blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Agu 2019

Daikin Origami Day : Membentuk Anak Kreatif Indonesia


Daikin Origami Day :  Membentuk Anak Kreatif Indonesia  Siapa sih yang tidak mengenal origami, tentu sudah banyak yang tahu tentang seni melipat kertas dari Jepang ini.  Origami berasal dari kata ori yang artinya lipat dan gami artinya kertas jadi origami artinya melipat kertas.  Origami dikenal sebagai kebudayaan dari Negeri Jepang yang sudah populer di seluruh dunia.  Origami selain di Jepang berkembang pula di Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Asia.



salah satu hasil origami yang dipajang di area lomba

Banyak sekali manfaat dari origami ini untuk anak-anak  antara lain yaitu :

  • Melatih kemampuan motorik halus
  • Mengajarkan anak mengikuti arahan secara berurutan
  • Melatih daya visual spasial anak menjadi lebih baik
  • Melatih anak mengenal dan memahami istilah matematika secara sederhana seperti titik, sudut, garis, diagonal bidang, diagonal ruang.
  • Belajar berlatih komunikasi efektif antara anak dan orangtua maupun guru
  • Salah satu olah raga otak agar tetap aktif


Nah dalam rangka memperingati  Hari Anak Nasional Indonesia yang diperingati setiap tanggal 23 Juli 2019, sebagai bentuk dukungan terhadap anak yang merupakan aset bangsa PT Daikin Airconditioning Indonesia menggelar sebuah acara bertema Daikin Origami Day.

Daikin bekerja sama dengan Yayasan Origami Indonesia dan Pemerintah Kota Bandung memandang perlu berperan aktif menyikapi gerusan modernisasi terhadap kebudayaan.  Melalui kesenian Origami, Daikin ingin mengoptimalkan kepedulian terhadap anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal sekaligus memperkenalkan kembali kegiatan Origami sebagai suatu budaya positif terhadap masyarakat luas khususnya pada anak-anak usia SD di Bandung.

Oya mungkin ada yang belum tahu, Daikin merupakan merek AC pabrikan Jepang ternama, bisnisnya memang berspesialisasi di AC.  Didirikan sejak tahun 1924 di Jepang sedangkan bisnis Daikin di Indonesia mulai sejak tahun 1970. Tercatat sampai akhir 2018 memiliki lebih dari 1100 dialer di seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan lebih dari 650 orang yang beroperasi di 13 cabang,  Daikin Bandung merupakan salah satunya.

Origami Day ini ditujukan untuk anak usia 9 - 12 tahun karena karakteristik siswa sekolah dasar merupakan individu yang memiliki tingkat perkembangan relatif cepat dalam merespon sesuatu dilihat dari aspek perkembangan yang ada.  Melalui origami siswa direntang usia ini diharapkan mampu mengimplikasikan penggunaan kertas menjadi media demonstratif dan meningkatkan kemampuan berpikir.


Acara Daikin Origami Day ini diadakan di Taman Balaikota  Jalan Wastukencana No 2 Bandung hari Minggu 4 Agustus 2019.   Acara yang berbentuk lomba dengan tema ODIES yaitu Origami & Drawing Integreted in Storytelling ini disambut antusias oleh warga Bandung terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar ikut lomba ini.

Dari semenjak pagi para peserta yang terdiri dari anak-anak SD berusia 9-12 tahun ini sudah berduyun-duyun antri registrasi.  Saat acara perlombaan berlangsung Maya Hirai founder dan instruktur dari Sanggar Origami Indonesia menjadi instruktur anak-anak yang mengikuti lomba ini, dengan memberikan contoh bagaimana membuat kipas angin dari kertas lipat.

