blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

14 Agu 2019

Wisata Religi di Bandung ? Ya Kampung Wisata Quran Dong :)

Wisata Religi di Bandung ? Ya Kampung Wisata Quran Dong :)  Tempat yang saya tuju kali ini adalah sebuah tempat wisata religi di Bandung yaitu Kampung Wisata Quran di daerah Kiaracondong.  Cukup jauh dari Cimahi, belum terlalu hapal jalannya jadi takut terlambat akhirnya saya memacu kendaraan cukup cepat.  Alhamdulillah jalan tidak terlalu macet,  tiba di tempat pukul 9.25 hampir satu jam ternyata. Suasana masih cukup sepi, tetapi teman-teman  sudah tampak berkumpul di lobbi.

Kampung Wisata Quran


Kemuliaan Bagi yang Memuliakan Al Quran


Yup, hari ini saya  sangat excited karena akan mengikuti acara Launching Kampung Wisata Quran Kiaracondong Agamis.  Mengapa excited? Karena akan ada sebuah tempat wisata religi di Bandung bernama Kampung Wisata Quran.  Senang dong karena Al Quran adalah pedoman hidup kita sebagai seorang muslim. Barang siapa yang berpegang teguh kepada Al Quran dan Hadist maka kehidupannya akan selamat.

Kampung Wisata Quran


Jadi ingat Firman Allah SWT di dalam Al Quran Surat Al Hajj ayat 32

Dan barang siapa yang mengagungkan apa yang terhormat di sisi Allah, maka itu lebih baginya di sisi Rabbnya.

dan Qur'an Surat Al Hajj ayat 30 :

Dan barang siapa mengagungkan ayat-ayat Allah maka sesungguhnya hal itu dari ketakwaan hati.

Al Quran sangat dimuliakan di dalam Islam, maka barangsiapa yang memuliakannya maka kehidupannya akan mulia.  Kota Mekah dan Madinah menjadi kota yang mulia karena di sinilah al Quran diturunkan.  Malaikat Jibril menjadi pemimpin malaikat, melalui malaikat Jibril lah Al Quran diturunkan.  Dan Rasulullah SAW menjadi penghulu para nabi, melalui beliaulah Al Quran diturunkan.   Semua itu adalah bukti kemuliaan Al Quran akan menular kepada yang dekat dengannya.

Kampung Wisata Quran

Visi Syaamil Group: Terdepan dalam Membumikan Al Quran dan Menghidupkan Sirah


Jadi dengan adanya Wisata Religi di Bandung Kampung Wisata Quran ini insya Allah orang-orang yang ada di sekitarnya akan terbawa kemuliaannya.  Sebuah program keren dari Syaamil Grup, Sebuah percetakan terbesar di Indonesia yang mengusung visi Menjadi Perusahaan yang terdepan dalam membumikan Al Quran dan menghidupkan Sirah.

Syaamil Group telah mengimplementasikan visinya ini seperti Program Rumah Syaamil Quran, Wakaf 1 juta Al Qur'an, Program Semua Bisa Ngaji dengan tagline "Kampung Bebas Buta Huruf Al Quran dan yang paling populer adalah Wisata Quran.

Sebetulnya Wisata Quran ini bukanlah program yang baru, program ini sudah ada sejak tahun 2013 dan diresmikan oleh Walikota Bandung saat itu, yaitu Ridwan Kamil.  Kali ini berbeda, karena Syaamil Group akan berkolaborasi dan bersinergi dengan warga Kiaracondong untuk sama-sama mewujudkan Kiaracondong Agamis dan menjadi destinasi wisata tematik melalui program Kampung Wisata Quran. Sebuah destinasi wisata religi di Bandung.

Program Kampung Wisata Quran ini akan diikuti secara bertahap dengan penataan wilayah dan jalan-jalan di Kiaracondong khususnya jalan Babakan Sari agar terlihat nyaman dan indah dipandang sebagai destinasi wisata religi di Bandung khususnya Wisata Quran.  Juga akan ada pembinaan terhadap masyarakat sekitar sehingga akan tercipta lingkungan cinta Al Qur'an.

Launching Kampung Wisata Quran


Senin, 12 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1440 H diresmikanlah program Kampung Wisata Quran oleh Bapak Wakil Walikota Bandung H. Yana Mulyana, SE.  Peresmian atau launching Kampung Wisata Quran ini bertempat di Kantor Syaamil Group Jalan Babakansari 1 no 71 Bandung.  Hadir pada kesempatan itu Pimpinan Kecamatan Kiaracondong Ibu Dra. Rina Dewi Yanti M.Si beserta para lurah di lingkungan kecamatan Kiaracondong.

