blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Mar 2020

Peluang Usaha dari Rumah


Peluang Usaha dari Rumah  Apa yang berubah dengan adanya penetapan Social Distancing karena merebaknya kasus virus Corona ini?  Mungkin yang terbiasa aktif di luar rumah akan merasakan perubahan yang mencolok, dari biasa harus ke luar rumah, eh sekarang harus terus-terusan berada di dalam rumah.  Tidak mudah tentu saja, harus beradaptasi dalam kondisi yang begitu cepat.


Kalau untukku sendiri sih tidak terlalu banyak berubah, karena memang biasanya juga saya kerja di rumah.  Kalau pun ada undangan event paling seminggu sekali atau dua kali, kalau sampai lebih dari itu, abinya pasti protes, "perasaan umi banyak keluar terus..." hmmm...  Demikian juga kalau traveling dengan teman-teman paling setahun dua kali atau tiga kali.  Dan abinya tidak protes malah suka bertanya "Umi senang engga..?" Nah kan.... Jadi yang lain pun enggak perlu protes yah saya sesekali traveling, mungkin kalau buat wanita karir mah semacam tugas dinas ya...hahaha....

Tidak banyak berubah bukan berarti tidak ada yang berubah,  pengajian-pengajian atau rapat jadi online, jadi instal aplikasi hangout deh.  Satu lagi mungkin yang berubah yaitu anak-anak kumpul semua di rumah kecuali Kak Azizah yang kuliah di Turki.  Ada empat anak yang dalam masa pertumbuhan berdiam di rumah terus berimbas pada pengeluaran untuk makanan jadi bertambah, jadinya acara masak-masaknya bertambah deh.  Selain itu karena belajar online jadinya rebutan hp dan laptop deh.

Setoran hapalan pun jadi online

Jadi kebayang deh kalau Home Schooling (HS), dulu sempat pengen nge HS in anak, karena saya gak suka dengan sistem pendidikan di Indonesia yang lebih ke nilai oriented.   Anak-anak jadi ngejar nilai bukan pemahaman akan konsep suatu pelajaran.  Belajar jadinya bukan sesuatu yang menyenangkan bahkan memberatkan.  Akhirnya anak-anak kalau libur akan teriak horey, atau sudah lulus kuliah, ya sudah ..capek ga mau sekolah lagi.

Sempat juga di awal-awal memiliki anak maksa anak supaya rajin belajar, mungkin yang kena getahnya si sulung waktu SD.  Alhamdulillah keburu dapat hidayah, alhasil saya tidak pernah memaksa anak untuk belajar, yang penting mereka happy dalam belajar.  Alhamdulillah kaka sekarang malah kuliah sambil kursus bahasa Jepang tanpa disuruh.  Sudah mulai siap-siap atau berpikir mempersiapkan S 2 nya..alhamdulillah...

Jadi intinya harus fokus sama apa yang mereka suka, optimalkan itu, jangan memaksa-maksa apa yang menjadi kelemahan mereka harus menjadi bagus. Engga akan optimal hasilnya.  Anak pun gak akan tumbuh bahagia karena banyak tertekan.  Engga perlu lah jadi juara kelas, kalau memang itu hasil upaya anak yang memang senang belajar sih tidak mengapa.

Yang menjadi masalah saat anak tertekan karena obsesi orang tua.  Mungkin juga karena pengalaman pribadi ya... bukan soal tertekannya karena orang tua saya tidak pernah menekan saya, tapi saat jadi the best oriented itu, meraih NEM tertinggi di kelas, bahkan cuman beda koma dengan juara umum teman sejurusan membuat dunia saya gelap saat tidak keterima di PTN negeri pilihan.  Beruntung akhirnya diterima di PTN lain, walau bukan PTN impian.

Eh kembali ke laptop yuk ah, jadi sebetulnya produktif di rumah tidak harus selalu menghasilkan materi lho kalau menurut saya, meski peluang usaha dari rumah itu banyak.  Rumah adalah benteng keluarga dalam menhadapi  penyakit lahir batin, rumah adalah tempat untuk mempersiapkan generasi yang tangguh, rumah adalah tempat berkasih sayang sehingga Allah SWT hadirkan kebahagiaan di dalamnya.  Dengan menjadikan rumah sesuai fungsinya kita sudah produktif  dari rumah.

bisnis laundry salah satu peluang usaha dari rumah


Peluang Usaha dari Rumah


Nah itu mungkin baru satu arti produktif ya.., produktif lainnya tentu saja kalau bisa menghasilkan uang...wah alhamdulillah  pisan atuh.  Banyak peluang usaha  dari rumah dan menghasilkan, tentu kita sudah bisa melihat contoh-contoh orang yang berhasil menambah pendapatannya dari rumah.  Apa saja peluang usaha dari rumah itu yuk kita coba membuat list nya..

