blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Agu 2019

Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200%



CaraJitu Meningkatkat Trafik Blog Sampai 200%  Senang sekali rasanya hari ini, sepulang ada event di sebuah resto baca-baca di grup WA ada selasa sharing.  Pengisinya seorang blogger yang sudah  bagus blognya.  Blogger itu memang keren, seorang dokter yang aktif sekali ngeblog.  Tulisannya  berkualitas, langganan juara ngeblog juga.  Duh jadi mupeng dengan bahasan doi, cerita tentang rate card blog.  Memang kalau sudah keren sekali posting aja bayarannya bisa jeti-jeti.


Lalu bagaimana dengan Blog Cerita Ida ini..?   Yang jelas selama ini masih hanya mengandalkan waktu luang, masih berasa stagnan.  Kurang mau belajar... hehehe... Ya hasilnya masih biasa-biasa aja, angka jeti-jeti diterima bukan sekali posting tapi itu pendapatan sebulan.. hahaha... Masih lumayan,  Balik lagi ke niat sih, tapi niat ngeblog saya  masih harus diperbaharui karena selama ini saya masih berfikir daripada diam.  Anak sudah pada besar, di rumah pagi sampai sore sendiri, mau apa lagi ? Padahal kalau bisa dioptimalkan lumayan banget kan ? Nah untuk itulah mengapa saya menulis Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200%.

Mengapa langsung menulis Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200% ?  Ini untuk semacam pengingat dan motivasi saja.  Bahwa kalau blog itu bisa bagus kalau kita menjalankan cara jitu ini.  Bukan saya berubah  menjadi materialis sih.  Tapi lagi menanamkan Do Your Best aja dalam semua lini kehidupan.  Kalau feedback nya ke materi  nanti malah jadi bagus, itu namanya berkah ngeblog aja.  Lagi pula kalau isi konten blog kita bermanfaat terus dibaca banyak orang, kebermanfaatannya jadi berlimpah ruah dong, dan pahala akan mengalir terus buat yang nulis dan postingnya.  Aamiin Allohumma Aamiin itu yang utama, jadi PR juga nih nulis konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200%

Nah lalu apa dong Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog ini hingga bisa meningkat sampai 200% ?  Ok deh, sudah berpanjang kata di atas, langsung aja ya kita bahas satu persatu :)  Eh tapi sebetulnya pembahasannya bisa dibagi dua cara sih.  Bisa dengan cara gratis dan berbayar, tapi baiklah itu dijelaskan saja di tiap bahasannya ya...


1.  Mengiklankan Blog Kita

Ini memang cara berbayar, tetapi efektif meningkatkan pengunjung blog kita, terlebih kalau kita memiliki tulisan yang berkualitas dan dicari banyak orang.  Menurut teman-teman blogger yang sudah melakukan ini ternyata memang terbukti efektif meningkatkan trafik blog nya sampai berlipat-lipat.  Biasanya teman-teman blogger melakukan ini untuk tulisan pesanan yang harus memiliki trafik tertentu dalam perjanjiannya.

Yang perlu diingat sebelum mengiklankan blog kita sebaiknya teman-teman memiliki kata kunci yang jleb banget.  Artinya sih kata kunci yang banyak dicari orang.  Jadinya saat blog kita diiklankan dan banyak yang jadi tahu tentang blog kita.  Mereka akan membaca tulisan-tulisan yang mereka cari.  Yang diiklankan memang asyiknya yang lebih spesifik sih yaitu tulisan kita, nah ini pastikan memiliki kata kunci yang dicari banyak orang.

2.  Riset Kata Kunci

Ini yang selalu diingatkan pak suami pada si akuh ini.. hehehe... Tapi saat menulis suka lupa dengan keharusan ini.  Asyik aja nulis, tanpa terbebani harus riset, memang enak sih tinggal menulis saja, tapi dampaknya memang kurang jleb.  Postingan banyak pengunjung karena banyak dibagikan di berbagai WAG dan sosial media.  Jadi effortnya lumayan juga sih, saat sudah tidak dibagikan lagi tulisan jadi jarang yang baca.

Berbeda dengan tulisan yang sebelum ditulis diriset dulu kata kuncinya, meski tidak kita share, tulisan masih banyak yang baca karena saat para pembaca mencari tulisan yang mereka butuhkan, tulisan kita terdeteksi oleh Google,  kalau berada di halaman awal, maka tulisan kita akan banyak pembacanya.  Di Blog Cerita Ida ini ada beberapa tulisan yang walau sudah bertahun-tahun yang lalu ditulis, dan tidak pernah di share lagi tapi setiap harinya selalu saja ada pembacanya.  Nah ini untungnya melakukan riset kata kunci, jadi jelaskan kenapa Riset Kata Kunci ini menjadi salah satu Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200% ?

