blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Sep 2019

USB OTG SanDisk Solusi Back Up Data Anti Ribet

USB OTG SanDisk

USB OTG SanDisk Solusi Back Up Data Anti Ribet  Sebagai seorang lifestyle blogger yang merangkap sebagai traveler blogger saya memang senang sekali menyimpan foto-foto hasil jepretan sendiri.  Kemana pun pergi pasti lah selalu menyempatkan ada sessi fotonya, walau itu hanya sekedar ke resto atau kafe.  Bukan apa-apa sih, tapi lebih karena blogger sekarang dituntut mempunyai sosial media yang bisa mendukung blognya.  Nah tentu saja untuk mengisi sosial media dibutuhkan konten foto - foto yang menarik.


Elegi Kenangan yang Hilang


Sayangnya sudah berapa kali foto-foto kenangan saya itu hilang tidak berbekas.  Yang tersisa hanya yang pernah saya upload di instagram, fesbuk, twitter atau pun blog.  Foto-foto kenangan perjalanan traveling saya ke Krabi Thailand, dan Kuala lumpur  hilang entah kemana.  Tentu saja saya jadi sedih dong...hanya  karena kepenuhan memori eh akhirnya malah data hilang semua.  Kok bisa? Entahlah semua terjadi begitu cepat. Terakhir malah video perjalanan di Singapura pun  hilang, padahal tadinya mau membuat video perjalanan Kuala Lumpur, Malaka, Singapura ..untuk kenang-kenangan, sekaligus mengisi konten di youtube, akhirnya enggak jadi.  Duh, jadi sedih lagi deh...


USB OTG SanDisk


Foto-foto anak-anak saat masih kecil, pemandangan cantik Danau Toba, Bunaken, Tanah Toraja, Bali dan berbagai tempat juga hilang tidak terselamatkan.  Hal itu terjadi karena smartphone yang kerendam air oleh anak-anak. .hiks...Penyesalan memang datang belakangan ya.  Andai saja file di back-up. Jadi berasa ingin nyanyi lagu  Gugur Bunga deh..... Betapa hatiku tak akan pilu..telah hilang foto kenanganku... ihiks...


USB OTG SanDisk


Bukan hanya itu, beberapa kali momen - momen asyik batal terekam dengan baik. Gara-garanya saat nge-shoot tiba-tiba di layar telepon muncul notif memory is full atau  space is not enough. .Duh bayangkan..  dalam kecepatan cahaya harus menghapus banyak foto.  Akibatnya kalau pun akhirnya momen bisa terekam eh foto penting jadi banyak yang terhapus.  Dan kalau itu terjadi nyeselnya pasti lama banget. Sebelnya lagi, kadang bahkan harus sampai menghapus aplikasi yang sudah terinstal di smartphone....bete deh...

Saya meyakini pastinya bukan saya saja yang mengalami kejadian yang tidak mengenakan ini.  Terlebih lagi di zaman digital ini dimana para milineal tidak bisa lepas dari kamera dan gadget.  Zaman sekarang segala dipermudah dengan teknologi yang serba canggih, asalnya tidak mungkin sekarang semakin dimungkinkan.  Termasuk traveling ke berbagai negara, kaum milineal sekarang lebih intens melakukan traveling. Mereka akan banyak berkorban demi pengalaman yang akan mereka rasakan, demi posting dan sharing di sosial media atau mungkin demi eksistensi diri.

Ternyata bukan hanya saya....


Kaum milineal..mereka adalah  generasi yang tidak bisa jauh dari kamera, bukan hanya untuk selfie atau sekedar gaya-gayaan saja.  Sebagian dari mereka memiliki kreativitas membuat foto dan video perjalanan yang bagus.  Tangan mereka pun sepertinya gak nahan kalau melihat spot yang instagam-able, pastinya ingin cepat-cepat foto dan kemudian posting di sosial media yang mereka punya.  Hampir semua kegiatan, foto-fotonya mereka posting, mau makan, mau belajar, jalan-jalan  sampai barang-barang baru pun mereka posting... ya kan?

