**/ Cerita Ida : 5 Hal Luar Biasa yang Akan Didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Jun 2019

5 Hal Luar Biasa yang Akan Didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya




5 Hal Luar Biasa yang Akan Didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya
Hai Orang-Orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu "Berilah kelapangan didalam majelis-majelis" maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.  Dan apabila dikatakan, "Berdirilah niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.  Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.
QS: Mujadalah ayat 11

Seperti semangatnya kita menyambut puasa maka, setiap orang merasa dirinya beriman harus semangat juga untuk hadir di majelis ilmu.  Ayat ini spesifik secara khusus menyapa orang-orang yang beriman, jadi orang yang ada iman dalam dirinya harus menyambut dan melaksanakan ayat ini.


Ayat tersebut menggambarkan betapa pentingnya kita berada atau hadir di majelis-majelis ilmu karena akan meningkatkan keimanan kita.  Pentingnya kita hadir di majelis taklim  pun tersirat dalam pembukaan ayat tersebut di atas yang dibuka dengan kalimat  Wahai orang beriman seperti halnya ayat puasa.

Kalau kita ingin mengukur orang yang meningkat imannya kita bisa melihat di surat al asr ayat 3 dimana kata iman  disandingkan dengan kata amal sholeh. Tidak hanya ketika berbicara tentang kehidupan di dunia tetapi saat membicarakan tentang orang beriman di surga pun disebut orang-orang beriman disandingkan pula dengan amal sholeh seperti yang tersirat di surat Al Baqoroh ayat 25.

Para ahli tafsir menyebutkan bahwa disandingkannya amanu dengan amalu sholeh itu seakan -akan Allah SWT ingin menjelaskan orang-orang yang benar imannya meningkat amal sholehnya.  Pertanyaannya adalah amal sholeh apa  yang ditunjukkan dalam Al qur'an yang menunjukkan peningkatan iman kita dihadapan Allah SWT ?

Amal sholeh pertama yang disebutkan dalam al qur'an yang menunjukkan keimanan bisa dilihat di surat Al Baqarah ayat 3 dan 4 yaitu beriman kepada hal yang gaib dan mengaplikasikannya dengan melaksanakan sholat.


Mengapa Sholat itu Penting ?


Di dalam Al Qur'an disebutkan bahwa ada orang yang sholat tetapi tidak paham dan tidak mengerti apa yang dibaca.  Padahal sholat itu amalan penting dan utama, pentingnya sholat ini bisa ditunjukkan dengan beberapa hal di bawah ini :


  • Sholat adalah amal yang pertama kali dihisab yang dapat menentukan tempat kita di surga atau di neraka kelak.

  • Pentingnya sholat pun terlihat dari bagaimana sholat ini diperintahkan kepada seluruh nabi dan rasul yang dimulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW.  Hal ini banyak disebutkan di dalam Al Qur'an, sebagai contoh bisa dilihat di QS 19 ayat 55 bahwa Nabi Ismail Shalat, Nabi Musa di QS 20 ayat 14 Nabi Isa di surat 19 ayat 31-33

  • Sholat itu penting bukan saja pembuktian keimanan kita kepada Allah SWT juga karena apabila dilaksanakan dengan benar maka Allah SWT akan memberikan 5 keistimewaan yang akan diberikan kepada orang yang sholat yang tidak diberikan kepada orang yang tidak sholat.

5 Hal Luar Biasa yang Akan Didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya


Lalu apa saja 5 Hal luar biasa yang akan didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya ?  Yuk kita simak karena hal ini penting sekali bila kita ingin mendapatkan hal yang luar biasa tersebut.

Akan Diberi Kemudahan dalam Hidupnya


Hal ini bisa dilihat dari QS At Thalaq ayat kedua bagian terakhir dilanjut dengan ayat ketiganya.  Dimana disebutkan Allah akan membukakan jalan keluar bagi orang yang bertaqwa.  Disebutkan pula bahwa barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah SWT maka Allah akan mencukupkan keperluannya. 

Kembali ke QS Al Baqarah ayat 2 dan 3 bahwa orang yang bertaqwa adalah orang yang berimn kepada yang ghaib dan mengaplikasikan keimananya itu dengan mengerjakan sholat.  Jadi apabila kita sholatnya benar maka Allah akan memudahkan urusan kita, karena salah satu ciri orang bertaqwa adalah melaksanakan sholat.