3. Long Tail Keyword

Setelah melakukan riset kata kunci, kita akan menemukan dua jenis kata kuncil. Oh iya saya pernah menulis tentang cara mencari kata kunci di sini ya. paling sering saya gunakan adalah mencari kata kunci dengan menggunakan ubbersugest.  Nah kata kunci yang kita temukan itu bisa berupa short tail keyword atau long tail keyword.  Short tail keyword ini adalah kata kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.  Seperti misalnya meningkatkan trafik, atau trafik blog dan lain sebagainya.

Kata kunci short tail ini memiliki volume pencarian yang tinggi, tapi jangan salah persaingannya pun tinggi pula ternyata.  Oleh karena itu  kita bisa menargetkan long tail keyword saja dulu.  Long tail keyword ini merupakann kata kunci yang memiliki lebih dari tiga kata. misalnya saja Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog atau Cara Meningkatkan Trafik Blog.


4. Optimalkan On Page SEO

Salah satu Cara Jitu Meningkatkan Trafik Blog Sampai 200% yang lainnya adalah jangan lupa untuk mengoptimalkan On Page SEO.  Amati apakah tulisan kita sudah memiliki kata kunci yang tepat dan dicari banyak orang tentu saja dengan melakukan riset terlebih dahulu.  Gunakan kata kunci ini dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah kata tulisan kita.  Terus jangan lupa di foto atau gambar yang kita gunakan sudah menggunakan alt text belum, apakah sudah menyertakan link internal dan ekternal belum, apakah sudah ada meta description nya belum, dan lain sebagainya.


5. Konten yang Lengkap dan Berkualitas

Selain memperhatikan SEO nya jangan lupa dengan kalimat Content is The King ya.   Jadi buatlah postingan yang menarik, lengkap dan berkualitas.   Jangan lupa lengkapi pula dengan tampilan gambar yang menarik agar blog kita tidak membosankan.  Share video di blog kita juga itu terbukti meningkatkan trafik lho.  

Dengan menyisipkan video di blog kita, para pembaca akan tahan lebih lama tinggal di blog kita.  Ini tentu saja memberi nilai lebih untuk blog kita.  Ini akan meningkatkan SEO blog kita di mata Google.  Tulisan yang disisipi dengan video akan membuat tulisan kita memiliki lebih besar kemungkinan untuk berada di halaman muda Google alias hal pertama, kedua, ketiga dan selanjutnya.

6. Tingkatkan Kecepatan Blog

Menurut hasil riset Google pengguna internet akan meninggalkan blog kita bila loading blog kita lebih dari tiga detik.  Pengunjung blog biasanya tidak sabar menunggu halaman loading, mereka akan beralih mencari tulisan di blog yang lain.  Nah apabila loading kita lama akhirnya blog kita banyak ditinggalkan oleh pembacanya dalam waktu sekejap maka ini akan berdampak pada bounce rate yang tingi.

Bounce yang tinggi yang menurunkan ranking blog kita, oleh karenanya meningkatkan kecepatan blog kita menjadi suatu keharusan jadinya.  Untuk teman-teman yang memiliki target pengunjung blognya dari dalam negeri bisa menggunakan Hosting Indonesia dari Qwords.  Mengapa harus Qwords ?  Berdasarkan pengalaman teman-teman blogger ternyata Qwords memiliki performa hosting yang bagus.

Selain performa yang bagus Qwords juga menyediakan Hosting Murah lho, teman-teman bisa mampir ke websitenya.  Di website nya ini teman-teman akan mendapatkan berbagai tawaran yang menarik.  Kita tinggal memilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Nah teman-teman cukup sekian dulu ya tulisan Cara Jitu Meningkatkan TrafikBlog Sampai 200% ini.  Harapannya sih  semoga tulisan ini bermanfaat ya :)



22 komentar :

  1. Subhanallah . . . keren yaa Syukur Alhamdulillah yuuk tingkatkan timbangan badan Kita #aeekh . . .

    BalasHapus
  2. Detail sekali bunda terimakasih masukan semoga bermanfaat untuk blog mangcara yang masih sedikit traffic nya. Soalnya kalau nulis aku ga pernah riset langsung aja he he

    BalasHapus
  3. Terus terang, jauh sebelum saya menekuni blog, saya udah familier banget ama ngiklan di facebook khususnya.

