blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

7 Jan 2020

10 Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan


10 Cara  Agar Tetap Sehat di Musim Hujan  Sekarang  ini saya mulai sering nonton videonya dr Zaidul Akbar tentang tips hidup sehat ala Rasulullah SAW.  Jadi diingatkan banget sih, kalau hidupku ini memang kurang sehat.  Mungkin juga terbawa gaya hidup suami yang rada cuek soal makanan sehat. Yang penting buat belio mah asal enak di mulut aja.  jadi sering jajan atau membuat makanan yang kurang sehat.  Saya kalau di oleh-olehin atau dibuatkan makanan enak mana bisa nolak atuhlah...

Sekarang mulai terasa akibatnya, saya mulai menggendats dengan cepat.  Mulai terlihat ciri-ciri tubuh yang bermasalah salah satunya jadi punya alergi.  Asalnya saya bisa makan seafood, sekarang auto gatal-gatal di badan.  Kalau menurut Zaidul Akbar salah satu cara hidup sehat harus sering lapar alias jangan banyak makan. Alhamdulillah dengan cara ini berat badan saya berangsur normal.  Lebih bermanfaat lagi kalau rajin shaum, eh tapi di musim hujan ini kan lebih sering merasa lapar ya... Ingat soal musim hujan jadinya saya menulis 10 Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan deh hehe.... 

Nah jadi apa aja dong tips agar tetap sehat di musim hujan itu?  Mengingat saat musim hujan itu udara menjadi dingin dan akibatnya perut selalu minta diisi ulang.  Kalau soal lapar menurut Zaidul Akbar lagi nih, pagi-pagi itu cukup minum air jeruk nipis hangat dicampur madu, baru kemudian makan buah.  Lapar sedikit mah belajar nahan aja ya, terus kalau ingin mendetoks tubuh katanya cukup dengan meminum air kelapa muda yang dicampur dengan kurma atau madu....

10 Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan


Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat musim hujan, ini beberapa diantaranya:

1.  Konsumsi Makanan Sehat


Ketika musim hujan, suhu udara menjadi lebih rendah hingga tubuh memerlukan banyak kalori untuk menghangatkannya.  Tubuh pun memerlukan asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit.  Oleh karena itu perbanyaklah makanan yang kaya akan vitamin C dan anti oksidan agar dapat memperkuat imun tubuh kita.

2.  Jangan Lupa Tetap Minum 


Musim hujan membuat diri kita jarang merasa haus, oleh karena itu kita harus tetap minum sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jadi harus selalu ingat untuk minum ya...

3.  Jaga Kebersihan Lingkungan


Saat hujan deras biasanya membawa sampah dari berbagai tempat yang terkadang mengendap di halaman rumah kita.  Hati-hati ya ini bisa membawa penyakit jadi harus kita jaga agar rumah kita tetap bersih karena saat musim hujan badan kita rawan terhadap segala macam penyakit.


4.  Perhatikan Pola Tidur


Udara di musim hujan yang dingin memang sering mengundang rasa ngantuk, namun kita tidak boleh mengikuti rasa kantuk ini dengan tidur yang berlebihan.  Tidur secukupnya karena kalau berlebihan akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas serta kaku pada otot.  Sebaliknya juga, jangan biarkan tubuh kita begadang atau terjaga hingga larut malam ya.  Tidur yang cukup akan memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita.

5.  Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat


Menggunakan baju yang tipis atau transparan tidak cocok digunakan di musim hujan. terlebih lagi kalau aktivitas kita banyak di luar.  Gunakanlah pakaian yang tertutup, tebal yang menghangatkan tubuh kita. 

6. Jaga Pola Makan


Selain harus mengkonsumsi makanan yang sehat, kita pun harus makan dengan teratur.  Hindari makan berlebih karena akan membuat berat badan bertambah dan beresiko munculnya berbagai macam penyakit di tubuh kita.


7.  Kelola Stress


Tumpukan baju yang susah kering, bahkan kadang muncul genangan air di berbagai tempat, sampah berserakan yang terbawa oleh air kadang membuat seseorang menjadi lebih mudah stress.  Banyak penyakit yang ditimbulkan dari pikiran lho,  Nah agar kita sehat lahir batin kita harus pandai mengendalikan stress.  Banyak cara yang bisa dilakukan tetapi cara yang paling mujarab adalah mendekatkan diri kepada sang pencipta, menerima setiap ketentuan dari Nya dengan kepasrahan dan lapang dada.

8.  Hindari Makan di Luar 


Jajan di pinggir jarang sering menjadi penyebab seseorang gampang sakit saat musim hujan seperti misalnya diare, tipes dan lain sebagainya.  Tidak ada yang bisa menjamin kesehatan dan kebersihan makanan yang dijual di pinggir jalan.  Terlebih lagi saat musim hujan dimana-mana serba becek dan tergenang air kotor.  


9.  Mandilah Setelah Tubuh Kita Kehujanan   


Hujan memang tidak auto membuat diri kita sakit. tapi airnya mungkin saja mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin saja terhirup oleh kita.  Cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus pada kulit kita.  Oleh karena itu sebaiknya kita mandi setelah basah kuyup terkena air hujan  

10.  Cuci Tangan dengan Sabun


Tangan bisa menjadi sarang virus dan bakteri sehingga bisa saja membuat kita terkena penyakit karena tidak menjaga kebersihan tangan.  Oleh karena itu jagalah kebersihan tangan kita dengan mencuci tangan menggunakan sabun.  Untuk mengantisipasi tidak sempat mencuci tangan maka bawalah hand sanitizer kemana pun kita pergi.  

