blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

21 Jun 2019

Bahaya Alergi pada Anak Bila Tidak Tertangani dengan Baik


Bahaya Alergi pada Anak Bila Tidak Tertangani dengan Baik

"Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki" (QS Asy Syura (42); 49)

Anak, Karunia Terbaik dan Anugrah Terindah dari Allah SWT


Anak adalah karunia terbaik dan anugerah yang terindah yang tidak semua orang mendapatkannya.  Oleh karena itu bagi kita yang dianugrahi anak wajib senantiasa mensyukurinya. Bersyukur dengan cara menjaga agar anak-anak bisa tumbuh kembang dengan opimal baik dari fisik maupun secara psikis atau mentalnya.

Aih kenapa Cerita Ida tiba-tiba menulis tentang hakikat anak ya.. hehe....  Ceritanya saya sedang sedikit galau karena saalah seorang anak sedang sakit.   Anak ini memang agak cukup sering sakitnya, dulu tubuhnya pun sering alergi terhadap makanan seperti udang.  Alhamdulillah sih sekarang sudah tidak lagi.


Anak dengan Alergi Susu Sapi


Kalau dilihat dari masa kecilnya dulu, saat bayi anakku ini kulit wajahnya pernah sempat dipenuhi dengan ruam-ruam kemerahan.  Saat mertua datang menengok beliau menyuruh saya pergi ke dokter untuk memeriksakannya.  Saya hanya mengiyakan tanpa pergi ke dokter, saya pikir itu hanya ruam-ruam kulit biasa karena keringat. Dan memang lama kelamaan sembuh juga, wajahnya kembali bersih seperti semula.

Setelah anakku beranjak besar, dan ternyata ia sempat mengalami alergi terhadap udang, saya jadi menebak-nebak kalau dia waktu bayi mengalami alergi terhadap susu sapi. Kakak atau adiknya yang lain tidak ada yang menderita alergi seperti anakku yang satu ini.  Memang dia satu-satunya anak yang mendapat susu formula sejak bayi.  Waktu itu ASI saya memang sedikit, sementara semangat makan anakku begitu lahap, akhirnya saya menambahkan susu formula di waktu-waktu tertentu.

Akibat Alergi yang Tidak Tertangani dengan Baik 


Ketika saat masih kecil seorang anak yang mengalami alergi tidak tertangani dengan baik maka alerginya bisa berkembang pada bentuk alergi lain ketika beranjak besar atau dewasa.  Bisa jadi alergi terhadap ikan, telur, udang hingga pada udara.  Selain itu jika anak alergi saat bayi dan tidak mendapatkan penanganan semestinya maka quality of life anak akan terganggu.  Untuk kasus yang lama ia bisa tidak tumbuh dengan baik karena penyerapan nutrisi tidak optimal.

Ciri Anak yang Mengalami Alergi


Beruntungnya anakku sepertinya hanya alergi ringan saja, hingga hanya menimbulkan ruam-ruam merah di wajah.  Kalau yang serius alerginya tidak hanya ruam-ruam di kulit saja, tapi bisa terjadi gangguan saluran cerna seperti diare, konstipasi sampai buang air besar berdarah.  Untuk kasus yang lebih berat anak akan terkena gangguan saluran napas seperti napas berbunyi, asma serta batuk. Ciri yang mudah dikenali yaitu gatal, iritasi atau ruam pada kulit hingga muntah.

Kalau ingat masa kecilnya saya suka merasa berdosa, reuwas kareureuhnakeun kalau dalam bahasa sundanya.  Semacam rasa kaget setelah terjadi, begitulah artinya hehe... Untungnya anakku sepertinya alergi ringan saja, tapi dampaknya sudah begitu terlihat saat ia beranjak dewasa. Kebayang kalau saat itu dia mengalami alergi yang berat dan saya biarkan mungkin akan berakibat lebih fatal, pertumbuhannya akan terganggu.  Masih harus bersyukur.... Alhamdulillah.