Jadi sholat itu adalah untuk kita, karena dengan sholat Allah SWT akan memberi kemudahan.  Allah SWT sama sekali tidak butuh dengan sholat kita, Seluruh penduduk bumi ini tidak sholat Allah SWT tidak akan rugi.

Sholat artinya memang do'a tetapi asal kata sholat itu adalah washola, washilu, shilatan yang artinya sampai dan terhubung.  Orang yang sholat akan punya hubungan yang kuat dengan Allah SWT.  Bayangkan dekat dengan gubernur saja kita akan banyak diuntungkan di daerah kekuasaan gubernur tersebut.  Apalagi dekat dengan Allah SWT yang mempunyai bumi dan langit, hidup kita akan diberi kemudahan oleh Nya.

Akan Diberi Ketenangan Hati


Di QS Ar Ra'du ayat 28 disebutkan bahwa barangsiapa yang mengingat Allah SWT hatinya akan tenang.  Tasbih, takbir, tahmid. tahlil adalah dzikir.  Membaca Al Qur'an adalah dzikir, menghafal Al Qur'an adalah dzikir dan berdo'a pun adalah dzikir.

Dan puncak dari dzikir adalah sholat, karena sholat menghimpun keseluruhan dzikir tersebut.  Di dalam sholat ada membaca al qur'an, ada berdo'a, ada tahmid, takbir dan tahlil.  Sholat yang meliputi kesemua dzikir itu membuat hati kita menjadi tenang.  Maka kalau tidak membuat tenang ada yang salah dengan sholat-sholat kita.

Doanya Akan Cepat Terkabul


Kalau kita merasa doa-doa kita lambat atau malah belum dikabulkan juga oleh Allah SWT, kita harus intropeksi diri bisa saja itu karena kita belum memahami apa yang kita lakukan maupun yang kita baca saat sholat.

Saat sholat itu khusyu dan membuat kita terhubung kuat dengan Allah SWT  maka Allah akan mengabulkan do'a kita. Kalaupun tidak sesuai dengan keinginan kita, tentu Allah tau yang terbaik untuk kita.

Di QS Al Imran ayat 38-39 bagaimana seorang Zakaria yang memiliki istri yang sudah monopouse dan secara medis divonis mandul, tapi berkat do'anya di dalam sholat akhirnya Allah  SWT mengaruniakan putra bernama Yahya.  Dan kecepatan terkabulnya do'a Nabi Zakaria begitu luar biasa saat ia belum menyelesaikan sholatnya, turun malaikat yang mengabarkannya akan memperoleh keturunan bernama Yahya.

Saat vonis manusia sudah sampai titik batas kita tak mampu berbuat apa-apa lagi, ada Allah SWT yang dengan Iradat nya tinggal berfirman Kun Fayakun...maka jadilah.  Sungguh Allah SWT adalah sebaik-baiknya penolong dan tempat bergantung.



Akan Mendapat Jaminan Kebahagiaan dan Kesuksesan dalam Seluruh Aktivitasnya.


Siapa orangnya yang tidak menginginkan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidupnya ? Belajar sukses, rumah tangga sukses dan bahagia, usaha sukses, semua kehidupannya berada dalam kesuksesan.  Abdurahman Bin Auf diberi pembelajaran dan pendidikan tentang sholat kemudian ia aplikasikan dalam kehidupannya maka dalam kurun waktu 3 bulan ia menjadi orang ketiga terkaya di Madinah, bahkan setelah setahun ia pun  menjadi orang paling kaya nomor satu di Madinah, konon kampaknya saja terbuat dari emas.

Kesuksesan di dalam al qur'an disebut sebagai Fauz, sementara bahagia disebut dengan kata farah, sedangkan sukses dan bahagia tercakup dalam kata falaahun.  Di dalam panggilan sholat kita sering diajak pada kata falaah tersebut.  Namun seringnya kita tidak bersegera menyambut panggilan tersebut.

Orang yang Sholat Sudah Pasti Jadi Orang Baik


Di dalam QS An Nisa ayat 103 disebutkan bahwa setelah sholat diperintahkan untuk selalu mengingat Allah dalam berbagai keadaan.  Ciri orang yang berhasil dalam sholatnya ia akan selalu mengingat Allah SWT.  Orang yang dekat dengan Allah SWT tentu saja akan memiliki nilai-nilai kebaikan karena ia tahu akan perintah dan larangan Allah SWT

Orang yang selalu mengingat Allah SWT tingkah lakunya akan lebih terjaga karena merasa selalu diawasi oleh Allah SWT. Pendengarannya, penglhatannya, pembicaraannya, langkah kaki, dan gerak tangannya hanya untuk hal yang baik-baik saja.