    Tapi selama ngeblog malah belum pernah nyobain lagi.

    Baca ini jadi kepikiran mau cobain ah.
    Kalau nanti dapat sopnsored post dengan rate bagus, mau deh saya iklankan biar bisa belajar lagi mengenai ngiklan secara mendalam.

    Kalau keyword saya juga masih belajar, kayaknya sih memang ngaruh di template blog juga.

    Udah terapin keyword dengan seksama, tapi masih selalu kalah dengan blog lain hehehehe.

    Btw makasih mba share nya, manfaat banget nih buat kita-kita :)

    BalasHapus
  4. Beughhh ini tipsya wajib dibaca, dipahami dan diterapkan niih
    karena emang kita kudu mulai melakukan langkah strategis agar traffic blog jadi makin OK
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Ini PR aku yang belum selesai mba,meningkatkan traffic blog, mesti llebih banyak belajar lagi kayanya, karena traffic blog belum bagus. Baca ini jadi semangat lagi deh maksimalkan blog.

    BalasHapus
  6. Nah ini, bounce rate blogku cukup tinggi, mungkin juga karena loading lama ya.
    Makasih sharingnya mbak, cukup komplit ulasannya. Mau kepoin Qword ah.

    BalasHapus
  7. Mantap banget kalau sampai 200%. Saya mau cobain, sih. Biar semakin semangat ngeblognya kalau traffic semakin tinggi

    BalasHapus
  8. sebenernya aku udah tau nih cara naikin trafik blog, tapi eksekusinya itu lohhh, males banget ya ampun, belum riset kata kunci, belum ngeseoin, heuheu beneran harus dilawan malasnya ini

    BalasHapus
  9. Iklan nih belom pernah nyoba. Masih gaptek euy. Ajarinlaaah...

    BalasHapus
  10. Catettttt... makasih ya kak tips nya, insya Allah langsung aku terapin ah, naikin traffic blog ini nih yang masih jadi peer ku sampai sekarang

    BalasHapus
  11. Wah masih belajar terus ini mbak, apalagi untuk SEO dan membuat konten yang baik dan berkualitas.

    BalasHapus
  12. Sampai 200 persen oke bangeet mba.. boleh deeh aku coba semua tipsnyaa

    BalasHapus
  13. Harus sering cari kata kunci yang lagi trend juga ya dengan melakukan riset. Aku kadang suka lupa atau males risetnya

    BalasHapus
  14. Habis ultah ya Qwords. Beberapa hari lalu diundang ke acara ultahnya di Jogja. Traffic blog memang wajib diperhatikan. Masa iya udah nulis capek2 nggak ada yg baca ya

    BalasHapus
  15. Wah ini isi sharingnya daging banget. Yup, siapa sih blogger yang nggak pengen trafic blognya meningkat drastis tapi untuk itu juga nggak mudah. Masih jadi PR juga buat saya nih yang masih kurang paham SEO cara riset kata kunci.

    BalasHapus
  16. Tipsnya keren banget, masi jadi PR nih untuk tingkatin kecepatan blog biar trafik naik. Makasi udah berbagi. Mau disave untuk dibaca lagi nanti sambil praktik

    BalasHapus
  17. Naahh balik lagi nih soal keyword, duuhh aku kok sampai sekarang belum menerapkan juga ya. Belajarnya tuh loh kok ya masih berasa riweuh, ngetik-ngetik doang aku mba. Tapi harus segera berbenah ya agar meningkatkan juga trafik blog kita secara signifikan.

    BalasHapus
  18. Harus banyak nulis, gak termasuk yaa, teh...?
    Hehhe...suka terpana kalau ada yang abis nulis, langsung bisa masuk pejwan.

    BalasHapus
  19. Huaaa makasih banyak mba triknya aku lagi butuh banget nih meningkatkan PV .

    BalasHapus
  20. Ujame masih harus belajar banyak nih bun untuk mengelola blog hihih nulis aja masih jarang kalau lagi mood, harus memotivasi diri sendiri nih hehehe

    BalasHapus
  21. masih banyak pr untuk meningkatkan trafik blog ini. thx buat infonya ya mba. coba diterapkan

    BalasHapus
  22. Aku ada rencana untuk buat blog baru dengan temen2 nih mba. Pas banget nemu info ini dan qwords. Hostingnya ga gitu mahal ya mba.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^