**/ Cerita Ida : Cara Menurunkan Bounce Rate Blog Kita

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Sep 2016

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog Kita

Bonce Rate

Bagi para blogger yang sudah mulai ingin meningkatkan kiprahnya di dunia blogging tentu saja harus sudah mulai memasang google analytics di blognya.  Beberapa kali mendapatkan tawaran kerja sama harus memperlihatkan google analytics.  Macam-macam yang diminta dari Page View per day nya sampai ada yang minta Bounce Rate segala.... Oh My God :)

Wow.. saya mah blogger apaan atuh..bisa menulis dengan konsisten aja sudah alhamdulillah. Bisa sampai segini juga bersyukur ga abis-abis...xixixi.. mengingat saya mah mamah rempong yang waktu ngeblognya juga harus nyuri-nyuri waktu plus rebutan lappy sama anak-anak. Etapi karena saya ingin mendapatkan nilai lebih dari tulisan saya akhirnya mau tidak mau saya harus pasang google analytics. Dan begitu melihat hasilnya ternyata saya harus kerja keras untuk membuat blog ini lebih baik  lagi.

Jangan salah juga, klien yang minta google analytics sih biasanya bayarannya juga oke punya bisa jeti-jeti per postingan. (Deuh ngiler...).  Padahal saya sebulan dapat segitu sudah sombongnya minta ampun,...xixixi, sombong sama diri alias takjub ga nyangka mamah rempong bisa menghasilkan jeti an juga ahahaha....dengan pengorbanan blog ini jadi kayak etalase..ihiks (sad emoticon).  Etapi pengen dong bisa seperti mereka, walau mungkin hanya mimpi, tapi semua berawal dari mimpi toh...


Baca Juga : Broken Link dan Pengaruhnya pada SEO

Ada yang bilang sih kalau blogger macam daku gak akan seberhasil Raditya Dika...xixixi..ya iyalah :).siapa pula yang mau kayak dia ahahaha... Eh ngelantur.. jadi kali ini saya mau nulis tentang Bounce Rate yang pernah diminta seseorang via email itu, yang membuat saya kalang kabut tentu saja. Ternyata Bounce Rate saya masih cukup tinggi, bounce rate itu  harus kecil ya kan.? Bounce Rate ini menjadi tolak ukur seberapa baik blog kita.

Bounce Rate itu adalah presentase pengunjung yang meninggalkan blog kita ketika sudah mengunjungi  satu halaman saja.  Ini artinya pengunjung hanya membaca halaman yang kita sharing di media atau halaman utama tanpa mau membuka halaman yang lainnya.  Kalau pengunjung banyak yang seperti ini, itu berarti blog kita mempunyai bounce rate yang tinggi dan itu tidak baik karena artinya blog kita kurang menarik, membuat orang enggan membuka halaman lainnya. ..Ihiks..

Nah bagaimana caranya agar mereka mau membuka-buka halaman lainnya, tidak hanya satu halaman yang dituju saja?  Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh, yaitu antara lain adalah :

Buatlah Banyak Konten yang Berkualitas

Dengan membuat banyak konten yang berkualitas ini memberikan pengunjung alternatif pilihan informasi yang menarik dari blog kita.  Membuat tulisan yang menggoda orang untuk membacanya memang butuh latihan.  Practise make perfect...

Buatlah Korelasi antara Judul dan Isi

Jangan membuat judul yang tidak berhubungan dengan isi, hanya karena ingin menarik perhatian pembaca agar datang ke blog kita.  Mungkin mereka tergoda untuk datang ketika membuat judul yang bombastis misalnya tapi mereka akan merasa tertipu dan menyesal dan cepat-cepat meninggalkan blog kita.  Ini menyebabkan Bounce Rate dan Avg Session Duration (nah ini makhluk apaan lagi tuh...xixixi ) yang tinggi juga.  Avg session duration itu waktu rata-rata yang dihabiskan oleh pengunjung di blog kita.