Sesuai dengan tema perlombaannya memang merangsang beraneka kreativitas.  Selain lomba melipat anak-anak pun menggambar di kertas lipat yang telah dijadikan menjadi kipas angin kemudian diwarnai dan terakhir mereka menceritakan  apa yang telah mereka gambar di kipas angin itu.  Keren ya jadi tidak hanya satu tetapi ada 4 kemampuan yang dijajal di dalam lomba ini,

Saat Konferensi Pers

Pada kesempatan itu juga diadakan konfrensi pers yang dihadiri oleh Director PT Daikin Air Conditioning Ind, Budi Mulia, lalu ada Fauzi M  Taib  General Manager Bisnis Plan, Mr Kenichi Yasufuku Asisten General Manajer Daikin Indonesia, Ibu Maya Hirai Ketua , Rahmat Ketua Pelaksana Yayasan , Merdian Komarudin  Branch Manager Bandung.

Dalam konferensi pers itu terungkap bahwa dipilihnya Kota Bandung sebagai kota pertama diadakan acara Daikin Origami Day ini karena Daikin meyakini Bandung sebagai kota kreatif mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya sehat, aktif, cerdas dan berakhlak mulia namun juga cinta terhadap tanah airnya.


Pada kesempatan itu pula diungkapkan bahwa Daikin berkomitmen untuk mengupayakan usaha-usaha konkritnya dalam mendorong, mengoptimalkan kerjasama yang berkesinambungan antara sekolah, keluarga, pemerintah dan masyarakat melalui pendidikan dan seni budaya yang memberikan nilai positif pada anak.

Selanjutnya Budi Mulia menambahkan bahwa dipilihnya kipas angin di dalam acara origami ini karena kipas angin melambangkan PT Daikin juga karena kipas angin itu sebuah benda yang  menghasilkan energi.



Sebuah acara seru, menyenangkan sekali melihat anak-anak bersuka ria dihibur di acara ini.  Sebelum acara lomba dimulai anak-anak melakukan peregangan dengan senam bersama. Anak-anak pun terlihat antusias mengikuti lomba, terlihat tekun sekali.

Daikin Origami Day: Membentuk Anak Kreatif Indonesia merupakan sebuah dukungan PT Daikin terhadap aktivitas positif tumbuh kembang anak Indonesia. Semoga saja kepedulian PT Daikin Air Conditioning Indonesia terhadap anak-anak ini diikuti perusahaan lainnya.  Karena anak-anak adalah aset bangsa yang akan menentukan maju mundurnya sebuah bangsa di masa yang akan datang.



28 komentar :

  1. Moga Daikin semakin peduli pada tumbuh kembang anak ya. Diikuti perusahaan-perusahaan lainnya

    BalasHapus
  2. keren nih acaranya di Bandung, moga makin banyak acara2 di ruang terbuka yang memang bagus untuk anak ya mak, karena akses media dan informasi skrg kan makin luas, siapapun bs ikutan

    BalasHapus
  3. Wuah itu origai di foto pertama, gede amaaat, lucu!
    Anak-anakku dulu juga suka origami, tapi bikin yang simple2 aja.
    Lombanya ini keren, bisa meningkatkan imajinasi dan kreatifitas anak ya, dan pesertanya banyak sekali :)

    BalasHapus
  4. Banyakin acara2 kayak gini yaakkk. Supaya anak2 bisa belajar keterampilan, mengasah kepekaan dan bikin jiwa lembut jugaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Saya mah pengen belajar bikin origami kapal terbang. Belum pernah berhasil bikin kapal kertas yang terbangnya bagus. Selalu langsung nyungsep :D

    BalasHapus
  6. Setuju, anak2 adalah aset berharga yang harus dipersiapkan dg baik untuk masa depan bangsa ini.

    BalasHapus
  7. Senang banget ya, kalau banyak pihak termasuk Daikin yang peduli sama sama perkembangan tumbuh kembang anak, semoga acara-acara seperti ini banyak lagi

    BalasHapus
  8. bagus acaranya, gak cuma sekedar selling ya mba tapi juga memprerhatikan nasib anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Semoga berkelanjutan dan bisa diikuti oleh yang lain :)

    BalasHapus
  9. Keren ya,PT Daikin peduli sama kreatifitas anak. Semoga banyak perusahaan lain yang terinspirasi

    BalasHapus
  10. Wah anakku seneng banget nih origami. Walaupun sekarang sudah remaja, tapi masih suka beli kertas origaminya.

