**/ Cerita Ida : Ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

1 Jun 2019

Ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

Ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar   Banyak kaum muslimin yang berburu Lailatul Qadar di bulan Ramadhan ini.  Malam yang lebih baik dari seribu bulan ini konon akan turun di sepuluh hari terakhir pada malam-malam ganjil.  Cara terbaik untuk mendapatkan Lailatul Qodar ini tentu saja, jangan sampai tertinggal untuk mengisi sepuluh malam terakhir dengan ibadah dan amalan yang terbaik.






إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
"Sesungguhnya Kami menurunkan menurunkan Al Qur'an pada Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah malaikat-malaikat Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa)   urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar" (Al Qadar: 1-5)   


Waktu Lailatul  Qadar


Kapan terjadinya Lailatul Qadar?  Pendapat yang paling kuat terjadinya Lailatul Qadar itu pada malam-malam terakhir bulan Ramadhan berdasarkan hadist Aisyah Radhiyallahu'anha berkata Rasulullah SAW beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda:
تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 terakhir bulan Ramadhan  


Ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar


Menurut beberapa pendapat dikatakan bahwa orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, usai Ramadhan akan merasa ingin terus beribadah kepada Allah SWT.  Terus menerus merasa kurang dalam beribadah hingga akan selalu menambah intensitas ibadahnya kepada Allah SWT.  Pada malam itu akan mendapatkan kenikmatan beribadah yang luar biasa, sebuah pengalaman ruhiyah yang akan selalu terkenang dalam hidupnya.


Sementara itu ciri spesifiknya adalah sebagai berikut:


Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan melihat benda dan makhluk di bumi bersujud kepada Allah SWT.


Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan melihat terang benderang walaupun di kegelapan malam.


Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akah mendengar salam dan tutur kata malaikat.


Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan dikabulkan seluruh do'a-do'anya 


Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar tidak disyaratkan melihat apa-apa.  (Ia tidak menyadari mendapatkan Lailatul Qadar namun akan terasa selama 11 bulan berikutnya ia menyadari bahwa do'a - do'anya dikabulkan oleh Allah SWT waktu pengabulannya tergantung kehendakNya.  


Tak perlu khawatir, Allah SWT berjanji dalam QS Al Ankbut ayat 69 yang berbunyi:


"Orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk mencari keridlaan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik".  


Jadi asalkan kita bersungguh-sungguh menggapainya, maka Allah akan memberi petunjuk kepada kita, memberi kita hidayah hingga kita bisa beramal dan beribadah sebaik-baiknya di malam itu.





Amalannya Amalan Para Penghuni Surga


Yang perlu kita ingat bahwa orang yang mendapatkan Lailatul Qadar itu diampuni segala dosa-dosanya sesuai do'anya di malam itu.  Maka orang yang tak memiliki dosa akan masuk ke dalam surga.  Sehingga cirinya bisa kita lihat dari perbuatan sehari-hari nya seperti penghuni surga. 


Diantara amalan penghuni surga itu adalah berkata selalu lemah lembut, berkata hal yang benar, tidak melakukan perbuatan yang sia-sia.  Hatinya bersih jauh dari penyakit-penyakit hati seperti rasa iri dengki, dendam, hasud, sombong, riya, ujub dan lainnya.  Ia juga sangat mudah memaafkan karena kelembutan jiwanya.  Tidurnya hanya sedikit karena mereka itu selalu melakukan sholat tahajud tiap malamnya, saat mendekati fajar dia banyak memohon ampunan kepada Allah SWT.   


Ok teman-teman semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar.  Marilah kita bangun dari mimpi kita, ingin masuk surga tetapi hidup di dunia ini  banyak diisi dengan amalan yang menjauhkan diri kita dari surga.  Hanya bermain dengan permain dunia, capek dan disibukan dengan urusan dunia sampai rela tertinggal dengan ibadah sholat tahajud, shaum sunah, baca al qur'an, dzikir dan ibadah lainnya.

13 komentar :

  1. Introspeksi diri saya mah Teh. Alhamdulillah sudah full puasa di rumah. Ga ikut acara sejenis bukber atau apalah. Da geuning ikut bukber teh banyaknya malah tertinggal solat magrib. Yg wajib saja keteteran apalagi yg sunah. Tidak semua demikian tapi tetap say mah asa rariweuh hehehe

    Astaghfirullah
    Semoga diberi petunjuk Nya sehingga semakin ingin berlomba dalam berbuat kebaikan (taqwa) amin

    BalasHapus
  2. Ya Allah bahagianya orang yang mendapatkan Lailatul Qadar ya mbak, aku jiga menanti-nanti saat itu tiba.

    BalasHapus
  3. Bertahun lalu pernah bertemu malam Lailatul Qadar, langit bersih dengan udara yang sejuk. Sampai merinding,saat itu aku nggak tahu kalo itu malam Lailatul Qadar. Paginya diberitahu sama ustad kalo semalam yang i'tikaf di masjid dan pulang untuk memuiapmen sahur, akan menjumpai malam seribu bulan.

    Masya Allah, aku sampai tak mampu berucap. Dan seakan tahun itu segala rencana berjalan lebih lancar. Impian pun nyaris terwujud semuanya. Hanya 1 yang tertunda, yaitu belum dapat ijin resign dari bos.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah, semoga kita termasuk orng yang mendapatkan Lailatul Qadar ya mbak. Amin....

    BalasHapus
  5. Subhanallah.. semoga kita semua termasuk yang mendapatkan lailatul qadar ya teh.. malam yang memang sangat dinanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia.. semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di sebelas bulan berikutnya..aamiin

    BalasHapus
  6. Malam Lailatul Qadar, waktu yang sangat dicari oleh umat muslim. Namun hanya orang-orang yang terpilih yang bisa merasakannya.
    Semoga kita semua bisa merasakan indahnya malam Lailatul Qadar

    BalasHapus
  7. MasyaAllah T_T Ya Allah, semoga bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan, semoga bisa beribadah dengan maksimal lagi.. Aamiin.. Sungguh beruntung orang-orang yang bisa mendapat lailatul qadar ya..

    BalasHapus
  8. Setip 10 hari terakhir, imam masjid selalu membaca surat yang berkenaan lailatul qadr. Pun isi kultumnya. Semoga kita termasuk menjadi salah satunya ya, Teh

    BalasHapus
  9. Aku jadi teringat almarhum kakek yang konon katanya mendapatkan malam kemuliaan ini, setelahnya beliau bisa menghafal alquran pdhl buta huruf

    BalasHapus
  10. Barakallahu fiik, teteh..
    Iya..teh,
    Lepas Ramadan harus lebih giat beribadah yaa..agar makna Ramadan dan malam Lailatul Qadr nya tetap hidup di hati.

    BalasHapus
  11. Semoga kita semua termasuk yang mendapatkan Lailatul Qadar ya Mba
    Sebab Ramadan tahun depan tak ada jaminan bertemu lagi

    BalasHapus
  12. Ya Allah senangnya kalau doa bisa dikabulkan semua gtu... Entah kapan ya bisa berhasil dapat Lailatul Qadr....
    Semoga kita tahun depan bisa ketemu Ramadan lagi ya mbak aamiin

    BalasHapus
  13. Semoga kita mendapat segala berkah dari Allah SWT di malam Lailatul Qadar yang lalu

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^