Pastilah kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat smartphone milik mereka penuh dengan foto-foto,.  Hayoo teman-teman ngaku aja..pasti di smartphone nya banyak foto-foto kan? Hihi,,  Dan peristiwa yang saya alami, foto-foto kenangan hilang, muncul kata-kata memory is  full atau space is not enough pastinya juga saat ini banyak yang mengalami,


Dan perkiraan saya ternyata benar teman....

Perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp baru-baru ini menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey"  Studi ini melibatkan 1.120 responden dari enam kota besar, dan ditemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone saat ini.

USB OTG SanDisk

Dan Survey Membuktikan...


Survey membuktikan bahwa umumnya masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16 - 32 GB (56% responden).  Tentu saja dengan gaya hidup milineal masa kini kapasitas ini tidak mencukupi untuk menampung simpanan foto dan video yang jumlahnya terus bertambah.  Survei membuktikan juga  bahwa ternyata  49% responden  hanya memiliki sisa  1-3 GB di memori smartphone mereka.  Akibatnya ya tadi, seperti yang saya lakukan, di kondisi tertentu terpaksa harus menghapus data yang ada... huhu...

Menurut data tersebut diketahui pula bahwa  67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka.  Padahal lebih dari 80% responden telah menyadari tentang pentingnya melakukan back-up data.  Namun hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back up data secara teratur selama sebulan sekali.

Kenapa itu terjadi ? Mungkin ya, ini yang saya rasakan selama ini  proses pencadangan atau back-up suatu data merupakan pekerjaan yang ribet dan memakan waktu sehingga jarang dilakukan.  Kebayang kan harus menyiapkan waktu memindahkan foto-foto ke laptop.  Mau masukan ke flashDisk  ribet  karena konektornya yang tidak pas dengan  smartphone lalu kemudian kita membutuhkan kabel USB...huhu.. Beneran ribet kan...?


USB OTG SanDisk

SanDisk dan Sebuah Solusi


Tidak hanya melakukan survey, tapi perusahaan Western Digital Corp melalui brand di bawah naungannya yaitu SanDisk memberikan solusi jitu untuk kita yang pernah atau bahkan sering kehilangan foto-foto kenangan di smartphone nya.

Kini Western Digital Corp  sebagai brand terdepan dalam solusi penyimpanan mobile menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk yaitu SanDisk Dual Drive dan IXpande Flash Drive.

Tips Nyaman Ber-Smartphone untuk Kaum Milineal


Nah mereka memberi tips berharga lho kepada kita dengan beberapa tips yang bermanfaat sekali

1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone


Kekurangan memori di smartphone seperti yang pernah saya alami merupakan kejadian yang memang sering terjadi.  Simak saja hasil survei Western Digital Corp yang menyebutkan bahwa hampir setengah responden hanya memiliki sisa 1-3 GB memori di smartphone nya ini menunjukkan bahwa smartphone mereka benar-benar penuh. Solusi mobile SandDisk dirancang membantu para pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone anti ribet dimana pun dan kapan pun.

Kita hanya tinggal menyambungkan smartphone dengan USB OTG (On The Go) SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive untuk iPhone.  untuk memindahkan foto dan video kita dan membebasan memori di smartphone kita.  Perangkat ini juga merupakan solusi asyik bagi mereka yang ingin berganti smartphone karena dapat dengan mudah memindahkan data ke smartphone yang baru.

USB OTG SanDisk

2.  Plug and Play yang Praktis


Survey membuktikan bahwa banyak pengguna smartphone tidak melakukan back-up data.  Dengan aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive dapat mem back-up foto dan video dengan cepat ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan.  Dan asyiknya lagi kita dapat mengatur aplikasi melakukan back-up otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG ini disambungkan dengan smartphone... Wah asyik banget ya...