Wisata Religi


Bagi Ibu Camat program ini sejalan dengan visi dan program unggulan Kiaracondong. NGAHIJI, GEULIS, WISATA, SEJAHTERA, JUARA dan AGAMIS.  Khusus di bidang Wisata dan Agamis, Kiaracondong akan membuat kampung wisata yang sesuai dengan keunggulan wilayah masing-masing.

Pemerintah Kecamatan telah memulai penataan tempat-tempat wilayah yang akan dibenahi, salah satunya adalah area jembatan layang Kiaracondong termasuk penataan PKL dan memperindah lokasi agar enak dipandang.

Kampung Wisata Quran


Untuk Program Kiaracondong Agamis, Kiaracondong akan membuat kampung-kampung quran di setiap kelurahan dengan visi Lingkungan Cinta Al Quran.  Sebuah program yang memang bersinergi dengan keberadaan Percetakan Syaamil Group yang dipimpin oleh Bapak Riza Zacharias di Kiaracondong ini.

Kunjugan Wisata Quran bersama Bapak Wakilkota dan Bu Camat Kiaracondong


Sebelum melakukan launching Kampung Wisata Quran Bapak Yana dan Ibu Rina sempat melakukan Wisata Quran di percetakan Syaamil Group ini.  Menyaksikan langsung proses percetakan Al Quran di percetakan Syaamil.  Jadi tahu bagaimana sebuah proses sebuah mushaf Al Quran tercipta. Mulai dari hanya sebuah kertas kosong selanjutnya kertas di print dengan tulisan di dalam Al Quran yang sebelumnya telah disusun rapi di dalam komputer,

Setelah proses print atau cetakan huruf Al Quran selesai dilakukan pengecekan huruf apakah ada yang salah atau kurang dari mulai huruf hingga tanda baca nya.  Diteliti dan di cek, pengecekan ini dilakukan secara manual oleh SDM yang sudah memahami tentang Al Quran.

Setelah dicek kertas dibawa  menuju mesiin lipat, disesuaikan dengan ukuran yang sebelumnya telah ditetapkan, kemudian ada proses penyusunan juz dan proses lainnya yanga masih cukup panjang.  Menarik memang berkunjung ke tempat Wisata Quran ini, kita bisa melilhat langsung proses percetakan Al Quran secara detail dan lengkap.

Kampung Wisata Quran


Wisata Quran ini sudah mulai dibuka sejak 2014-2015, sampai sekarang sudah banyak dikunjungi oleh berbagai rombongan mulai dari sekitar Bandung sendiri sampai dari luar negeri. Wah asyik ya bisa jadi alternatif wisata religi di Bandung.  Kalau teman-teman tertarik untuk melakukan kunjungan ke Wisata Quran ini, gampang lho,, tinggal menghubungi langsung Jalan Babakan Sari I No 71 Kiaracondong Bandung Phone (022) 720829 dengan menghubungi bagian Wisata Quran.

Disarankan bila akan melakukan reservasi dua bulan sebelumnya ya, karena antriannya memang cukup panjang.  Terlebih lagi Wisata Quran ini hanya dibuka untuk umum pada Hari Rabu dan Kamis saja.

Kampung Wisata Quran

Alhamdullah senangnya ya ada Wisata Religi di Bandung, yuk ah teman-teman kita tingkatkan kecintaan kita pada Al Quran.  Masih ingatkan bahwa barangsiapa yang memuliakan Al Quran maka akan terbawa mulia di dalam hidupnya?  Semoga tulisan Wisata Religi di Bandung ? Ya Kampung Wisata Quran ini bermanfaat ya teman-teman :)


28 komentar :

  1. Manttaaaps....
    TRIms infonyaa....

    BalasHapus
  2. Aku baru tau lho mba kalua ada kampung wisata Quran in Bandung. Maybe next time ke Bandung bisa mampir ke sini

    BalasHapus
  3. Selain percetakan, ada apa lagi?

    BalasHapus
  4. Saya jadi ingat masa kecil di Kircon ini. Sekarang sudah ada dibangun Kampung Al Qur'an ya. Jadi pengen main ke sana. Tempat lahir dan SD di Kebon Gedang Kircon

    BalasHapus
  5. Bandung ternyata selain punya banyak tempat wisata yang indah dan kuliner yang enak, juga ada wisata religi di Kampung Wisata Quran ini ya. Aku baru tau, ternyata dibukanya udah th 2014.