Nah teman-teman itulah 10 Cara Agar Tetap Sehat di Musim Hujan ala Cerita Ida, semoga kita senantiasa sehat di musim hujan ini ya... :)


18 komentar :

  1. Air hujan memang enak buat main air hujan, apalagi anak-anak senang banget Mandi hujan.

    Memang harus segera mandi biar badan tidak sakit di musim hujan.

    BalasHapus
  2. Benar2 harus jaga kesehatan nih saat musim huja seperti ini biar nggak gampang sakit. Makasih tips nya mbak.
    Paling khawatir kalau hujannya saat anak pulang sekolah, takut masuk angin kehujanan. Sekarang selalu bawa payung lipat tiap hari ke sekolah. Tapi kalau hujannya deras, tetap aja kena hujan.

    BalasHapus
  3. Suka banget sama dokter Zaidul Akbar. Pembawaannya adem kalem. Sayapun praktekin agar tidak makan nasi pagi. Konsumsi madu juga. Dan musim hujan harus menjaga kesehatan banget ya mbak.

    BalasHapus
  4. Saya udah tepar nih Mba, kayaknya kurang istrahat hahaha.
    Langsung flu dan meler nggak karuan, ketularan si bungsu lalu saya menularkan si sulung juga.

    Yang paling saya wanti-wanti makanan dari luar sih, soalnya anak-anak juga ada riwayat pencernaan sensitif :)

    BalasHapus
  5. Biasanya kalau masuk musim penghujan ini, yg masih harus terus diingatkan itu utk mandi setelah 'mandi hujan' pada anak. Dia suka beralasan kenapa badan yang sudah basah harus diguyur air kamar mandi dulu, bukannya cukup dikeringkan saja. Duh anak2, padahal udah sering diberi informasi.
    Semoga sehat2 terus ya mba.

    BalasHapus
  6. Catet! Meski musim hujan, aku tetep doyan minum. Jajan di luar? Aku lebih milih sedia bahan makanan yang banyak. Pas laper langsung eksekusi

    BalasHapus
  7. Urusan minum bisa jadi pr saat musim hujan. Saya jadi suka sedikit minumnya karena jarang haus. Jadinya memang harus diingetin terus

    BalasHapus
  8. Ahhh iya poin kedua itu bener banget mba. Kadang pas musim ujan kan hawanya dingin jadi bikin males minum. Padahal tubuh kan tetep butuh cairan ya.. mungkin emang kudu disiasatin nih. Salah satunya dengan infused water atau air anget...

    BalasHapus
  9. Tiap musim hujan aku oasti diare padahal rajin cuci tangan. Memang sih masih jajan di luar meski sudah jarang. Mungkin jajannya harus distop sama sekali ya

    BalasHapus
  10. Daku kemarin pas kecolongan pake jajan di luar dan akhirnya diare mbak

    BalasHapus
  11. bener, penting untuk mandi tiap kali abis kena air ujan,,,

    aku srg ngrasain pusing klo abis kena ujan padhl ya pakai mantel atau jas ujan kak


    trims kak artikelnya

    BalasHapus
  12. Di musim hujan memang kita harus hati - hati dengan penyakit yang mengintai ya. Kalau bisa menjaga kebersihan selalu insya Allah jauh dari penyakit

    BalasHapus
  13. Duh, aku nih kacau jam tidur. Jadinya badan sering gak fit. Kena ke lambung dan usus juga. Kudu lebih dijaga ya kalo di musim hujan kayak sekarang.

    BalasHapus
  14. Pola makan memang penting ya mba untuk diperhatikan. Aku juga terpengaruh oleh kesantaian suamiku nih, senang banget ngajakin jajan mulu hehehee.. Semoga bisa mengimbangi dengan kegiatan fisik yang cukup untuk membakar kalori.

    BalasHapus
  15. Musim hujan begini memang perlu ditingkatkan perhatian kita pada kesehatan tubuh ya, mulai dari menjaga kebersihan sampai pola makan dan pola tidur juga. Mana lagi udara dingin terus, kadang siang juga ikutan mendung, wah tambah rentan dah. Aku biasanya punya tanda sih, pokoknya kalau pas kedinginan, lalu udah mulai bersin-bersin sampai belasan kali, nah itu jadi tanda kalau daya tahan tubuhku drop. Cepat-cepat dah minum jeruk panas dan biasanya manjur

    BalasHapus
  16. Tipsnya bermanfaat nih Teh. Apalagi buat emak-emak kayak aku. Sekarang perasaan mudah banget masuk angin

    BalasHapus
  17. Terima kasih Mba Ida cara jitu menghadapi musim penghujan yang banyak sekali rentan terhadap penyakit ya Mba. Tikus jadi muncul di rumah duh. Pakaian yang tebel juga penting banget, asli musim penghujan bikin kedinginan. Selamat menjaga kesehatan teman2

    BalasHapus
  18. Mandi setelah hujan itu uth mbak yang jarang banget saya lakuin, hehe keburu kedinginan, nyentuh air kaya nyentuh apaan gitu rasanya hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^