Pengalaman ini bisa jadi sebuah pengalaman yang berharga buat para mahmud alias mamah muda yang memiliki anak dengan gejala yang serupa.  Agar bisa bertindak cepat bila anak mengalami alergi susu sapi saat bayi dengan ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu gatal, iritasi atau ruam pada kulit hingga mungkin si anak akan muntah-muntah.

Padahal sebenarnya untuk anak yang alergi susu sapi solusinya mudah saja, para ibu yang memiliki anak alergi susu sapi bisa memberikan susu lain seperti susu soya agar asupan nutrisi si anak tetap terjaga.  Sayangnya terkadang kita tidak sadar anak kita mengalami alergi terhadap susu sapi.



Morinaga Mendukung program World Allergi Week Setiap Tahunnya


Permasalahan tentang anak dengan alergi yang berdampak saat beranjak besar ini menghantarkan saya pada pengetahuan tentang program World Allergy Week yang selalu didukung oleh Morinaga setiap tahunnya. Di tahun 2019 dukungan Morinaga berupa komitmen untuk mendukung penuh si Kecil dari segala aspek kehidupannya.

World Allergy Week merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang tahun 2019 ini diselenggarakan pada tanggal 7-13 April 2019 dengan mengusung tema The Global Problem of Food Allergy.  Alergi anak masih menjadi masalah kesehatan yang umum ditemui dan bisa menghambat tumbuh kembang anak. World Allergy Organization (WAO) menyatakan tema World Allergy Week tahun ini berangkat dari fakta bahwa masalah alergi telah menjadi masalah global.

Kondisi alergi terkait makanan, bisa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Terkait dengan ini oleh karena itu semua alergi adalah topik yang perlu diedukasikan secara rutin untuk orang tua agar mereka memahami pada dasarnya alergi dapat diatasi dan para orang tua bisa mencegah anak mewarisi bakat alerginya.

Dalam rangka mendukung penuh Si Kecil yang alergi, tahun ini Morinaga Allergy Week mempersembahkan program #BekalPrestasi.  Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals mengungkapkan bahwa program ini terdiri dari:


  • Edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alergi di berbagai kota besar di Indonesia
  • Kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER
  • Penyediaan asuransi pendidikan anak Astra Life senilai @ Rp 500 juta untuk 5 orang
  • Penyediaan asuransi jiwa untuk orang tua senilai total 1 Milyar untuk 2000 orang
  • Inovasi berupa varian terbaru dari Child Kid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan nutrisi Si Kecil.



Dukungan penuh dari Morinaga dalam program #BekalPrestasi ini diharapkan bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualiltas terbaik dirinya.

Tentang Morinaga Soya Moricare Prediges


Morinaga Child Kid Soya Moricare Prediges adalah susu pertumbuhan dengan Isolate Protein Kedelai (sumber protein) berkualitas tinggi yang khusus diformulasikan untuk bayi usia 1-3 tahun.  Susu ini setara susu sapi (ditambahkan L -metionin dan karnitin) untuk anak yang mengalami alergi susu sapi / Intoleransi Lactosa/ menderita Galaktosemia dengan Formula Moricare + Prodiges.  Susu dengan sinergi gabungan nutrisi tepat dari Faktor Kecerdasan Multi talenta, Faktor Pertahanan Tubuh Ganda dan Faktor Tumbuh Kembang optimal agar tumbuh sehat dan cerdas.


Keunggulan Morinaga Soya Prediges 


* Brain Care - Faktor Kecerdasan Multi talenta:


  • Mengandung Asam Linoleat (AL), Alfa Asam Linolenat (AAL) sebagai bahan untuk pembentukan AA & DHA
  • DHA, AA untuk meneruskan rangsangan antar sel syaraf sehingga mempercepat daya tangkap saat proses belajar
  • Kolin yang berguna untuk memperkuat penyimpanan daya ingat di otak saat berpikir, berbicara, gerakan sadar maupun rangsang sensorik sehingga anak menjadi lebih cerdas,
  • Zat Besi yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar anak, terutama dalam menyimak pelajaran.