Di QS Al Mukminum ayat 1 dan 2 disebutkan bahwa sungguh beruntung orang yang sholat, yaitu orang yang khusyu di dalam sholatnya.  Secara spesifik 5 hal luar biasa itu didapatkan di QS Al Ankabut ayat 45 yang mengungkapkan bahwa sholat itu mencegah dari perbuatan fahsya dan munkar.

Saat Sholat Mengubah Seseorang


Sumber keburukan memang dua hal itu yaitu Fahsya yaitu segalas sesuatu yang berhubungan dengan syahwat seperti pornografi, porno aksi, zina, LGBT dan lain sebagainya sebagainya.  Sementara kemungkaran berhubungan dengan perut dan akal seperti korupsi, mencuri, berbohong, bergunjing, curang dan lain sebagainya.

Di zaman Rasulullah sholat bisa mengubah orang beriman menjadi pribadi yang luar biasa, ada pengusaha sukses seperti Abdurahman bin Auf  dan Utsman bin Affan, ada dosen, guru pendidik yang sukses seperti Ali Bin Abi Thalib,, ada preman yang garang menjadi seorang yang tegas dan pembela Rasulullah yang utama seperti Umar bin Khatab.

Banyak dikisahkan pribadi gilang gemilang di zaman Rasulullah yang berhasil di dalam hidupnya karena menjalankan sholat dengan benar.

Mengapa Sholat Kita Tidak Mengubah Diri Kita ?


Lalu apakah sholat kita sama jumlah rakaatnya dengan di zaman Rasulullah, sama kah bacaannya, waktu-waktunya serta syarat syah dan rukun2 nya?  Jawabannya adalah sama, tetapi mengapa mereka bisa berubah sementara sholat kita tidak banyak mengubah kita?

Penyebabnya ada dua yaitu karena sholat kita tidak khusyu dan kita tidak paham untuk apa gerakan-gerakan sholat kita lakukan, apa arti bacaan yang kita baca di dalam sholat.  Karena selama ini kita hanya belajar cara dan bacaan sholat saja, sementara makna dan pemahaman tentang sholat itu sendiri kita lupa atau abai untuk mempelajarinya.

Untuk bisa khusyu memang hal yang cukup sulit, tetapi kita bisa melakukannya kalau kita mau.  Menyisihkan waktu kita untuk belajar tentang sholat secara khusus, karena kajian tentang sholat itu ternyata banyak, konon sampai 23 Bab.  Tersebar juga di dalam hadist-hadist seperti Hadist Bukhori no 711-714, Hadist Muslim no 319 dan Abu Daud no 857.

Begitulah sahabat Cerita Ida, 5 Hal Luar Biasa yang Akan Didapat oleh Orang yang Benar Sholatnya ini ditulis sebagai pengingat diri pribadi.  Untuk lebih membenahi sholat agar bisa mengubah diri ini menjadi orang yang mendapatkan kelima ciri orang yang benar di dalam sholatnya tersebut.  Semoga bisa bermanfaat juga untuk teman-teman pembaca Cerita Ida ini :)


disarikan dari ceramah Ustadz Adi Hidayat, LC, MA

21 komentar :

  1. MasyaAlloh teteh makasih tulisannya ini kesentil banget banget :( reminder ini

    BalasHapus
  2. Ya Allah karuniakanlah shalat khusyuk... bahagiakan kami dengan shalat-shalat kami...

