**/ Cerita Ida : Silakan Beli: Buku Panduan Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Mei 2019

Silakan Beli: Buku Panduan Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik

Silakan Beli: Buku Panduan  Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik   Sudah lama berteman dengan Teh Eka ini di facebook, senang banget dengan status-statusnya yang menginspirasi.  Apalagi tentang kisah jatuh bangun perusahaan yang ia bangun dengan susah payah.  Kagum,  perasaan itu mucul saat mengetahui tentang perempuan cerdas lulusan S1 Biologi ITB dan MBA ITB ini.

Buku Silakan Beli, Entrepreneur Cilik



Saat Teh Eka mengumumkan di status facebooknya tentang PO buku Entrepreneur Kecil karyanya, tidak berfikir lama saya pun memesannya.  Saya ingin anak-anak memiliki jiwa entrepreneur seperti Teh Eka, yang walau tidak memiliki silsilah keluarga pengusaha tetapi memiliki semangat yang luar biasa dalam berbisnis.  Semangat dan kerja keras yang akhirnya berbuah kesuksesan, menjadi seorang pengusaha yang berhasil.

Jadi kepikiran untuk mereview buku keren ini, karena buku ini sangat bermanfaat untuk para orang tua agar bisa mulai menanamkan semangat berwirausaha di usia dini.  Etapi review ala-ala Cerita Ida berbeda dengan review buku ala teman-teman yang lainnya, so maafken bila tidak sesuai dengan harapan teman-teman pembaca tulisan ini.

FYI untuk menjadi negara maju maka penduduknya harus memiliki semangat berwirausaha. Konon katanya Indonesia hanya memiliki 3,1 % dari seluruh penduduknya yang menjadi pengusaha.  Sementara untuk menjadi negara maju rata-rata mereka memiliki minimal 14% pengusaha dari jumlah penduduknya.  Jadi Indonesia masih sangat memerlukan lahir para entrepreneur-entrepreneur baru agar tumbuh menjadi negara maju.


Tampilan tiap halaman yang penuh gambar dan warna

Silakan Beli, demikian judul buku dengan cover eye catching setebal 118 halaman ini.  Buku ini bukan hanya Teh Eka Riani atau Eka Adrian yang menulisnya.  Teh Eka menulis buku ini bersama Rosi Meilani.  Teh Rosi ini seorang blogger yang tinggal di Inggris sejak tahun 2006 sampai dengan sekarang. Cerita tentang Teh Rosi juga ditulis di buku ini.

Buku ini bagus untuk memberikan motivasi kepada anak-anak bahkan juga bisa memberi motivasi kepada orang tuanya yang belum menjadi entrepreneur. Hal ini bisa dibaca di Bab 1 Kita Semua Bisa Jadi Entrepreneur dan Bab 2 yang berjudul Berdagang Kenapa Harus Malu.  Di Bab 1  Teh Eka bercerita bahwa untuk menjadi pengusaha tak perlu memiliki orang tua yang pengusaha.  Ini motivasi dari Teh Eka

Kalau aku bisa, kamu juga bisa
Bab-bab selanjutnya lebih ke teknis seperti Asyiknya Jualan Dimana Ya di BAB 3, anjuran menggunakan media sosial agar digunakan semaksimal mungkin untuk menghasilkan uang.  Di Bab 4 yang berjudul LAKUKAN Apa yang Kamu Bisa, Apa yang Kamu Suka memberikan sebuah inspirasi bahwa berjualan itu dengan menjual sesuatu yang kita suka atau kita bisa membuatnya.

Selain tentang teknis buku ini juga menceritakan tentang usaha Teh Eka dan Teh Rosi serta nilai moral yang bisa diambil dari pengalaman mereka. Di luar dua kisah kedua penulis buku ini, buku ini juga menceritakan tentang kisah beberapa entrepreneur cilik dalam menjalankan usahanya.

Buku ini juga menceritakan tentang proses produksi, mulai dari perhitungan biaya produksi, kemasan, merk, logo, tagline dan lain-lain yang berhubungan dengan bagaimana sebuah proses produksi dijalankan.  Buku ini juga memberi tips dan trik berjualan melalui media sosial lho..

Secara umum buku ini menarik, mulai dari tampilan cover yang eye catching, juga tampilan halaman demi halaman yang dibuat penuh warna dan ilustrasi yang menarik.  Membaca buku ini enggak akan membosankan karena gaya bahasanya juga enak dibaca.

Singkatnya buku ini saya rekomendasikan buat para orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi entrepreneur.  Bisa jadi panduan orang tua untuk diceritakan kepada anak-anak atau juga untuk bacaan anak-anak yang memotivasi.

Judul Buku  :  Silakan Beli
Penulis  : Rosi Meilani dan Eka Adrian
Penerbit : Kanak
Halaman : 118 
Harga  :   Rp 77.350

Demikian ya teman-teman review buku ala Cerita Ida yang berjudul Silakan Beli: Buku Panduan Orang Tua untuk Mempersiapkan Entrepreneur Cilik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang memerlukannya :)

1 komentar :

  1. wah keren banget bisa diajarkan kemandirian sedari kecil ya :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^