* Body Defense - Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yaitu;


Pertahanan di Seluruh Tubuh :
Nucleotida yang bermanfaat untuk meningkatkan antibodi tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi sehingga tidak mudah demam, batuk pilek dan lainnya.

Pertahanan di Saluran Cerna
- Prebiotik (FOS) yaitu makanan untuk pertumbuhan bakteri baik sehingga pencernaan menjadi sehat, tidak mudah diare dan sembelit

- Prebiotik (Bifidobacterium BB 536& M-16V) yaitu bakteri baik yang terdapat di saluran cerna dan menekan bakteri jahat sehingga nutrisi terserap lebih baik dan nafsu makan meningkat.  

* Body Growth - Faktor Tumbuh Kembang Optimal yaitu ;


Tumbuh artinya sel organ tubuh bertambah sesuai dengan usianya.  Kembang artinya peningkatan fungsi dari seluruh sel organ tubuh.  Penambahan Premix (campuran) Vitamin dan Mineral yang lebih berkualitas dalam susu anak akan lebih mudah diserap tubuh untuk membantu tumbuh kembang yang optimal terutama pada anak dengan alergi susu sapi.

Sudah Halal MUI


Alhamdulillah para orang tua muslim tidak perlu khawatir karena ternyata Morinaga Chil Kid Soya Prediges ini sudah mendapatkan label halal dari MUI. Jadi bisa memberikan kepada anak-anak tercintanya dengan perasaan tenang dan nyaman.

Cek Alergi Online Melalui Website Morinaga


Nah ada yang menarik nih, kini telah hadir website www.cekalergi.com, dengan fitur yang sangat informatif.  Kita bisa konsultasi dengan dokter melalui fitur live chat nya.  Ada juga cek alergi, menu masakan bebas alergi serta berbagai informasi penting yang sangat bermanfaat untuk orang tua yang memiliki anak dengan penderita alergi.  Semoga dengan hadirnya fitur ini dapat membantu masyarakat luas untuk bisa lebih teredukasi mengenai soal alergi pada anak ini.

Untuk informasi lainnya bisa juga cek media sosialnya yaitu:

Facebook : Morinaga, Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum
Twitter  : @ MorinagaID
Youtube : MorinagaPlatinum

Semoga tulisan Bahaya Alergi pada Anak Bila Tidak Tertangani dengan Baik bermanfaat untuk teman-teman pembaca Cerita Ida yang membutuhkan tentang alergi pada anak ini.


64 komentar :

  1. Wah bahasannya alergi juga nih. Aku malah alergi 54 jenis dari 60 alergen yg diteskan mbak, hehehe. Aku share pengalaman terapi alergi juga di blog. Silakan main ke www.tikacerita.com yaa..

    Semoga alergi si buah hati segera teratasi ya mbak

    BalasHapus
  2. Teh Ida, kala lajang saya sudah baca perihal alergi susu sapi pada bayi. Jadinya sempat waswas juga kala harus ngasi susu formula sebagai tambahan karena ASI saya kurang subur. Syukurnya Palung tidak alami alergi susu sapi. Pernah juga ruam kemerahan karena kaligata tapi bisa ditangani. Yah, kalau bayi atau anak sakit sesuatu memang harus segera ditangani. Jangan remehkan bahwa itu hal ringan, bisa bikin reuwas dan sedih nantinya. Bilih kaduhung (bisa menyesal).
    Senang Morinaga peduli alergi dengan mengeluarkan produk susu soya. Ya, dari dulu susu kedelai memang baik untuk menggantikan susu sapi bagi yang alergi. 'Kan sedih kalau bayi atau anak lagi lahapnya minum susu tetapi terganggu alergi. Adanya Morinaga Soya bisa menolong anak dan orang tua agar bisa tenang.

