blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

11 Jul 2019

Manfaat Belanja di Pasar Tradisional

Manfaat Belanja di Pasar Tradisional

Manfaat Belanja di Pasar Tradisional  Yang namanya ibu rumah tangga tentu tidak terlepas dari kegiatan berbelanja untuk masakan sehari-hari.  Teman-teman lebih senang belanja kebutuhan dapur itu di warung, tukang sayur, supermarket atau pasar tradisional kah ?  Kalau saya lebih senang belanja di warung dekat rumah sih, karena praktis dan harganya tidak terlalu jauh berbeda.

Tapi saat warung dekat rumah tutup karena yang punyanya meninggal, saya sempat kelimpungan untuk berbelanja.  Pasar tradisional terdekat lumayan jauh, saya pun tidak terlalu suka berbelanja di pasar tradisional di Cimahi ini.  Entahlah gak merasa nyaman saja sih, mungkin karena enggak terbiasa ya. Padahal banyak sekali Manfaat Belanja di Pasar Tradisional ini, jadi walaupun bagaimana kondisinya belanja di pasar tradisional jadi suatu keharusan.

Manfaat Belanja di Pasar Tradisional
Suatu pagi di pasar tradisional Sayati Kopo


Kenangan Berbelanja di Pasar Tradisional


Saya malah lebih senang ke pasar tradisional kalau lagi di rumah ibu di kopo, karena waktu sebelum nikah juga sudah langganan berbelanja di pasar itu.  Tidak terlalu jauh dari rumah, bisa dengan berjalan kaki.  Kalau di tempat tinggal sekarang di Cimahi, kalau ke pasar tradisional harus naik angkot kalau ga pakai kendaraan sendiri karena lumayan jauh.

Waktu kecil dulu saya sering ikut ua atau ibu saya belanja di pasar tradisional di Kebon Kelapa, cukup berjalan kaki juga karena tidak terlalu jauhlah.  Pengalaman yang cukup menyenangkan dan mengesankan sebenarnya.  Sayangnya sekarang tidak mewariskan kenangan berbelanja di pasar tradisional ini pada anak-anak.

Saat menulis tulisan ini jadi teringat, bahwa selama ini saya lupa memperkenalkan tentang pasar tradisional ini pada anak-anak.  Mungkin hanya si bungsu yang sempat beberapa kali saya ajak, anak yang lainnya seingat saya belum pernah.  Semoga saja mereka tidak merasa enggan untuk berbelanja di pasar tradisional karena banyak sekali manfaat belanja di pasar tradisional.  Kekhawatiran yang timbul karena mengingat belanja di  pasar tradisional tidak senyaman berbelanja di pasar modern seperti supermarket atau mall.

Manfaat Belanja di Pasar Tradisional


Padahal belanja di pasar tradisional sangat membantu perekonomian di lapisan bawah alias para pedagang usaha kecil.  Jadi harus selalu disosialisasikan kepada anak-anak agar senang berbelanja di pasar tradisional.  Sayangnya yang menjadi kendala, banyak pasar tradisional yang belum tertata dengan rapi dan bersih hingga bisa nyaman berbelanja.

Saat traveling berusaha mampir dan belanja di pasar tradisional


Semoga saja ke depan pasar tradisional bisa menjadi tempat yang nyaman karena tidak kotor dan bau lagi.  Banyak juga sih pasar tradisional yang sudah mulai terasa nyaman untuk berbelanja.  Seperti Pasar Gede di Solo misalnya.  Ya saya kadang menyempatkan diri mendatangi pasar tradisional di beberapa tempat saat traveling.  Karena menurut saya banyak sekali manfaat belanja di pasar tradisional diantaranya adalah:

  • Berbelanja di pasar tradisional berarti mendukung usaha kecil
  • Bisa berbelanja lebih pagi
  • Lebih lengkap, banyak pilihan
  • Harga lebih murah
  • Produk buatan dalam negeri, mencintai produk Indonesia
  • Lebih segar
  • Bisa ditawar
  • Bisa akrab dengan pedagang
  • Tidak perlu berdandan maksimal  

Nah mungkin cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida tentang Manfaat Belanja di Pasar Tradisional ya teman-teman... Semoga ada manfaatnya :)


20 komentar :

