blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

19 Mar 2020

Gunakan 6 Cara Ini Agar Kulit Tetap Sehat Meski Pada Iklim Tropis


Gunakan 6 Cara Ini Agar Kulit Tetap Sehat Meski Pada Iklim Tropis  Berada di antara garis khatulistiwa menjadikan Indonesia sebagai negara yang khas dengan iklim tropisnya. Iklim seperti inilah yang kemudian menjadikan kulit lebih mudah kusam dan lembab hingga rentan pula dengan penyakit kulit. Contohnya seperti jerawat, flek, serta penyakit kulit lainnya.

Itu sebabnya, kita harus lebih merawat kulit kita agar tetap sehat meski di tengah udara yang panas.  Nah, berikut ini merupakan 6 cara yang dapat teman-teman terapkan agar kulit kita tetap sehat alami meski iklim tropis semakin menjadi-jadi:


1. Perhatikan Suhu Tubuh Sebelum Mandi


Iya sih, panas, terlebih jika sudah banyak aktifitas yang dilakukan. Tapi meski demikian, jangan asal mandi ya khususnya saat suhu badan kita masih panas. Kenapa? Karena hal tersebut dapat memicu penyakit kulit seperti jerawat, kulit merah-merah hingga biang keringat.
Jadi, seharusnya normalkan dahulu suhu badan kita, baru deh mandi.

2. Jangan Sembarangan Menggunakan Make up


Berada di iklim tropis biasanya menjadikan kulit lebih sensitif, sehingga kita tidak boleh sembarangan memilih make-up atau skin care. Usahakan menggunakan produk dokter yang memang tahu suhu di daerah tempat tinggal kita.  Hal ini mengingat kulit terkadang memberi reaksi tersendiri pada iklim daerah tertentu yang berbeda dengan tempat tinggal kita. Jadi, harus lebih hati-hati ya biar tetap kinclong anywhere anytime.


3. Rutin Gunakan Pelembab dan Lotion


Rutin menggunakan pelembab hingga sunblock akan sangat membantu merawat kulit kita dari iklim tropis agar tidak mudah kusam. Selain itu, rawat pula bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki dengan lotion yang mengandung SPF tinggi biar ga lembab, kusam dan supaya kulit kita menjadi hitam pastinya.

4. Rutin Mencuci Wajah


Suhu udara yang panas biasanya memicu keringat berlebih sehingga mudah bercampur dengan debu. Oleh sebab itu kita wajib untuk selalu rajin mencuci muka 3 kali sehari, yakni pagi, siang dan sebelum tidur. Dengan cara ini kulit kita menjadi bersih meski banyak aktifitas di luar yang dilakukan.

5. Rajin Gunakan Scrub dan Lulur Setiap Minggu


Iklim tropis biasanya menjadikan sel kulit mati pada kulit jadi susah teratasi. Oleh sebab itu, kita harus  rajin menggunakan scrub dan luluran setiap satu minggu sekali agar sel kulit mati  menjadi lebih mudah terangkat.

6. Perbanyak Minum Air Putih


Menjaga kesehatan kulit tidak hanya  dari luar ya, tapi harus dari dalam juga. Caranya adalah dengan banyak mengonsumi air putih, khususnya saat bangun pagi. Dengan cara ini, pencernaan lebih lancar dan kulitpun lebih sehat tentunya.

Iklim tropis memang membuat kulit lebih rentan terkena penyakit. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, dengan melakukan ke 6 cara di atas, pastinya kesehatan kulit kita akan tetap selalu terjaga. Tapi ingat, lakukan semua ini dengan rutin ya. 




Selain itu jika ada masalah kulit yang tidak bisa ditangani sendiri, tidak ada salahnya langsung ke dokter kulit atau klinik estetika yang sudah banyak tersedia terutama di kota besar seperti Jakarta. Banyak klinik estetika Jakarta yang memiliki dokter spesialis kulit dan kecantikan, didukung alat-alat modern canggih untuk mengatasi permasalahan kulit kita. 