    BalasHapus
  11. keren ya hasil origaminya mbak

    BalasHapus
  12. Seru pisan acaranya Teh,
    mainan origami emang akan membuat kita teliti dan lebih sabar yah.
    Aku cuma mentok melipat kertas jadi pesawat doang nigh Teh, payah hahaha

    BalasHapus
  13. wih, acara keren ini mba, jarang2 ada acara kek gini kan? Daikin keren!

    BalasHapus
  14. Aku juga suka nih origami kalau ponakan lagi main lipat-lipat kertas aku nggak mau kalah dong ikutan haha, memang memancing imajinasiku juga sih mau bikin apa dari kertas seumprit. Ternyata ponakan ku lebih hebat loh hihi.

    BalasHapus
  15. Acara yang inspiratif banget ini mah namanya ya kak, duuuhhh semoga acara serupa lebih sering lagi diadakan ya,

    BalasHapus
  16. Kelihatan sih mudah bikin origami tapi memang harus sabar dan teliti. Ini nih bikin kita semangat untuk bikin karya di temani udara pendingin ac daikin

    BalasHapus
  17. Wah lucu & kreatif bisa bikin bentuk serumit itu pakai origami. Dengan belajar membuat origami anak-anak bisa mengasak motoriknya ya juga daya imajinasinya.

    BalasHapus
  18. Wah.. Eventnya bagus untuk anak2 <3

    Btw daikin ini adalah merek AC impianku lho karena irit listrik, hehe

    BalasHapus
  19. Aku jadi penasaran hasil lomba origami karya peserta seperti apa, mba? Anak-anak yang ikut lomba nampak tekun berkreasi, semoga rutin diadakan tiap tahun agar melaih kreativitas anak-anak

    BalasHapus
  20. Origami ini sampai ada les nya kan yaa, teh?
    Di Pusdai, Bandung.
    kami pernah ikut semacam workshopnya. Dan ya, seru sekali.
    Anak-anak bangga bisa bikin sesuatu dari kertas dengan cara melipat origami.

    BalasHapus
  21. Acara berfaedah banget ya ini disini anak2 bisa bersosilisasi, berkreasi sama belajar bareng.

    BalasHapus
  22. aku pernah belajar dan ounya bukunya juga nih mba, Tapi memang kalau jarang dipakai lagi pasti lupaaa

    BalasHapus
  23. wah mbak Ida ikutan ya acara ODIES ini. Itu kan instruktur origaminya teh Maya Hirai, temen saya heuheu (ngaku ngaku) pengen sebenernya ikutan tapi jauh di bandung ya. moga suatu saat ada di bogor juga

    BalasHapus
  24. origami itu emang lucu banget sih mba dan emang bener sekali bisa ngasah kratifitas soalnya dari kertas kecil gitu kita bisa membentuk banyak model

    BalasHapus
  25. Bagus nih pelajaran origami, anakku juga suka, sementara emaknya gak pinter bikin2 hahaha. Ini kapan origami day ada di Jakarta juga, hehe, anak2ku pasti suka nih kalau hadir ke acara kyk gini :D

    BalasHapus
  26. Anakku semua suka mainan origami jadi ameka bentuk. Memang bagus ya untuk mengedukasi kreativitas anak

    BalasHapus
  27. Mbak, pas aku baca judulnya, loh Daikin kan merek AC apa hubungannya sama origami, ternyataaaaa...

    Aku masih sering ngajakin murid-muridku bikin origami, Mbak. Karena aku ngajar di kelas 1, jadi yg kuajarin yg mudah2, kayak bikin kapal, topi, dan dompet. Gitu aja ada yang nangis, nggak bisa. Hihi. Tapi, pas sudah bisa, ada wajah puas yang terpancang nyata terpana. Hahaha.

    BalasHapus
  28. Huwaaa aku ga bisa bikin origami yang sebagus itu, biasanya njlimet
    keren anak indonesia, pada kreatip2. Barokallah ya ini mba, acaranya penuh berkah banget.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^