas Berinvestasi Bersama InvestasiKu ini bermanfaat ya.... :D


15 komentar :

  1. Awal yang aku cek untuk investasi terdaftar di OJK atau belum. Kalau sudah insha Allah aman. Belajar investasi juga perlu ilmu masukan dari pakarnya, sempet ikut seminar ada masukan baru yg perlu digarisbawahi bahwa jangan pinjam uang untuk investasi dan jangan gunakan uang bulanan untuk investasi.

    BalasHapus
  2. legalitas itu yang utama yaa mbaa.. walaupun ada beberapa fitur yang belum muncul di investasiku, fitur yang ada sekarang udah lengkap dan jelas banget untuk pemula. jadi lebih gampang kalau mau mulai invest

    BalasHapus
  3. wah ternyata investasiku udah mengantongi legalitas ya mba, mau ah kapan2 cobain kalau ada rejeki lebih :)

    BalasHapus
  4. Kalau udah kena gaya hidup memang jadi tantangan, mbak. Ngikut gaya hidup tinggi padahal di luar kemampuan. Atau tidak bersiap ketika kondisi berbalik. Ya namanya roda hidup kan berputar. Boleh aja jalan-jalan, beli barang branded, asal sisihkan juga untuk investasi dan dana darurat. Jadi memang ada pos-pos keuangannya masing-masing.

    BalasHapus
  5. Jujur aku masih rada takut untuk investasi. Soalnya banyak kejadian yg hilang karena ternyata ilegal.

    Memang paling penting untuk investasi ke tempat yg sudah dibawah naungan OJK, jadi terjamin keamanannya.

    Aplikasi investasiku ini sangat menarik juga, ya. Uda gitu sangat mudah digunakan juga untuk pemula kaya aku ��

    BalasHapus
  6. Aku percaya dengan investasi, belajar dari orang tua yang menanamkan untuk hidup menyisihkan dana buat invest dan kelak bisa digunakan. Apalagi jaman sekarang banyak banget flatform aplikasi yang memudahkan untuk berinvest dan tentunya pilah2 ya teh, terutama terdaftar di OJK.
    Nah, Investasiku bisa jadi pilihan untuk berinvess dijaman now,agar bisa mengelola keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  7. Kalo unta investasi yang sudah terdaftar di OJK sudah memiliki kenyamanan tersendiri ya mba, ak jadi lebih tahu nih gaima a mengatur keuangan

    BalasHapus
  8. Investasiku ini memang rekomen banget buat yang baru mau mulai investasi saham karena banyak video edukasinya dan kita juga dikasih rekomendasi terus saham-saham apa yang oke

    BalasHapus
  9. Pencatatan yang teliti diikuti dengan instrumen investasi yang sesuai membuat kondisi keuangan semoga menjadi lebih baik dan lebih terencana untuk masa depan.

    BalasHapus
  10. Asik ya mba kalau sudah terdaftar di OJK dan ini tandanya aplikasi ini aman juga untuk digunakan. JAdi semangat untuk berinvestasi

    BalasHapus
  11. PUnya uang banyak tapi lupa tidak diinvestasikan, waduuhh perih ya mba. Mendingan nyobain Investasiku nih jika menganggap diri kita masih pemula. Bisa belajar dari fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Investasiku ini.

    BalasHapus
  12. Investasiku menarik juga yaa, apalagi sudah terdaftar di OJK pasti terpercaya!

    BalasHapus
  13. harus ikutan juga nih invest di investasiku, apalagi udah terjamin aman ya karena udah terdaftar di OJK..

    BalasHapus
  14. Sekarang gak boleh asal investasi yah Kak mengingat ada oknum yang melakukannya penipuan, sebagai pemula recommended nih menggunakan aplikasi InvestasiKu

    BalasHapus
  15. Yang penting sudah terdaftar di OJK dan ini berarti sudah tervalidasi aman. Makanya, aku pun jadi pengen daftar aplikasi Investasiku buat bantuin aku bisa cerdas berinvestasi.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^