blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Jun 2019

Raja Ampat Surga Bawah Laut Dunia di Papua


Raja AmpatSurga Bawah Laut Dunia di Papua  Traveling kemana pun tujuannya, selalu menyisakan kenangan yang berkesan.  Terlebih lagi traveling mentadaburi keindahan alam ciptaan Allah SWT. Mentadaburinya menjadikan diri ini terasa sangat kecil dan tak berarti.  Menekan rasa sombong, angkuh dan kepongahan yang kadang menyeruak dalam jiwa lemah ini.  Duh betapa sungguh tak layak walau memiliki setitik rasa pongah itu...


Saat menyelami keindahan bawah laut di Perairan Krabi, sahabat sekaligus teman travelingku mengatakan keindahan bawah laut di Indonesia Timur jauh lebih indah dari pada di Thailand ini.  Semenjak itu ada semacam keinginan yang menyeruak untuk melihat dan menyaksikannya secara langsung.  Alhamdulillah akhirnya sempat menikmati keindahan bawah laut Labuan Bajo yang luar biasa.  Tak henti mulutku berucap "Masya Allah" saat melihat keindahan terumbu karang dan ikan berwarna warni indah luar biasa. "Raja Ampat.... Ida, jauh lebih indah lagi..." Sahabat ku pun berucap.  

Dan ucapannya tentang keindahan suatu tempat seolah selalu bak mantra, menjadi sebuah afirmasi yang mengajakku bermimpi datang mengunjungi,  Sejak saat itu keindahan bawah laut Raja Ampat menjadi destinasi impianku.  Setiap mendengar namanya selalu ada getaran halus dalam lubuk hati ini.  "Kelak aku kan ke sana..." Bisikku pada angin yang membawa rapalan do'a-do'aku menuju singgasana Nya.  Kun fayakun.. Maka Terjadilah... Bukankah itu ucap Nya.  Tak ada yang tak mungkin, maka bermimpilah, maka berdo'alah.... 

Pentingnya Riset Destinasi Wisata

Buta sama sekali tentang Raja Ampat, saya pun mencari tahu tentang Raja Ampat.  Persis mirip saat hendak ke Labuan Bajo, saya pun mencari tahu dulu tentang tempat ini dan takdir pun menghantarkan diri ini ke sana.  Semoga Raja Ampat pun begitu...  Dan menurut traveler senior pun ternyata begitu ya, bila hendak mendatangi suatu destinasi, idealnya membuat riset sebanyak-banyak terlebih dahulu tentang tempat itu. Seperti saat sang senior traveler itu  hendak mengunjungi Uzbekistan, tulisan Hamka 900 halaman ia lahap.. Maka lahirlah buku Jouneys to Samarkand....

Lokasi Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang secara administrasi berada di bawah Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.  Kepulauan ini merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua.  Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Sementara gugusan pulaunya tersebar berkisar 610 pulau, hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk dan sekitar 400 pulau yang baru dieksplorasi. Sisanya belum tersentuh dan masih sangat perawan.


Credit: wikipedia

Buah Film Dokumenter Edis Paradise 3

Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat memesona dunia.  Lebih dahulu dikenal oleh wisatawan dunia sebelum populer di kalangan wisatawan domestik.  Yang pertama mengangkat nama objek wisata Raja Ampat adalah sebuah film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere dengan judul Edis Paradise 3.  Sebuah film yang menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua.

Ada apa di Raja Ampat ?

Raja Ampat dijuluki sebagai kawasan Amazon Lautan Dunia karena berada di pusat segitiga karang dunia. Kawasan ini pun dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia, Keindahan dan kekayaan alam menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat yang menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia.  Raja Ampat pun merupakan satu dari 10 situs diving terbaik di dunia, sehingga merupakan destinasi idaman wisatawan mancanegara.