3.  Lakukan Back-up untuk Konten Media


Aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive app dapat juga menyimpan dan mem back-up berbagai konten seperti foto dan video dari media sosial lho.... Kalau sudah begini kita tidak akan kehilangan konten penting dari akun media sosial kita nih.  Termasuk foto-foto yang di tag orang-orang terdekat kita.  Ini penting juga karena umur media sosial siapa yang tahu kan...?

Teman-teman ingat kan kalau sekarang Google Plus sudah tidak ada, dulu-dulu juga ada Multiply, Friednster, Plurk ..sekarang kan sudah tidak ada.  Data-data kenangan di Frienster  per tanggal 31 Mei 2011 dihapus oleh pihak Friendster.  Yang pernah mengalami pasti nyesek deh...


4. Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas  


Smartphone saat ini digunakan untuk banyak hal, mengambil foto, video, game dan menyimpan berbagi data lainnya.  Saat ini tren dan minat terhadap mobile gaming serta fotogragi terus meningkat.  Peningkatan ini seharusnya diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone. SanDiks memberikan solusi dengan mengeluarkan kartu memori SanDIsk Extreme microSDIM yang akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game.

USB OTG SanDisk

USB OTG SanDisk


Dengan keempat tips ini tentu saja akan membuat kita lebih nyaman menggunakan smartphone.  Dadah loading lama, goodbye hilang foto-foto kenangan, sayonara keribetan. nge-back-up., nggak juga harus hapus-hapus foto dengan kecepatan cahaya ..hahaha.. Dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive untuk iPhone. ini kita banyak dimudahkan.  Proses nge back-up yang selama ini dianggap ribet jadi jauh lebih mudah.

Saat SanDisk Ultra Dual Drive ini dihubungkan dengan smartphone langsung bisa terdeteksi otomatis. Saya hanya cukup memasang bagian konektor micro USB SanDisk milik saya, lalu membuka file manager untuk melihat sudah terkoneksi atau belum kemudian selanjutnya tinggal proses copy dan paste.

SanDisk Ultra Dual Drive memiliki tiga varian yaitu:


  • SanDisk Ultra Dual Drive 3.0
  • SanDisk Ultra Dual Drive m3.0
  • SandDisk Ultra Dual Drive Type C (Ini khusus untuk smartphone dengan konektor tipe C)

Sedangkan untuk model yang ditawarkan oleh USB OTG SanDisk ini terdapat bermacam-macam model, mulai dari yang standar sampai yang transparan,  Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 16 GB sampai dengan 128 GB, kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.  Hanya kapasitas 16GB saja yang mempunyai kecepatan paling rendah yaitu 130 MB/s. sedangkan yang lainnya berkapasitas baca yang sama yaitu 150 MB/s.


USB OTG SanDisk


Sekarang saya sudah punya USB OTG SanDisk, tipe yang saya miliki adalah SanDisk Ultra Dual Drive m30, alhamdulillah setelah memiliki USB OTG SanDisk ini jadi tidak pernah kehilangan data lagi.  Memindahkan data, atau back-up data  jadi mudah dan cepat, akhirmya  jadi rajin nge back-up nya  deh hehe... Sekarang ini saya ber-smartphone bisa lebih nyaman enggak perlu lagi hapus-hapus foto, karena takut kehilangan momen, apalagi menghapus aplikasi yang sudah terinstal, enggak lagi deh...

Nah teman-teman tentu tidak ingin kejadian hilang data-data penting, foto dan video kenangan hilang terjadi lagi dan lagi kan ya...? Teman-teman bisa ikuti solusinya dengan menggunakan USB OTG SanDisk ini, kalau ingin membelinya bisa  langsung di Official Store SanDisk  ya . Sudah pasti produk yang ditawarkan di sana 100% asli dan bergaransi sesuai dengan yang tertera di bagian belakang packagingnya.