    BalasHapus
  3. Subhanallah terima kasih mba sudah di ingatkan, semoga aku ga menjdi orang orang yang lalai sholat nya agar terus terkabul do’a ku dan juga diberi ketenangan hati. Amin

    BalasHapus
  4. Aku juga sedang belajar khusyuk untuk sholat mbak, terima kasih sudah diingatkan ya. Sholat itu mempunya banyak keajaiban selain wajib buat umat muslim

    BalasHapus
  5. Saya baca ini ada rasa ingin menangis. Merasa masih banyak yang harus diperbaiki sholatnya. Terima kasih banyak sudah mengingatkan, Mbak

    BalasHapus
  6. Teeeh, terimakasih sudah diingatkan. Jadi inget nasihat Bapak untuk selalu menjaga salat TEPAT waktu dan khusuk. Beneran deh, kayaknya salat bisa menjaga kita. Semoga kita menjadi salah satu bagian insan yang bertakwa ya, Teh :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, ada pengingat2 untuk diriku nih membaca artikel ini. Agar makin mendekatkan diri kepada Allah melalui sholat tiap hari secara benar. Semoga kita semua umat muslim dilindungi Allah dan menjadi orang yang makin baik dari hari ke hari melalui sholat kita yang benar.

    BalasHapus
  8. Tausiah yang menyejukkan. Dari tulisan ini saya diingatkan agar bisa mengerjakan shalat dengan benar, pun memberi pemahaman pada anak yang sangat butuh bimbingan.
    Shalat membuat kita tenang dan bisa mempermudah urusan. Orang-orang yang shalatnya terjaga serta paham penerapan dalam perilaku keseharian adalah insan yang beruntung.
    Terima kasih sudah diingatkan, shalat saya belum sempurna tetapi berupaya melawan rasa malas dan enggan atau sederet alasan. Saya butuh shalat sebelum dishalatkan.

    BalasHapus
  9. Subhanallah... Terima kasih sudah diingatkan mba.. Seakan diajak untuk berkaca dan diberi pilihan mau tidak memperbaiki diri demi kebaikan sendiri.. Alhamdulillah..

    BalasHapus
  10. Terima kasih remindernya, Teh.
    Memang sudah seharusnya kita menegakkan sholat 5 waktu ya...untuk kenyamanan hati dan kebahagiaan dunia akhirat.

    BalasHapus
  11. IYa ya mba, sholat itu bukan tentang gerakan aja. Hati dan pikiran pun perlu khusyuk sholat, beribadah pada Allah. Aku masih belajar nih soal ini karena kadang kepikiran anakku yang muter-muter di masjid.

    BalasHapus
  12. Solat khusyu itu memang teramat susah. Itu yg membedakan solat kita eh saya maksudnya dengan para alim ulama. Solat saya masih jauuuh dari khusyu. Sementara saya selalu mengharap banyak
    Ah jadi malu.

    BalasHapus
  13. masyaAllah, terima kasih, mbak ilmunya... semoga salatku bisa semakin baik

    BalasHapus
  14. Semoga kita termasuk orang2 yg menegakkan salat dengan benar dan merasakan manfaatnya, ya.

    BalasHapus
  15. Barakallahu fiik, teteh...
    Tentu dengan sholat harapannya adalah bisa meringankan hisab di kubur dan meninggal dalam sebaik-baik keadaan, yaitu husnul khotimah.
    Aammin~

    BalasHapus
  16. Bener Teh. Kalo solatnya khusyuk, insya Allah jadi baik ya. Aku sendiri kasih susah solat khusyuk. Lagi solat eh malah inget letak barang yang hilang hehe.

    BalasHapus
  17. Masya Allah, aku juga nggak henti-hentinya mengingatkan anak-anak agar nggak hanya selalu shalat tepat waktu. Namun juga tumakninah, nggak asal menggugurkan kewajiban saja. Selama ini aku selalu takjub, setiap doa atau keinginan selalu terwujud. Pengen resign tapi juga ada penghasilan yang setara gaji, alhamdulilah terwujud. Allah Maha Baik, malu kalo cuma bisa shalat fardhu tanpa badliyah qobliyah komplit. Makasih diingatkan mba, semoga menjadi amalan mba Ida

    BalasHapus
  18. Beribadah memang banyak manfaatnya ya mba. Semoga kita bisa selalu menjalankan ibadah.

    BalasHapus
  19. MasyaAllah kadang sholat mung sholat tok gitu ya dulu aku gitu mba
    makin tua makin sadar kalau sholat harus benar-benar khusyuk dan sebisa mungkin nggak telat

    BalasHapus
  20. Terima kasih sidah diingatkan mba.. semoga kita diveri kesempatan untuk terus perbaiki diri dan sholat kita ya

    BalasHapus
  21. Makasih remindernya teh ida, untuk memperbaiki solat, untuk khusyuk solat memang mesti usaha nih apalagi suka ada monkey mind yang mengganggu

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^