Buatlah judul yang menarik tetapi tetap memiliki hubungan yang erat dengan isi

Baca Juga : Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog

Perhatikan Panjang Pendek Konten

Blogger bisa mempermainkan ini bila sudah mampu membuat konten dan judul yang menarik.  Pembaca tidak akan merasa jenuh berlama-lama di blog kita kalau penyajiannya menarik dan isinya bermanfaat untuk para pembaca.  Mereka akan menikmati tulisan sampai selesai.

Tautan Link Konten yang Lainnya

Nah ini juga penting, ketika mereka sudah bisa menikmati satu tulisan, mereka akan percaya kalau artikel lain pun akan sama menarik dan sama penting.  Saya suka melihat teman-teman blogger yang sudah melakukan ini dengan menuliskan baca juga bla..bla... ditulisannya.  dua sampai tiga tautan sudah cukup, biasanya related content yak...

Memperhatikan Tempat Untuk Share

Ini penting juga, men share tulisan sesuai niche nya memang lebih efektif.  Misalnya saya suka menulis tentang Agama Islam, tulisan ini akan lebih banyak menarik perhatian ketika saya share di Grup Islam Agamaku.  Demikian juga yang lainnya share lah ke tempat komunitas atau grup yang membutuhkan informasi yang kita berikan.

Aktifkan Fitur Tampilan Ponsel Pada Blog Kita

Pengguna smartphone atau ponsel ternyata berjumlah 10 kali lipat pengguna PC atau laptop.  Jumlah persisnya konon mencapai 3 miliar pengguna ponsel di dunia ini.  Jadi pasanglah fitur ini, jangan paksa para pengguna smartphone itu membaca blog kita dengan tampilan dekstop yang ukurannya memang super big.

Ok, itulah beberapa kiat yang bisa saya tuliskan untuk menurunkan Bounce Rate Blog Kita. Semoga ada manfaatnya buat teman-teman terutama saia yang kadang suka masih ngeblog sakarep dewe dan moody ini.  Bila kita ingin menjadi blogger yang sukses ternyata memang harus banyak belajar terus menerus ya  .Eh maaf ini  menasehati diri saja sih, yang masih begitulah.... *malahcurcol :)





49 komentar :

  1. Belum sampai sejauh itu saya mah :) baru ada job berupah produk ecek-ecek juga udh bangga banget
    hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya.... pekerjaan yang menyenangkan itu hobi yang dibayar :D

      Hapus
  2. waah makasih banget tipsnya teh.. bounce rateku lumayan tinggi kayaknya
    maklum blogger belajar hehehe..siap2 ah dipraktekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ah...saya juga sama blogger belajar :)

      Hapus
  3. Wah bermanfaat banget nih, Bounce Rate blog saya gede banget hahaha

    BalasHapus
  4. Hmm... Jadi begitu, ya. Siap praktek! ^^

    BalasHapus
  5. Oh begitu ya.... Thank ya untuk tipsnya.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Ahahaha..jangan dibawa pusing mba... mengalir ajalah xixixi

      Hapus
  7. Aku cuma tau klo makin kecil makin baik, tapi ngga ngerti gimana cara nuruninnya mba.. Makasih ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba...semoga tipsnya bermanfaat :)

      Hapus
  8. Ilmu blog tnyata banyak ga sekedar hanya nulis y mba :) makasi infonya mba jadi tau

    BalasHapus
  9. bounce rate aku kecil, tapi pageviews aku juga sama kecilnya hahaha. coba pake widget linkwithin/engageya mbak. ngaruh banget kok ke bouncerate karena ngajak visitor untuk liat liat post yang lainnya. terus di halaman utama ga usah banyak-banyak postnya. ntar bounce ratenya turun kok.