Di bagian belakang packagingnya ini juga tertera tulisan #SanDiskAPAC, ini menunjukkan bahwa garansi berlaku untuk produk yang dipasarkan di wilayah Asia Pasifik termasuk juga Australia serta Selendia Baru, O ya garansinya sampai lima tahun lho teman-teman... 

Nah teman-teman cukup sekian tulisan tentang USB OTG SanDisk Solusi Back Up Data Anti Ribet ini ya.  Besar harapan saya bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk teman-teman yang pernah mengalami kejadian kehilangan data-data penting, kehilangan foto-foto kenangan atau pun video :) #DibuangSayang 

112 komentar :

  1. Cocok nih buat HP saya yang sekarang ini lagi lemot karena kebanyakan file di dalamnya terutama foto-foto mau dihapus juga Eman nggak dihapus menu-menu yg memori HP dan SanDisk ini bisa jadi solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba ayo segera pindahan datanya pke SandDisk OTG biar ga ribet hehe..

      Hapus
  2. Sesuai nih sama soundtracknya. Walaupun hati pilu, tapi harus inget judul lagunya Pantang Mundur ya. Kan udah pake USB OTG Sandisk sekarang hehehe..

    BalasHapus
  3. OTG itu emang penting banget yah mba;) aku juga slrg pake OTG Sandisk tapi seri yang lama, dan sepertinya saya butuh OTG yang baru dari sandisk lagi nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya yang baru beli juga Ka biar banyak cadangannya :)

      Hapus
  4. Sedih banget ya Teh kalau terpaksa mesti kehilagnan data di smartphone, untung ada USB OTG SanDisk, praktis banget untuk pindahin data

    BalasHapus
  5. sebel banget kalo foto2 bisa ilang krna ga bisa disave akibat kepenuhan. perlu banget nih usb otg sandisk buat solusinya. aku mau cari ahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba mumpung belum ilang datanya belum terlambat hihi..

      Hapus
  6. Saya butuh banget nih sandisk gini, sering banget saya terpaksa menghapus foto dalam ponsel karena kepenuhan, kalau punya sandisk gini kan tinggal di back up saja ya. Mau cobain deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ngenes juga kalau kita kehilangan memori foto, saya pernah dan masih nyesek sampai sekarang, foto kami, foto anak2 sejak bayi hilang dalam sekejap gara-gara laptop rusak, emang lebih baik kalau ada data cadangan di back up ke sandisk gini ya.

      Hapus
    2. iyaMba pakai SanDisk OTG aja biar enak ngeback up nya..

      Hapus
  7. Enak itu kalau punya USB yang support OTG jadi bisa cepat transfer data juga. Tapi hpnya juga harus support OTG juga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mah hapenya sudah pada support deh kayaknya hehe..

      Hapus
    2. iya mbak hp2 baru sekarang support OTG Semua enak, jadi memudahkan penggunanya saling berbagi atau menyimpan data ya

      Hapus
  8. Ukurannya kecil tapi manfaatnya mantap banget ini mba buat memback up data-data. Soalnya aku pernah kehilangan data-data hilang di handphone karena belum sempat back up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba jangan sampai terulang lagi deh ya.. :D

      Hapus
  9. Naah aku lg cari usb yg kayak ini buat smartphone lama aku yang meski memorinya sedikit tapi udah cucok meong banget ,ales aku ganti krn satu dan lain hal..kkeurangannya cm 1 emang kapasitasnya terbatas...wah bs banget nig USB OTG sacndisk ini jd solusi, bisa buat iphone juga kan teh?

    BalasHapus
  10. Lha iya. Padahal backup data itu penting, mudah, murah dan cepat ya. Mestinya kita rajin nih ngelakuin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya apalagi pake SanDisk OTG jadi ga ribet lagi ya...