    BalasHapus
  3. Anak saya nih alergi, tapi gak parah-parah banget sih.
    Boleh juga nih cobain Morinaga, apalagi udah ada label halal MUI nya.
    Keren ah ini :)

    btw , salut deh ama program World Allergi Week dari Morinaga ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya akhirnya lebih tahan alergi setelah usia 6 tahun, sebelum usia tersebut, bolak balik sakit mulu.
      Alergi emang kadang terlihat sepele, tapi jadi momok menakutkan buat para ibu dan memang akibatnya bisa parah ya :)

      Hapus
    2. Alergi pada masa 6 tahun pertama kehidupan anak itu cukup menyulitkan karena memang anak jadi bolak-balik sakit. Padahal masa 6 tahun ini masa kritis untuk menentukan masa depan dia kelak. Lebih baik diberi penekan alergi supaya dia bisa bertumbuh kembang dengan baik tanpa terganggu oleh alerginya.

      Hapus
  4. Waktu usia 2 sampai 3,5 tahun, putra saya Fahmi juga konsumsi Morinaga
    Saya khawatir dia ad alergi karena badannya selalu ruam dan merah. Tetapi Alhamdulillah ternyata tidak. Morinaga memang cocok dengan banyak anak

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya saya jadi paham,.

    BalasHapus
  6. Bagus nih ada fasilitas mengenali alergi, ya. Alergi pada anak memang harus ditangani dengan tepat agar tak mengganggu tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  7. Menarik sekali informasinya mba, bisa buat keponakan2 ku nih morinaga nya hehe ;)

    BalasHapus
  8. Alergi memang tidak boleh dianggap enteng sama sekali mbaa.. karena akibatnya bisa fatal banget

    BalasHapus
  9. Iya ya mbak jangan sepelekan masalah alergi pada anak, sejak dini kita periksakan perubahan-perubahan yang terjadi pada anak seperti kulit ruam kemerahan. Pengalaman adikku gitu juga mbak,anaknya sering merah-merah mukanya sehabis minum susu ternyata alergi susu sapi langsung deh ganti susu.

    BalasHapus
  10. ah aku juga pernah nih mengulas tentang morinaga, tapi bukan yang susu alergi ini xD dan ternyata Morinaga Soya Prediges ini sudah memiliki kandungan DHA dan Zat Besi ya, penting banget buat pertumbuhan anak..

    BalasHapus
  11. Iya Mbak, memang kadang kita nggak ngeh ya kalau anak alergi. Padahal ada kalanya alergi bisa fatal kalau yang kena pernapasan. :) Saya sekeluarga (dari ibu) ada alergi. Jadi concern masalah ini, karena potensi menurun ke anak. Tapi semoga putra putri kita sehat selalu ya Mbak....

    BalasHapus
  12. Cocok niih...buat yang anaknya alergi ataupun engga...bisa konsumsi Chilkid Soya.
    Rasa madunya yang pasti disukai anak-anak.

    BalasHapus
  13. Ternyata penanganan alergi pada bayi sangat penting agar tidak berdampak negatif saat anak remaja ya mba.. syukur ada Morinaga soya sbg susu alternatif bagi anak yg alergi susu sapi

    BalasHapus
  14. ALergi pada anak yang ga ditangani bisa menghambat pertumbuhannya juga ya mbak. Anakku dulu terdeteksi alergi juga trus setelah pengobatan Allhamdulillah sudah ketemu pemicunya dan bukan alergi susu sapi

    BalasHapus
  15. Yups jangan sepelekan alergi pada anak kalau tidak ditangani bisa bahaya banget.

