blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

14 Agu 2019

Wakaf Sangat Bermanfaat bagi Kehidupan Dunia dan Ukhrawi

Wakaf sangat bermanfaat

Wakaf Sangat Bermanfaat bagi Kehidupan Dunia dan Ukhrawi  Kali ini Blog Cerita Ida ingin menuliskan tentang salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam yaitu tentang wakaf.  Wakaf sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga bagi pewakaf.

Wakaf memiliki pengertian yang beragam tergantung pada kategori yang umum atau khusus. Ada beragam juga definisi dari beberapa sudut pandang Islam. Namun secara umum berati menghentikan perpindahan hak milik atas harta yang diberikan pada perorangan, pengelola, atau lembaga, yang bermanfaat dan tahan lama, serta dipergunakan untuk kepentingan umum di jalan Allah SWT.

Pemakaian wakaf sendiri haruslah sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh pemberi wakaf (wakif), bisa diberikan sebagian atau keseluruhan pada keluarga selaku ahli waris atau untuk kepentingan masyarakat luas.

Menurut peraturan perundang-undangan nomor 41 tahun 2004 dijelaskan bahwa wakaf merupakan suatu kesepakatan yang terjadi antara pemilik harta benda yang diberikan pada sebuah golongan untuk digunakan dengan aturan waktu tidak terbatas atau sesuai batasan tertentu.


Manfaat Wakaf

Sebagai ibadah yang dianjurkan dalam agama, wakaf memiliki banyak sekali manfaat yang akan dirasakan bagi wakif maupun penerima wakaf. Namun, wakaf hukumnya sunnah, berpahala bagi siapa yang melaksanakan, namun tidak berdosa jika tidak melaksanakannya. Berikut manfaat berwakaf:

  1. Membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Wakaf bermanfaat bagi orang-orang yang tengah kesulitan dan akan terbantu dengan adanya manfaat wakaf. Seperti misalnya wakaf tanah yang diperuntukkan bagi orang ynag mengalami kesulitan atau yang tidak memiliki tempat tinggal.
  2. Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi. Sama seperti sedekah, wakaf juga akan melatih jiwa sosial seseorang sehingga sehingga yang memiliki harta lebih banyak bisa memberi pada kaum yang lebih membutuhkan.
  3. Wakaf menjadi penghubung untuk mendapatkan kehidupan akherat yang lebih baik dengan memanfaatkan harta yang didapat saat kehidupan di dunia.
  4. Menyadarkan setiap orang bahwa harta yang dimiliki bukanlah bersifat kekal melainkan ada sebagian di dalamnya merupakan hak orang lain.
  5. Pahala dari berwakaf tidak akan terputus meskipun sudah meninggal dunia.
  6. Wakaf juga bisa menyatukan masyarakat karena mencegah perselisihan akibat adanya kesenjangan sosial. Sebab adanya kesenjangan ini akan menimbulkan sifat iri bagi mereka yang kurang mampu. Padahal masing-masing orang punya takaran rejeki yang berbeda-beda yang sudah digariskan Tuhan. Sehingga dengan adanya wakaf ini menjadikan kehidupan bermasyarakat lebih rukun dan seimbang.
  7. Wakaf bermanfaat membantu masyarakat mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dengan adanya harta wakaf, bisa dipergunakan untuk mendirikan fasilitas umum yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Seperti membangun sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.
  8. Wakaf dapat mendorong pembangunan di semua bidang ilmu. Meningkatkan pembangunan di semua bidang sesuai dengan tujuan diberikannya wakaf oleh wakif.
  9. Wakaf mampu membebaskan orang yang kesulitan dari masalah yang dihadapinya. Dengan pengelolaan harta wakaf yang sesuai dengan tujuannya, ternyata bisa membantu golongan atau masyarakat bisa keluar dari masalahnya atau setidaknya meringankan bebannya.
  10. Wakaf sangat bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan dan hubungan yang kaya dengan kurang mampu bisa lebih harmonis. Sebab dengan harta yang diwakafkan akan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas, sehingga kesenjangan akibat perbedaan ini bisa diminimalisir.
Itulah teman-teman tulisan Wakaf Sangat Bermanfaat bagi Kehidupan Dunia dan Ukhorwi semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^