**/ Cerita Ida : 11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

16 Okt 2016

11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula

11 Kesalahan SEO

11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula. Bagi seorang bloger ilmu SEO adalah sebuah ilmu yang penting dipelajari bila ingin serius menekuni dunia bloging  Tidak mutlak harus, bagi bloger yang hanya menjadikan blognya sebagai sebuah alat mengungkapkan apa yang dipikirkan, dirasakan atau pun yang lainnya, tanpa ada niat mengambil benefit materi dari sebuah blog sih SEO tak perlu lah dipelajari.  Lain lagi bagi bloger yang ingin memonotize blognya, sepertinya SEO adalah ilmu yang mutlak harus dimiliki.  Minimal ilmu-ilmu dasar SEO haruslah dipahami.

Sayangnya banyak bloger yang setelah belajar SEO tetap melakukan kesalahan-kesalahan di dalam prakteknya.  Kesalahan apa sajakah itu? Berikut saya tulisan 11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula


1.  Konten Blog yang Kurang Berkualitas

Content is King memang sepertinya di sini berlaku ya, tanpa ilmu SEO yang mumpuni pun kalau seorang bloger memiliki kemampuan menulis dengan ide-ide nya yang keren serta out of the box, unik, banyak dicari orang tentu blognya akan tetap ramai dikunjungi dengan hanya mengandalkan share di media sosial misalnya.

Mencari atau mendapatkan ide-ide yang menarik ini memang membutuhkan kreativitas serta jam terbang yang sudah lumayan tinggi, karena dengan jam terbang tinggi seorang bloger akan lebih memahami dunia bloging ini dengan hafal di tiap sudutnya.

Baca Juga :  Broken Link dan Pengaruhnya pada SEO

2.  Tidak Mempelajari SEO dari  Dasar

Alih-alih memahami cara kerja mesin pencari, bagaimana cara kerja algoritma google, apa itu backlink bahkan apa itu SEO sendiri, atau pun apa itu whitehat SEO atau blackhat SEO,  para pemula sering malah belajar jurus-jurus SEO yang tidak jelas seperti link galau, link dewa mabuk dan sebagainya.

3.  Optimasi yang Tidak Konsisten

Saya pisan ini mah ahahaha.... yang paling susah bagi saya memang konsisten.  Padahal orang kalau ingin sukses harus bisa konsisten kan?  Konsisten dalam mengoptimasi blog atau situs kita memang perlu agar hasilnya bisa terlihat. Apa pun itu jalan menuju kesuksesannya salah satunya adalah konsistensi di dalam melakukannya.

4.  Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Banyak bloger termasuk saya pastinya, yang malas melakukan riset kata kunci.  Yang penting mah nulis we dari hati.  Iya sih emang ribet, tapi bagi yang ingin memiliki trafik yang bagus riset kata kunci memang penting ya, jangan sampai sudah nulis yang bagus dan panjang kali lebar alias komplit, eh ternyata jarang orang mencari tema tersebut, alhasil tetap sepi pengunjung. Kecuali mungkin untuk bloger yang sudah punya nama dan jadi rujukan tanpa riset pun tulisannya tetap jadi tempat blog walking.

5. Mengabaikan Kata Kunci Dalam URL

Ini juga sering terlewat, padahal menyimpan kata kunci dalam url itu penting ya agar tulisan kita lebih mudah lagi dicari.  Kata kunci dalam Url itu ternyata sangat penting bagi mesin pencari seperti Yahoo, Bing dan tentu saja Google.  Mesin pencari ini sangat mengutamakan kata kunci dalam url ketika melakukan pencariannya.

Baca juga : 7 Tips SEO Sederhana dan Efektif untuk Bloger

6.  Tidak Mengutamakan Judul dan Meta Deskripsi

Para pemula seringnya berpikir bagaimana tulisannya ada di halaman pertama mesin pencari.  Sementara mereka abai terhadap judul dan meta deskripsinya, padahal percuma saja berada di halaman pertama kalau tidak mengundang orang untuk mengkliknya.

Optimalkan judul dan meta deskripsi blog kita dengan kata-kata atau kalimat yang menarik pembaca untuk mengkliknya.

7.  Tidak Menggunakan Internal Lingking

Banyak juga yang malas melakukan ini, padahal internal linking ini sangat berpotensi untuk membuat pageview yang lebih banyak dan menurunkan bounce rate blog kita.  Dengan ada internal lingking akan mengundang pengunjung untuk membuka-buka halaman lain di blog kita.  Oya saya sudah pernah menulis tentang bagaimana menurunkan bounce rate blog kita di sini ya :)

8.  Backlink Spamming

Ini juga penting, karena banyak dari kita mementingkan kuantitas dalam membangun backlink.  Kuantitas memang penting tetapi kalau backlinknya dari situs-situs yang tidak berkualitas ini akan menurunkan rating blog kita.  Jadi kita harus tahu situs mana saja yang berkualitas baik.

Baca juga : 6 Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari

9.  Kurangnya Kata Kunci dalan Konten

Menyimpan kata kunci yang baik adalah di dalam judul, kemudian di paragrag pertama tulisan kita.  Akhir-akhir ini saya sudah mulai care dengan SEO ini menambahnya di h2 dan paragraf terakhir.  Kerapatan atau kepadatan kata kunci dalam tulisan kita tergantung di banyaknya atau panjangnya tulisan kita.  Bagusnya sih 5-7% kata kunci, tapi ada juga yang beranggapan jangan terlalu memikirkan prosentase kalau itu malah mengganggu fokus kita pada kualitas tulisan.