    BalasHapus
  16. Anak temenku alergi susu sapi sampe sempet bingung mesti gimana caranya terus waktu itu aku tahu produk soya dari Morinaga ini teh alhamdulilah cocok sampe sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakakku juga alergi udang teh pasti muka dan badannya langsung kemerahan kayak bentol2 gitu memang kalau anak kecil tidak tertangani alerginya bisa alergi sampe besar ya teh

      Hapus
  17. Alhamdulillah sudah ada susu yang pas buat anak yang alergi susu ya, Mbak.
    Soalnya kasihan juga. minum susu, tapi tidak bisa diserap oleh tubuhnya. Kalau pun bisa hilang dengan sendirinya, butuh waktu lama. Kini tak ada kendala bagi anak yang alergi susu.

    BalasHapus
  18. Alergi harus dicari penyebabnya dan solusinya sampai tuntas. Apalagi anak pada masa pertumbuhan dan di usia sekolah. Sebaiknya ditangani dengan baik dan supaya asupan nutrisinya tepat,s ebaiknya menggunakan produk yang benar-benar menangani anak alergi ya Mbak

    BalasHapus
  19. anak saya juga pernah alergi susu sapi tapi waktu usia 8 bulan rasanya hilang kata dokter memang alergi susu sapi sebenarnya bisa hilang seiring usia tapi antara satu anak dengan anak lain beda beda yaa

    BalasHapus
  20. Banyak kasus yang sampai membahayakan jiwa akibat alergi lho makanya gejala sekecil apa pun mesti segera ditangani. Aku jadi ingat masa kecil anakku yang juga berkutat dengan alergi, sampai merah-merah itu wajah dan seluruh badan. Dan khusus untuk alergi susu sapi, ya memang bagusnya minum susu yang berbahan soya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu susu berbahan soya ya Chilkid soya ini ya. Jangan sampai hanya gara-gara alergi anak jadi tak bisa minum susu, padahal susu kan penting bagi kecukupan nutrisi tumbuh kembang anak

      Hapus
  21. Kalau ortunya alergi, maka anaknya waspada ya. Alhamdulillah, sekarang udah ada susu yg khusus gini, gimana dulu tuh yaaa.

    BalasHapus
  22. Harus peka ya para orang tua, jika anak ada yang alergi susu sapi. Terobosan Morinaga menjadi solusi para orang tua ya :)

    BalasHapus
  23. Mengkhawatiekan juga ya efek alergi yang taktertangani. Semoga anak-anak kita smeua sehat ya Mom.

    BalasHapus
  24. Anak-anak yang perlu tambahan susu formula dalam pertumbuhannya karena ASI ibu yang kurang mencukupi, tetapi alergi terhadap susu sapi, sangat terbantu oleh kehadiran Morinaga Soya ini ya, mba.

    Nutrisi anak jadi terpenuhi untuk tumbuh kembangnya, dan ga ada keraguan di hati para ibu karena sudah sertifikasi MUI.

    BalasHapus
  25. Aku barusan cek alergi anakku, Mbak, ternyata 40-60% anakku bisa terkena alergi yang sama denganku atau abinya.

    Untuk saat ini yang sering aku keluhkan berkaitan dengannya adalah alergi udara. Insyaallah, setelah baca ulasan susu formula yang Mbak Ida share, mumpung susu formula di rumah juga mau habis, nanti beli yang Soya.

    BalasHapus
  26. seneng banget karena sekarang sudah banyak susu soya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak dengan alergi susu sapi. Turut merasakan gimana repotnya kalo alerginya sudah kambuh ya mba.

    BalasHapus
  27. kasihan juga ya anak yan peunya keluhan alergi susu sapi, padahal di masa pertumbuhannya mereka butuh susu juga. Untungnya orangtua jaman sekarang bis adengan mudahnya mendapatkan informasi dan cara menanganinya salah satunya pakai Chil Kid Soya.
    Alergi itu turunan ya tapi tidak menular

    BalasHapus
  28. anakku ga mengalami alergi susu sapi sih tapi memang aku juga kudu ikut waspada soalnya aku juga pernah punya riwayat alergi