      Hapus
  11. Sandisk emang sdh terpercaya ya mbak bisa back up data dan tidak bakal kehilangan data. Saya juga pakai Sandisk untuk memperingan kinerja henpon mbak

    BalasHapus
  12. Sandisk emang sdh terpercaya ya mbak bisa back up data dan tidak bakal kehilangan data. Saya juga pakai Sandisk untuk memperingan kinerja henpon mbak

    BalasHapus
  13. So pasti anti ribet. Tinggal colokin udah beres ya Mbak. dan USB OTG Sandisk ini sungguh sangat membantu ketika kita sangat perlu ruang kosong di HP. gak perlu nyari-nyari laptop dll nya lagi. keren banget deh OTG Sandisk ini.

    BalasHapus
  14. Bener banget, harus banget ngebackup data apalagi data2 urgent. Selain otu biar si smartphone ga kepenuhan, sering banget nih Aku begini, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kalau sudah kosong jadi nyaman make hpnya juga ya ga lemot lagi hehe

      Hapus
  15. Ini pengalaman saya,Mba.. Pernah sedih banget pas lagi jalan2 saya gak bisa foto2an gegara memori pada hape saya penuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama dong kita, untung ada tmen yg mto juga tapi ga enak sih nebeng terus .. ganggu dia juga. huhu

      Hapus
  16. USB OTG Sandisk salah satu barang yang tidak boleh ketinggalan dalam melakukan perjalanan traveling ya mba. Setiap momen istimewa harus dibingkai dan daya simpan datanya harus yg mumpuni agar tak hilang. Cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba ... jangan sampe ketinggalan kalau jalan2n fofotoannya pengen asyik hehe..

      Hapus
  17. Saya termasuk yang sering menghapus dengan kecepatan cahaya, Teh. Terpaksa ngehapusin foto atau video lama supaya bisa ngambil foto dan ngerekam. Kalau ada sandisk gak perlu se-ribet itu ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh... kalau dgn kecepatan spt itu banyak foto penting kehapus juga hiks..

      Hapus
  18. Nah..ini nih yg harus kupunya agar HP gak kehabisan memori lagi hingga harus hapus file. TFS mba..

    BalasHapus
  19. betul banget teh back up data jangan sampai bikin mneyesal dan kuakui juga lebih ringkes foto ya pake HP sayang memorinya terbatas untunglah ada solusi ini ya teh jadi pengen beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk Teh saya jg sdh beli jadi terbantu banget hehe

      Hapus
  20. USB OTG pentiiing banget untuk netizen zaman now
    Jangan sampe memori kenangan/peristiwa penting hilang euyyy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia apa lagi Mba Rahma tukang jalan jauh sayang ya kalau sampai hilang..huhu

      Hapus
  21. wah SanDisk OTG memang sudah jaminan mutu ya... di rumah juga pake ini..

    BalasHapus
  22. Aduh, peryogi pisanlah saya Sandisk ini. Buat myimpen banyak data. Jadinya kan hape gak bakalan penuh dan saya gak usah sering2 hapus2. Sayang ya kalo dihapus2. Sabarahaannya? Di Marketplace aya kitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya teh peryogi pisan..hayuk atuh ulang balanja...aya di Shopee teh :)

      Hapus
  23. Iyayaa teh...sedih banget kehilangan kenangan yang terukir di memori handphone.
    Harus gercep kalau sering travelling kaya teteh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh jangan ditunda tunda geuningan huhu...

      Hapus
  24. Aku juga pakai USB ini mbak dan bagus banget untuk back up semua data dan memori di dalam hape dan hapenya enggak lemot lagi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya betul teh setuju jadi ga lemot lagi nih hp nya..

      Hapus
  25. Aaah aku jadi pengen beli flashdisk SanDisk ini. Simple banget ya. Bisa transfer data on the go.

