blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Jul 2019

Tips Terbaru SEO 2019

Tips Terbaru SEO 2019

Tips Terbaru SEO 2019  Sebagai seorang blogger bila ingin blognya semakin bagus dan banyak yang mengunjungi saya memang harus terus-menerus belajar. Meski dalam kenyataannya banyak sekali faktor yang menghambatnya tetapi proses menulis dengan lebih baik harus terus diupayakan.  Semoga saja ke depan konten yang saya tulis di blog Cerita Ida memiliki kebermanfaatan yang banyak untuk sesama.  Hingga jadi amal jariyah bagi saya untuk bekal hidup di akhirat nanti.


Pembaruan Algoritme Inti Google 


Sebagus dan semenarik apa pun konten Cerita Ida nantinya, kalau tidak ada yang membacanya atau kurang banyak yang mengunjungi blog ini kan sayang ya... Jadi saya harus mulai belajar juga menerapkan ilmu SEO yang sedikit demi sedikit mulai saya pelajari dan pahami.  Harus disiplin menerapkannya, karena kendalanya adalah rasa malas atau lupa.  Keasyikan menulis hingga langkah-langkah penerapan SEO nya jarang diterapkan. Makanya saya menulis tulisan Tips Terbaru SEO 2019 semata-mata untuk mengingatkan diri pribadi untuk mulai konsisten dengan SEO.

Sebetulnya saya sudah menulis tentang SEO ini di sini, tapi seiring bergantinya waktu ilmu SEO mengalami perubahan.  Hal ini berkaitan dengan perubahan algoritma Google untuk menentukan peringkat di hasil mesin pencariannya.  Di awal Juni 2019 ini Google melakukan pembaruan algoritma inti (core update).  Gara-gara pembaruan ini dua situs besar mengaku kehilangan trafik secara signifikan, mereka mengakui kehilangan pendapatannya sebesar 90%.  Wow, lalu apa dong Tips Terbaru SEO 2019 untuk menghadapi ini?

Tips Terbaru SEO 2019


Banyak situs web resmi raksasa kehilangan rangking yang signifikan disebabkan pembaruan algoritma inti Google Juni ini.  Selama ini banyak website raksasa yang beranggapan bahwa mereka akan selalu selamat dari pembaharuan yang dilakukan Google dengan mengandalkan E-A-T.

E-A-T merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness yang artinya Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan.  Banyak sekali pengamat yang mengungkapkan dengan menurunnya trafik website raksasa secara signifikan memperlihatkan kelemahan dalam teori yang mengatakan bahwa faktor-faktor seperti E-A-T berkaitan dengan penurunan peringkat.

cuitan Danny Sulivan dari Google Konten masih jadi raja :)

Sementara itu ada beberapa rekomendasi Google untuk menghadapi pembauran inti Google Juni ini yaitu antara lain adalah:


  • Hal terpenting dari Google memberi rangking sebuah halaman karena relevansi konten dan manfaatnya untuk pembacanya.
  • Kualitas konten masih menjadi hal yang utama
  • Algoritme Google lebih dari sekedar dengan E-A-T
  • Pakar SEO merekomendasikan webmaster yang terkena dampak pembauran ini menambahkan inforamasi di halaman About Us mereka dan informasi lebih lengkap tentang penulis konten ke dalam artikel.  Ini dilakukan untuk meningkatkan skor E-A-T

Pentingnya Meningkatkan Kecepatan Web



Jadi intinya fokus dalam membuat konten berkualitas, jangan lupa tingkatkan speed situs web kita, perhatikan keamannya serta faktor on page lainnya.  Untuk faktor on page bisa dibaca ditulisan saya tentang SEO sebelumnya.  Mungkin ada beberapa hal yang bisa lebih ditekankan yaitu:


  • Optmasi judul postingan kita.  Jangan terlalu pendek dan juga jangan terlalu panjang.  Gunakan kata kunci di dalamnya.  Sisipkan kata yang menarik pengunjung untuk mengklik website kita.  Seperti misalnya: Tips Terbaru, Solusi Praktis, dan lainnya. 
  • Jangan lupa selalu mengoptimasi halaman deskripsi website kita.  Ini sering dilupakan, nah kalau menggunakan WordPress selalu ada pengingat dari plugin YOAST yang disediakan oleh WordPress secara gratis atau berbayar.
  • Optimalkan url halaman website kita. Jika menggunakan WordPress judul otomatis akan mengjadi url, tetapi untuk blogspot kadang sering terpotong itu bisa kita optimasi dengan mengedit links nya dengan pilihan custom.
  • Menggunakan angka pada judul halaman tulisan kita.  Misalnya 8 Tips Rahasia SEO 2019 dan lain sebagainya


Untuk meningkatkan kecepatan situs kalau target visitornya adalah Indonesia, maka carilah Hosting Indonesia.  Menurut saya salah satu hosting yang saya rekomendasikan untuk meningkatkan kecepatan web ini adalah Qword.  Penyedia layanan domain dan hosting di Indonesia ini sudah memiliki nama yang bagus.

oya teman-teman Cloud Hosting di Qword ini memiliki paket hosting ekonomis terbaik dengan perfoma tinggi lho.  Selalu bisa diandalkan oleh para penggunanya karena memiliki kapasitas besar dengan kemampuan yang mumpuni.