  1. Wahhh, kalo di Jogja sih, pasarnya asik asik ya Mak.
    Prawirotaman juga nyenengin bangeeettt pasarnya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Lebih murah Dan bisa belajar nawar wkwkwk belanja dipasar tradional itu lbh seru hihihi

    BalasHapus
  3. Aku dulu sering ke pasar gede di Solo waktu kecil, kalau ortu pas mudik ke Solo, belanja sekalian minum es dawet telasih. Duh jadi pengin ke Solo lagi dan kulineran di sana haha.
    Aku ke pasar tradisional sesekali aja, sekarang belanja sayur dll di penjual sayur keliling :D

    BalasHapus
  4. Aku jarang banget belanja sampai ke pasar mba, soalnya malah bingung apa yang mau dibeli saking banyaknya pilihan. Andalanku ya simbok belanja yang keliling itu hehehe..

    BalasHapus
  5. Hahaha tidak perlu berdandan maksimal ya Teh. Ga bakal ada yg naksir kah?
    Beda kalau mau belanja ke mall ya, kudu kece badai ya? Hehehe

    BalasHapus
  6. Aku sukaakkk kalo jalan2 k pasar tradisional. Interaksi pedagang dan pembeli tuh lebih genuine gitu lhoooo

    BalasHapus
  7. Emang sih sebagus apapun pasar digital tapi nyaman di pasar tradisional karena lengkap-lengkap dan bisa ngobrol secara langsung sama pedagangnya

    BalasHapus
  8. Aku belom pernah masuk ke bering harjo lho. Selalu nungguin di malioboro aja karena gak sanggup ��

    BalasHapus
  9. aku juga lebih suka belanja di pasar tradisional karena biasanya lebih murah dan fresh aja gitu

    BalasHapus
  10. Aku sukaa belanja di tradsional pasar. Padahal dlu ogah banget karena terksan kotor gitu. Eh skarang malah sukaa. Hehhee

    BalasHapus
  11. Aku juga kalo belanja di tukang sayur yang lewat depan rumah atau warung di komplek sini. Jarang pisan ke pasar, suka bingung nyari tempatnya hehe.

    Dulu pas masih kecil aku sering diajak belanja nenek aku ke pasar karapitan Teh, pulanngnya dibeliin awug atau jagung yang atasnya dikasih kelapa.

    BalasHapus
  12. Huaa belum pernah ke pasar bering harjo nih. Btw setuju sama pasar tradisional yang lebih murah dan segar tapi sayangnya di sekitarku pasar tradisionalnya masih kurang terawat jadi ga nyaman deh.

    BalasHapus
  13. Aku sesekali masih belanja di Pasar Tradisional, biasanya kalo di tukang jual belanja enggak ada yang aku cari. Cuma kalo nggak dicatat, pasti belanja di luar rencana, abisnya semua dipengeni, hahahaaa

    BalasHapus
  14. Aku suka belanja di pasar tradisional apalagi di Jogja pasarnya sudah pada direhab pada bagus rata2. Bersih juga. Aku suka mampir ke pasar Beringharjo khusus belanja rempah

    BalasHapus
  15. Setiap hari saya belanja di pasar tradisional. Paling kalau beli daging aja, saya belanja di supermarket.

    BalasHapus
  16. Saya juga lebih senang dan lebih sering belanja di pasar tradisional Teh. Senang dengan suasananya yang akrab.

    BalasHapus
  17. Iya, Mbak. Banyak pasar tradisional yang belum tertata padahal sudah ada sejak dulu. Untuk yang terbiasa ke swalayan, jadi kerasa aneh, sih. Apa lagi kadang harga pun nggak beda jauh.

    BalasHapus
  18. Aku juga suka mba.. ada aura tersendiri di pasar tradisional yang hype. Begitu hidup ya

    BalasHapus
  19. aku suka juga kok belanja di pasar tradisional, seger2 semua sayurannya dan cabe2 nya karena baru dipetik ya langsung dibawa ke pasar, apalagi ikan-ikannya

    BalasHapus
  20. Belanja di pasar tradisional selalu membuatku banyak bersyukur mba
    mereka hidup dan berjualan dengan sederhana dan memanfaatkan yang ada
    aku setiap hari hampir belanja di pasar tradisional, soalnya 15 meenit dari rumah dan maertuaku itu jualan

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^