Posisi Raja Ampat yang berada di perairan antara dua benua dan dua samudra menyebabkan lautan di Raja Ampat kaya dengan keanekaragamannya.  Banyak terjadi persilangan ekosistem dan spesies antara dua wilayah besar Asia Pasifik.  Kondisi perairannya pun tergolong sangat baik untuk perkembangbiakan ekosistem laut.

Suhu permukaan laut berkisar sekitar 28 derajat Celsius dan di kedalaman tertentu mencapai 27 derajat Celsius.  Cahaya matahari pun dapat menembus kedalaman laut hingga 30 meter.  Tentu hal ini sangat berarti bagi terumbu karang dan ikan-ikan laut Raja Ampat.  Konon ekosistem terumbu karang di Raja Ampat mempunyai sifat khusus yang bisa mengelola makanan sendiri bagi organisme-organisme di dalamnya secara aktif.  

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa Raja Ampat memiliki hampir 75% terumbu karang yang ada di dunia.  Perairan Raja Empat pun merupakan tempat tinggal dari 1.000 lebih jenis ikan karang dan 700 jenis Moluska.  Tak ada satu pun perairan di dunia yang memiliki kondisi seperti di Raja Ampat ini.  

Spesies ikan di perairan Raja Empat melebihi spesies hewan daratnya.  Banyak para penyelam dunia sangat mencintai Raja Ampat karena kekayaan hayati bawah lautnya yang luar biasa.  Mereka menyebut Raja Ampat sebagai Surga Bawah Laut Dunia.  Di perairan Raja Ampat ini banyak ditemukan hewan laut unik seperti kuda laut mini, wobbegong (sejenis cumi-cumi/ikan sotong), Ikan Hiu, Pari Manta serta Ikan Duyung yang sangat legendaris.

Bagaimana Menuju Raja Ampat ?

Karena tidak ada penerbangan langsung menuju ibu kota Raja Ampat yaitu Waisai, bila kita ingin ke Raja Ampat harus  melewati Kota Sorong Papua.  Dari Kota Sorong perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri cepat menuju Wasai. Di Wasai inilah keindahan Raja Ampat sudah mulai terlihat karena kota ini merupakan pintu masuk untuk berkeliling Pulau Misool dan Wayag.  

Sebaiknya menuju tempat ini kita datang berkelompok, karena kalau hanya sendiri atau berdua akan berat di ongkos.  Untuk mengunjungi kedua pulau tersebut kita harus menyewa kapal dengan biaya Rp 3.000.000,00 per hari... mahal ya ? Makanya dianjurkan harus berkelompok agar bisa sharing biaya kapal.  Untuk menikmati keindahan Raja Empat kita bisa menikmatinya dengan memesan Paket Wisata Raja Empateh di Misool ini untuk pasangan bisa memesan paket honeymoon juga lho, asyik ya ... :)  

Duh menceritakan keindahan Raja Ampat jadi semakin terbayang-bayang saja di pelupuk mata keelokan Raja Ampat ini.  Semoga saja memang ada takdirnya bisa segera mentadaburi keindahan Raja Ampat yang luar biasa ini.  Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi, kami bisa segera sampai di Raja Ampat Surga Bawah Laut Dunia di Papua ini. Aamiin Allohumma Aamiin. Do’a kan ya teman-teman :)

17 komentar :

  1. Aamiin. Hanya bisa mengaminkan doa Teh Ida, semoga bisa ke Raja Ampat. Baca kalimat perairan Ktabi bikin saya ingat Ahadiat, pekaut yang terinsirasi dari petualangan Tristan Jones, sang pelaut legendaris, pernah lewat Krabi juga. Pastinya laut yang memukau itu membuat para pelait betah melewatinya, meski hanya pakai perahu yatch sederhana yang bisa dikemudikan oleh 1 dan 2 orang.
    Lihat foto Raja Ampat membuat saya bersyukur, alam Indonesia begitu indah. Papua memang kaya sumber daya alam. Bahkan ikan dugong yang biasa disebut duyung itu pun keberadaannya punya arti penting bagi ekosistem.