    BalasHapus
  6. MasyaAllah.... ini wisata yg aku idam2kan mbaaa
    selama ini kalo ke BDG paling aku ke Gerlong (Aa Gym) sama Masjid Telkom (ust.Aam Amiruddin)
    sekarang ada pilihan baru lagiiii, makin ENJOY!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Program yang bagus banget, jadi pengrn ajak anak-anak ke ruang produksi Quran

    BalasHapus
  8. Udah lama banget pakai Syamil tapi aku belum pernah main kesini mau banget deh, alhamdulillah hampir semua koleksinya punya. Duh makin pengen kesini

    BalasHapus
  9. Seneng ya bisa traveling religi, setidaknya buat mengasah hati kita, memahami AlQur'an dan mngamalkannya daari sedikit

    BalasHapus
  10. Bandung memang terkenal akan terobosan-terobosan pariwisatanya ya

    ... dan bertambah lagi nih rekomendasi tempat wisata religi di kota Bandung

    BalasHapus
  11. Alhamdulilah ya teh ada kamppung religi begini wisata Quran, kalau dari 2013 kok aku ga mudeng yah malah baru tahu ini karena baca nlog teh IDa hehehe aku suka kudet :p

    BalasHapus
  12. Bisa jadi pilihan wisata religi kalo ke Bandung ya. Meski harus registrasi dulu dan antriannya udah dua bulan nih. Kudu sabar kalo pengen kesana

    BalasHapus
  13. Barakallah. senangnya sekarang ada kampung wisata quran, ya. Moga banyak menebar manfaat bagi umat

    BalasHapus
  14. Saya baru tau wisata Qur'an ini. Padahal udah ada sejak tahun 2014, ya. Kagum deh saya dengan model wisata seperti ini

    BalasHapus
  15. Masya Allah... Merinding gimana gitu mbayangin jika aku bisa wisata Qur'an ke sana. Luar biasa sekali terobosan Syaamil Quran dan para stakeholder di Kiaracondong dan di Bandung pada umumnya..

    BalasHapus
  16. Saya baru tahu ada wisata Quran di Bandung. Jadi nambah juga nih daftar tempat yang suatu hari nanti akan dikunjungi pas sedang ke Bandung. Akses jalan ke lokasi juga mudah ditemukan ya kak

    BalasHapus
  17. Meskipun domisili di Badnung aku baru ahu ada wisata religi Alquran. Masha Allah baru laucnhing juga yah. Bantu sebarin ah informasinya makash mbak sudah buat artikelnya :)

    BalasHapus
  18. Serius aku baru tau ada kampung wisata quran ini, alhamdulillah ya, insya Allah nanti kalua ke Bandung lagi aku sempetin mampir...

    BalasHapus
  19. Salut. Pengin mampir kalau ke Bandung. Selama ini wisata religi di Jabar cuma tau Daarut Tauhid. Bagus ada yg baru lagi.

    BalasHapus
  20. Bandung komplit banget ya.. semua ada, mulai dari wisata untuk kesenangan duniawi juga ada wisata rohani.. kuliner dan fashion juga lengkap.. jadi semakin cinta bandung dan menjadikan bandung sebagai destinasi wisata yang banyak diminati

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah senang banget mendapat kabar ini. Wisata Quran ini bagus banget untuk menambah keimanan dan keislaman kita :)

    BalasHapus
  22. Kereen ya teh ada kampung wisata religi seperti ini. Aku mau aah mampir kalau sedang ada di sekitar ini

    BalasHapus
  23. Aku kalo liburan sukanya ke bandung mba. Tapi jujur aku baru tahu lho ada kampung religi begini di bandung. Someday mau mampir ah 😍

    BalasHapus
  24. Wah..aku baru tahu ada wisata religi Al Quran ini. Baru nih, wisatanya dapat, nambah pengetahuan otomatis juga iya ya. Insya Allah jadi nambah juga kecintaan pada al quran

    BalasHapus
  25. Owalah jadi ke sana gak bisa go show ya mbak? Kudu reservasi dulu gtu? Ke sana harus berkelompok atau sama institusi atau kalau perorangan/ sama keluarga gtu apa bisa?

    BalasHapus
  26. Wahh Bandung ini lengkap banget deh tempat wisatanya, selain wisata yang berbau duniawi, ada juga wisata yang bikin kita tetap ingat akhirat

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah seneng rasanya ada wisata religi wisata quran ini , kita yang kesana jadi semakin bertaqwa ya. Semoga saja sampai akhir hayat kita terus memegang teguh Al-Qur'an dan hadist.

    BalasHapus
  28. Masya Allah.. aku baru tau nih mba :") semoga bisa ke sana sama anak2 liburan tahun depan aamiin makasi info dan tulisannya ya mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^