  • Berjualan (bisa online ataupun offline)
  • Menulis / Freelance Content Writer/Blogger
  • Jadi Buzzer di sosial media bisa melalui blog, twitter, IG, FB maupun Instagram
  • Membuat kerajinan tangan
  • Membuka usaha cuci motor.mobil
  • Membuka usaha jasa laundry
  • Membuka usaha salon/skincare
  • Membuka warung nasi atau warung baso
  • Membuka usaha kursus bahasa, masak, 
  • Budi daya ikan, lele, cacing, anggrek dsb
  • Buka usaha les privat
  • Buka usaha rental motor/mobil
  • Buka usaha marketing digital
  • Menjadi youtuber
  • dsb.

Masih banyak lagi yang lain sebetulnya peluang usaha dari rumah, teman-teman yang memerlukannya bisa mencarinya di Mbah Google.  Saya pribadi di rumah buka usaha jualan offline dan online.  Selain itu karena hobi menulis alhamdulillah bisa menghasilkan juga terutama melalui blog dan IG serta akun sosial media yang lainnya.  Suami juga memanfaatkan langganan internet di rumah ini dengan mengais dollar di Google Adsense alhamdulillah itu juga bisa menambah pendapatan kami.

Intinya, di zaman digital ini memang sih lebih kepada kreativitas, banyak peluang usaha dari rumah yang bisa kita usahakan.  Kalau alasan modal zaman sekarang enggak terlalu jadi masalah karena berbisnis online itu lebih minim modalnya.  Selain itu peluang usaha dari rumah lebih bagus disesuaikan dengan apa yang menjadi passion kita.  Dengan mengerjakan sesuatu terlebih berbisnis yang sesuai passion tentu saja itu akan membuat kita serius dan bisa bertahan dengan berbagai kendala usaha yang memang selalu ada.

Nah teman-teman, ternyata peluang usaha dari rumah itu banyak juga ya.  Jadi buat teman-teman yang sedang mencari peluang usaha dari rumah, atau banting setir fokus di rumah bisa mempertimbangkan peluang usaha dari rumah yang sesuai dengan passion dan kondisi teman-teman semua.

Akan ada banyak hikmah di balik kejadian merebaknya virus corona ini, insya Allah.  Semoga kita bisa mengambil hikmahnya terutama semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.  Diberi cobaan dengan virus yang super kecil saja manusia di seluruh dunia sudah kelimpungan.  Sungguh tiada daya upayanya manusia tanpa pertolonganNya.  Mungkin juga salah satu hikmah lainnya jadi kita berpikir mencari peluang usaha dari rumah.

Semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Peluang Usaha dari Rumah ini bermanfaat ya teman-teman :)


24 komentar :

  1. iya banyak sekali peluang usaha dari rumah tinggal bagaimana kita menjalaninya saja dengan sepenuh hati ya mbak

    BalasHapus
  2. Brilian idea mba Idaaaaa
    Makasii makasiii
    Ini bisa jadi input menarik buat semua orang ya
    No more galau karena corona!

    BalasHapus
  3. Waktu-waktu seperti ini banyak banget pasti yang cari ide usaha apa di rumah. Tulisannya bisa jadi pencerahan teh. Apapun ikhtiarnya yang penting barokah ya teh Ida.

    BalasHapus
  4. Kita sezaman ya Mbak Ida hehe: meraih NEM tertinggi di kelas, bahkan cuman beda koma dengan teman lain itu memang bisa bikin tertekan jaman dulu karena menentukan kita keterima atau tidak di sekolah lanjutan berikutnya.

    ALhamdulillah, soal kerja dari rumah saat ini, kita sbagai blogger bisa melakukannya. Dan ternyata banyak pilihan lain.