    BalasHapus
  2. Aamiin.. Ku juga mau dong ke raja ampat. Tampaknya benar2 eksotis ya. Tentunya perjalanan ke sana juga tidak mudah.

    BalasHapus
  3. Aamiin, ini destinasi wisata impianku. Padahal masih di Indonesia tapi pertimbangan besar untuk traveling ke sana. Tiket pesawatnya sendiri aduhai, heheh...

    BalasHapus
  4. Aamiin. Sekaligus untuk saya.
    Saya juga sudah lama terpukau oleh cerita, foto dan video keindahan raja empat.
    Hmm, ternyata dolan kesana itu sebaiknya berombongan ya, siap diingat tips yang itu, mba. Makasih.

    BalasHapus
  5. aamiin semoga bisa ke sana. temen kuliahku juga sudah ke Raja Ampat dan masyaAlloh bikin merinding liat viewnya keren sangat wajar ya teh dijuluki juga Amazon lautan Dunia

    BalasHapus
  6. Berkunjung ke Raja Ampat juga jadi bagian impian saya, Teh. Sering sekali orang yang memuji keindahan alam di sana.
    Dengan harga sewa kapal yang cukup lumayan seperti itu, memang sebaiknya pergi secara rombongan ya..

    BalasHapus
  7. Aaamiiin,semoga teh Ida bisa ke Raja Ampat. Akuun ingin prgi ke Raja Ampat, beneran. Kepegn keliling surga yang bernama Indonesia.

    BalasHapus
  8. Amin. Semoga bisa ke sana ya suatu saat. Tiket pesawatnya mahal banget euy :(

    BalasHapus
  9. Amiiiin untuk doanya mba.. aku yang suka diving juga masih berdoa agar sempat mampir ke sini. Semoga kita menjadi makin bersyukur dengan anugrah-Nya ya

    BalasHapus
  10. Akupun kalau pengen ke suatu tempat pasti riset banyaaak banget sampai hapal luar kepala, entah eksekusinya kapan ��

    Ini raja ampat aku jadi tahu lebih banyak deh, gak cuma foto2nya aja, tapi ada apa, how to get there dsbnya juga

    BalasHapus
  11. Disugesti Insya Allahbisa juga berkunjung ke lokasi yang kita inginkan ya mba. Aku juga pingin banget ke Raja Ampat mbak, harus nabung dulu ya apalagi kalau perginya sekeluarga.

    BalasHapus
  12. Waah Raja Ampat mah destinasi impian banget, cita-citaku ingin menjejak paling gak satu kali di semua pulau di Indonesia. Semoga kesampean.

    BalasHapus
  13. Sampai hari ini aku belum kesampaian ke Raja Ampat padahal destinasi yang terkenal banget nih. Tapi harus hati-hati dengan nyamuk malaria ya.

    BalasHapus
  14. Iyaa...teh,
    Raja Ampat ini luar biasaaa indah.
    ((lihat di foto-foto suami))

    Dan semoga bisa umroh dulu sebelum ke Raja Ampat.
    Hehhee...ini rapalan doaku, teh Ida..

    BalasHapus
  15. Padahal kemarin aku diajak om ke sana tapi saya lagi hamil jadi serba salah
    Andai tak sejauh yang diceritakan Om mungkin saya nekat.

    BalasHapus
  16. MasyaAllah bagus bangeett!! Duh wishlist nih.. Tapi jauh banget ya kya nya ke Papua itu, dari ujung ke ujung, hihi.. Tapi kalo view nya seindah ini sih, worth it buat dikejar xD

    BalasHapus
  17. Raja Ampat jadi salah satu destinasi impian saya nih. Keindahan pemandangan di sana katanya luar biasa. Pengen berenang juga di teluk-teluk yang dikelilingi bebatuan. Sayangnya dana liburan ke sana belum mencukupi.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^