    BalasHapus
  26. Ponsel saya kerap lemot, pas dicek baru sadar kelebihan beban data yang terlalu banyak. Berupa foto dan tangkapan layar gara-gara kerjaan saya sebagai admin dan pendiri Indonesia Saling Follow. Aa yang harus didokumentasikan, ada juga yang cukup dihapus/. Repotnya jika pindahkan data ke komputer, harus pakai bluetooth atau kabel data, bahkan kadang transfer dulu lewat WA. Repot nian.
    Jadi pengen USB OTG SanDisk.
    Garansinya 5 tahun? Flashdisk saya cuma 1 tahun.Keren, SanDisk.

    BalasHapus
  27. Super simpeeell!
    Gampil, bikin hidup lebih mudah ya Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya alhamdulillah... ada solusi sekarang :)

      Hapus
  28. Akhirnya... menemukan solusi untuk yang males ribet backup data ya Mbak, ALhamdulillah terbantu banget sama Sandisk USB OTG ini. Tahu banget lah rasanya foto-foto kenangan hilang... aku dulu malah kehilangan foto wisuda semuanya :( sedihnya kebangetan waktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh foto wisuda apa lagi ga akan terulang itu ..huhu

      Hapus
  29. perlu banget ini, hapeku ampun dah skrg low disk space mulu, pas mau rekam2 udah ga muat ya salam, gregetan jadinya

    BalasHapus
  30. Memang sebel banget kalo data penting hilang gitu aja. Jadi pengen punya jg usb satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu mba ei aja hihi..jadi kompor jg nih

      Hapus
  31. Wah sekarang udah canggih dan praktis yaa kak kalau mau pindahin file hehe. Tinggal colokka USB OTG-nya langsung deh datanya bisa dipindahin hehe

    BalasHapus
  32. Ukurannya kecil tapi teryata mampu banget buat menyimpan foto foto liburan tanpa kuatir ilang ya mba. Aku mau nyoba beli ah :)

    BalasHapus
  33. Saya baru tau nih Ada usb yyg bisa langsung dipakai ke smartphone. Memang kadang was was memori yg tersimpan di handset bisa saja hilang. Kenangan nya itubyg berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu makanya harus selalu ack up data Mba.. biar ga menyesal kayak akuh...

      Hapus
  34. Aku juga punya nih otg sandisk ini. Bermanfaat sekali ya buat back up data

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mba..bermanfaat banget ya ..alhamdulillah...

      Hapus
  35. seru banget ih teh, sandisk otg bisa dicolokin ke smartphone ya. pengen punya jadinya hehe.

    BalasHapus
  36. Sekarang back up data itu mudah betkat adanya USB OTG SanDisk. Jadilah kenangan2 kita tersimpan rapi. Gak perlu drama-drama lagi soal memori yg gak cukup

    BalasHapus
  37. yah sayang banget teh foto di Krabi sama KL hilang nyesek yak aku juga foto yang di KL euy ilang padahal belum dicetak dan dipamerin ke medsos wkwkwk *ya ampun niatnya buruk sekali pantes ilang :D

    solusinya ada sanddisk ya teh jadi pengen beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk...iya mungkin ya salah niat kita..duh ampun gusti ...

      Hapus
  38. Sedih banget kalau kenangan dari foto-foto keren di masa lalu hilang dan tak bisa dibalikin lagi datanya ya. Makanya penting banget backup data sekarang ini, biar kenangan bisa tersimpan abadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbahars jadi pelajaran banget nih beberapa kali hilang... untung sekarang sdh ada solusi nih

      Hapus
  39. Wah mantap ni tulisannya bermanfaat, ngingetin banget kalau ngebackup data itu peting banget ya..jangan sampai menyesal nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy ka..harus diambil pelajarannya nih..supaya jangan menyesal...