So, selamat mencoba dan semoga tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Gunakan 6 Cara Ini Agar Kulit Tetap Sehat Meski Pada Iklim Tropis  bermanfaat ya teman-teman :)

18 komentar :

  1. Oh gak boleh langsung mandi saat kepanasan ya Teh? Padahal kan asyik tuh ya..hehe.. TFS Teh, jadi makin aware skg..

    BalasHapus
  2. Tipsnya aku praktekin nih Mba Idaaa
    Terutama yg part minum air putih.
    itu aku demeeenn banget

    BalasHapus
  3. Tipsnya aku praktekin kecuali scrub dan lulur, susah banget mau mandi tenang ada bocil di rumah mah teh hiihi

    BalasHapus
  4. Nomor 5 itu yang males banget ngejalaninnya hehe. Kalo di kamar mandi aku nggak suka lama2 soalnya, kalo lama itu berarti plus nggosek lantai n toilet hehe

    BalasHapus
  5. Aku udah nggak telaten sama scrub juga lulur, hehe, ngga betah lama di kamar mandi.
    Kalau cuci muka pakai sabun sih selalu.

    BalasHapus
  6. Aku udah enggak telaten pakai scrub sama lulur, ahaha.
    Kalau cuci muka sama sabun muka sih selalu.

    BalasHapus
  7. Dari dulu selalu ingat pesan orang tua: jangan langsung mandi kalo habis olahraga, ntar masuk angin

    Sekarang pun masih pegang teguh itu dan diturunin ke anak-anak

    BalasHapus
  8. Tipsnya pas bener nih mba di saat cuaca lg gak bersahabat gini, kondisi kulit harus bener2 diperhatikan, mudah2an bisa rajin scrub dan luluran juga saya :D

    BalasHapus
  9. Tinggal di iklim tropis memang rentan bikin kulit terasa kering dan cepat keriput ya, perawatannya harus maksimal

    BalasHapus
  10. Saya juga terkendala yang nomer 5 itu mba. Suka kelupaan, memang kudu menjalani perawatan ke klinik kesehatan biar ada jadwal rutin dan kulit terawat sempurna.

    BalasHapus
  11. Makanya kalau habis olahraga ngga boleh langsung mandi ya. Bisa bikin jerawatan juga ternyata. Baru tau.

    BalasHapus
  12. Owalah itu to akibatnya kalau keringetan habis2 panas2 langsung mandi. Dari kecil selalu diingetin ortu biar adem dulu badannya baru mandi tapi nggak dikasih tau sebabnya apa. Thanks ya

    BalasHapus
  13. Wah, teh Ida tau aja nih, aku lagi cari info perawatan kulit. Kayaknya 6 cara ini perlu aku coba nih. Udah kepala tiga menjelang pertenganan harus sering-sering rajin perawatan minimal yang bisa kita lakukan setiap hari, kayak jangan lupa minum cukup air putih ya.

    BalasHapus
  14. Terlihat sepele tapi harus diperhatikan ya supaya kulit tetap sehat. Suhu tubuh yang panas ternyata gak baik langsung mandi ya. Kalau aku rutin pakai body butter setelah mandi supaya tetap lembab

    BalasHapus
  15. Luluran setiap minggu udah dijalankan dan perbanyak minum air mineral juga untuk hidrasi kulit cantik mbak.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah kalau lulur mah bisa dibilang rutin hehe tapi aku baru tau nih kalau ternyata abis keringetan jangan langsung mandi,, aku biasanya langsung mandi.

    BalasHapus
  17. Aku paling ga tahan kalo liat gorengan, teh..ini mungkin yaa, salah satu yang bikin kulit bermasalah.

    Perempuan kan pengen yaa..kulit tetap segar di usia cantik. Tipsnya oke, teh.

    BalasHapus
  18. Mpo suka banget minum dan selalu bawa tumbler minum. Iklim tropis memang bikin haus melulu. Atau makan buah juga enak. Buah yang banyak mengandung air seperti semangka.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^