    BalasHapus
  29. Begitu ya ternyata kalau anak kena alergi? Alhamdulillah so far anak-anak saya nggak ada yang pernah kena alergi makanan, tapiiiii ada yang pernah kena alergi tungau. Keinget banget sih itu susah banget harus bolak-balik ke RS demi cari dokter spesialis kulit yang cocok obatnya untuk anak saya, mana waktu itu masih bayi banget, belum ada 6 bulan dan masih ASIX. Di telapak tangan, telapak kaki, sama ketiak muncul bentol-bentol yang berair. Itu guataaaal sekali, kalau meletus, airnya bisa menginfeski bagian kulit yang lain. Sedih rasanya kalau mengingat2 itu lagi. :(

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah sepertinya anda saya tidak ada alergi makanan. Semoga anak Indonesia sehat semua dan pertumbuhan serta perkembangan anak berjalan dengan baik. Amin.

    BalasHapus
  31. Buat yang alergi susu sapi memang harus hati-hati, kebayang kalau sampe kualitas hidupnya ketika besar jadi terganggu ya. Alhamdulillah Morinaga Chil Kid Soya punya solusi .

    BalasHapus
  32. Keren, kita bisa cek alergi di situs Morinaga, jadinya membantu banget bagi yang kebingungan dan butuh memastikan sebelum melakukan penindaklanjutan. Soalnya alergi benar-benar tidak boleh diremehkan da menyangkut masa depan anak sendiri. Kita sebagai orang tua harus waspada.

    BalasHapus
  33. Kalau susu Morinaga Mpo sudah mengenal 27 tahun yang lalu.sepupu Mpo suka minum susu ini.

    Sesuai perkembangan zaman dan kondisi anak maka susu child soya memberikan asupan gizi sehingga anak bisa tumbuh normal

    BalasHapus
  34. Senangnya suda ada solusi yang baik untuk anak alergi susu sapi.
    semoga semakin banyak anak Indonesia yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik, sehingga menjadi bekal prestasi.

    BalasHapus
  35. Ngeri juga alergi kalau tidak ditangani dengan benar. Apa lagi kalau alerginya pada makanan tertentu padahal masa pertumbuhan perlu gizi optimal. Untungnya kalau alergi susu sapi, ada susu penggantinya, ya.

    BalasHapus
  36. Sepakat banget mbak. Makanya anak alergi kudu dapat nutrisi lain yg dia ga alergi ya salah satunya dari soya itu. Anakku juga pada alergian soalnya

    BalasHapus
  37. Alergi pada anak ini memang ngeri. Sulungku dulu kasian banget. Untungnya keburu tahu. Jadinya bisa antisipasi dengan cepat.

    BalasHapus
  38. anak saya Qonita sempat ngalamin alergi susu sapi lho Mba, tapk alhamdulillah saat usia 8 bulan hilang sendiri gitu

    BalasHapus
  39. Dulu si kakak selesai menyusui diberikan susu formula. Karena sudah berumur 3 tahun dianggap aman aja, eh ternyata alergi susu tertentu lalu pindah ke Morinaga dan sampai sekarang enggak pernah alergi lagi. Susu pilihan banget untuk anak saya.

    BalasHapus
  40. Wuih, keren nih morinaga, susu alternatif nih untuj anak anak ku nih..

    BalasHapus
  41. ternyata susu anak bisa bikin alergi juga ya mba Ida
    aku bar tahu ini, ehehehe, dan ternyata Morina buat menyiasati hal itu ya. Waaa keren ya

    BalasHapus
  42. Bersyukur banget sekarang ada alternatif susu untuk anak yang alergi ya
    Ingat dulu sedih banget lihat keponakan agak lambat tumbuh kembangnya karena alergi, jadi makanannya terbatas

    BalasHapus
  43. Morinaga memang konsisten menyediakan asupan tambahan untuk anak dengan alergi susu. Kehadiran susu soya apalagi dengan varian baru ini mmg sangat membantu ibu untuk melengkap bekal prestasi anak. Anak saya pun mengonsumsinya, Mbak.