    BalasHapus
  5. Iya, ya dengan adanya social distancing jadi semakin mikir kalau jualan online kayaknya peluang juga

    BalasHapus
  6. banyak ide ya teh tapi aku mah pengen punya usaha setelah semua urusan beres bismillah jadi enterpreneur semoga sukses jadi bisa undang blogger Bandung buat bantu up heheheh aamiin

    BalasHapus
  7. Jadi blogger aja deh hahaha.
    Keren tuh Mba, ide peluang usaha dari rumahnya banyak.
    Kalau saya hanya nekunin blogger sih, konsisten di sini, semoga bisa lebih maju, aamiin :)
    Btw, kalau usaha dari rumah, corona nggak jadi masalah ya :)

    BalasHapus
  8. Makasih banget ide bisnisnya ini, mba.
    Walaupun di rumah akan tetap produktif. Apalagi kalau yang dijalankan itu sesuatu yang disukai ya.

    BalasHapus
  9. Beruntung banget yg sudah punya usaha di rumah dalam situasi wabah corona sekarang. Peluang itu pasti ada dimana-mana, hanya kadang kita tak bisa melihatnya. Thanks sudah berbagi

    BalasHapus
  10. Kalau kita jeli melihat peluang usaha tentunya akan banyak pilihan bekerja di rumah ya mbak. Sama2 menghasilkan namun lebih memberikan kebermanfaatan dalam keluarga, karena bekerja di rumah bisa mengontrol keluarga khususnya anak-anak sembari membereskan urusan dapur.

    BalasHapus
  11. Kalau niat & tekun bisa ya menemukan peluang usaha dari rumah jadi tetap bisa mengurus keluarga juga. Kebetulan aku juga lagi pingin usaha dari rumah nih

    BalasHapus
  12. Peluang usaha dari rumah kayak gini pasti membantu para ibu nih. Apalagi kayak musim wabah sekarang ini. Kita diminta banyak di rumah aja.

    BalasHapus
  13. Di rumah pun bisa produktif. Mau menghasilkan materi juga bisa. Kreatif kuncinya. Daripada cemas berlebihan dengan situasi ini, lebih baik menemukan sesuatu yang produktif dari rumah.

    BalasHapus
  14. Selalu ada hikmah dibalik sebuah kejadian ya Teh. Jadi banyak ide nih buat usaha di rumah. Siapa tahu kesampaian. Aamiin...

    BalasHapus
  15. Banyak peluang ya mbak, mulai dr nulis, jualan dll
    Ah aku kangen nih mbak jualan2 kyk gini. Moga pas waktunya pas saya bisa buka usaha di rumah sendiri. Apalagi kesempatan terbuka bebas ya mbak, asalkan kita mau berusaha :D

    BalasHapus
  16. meski di rumah aja kita jangan berdiam diri ya tetap harus pintar-pintar cari peluang ya..

    BalasHapus
  17. Work from home skrg lagi hangat2nya yah, sebagai ibu rumah tangga gak perlu berkecil hati gak bsa kerja kantoran toh kerja di rumah ad banyak hal yg bisa dilakukan

    BalasHapus
  18. Kami belum ada anjuran untuk Word from Home. Jadi masih saja datang ke tempat kerja. Kalau seandainya dirumahkan juga sepertinya kecil kemungkinan bisa menggali potensi apa yang bisa dilakukan soalnya pekerjaan tetap dibawa pulang.

    BalasHapus
  19. Banyak berada di rumah jadi punya kesempatan untuk merancang bisnis pribadi ya mba. Mulai dari kecil-kecilan, siapa tau dengan ketekunan dan kesempatan yang sangat terbuka luas, nantinya bisnis pribadi ini bisa menjadi penopang hidup keluarga kita. Aamiin. Semoga diijabah ya mba niat kita untuk kebaikan ini.

    BalasHapus
  20. Banyak peluang yang bisa dilakukan dari rumah ya mbak, selain jadi penulis saya juga pengen banget nih punya usaha laundry apalagi banyak teman yang sudah berpengalaman untuk usaha ini.

    BalasHapus
  21. MashaAllah~
    Semoga Allaah senantiasa melindungi hamba-hambaNya dari kesulitan.
    Ide untuk ide usaha di rumah ini keren banget, teh...karena memang sekarang semua orang mampu melakukannya.
    Semoga akadnya juga sesuai dengan syar'i agar muamalahnya beberkah.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah serius banyak banget ya mba yang bisa kita lakukan di rumah sebenanrnya. Aku juga mmemulai usaha dari rumah semangat kita

    BalasHapus
  23. Banyak peluang usaha dari rumah, tinggal memilih, mempelajari dan menjalankan mana yang sesuai minat dan bakat.

    BalasHapus
  24. Berkarya dari rumah kenapa tidak ya sista, ada banyak ide yang bisa dilakukan untuk berbisnis dari rumah

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^