      Hapus
  40. Paling nyeseeek saat kehilangan data. Apalagi kalau file2 kerjaan ya mba, duuuh harus ngulang lagi. Ngulang foto, ngulang bikin video, haduduuuu... Makanya harus siap sedia USB OTG untuk menyelamatkan file yang sekiranya penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba...untung skg sdh pke SanDisk OTG :)

      Hapus
  41. Aku juga make sandisk OTG lho teh.
    USB ini memang berguna banget buatku utk back up data berupa foto dan film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alhamduillah jad ga akan hilang dat nih,insya Alloh.

      Hapus
  42. Saya juga siap-siap nih untuk membackup pakai Sandisk OTG. Soalnya HP memorynya sudah mulai penuh harus segera dikosongkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba harus cepet sbelum menyesal nanti hehe...

      Hapus
  43. memang membantu bangeeet ya mba kalua ada back up untuk penyimpanan berbagai file kita dari HP dan laptop

    BalasHapus
  44. Teh, membaca tulisan ini seakan menjawab keinginan aku.. lagi butuh memori untuk simpen data data foto nih.. banyak banget yang harus segera dipindahin dari laptop yang memorinya hampir full hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalu bnyk bisa sekalian yang 128GB aja Mba..hehe..

      Hapus
  45. Yup anti ribet dan sederhana banget mbak, apalagi aku malas banget back up data jadi gitu data sering hilang. Pakai SanDisk ini jadi aman dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. next traveling jadi lebih asik nih sudh punya sandisk OTG hehe

      Hapus
  46. Alhamdulillah ya mba ada usb otg sandisk ini kitanya jadi terbantu
    dan merasa lega nggak dibuang sayang poto2 atau video yang udah kita ambil. Tinggal simpen di otg sandisk

    BalasHapus
  47. Wah tulisannya mengingatkan banget, semoga selalu ingat untuk memback up data, SanDisk memang sudah terbukti bagus ya Ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau mengingatkan... jangan lupa selalu ngeback up data nya ya :D

      Hapus
  48. Dengan otg, soal back up data udah jadi lebih mudah ya teh. Ga perlu lg ada drama karena pernah bgt kehilangan beberapa data berupa foto2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setuju ..jauh lebih praktis nih.. jadi solusi banget :)

      Hapus
  49. USB OTG SanDisk emang mantap banget kalo buat urusan backup data
    aku juga jadi pengen yang 128 GB
    sementara sekarang aku masih pake dual drive yg 32GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama dong aku juga pengen punya yg 128GB kalau mau traveling lagi hahaha..

      Hapus
  50. Waah Mbak, saya banget nih yg kudu harus hapus aplikasi segala karena hapus foto ataupun video aja gak cukup untuk mengosongkan memori di HP, fufufuhh. Mana ngebackup nya itu kalau pas lagi ingat aja, hmm, harus segera punya OTG keren ini juga dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyamba ..harus nih sebelum terlambat... hahaha kompor deh akutu ya...

      Hapus
  51. saya pun mbaaa pernah kehilangan data, sedihnya Ya Allah melebihi ditinggal mantan nikah wkwkwkw. Sekarang jadi rajin backup aja sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk... segitunya Mba... ditinggal mantan nikah mah sakit banget itu mah...tapi tenang berarti dia ga level sama kita ..:d

      Hapus
  52. Praktis Dan Aman banget memang pakai USB OTG. Ga khawatir data kepenniluhan di HP. Saya juga pakai Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas... sama kita toss dong ..hehe :D

      Hapus
  53. Sandisk OTG memang okey Kak,,, saya jg pke nih. Membbantu sekali :)

    BalasHapus
  54. Aku juga pake SanDisk OTG ini jadi bisa nyimpen file di hp ke flashdisk lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi lebih gampang emang ga perlu tambahan kabel lagi ya :D

      Hapus
  55. Solusi backup mudah tanpa ada drama ya dg gunain USB OTG SanDisk ajax dijamin kenangan akan tersimpan rapi, eaaa..
    Btw punya saya yg Ultra Dual Drive 3.0 heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba alhmdulillah ada solusi nih hehe...

      Hapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^