    BalasHapus
  44. Bener bunda Ida mengenai hakikat anak, menjaga tumbuh kembangnya karena bagian dari amanah yang telah diberikan Allah swt

    BalasHapus
  45. Alergi kalau udah kumat bisa sangat mengganggu. Saya juga punya alergi, udah stress banget deh kalau kambuh. Padahal stress juga malah bikin alergi tambah lama hilangnya Makanya saya cukup waspada deh kalau anak sampai ada alergi.

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah ada solusi anak alergi susu sapi ya mba. Jadi tetap bisa memenuhi kebutuhan susu anak alergi susu sapi.

    BalasHapus
  47. Usia anak rentan terkena alergi sedari bayi. Salah satu yang harus diwaspadai adalah alergi susu sapi, yang jika telat ditangani bisa menghambat tumbuh kembang nya

    BalasHapus
  48. Wah kita sebagai orang tua musti selektif banget yah kak dalam memilih susu untuk anak, jangan sampai alergi. Alhamdulillah terima kasih atas sharingnya yaa kak. Bermanfaat!

    BalasHapus
  49. Aku juga pernah Konsul ke DSA dulu ngomongin masalah ruam anak yang kadang timbul. Bisa jadi kata dokternya alergi susu sapi dan diminta ganti susu. Tapi kulit anakku emang sensitif sekali, sama udara juga alergi. Belum lagi makanan berpenyedap. Langganan deh salep kulit

    BalasHapus
  50. Apapun alerginya, memang harus tertangani dg baik agar tak.mengganggu tumbuh kembang anak ya mba..

    BalasHapus
  51. Alergi ternyata gak bisa dianggap sepele yah Teh, harus beneran diperhatikan secara serius dan dicari penyebabnya.

    BalasHapus
  52. Anakku alergi debu, Mba. Kalo masuk dalam ruangan berdebu, bisa langsung flu dan batuk dia. Selain itu dia juga alergi seafood, kalo makan seafood langsung ruam wajahnya 😥

    BalasHapus
  53. Anakku alergi debu, Mba. Kalo masuk dalam ruangan berdebu, bisa langsung flu dan batuk dia. Selain itu dia juga alergi seafood, kalo makan seafood langsung ruam wajahnya 😥

    BalasHapus
  54. Aku dulu alergi, mba. Tapi skarang udah nggak. Dan syukur anakku ga alergi. Tapi bagaimanapun aku setuju agar alergi nggak buat anak nggak berprestasi

    BalasHapus
  55. Toss Mbak
    Morinaga Chilkid Soya memang solusi untuk anak yang alergi apalagi alergi protein susu sapi

    BalasHapus
  56. Anak saya di usianya yang masih di bawah 1 tahun ini belum pernah minum susu sapi sih jadi gak tahu dia bakal alaregi atau tidak kalau minum sufor. Tapi boleh juga nih program dari Morinaga yang mendukung anak alergi untuk tetap berprestasi

    BalasHapus
  57. Anakku alergi makan seafood Mbak, jadi kalau makan seafood yang kurang segar tuh, muncul bentol bentol meah dan bisa hilang pas sudah minum ctm gitu. Alhamdulillah kalau alergi susu, tidak terdeteksi, karena sampai besarpun anakku masih doyan banget susu

    BalasHapus
  58. Morinaga ini memberikan solusi ya mba bagi ibu2 yang harus tetap membarikan susu kepada anak2nya yang mengalami alergi. Alhamdulillah bisa mengurangi kecenderungan terpapar alergi.

    BalasHapus
  59. sekarang jadi tenang ya karena ada morinaga soalnya kalau udah alergi susu sapi treatment nya susah, susupun ga bisa sembarangan

    BalasHapus
  60. jika alergi cokelat, bagaimana ya Bun? kasian kalo sampai gede gabisa makan hal terlezat di dunia :(

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^