    BalasHapus
  10. Bounce rate yang bagus itu berapa persen ya Mba? Kalau masih kisaran 80% itu sudah termasuk cukup atau masih jelek, Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bawah 70% itu dah lumayan sih katanya...lebih kecil lagi lebih baik. Iya 80% agak kebesaran itu :)

      Hapus
  11. makasih sharenya mbak. okee akan dicoba memperbaiki blog :)

    BalasHapus
  12. Tahunya game Bounce. Itu tuh permainan bola yang ada di aplikasi atau PC hehehe. Sukses terus, Teh Idaaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Bang Aswi mah ada2 saja :) Makasih :D

      Hapus
  13. Adakah standar panjang artikel yang bagus Mbak?
    misalnya ada yang menyarankan 350, 500atau 800 kata.
    terima kasih dan salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih untuk bisa dibaca oleh mesin pencari minimal 350 kata. Makin panjang makin mudah kedeteknya..500-1000 sudah cukup baik dengan tulisn yang menarik dan tidak membosankan.
      Yang paling baik sih konsisten kalau biasanya 500-1000 ya jadikan itu standar penulisan kita. Katanya...:D

      Hapus
  14. Yg jadi pertanyaan, sekarang kan banyak tuh di grup bikin list BW yang sehari bisa ada 25 link.. jadinya kan yang BW cuma bentar malah kadang gak baca, berarti itu juga bisa ningkatin bounch rate ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya betul mba..., makanya disiasatinya buat link related content juga. Tulisan yang menarik walau kita terburu membuat orang sayang utk meninggalkannya. Jadi intinya sih buat tulisan dgn content yg bagus sebanyak mungkin :)

      Hapus
  15. bounce rate blogku juga masih tinggi banget Mba Ida :(
    makasih tipsnya yah, insyaallah akan saya praktekkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba katanya sih asal jangan lebih dari 70% sudah lumayan aman lebih kecil jauh lebih bagus tapinya :)

      Hapus
  16. emmmbbbb begitu ya mbak, baru tahu saya..

    sangat membantu ini... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba..senang kalau bermanfaat :)

      Hapus
  17. Hadowwa baru berapa waktu lalu ceck BR aku,sekitar 70an℅
    Katanya paling ok 50℅ ya (jambak jilbab)hrusss kerja keras
    Makasih tipsnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70% iya itu massih besar di bawah 70% msh bs ditolelir katanya :)

      Hapus
    2. 70% iya itu massih besar di bawah 70% msh bs ditolelir katanya :)

      Hapus
  18. kayaknya saya mulai perhatiin bounce rate. Udah lama gak nengok Google Analytic :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga jarang buka2 google analytics kalau gak perlu :)

      Hapus
  19. Bounce rate yang ideal antara berapa Mbak? Belum full bener merhatiin google analytic, baru fokus di rajin nulis..hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 50% sudah cukup aman mba, batas terendah jangan lebih dari 70%... :)

      Hapus
  20. Ini nih, bounce rate blog masih jelek. Kedu banyak praktekin tips ini...

    BalasHapus
  21. Keren banget tipsnya, langsung coba ah... coz bounce rate blogku maish jelek banget

    BalasHapus
  22. bounce rateku masih belum ideal. Konon katanya, penambahan infografis pada tulisan bisa menurunkan tingkat bounce rate. Tapi, pastinya ya Mba, gaya penulisan yang bikin pembaca anteng baca itu, bukan hal yang mudah.

    BalasHapus
  23. nah ini dia tips dan cara yang saya cari dri dulu, mantap deh makasih ya atas tmbahan ilmunya

    BalasHapus
  24. artikel mengenai bounce nya sangat lengkap mas, trims

    BalasHapus
  25. Wah dunia baru nih. Lupa tuh sama google analitycnya. Kl dah lama masih bisa dibuka gak yah ?

    BalasHapus
  26. Hiks, bounce rate saya hampir 90% sedih deh :((

    BalasHapus
  27. Aku masih tampilan dekstop hehe tfs ya Teh

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^