10.  Kurang Memperhatikan Loading Blog.

Sekarang saya sering melihat blog teman-teman bloger yang simple dan ringan sehingga mudah mengaksesnya.  Hal ini baik karena ternyata salah satu pertimbangan Google itu menempatkan web-web di tempat teratas adalah loading web yang cepat.

11.  Tidak Menggunakan Desain Mobile Friendly

Ternyata dengan banyaknya pengguna smartphone yang berjumlah sekitar 3 milyar di muka bumi ini, google sangat memperhatikan web atau blog yang menggunakan desain mobile friendly.  Web-web yang ditempatkan di urutan atas selalu menggunakan desain mobile friendly.

Saya dulu tidak menggunakan desain mobile ini karena saya pikir tampilan web kita tidak terlihat utuh, tetapi ternyata membuka blog kita dengan desain web itu cukup berat.

Itulah 11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula, mudah-mudahan bermanfaat bagi saya terutama yang jarang bisa untuk konsisten ini..hihi... Bagi teman-teman yang memerlukan dan ternyata ini bermanfaat saya bersyukur sekali karena bisa memberi manfaat.  Bagi para mastah bloger please jangan buly daku ya... da saya mah apa atuh hanya ingin berbagi saja.. ahahaha..... Jadi saya menulis ini hanya untuk yang memerlukan saja.Terima kasih ... :)


31 komentar :

  1. Saya banget nih teh suka pusing duluan denget kata SEO...lieurr
    Jadilah ngeblog seadanya SEO sederhana aja sy gak konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama siih sebenarnya, makanya saya sering nulis tentang SEO biar inget harus dipraktekin hehe..

      Hapus
  2. Saya termasuk yang malas riset kata kunci.
    SEO onpage dan SEO offpage memang perlu jika ingin blognya bagus di SERP.
    Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pakde...iya ini mah buat pengingat aja, kalau lagi nulis yang nyante jadi suka dipraktekin akhirnya :D

      Hapus
  3. Aku harus bookmark ini deh! Soalnya masih gak ngeh banget sama SEO. Nanti kalo udah siap mencerna banyak, bakal aku ubek2 semua tulisannya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha... emang SEO mah harus lagi nyantai mba... :)

      Hapus
  4. Wah, saya termasuk yang jarang memperhatikan SEO, saat ini baru belajar menulis doang... habis bingung mau riset kata kunci nya gimana mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas sudah ada link nya mbak, sudah sy tambahkan saya pernah nulis itu :)

      Hapus
  5. Kata kunci di H2 itu maksudnya di bagian mana? Ada contohnya? Thank you tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ubek ubek blog itu mah soalnya saya juga jarang praktekin *tutupmukapakeember hehe... maksudnya sub judul tapi :)

      Hapus
  6. H2 itu maksudnya sub judul bukan yah? Kadang aku inget, kadang lupa juga masukin keyword di H2 nya. Suka grogi kalo nulis mikirin keyword mau diletakin di mana. Hehehehe :D.

    BalasHapus
  7. Makasi buuuu... saya newbie banget ini... siap praktik, makasi :)sekali lagi yaaaa

    BalasHapus
  8. Waaaah, PR banget ini Mbak. Aku juga masih males2an bikin internal linking. Tengkyu sharingnya Mbak :)

    BalasHapus
  9. Oh iya tambahan Mbak. Untuk pengguna Blogspot atau Wordpress, mereka diuntungkan karena kalau Blogspot punyanya Google sehingga dapat posisi yang lumayan di search enginenya Google dan kalau Wordpress, dia melakukan ping otomatis secara pintar yang mesinnya itu bernama pingomatic.

    Kalau Medium sepertinya kurang bagus untuk SEO. Tumblr mungkin lumayan.

    BalasHapus
  10. belajar belajar....terima kasih ilmunya mba...

    BalasHapus
  11. saya banget ini -__-
    nggak ngerti SEO dasar, nggak ngerti riset kata kunci, apalagi tu meta -_-
    *Butuh guru*

    BalasHapus
  12. Sip banget nih infonya.
    Merasa tertampar... hehehe karena kemalesan2 di atas.

    BalasHapus
  13. Langsung pusing saya mikirin SEO, Mbak. Sepertinya saya harus mulai belajar. :)

    BalasHapus
  14. aaahhhh aq banget ini semuaaa, seo nya gak bgt hiks hiks

    BalasHapus
  15. kadang emang repot yaa seo tuu,, tpi klo gak pake ilmu seo blog nya sepii gak ada yg berkunjung.. kwkwk

    BalasHapus
  16. Thankyou, Mak. Kemarin aku belajar juga dari tulisan Mak Ida tentang backlink.

    BalasHapus
  17. Saya banget ini, hihih saya buta sama SEO ga ngerti. Makasih yaaa teh Ida perlahan jadi mulai ngerti nih

    BalasHapus
  18. Seo oh seo. Gak pernah habis ya ilmunya. Kudu belajaaaar terus...

    BalasHapus
  19. sepertinya saya hampir melakukan semuanya deh Mba, huhuhu belum ngerti SEO-SEOan saya :(

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Saya udah 7 tahun menulis blog dan selama ini saya mengabaikan semua yg kamu tulis di atas, hahaha. Hanya nulis, nulis, dan nulis, sesuai isi hati. Sekarang baru mulai belajar soal SEO hehehe. Telat ya?

    BalasHapus
  22. akuu engak tauu nih, blogku desainnya mobile friendly engak :(
    cara taunya gmn teh ? ehhe

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^