So intinya masih tetap konten yang berkualitas dan menarik pembaca ternyata... jadi Content is King masih terus berlaku ya teman-teman.  Jadi motivasi nih untuk selalu meningkatkan kualitas tulisan Cerita Ida ini. Semoga tulisan Tips Terbaru SEO 2019 ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkannya

21 komentar :

  1. Aku manggut2 baca tulisan ini, Mak.
    Sebagai blogger kita emang kudu menyajikan konten yg berkualitas dan relevan sih ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Wah, makasih informasi dan tips SEO terbarunya. Masih jadi PR yang belum selesai ini soal optimasi SEO huhuhu

    BalasHapus
  3. Blog aku pernah di komenin kalau agak lambat loadingnya. Teryata memang ini berpengaruh pada SEO ya mba

    BalasHapus
  4. Baca ini jadi sedih karena baru aja ngalamin web susah dibuka. Masa perlu pindah hosting. SEO kadang bikin ngos-ngosan, tapi kalau bisa diterapkan dengan benar, pas menuai hasilnya malah bikin lega.

    BalasHapus
  5. Aih walau bukan pakai WordPress maka dengan tulisan ini mpo belajar logaritma Google.

    Semoga mpo ke cantik nih nama google

    BalasHapus
  6. Waaah inspiratif banget tulisannya mbak. Jadi blogger harus belajar SEO agar tulisannya diindeks google dan ramai dikunjungi pembaca. Kadang kita suka asal nulis aja...nah penting banget ya menerapkan bahwa content ia the king....hrs bikin tulisan semenarik mungkin agar blog kita disukai pengunjung.

    BalasHapus
  7. Aku nih lagi cari paket hosting yg ga mahal buat WPku. Semoga berjodoh sama qword

    BalasHapus
  8. Karena itu saya suka menyayangkan masih ada blog yg blm mobile friendly, udah gitu loading lama karena kebanyakan gambar dan widget di sidebar nya.
    Andai tahu itu bisa mempengaruhi kecepatan buka Blog, pasti si empunya akan berpikir untuk segera mengubahnya ya

    BalasHapus
  9. Google sering mengganti algortimanya ya jadi SEO terus berkembang & berganti pula. Tapi tetep aja banyak yang menekuni ilmu ini & penting juga sebagai blogger tau mengenai SEO. Asyik dapat tips baru dari Mbak Ida

    BalasHapus
  10. Selalu saja ada yg baru ya mba.. jadi kita ngg pernah berhenti belajaaar judulnyaaa

    BalasHapus
  11. Wah bermanfaat ni teh artikelnya. Buat blogger yng kadang males buat ngecek SEO artikelnya udah friendly apa belum

    BalasHapus
  12. Aku selalu percaya kualitas konten adalah yang paling penting di atas segalanya mbak. Tapi tentu saja jg usaha supaya kata kunci yang kutembak dilirik sama mbah Google hhee

    BalasHapus
  13. Saya masih harus belajar lebih giat lagi nih tentang seo, kayaknya artikel-artikel di blogku masih belajar banyak yang tembus page 1 google

    BalasHapus
  14. Duh, saya masih buta banget soal SEO. Yang saya tau hanya sekadar memberi keyword di judul, juga di paragraf pertama dan terakhir.

    BalasHapus
  15. Selalu ada hal yang baru dari SEO. Tetapi, yang selalu ada dalam penilaian adalah tentang konten. Berarti hingga saat ini membuat konten berkualitas itu sangat penting

    BalasHapus
  16. Ah iya mba Ida, kemarin ada acara tentang Google publisher dan bener nih SEO telah berubah algoritmanya. Dan satu yang nggak berubah, konten is the king ya

    BalasHapus
  17. baca ini aku siap-siap ambil buku catetan terus rangkum mba. emang ya skrg penting banget optiasi seo di semua postingn kita, mau blog atau youtube semuanya perlu.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah mba Ida makasih banget buat tips terbarunya
    Mau diterapin ke blog ah, aku belum cek semua lagi ini keseluruhan blogku
    Pengen tak optimasi lagi, apalagi biar cepet responnya ya

    BalasHapus
  19. Thank you tipsnya mbaa.. butuh banget nih buat optimasi blog. Apalagi setelah DA di diskon 10 biji duhh �� coba aku belajar SEO dasar lagi laah

    BalasHapus
  20. Iya
    Kecepatan loading web/blog itu juga ngaruh ke SEO
    Oleh karena itu aku jadi pengen cepetin lagi

    BalasHapus
  21. Sampai sekarang masih belum bisa menaklukkan page one karena SEO nya memang aku belum ahli. Jadi baca artikel ini makin mencerahkan.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^