blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

16 Jan 2020

Blogger dan Peluangnya


Blogger dan Peluangnya  Sebenarnya sekarang ini saya sudah mulai memilah-milah pergi keluar untuk acara blogger.  Sedikit dikurangi karena mulai betah jadi orang rumahan hehe... Eh bukan begitu sih, sekarang mulai lebih asyik berorganisasi. Organisasi yang bukan berbasis keagamaan jadinya menemukan suasana yang benar-benar baru.  Bertemu banyak orang dengan beragam tipikal.  Seperti awal pertama terjun di dunia bloging, kembali kini bertemu dengan orang yang berbeda.  Jadi memperkaya dan memperluas pengalaman bergaul.

Namun di balik keputusan tersebut akhirnya saya jadi banyak ketinggalan baik dari segi pengalaman, ilmu dan juga materi.  Sedikit banyak peluang untuk mendapatkan pengetahuan atau job pun berkurang.  Tapi itu tidak menjadi masalah karena untuk mendapatkan wawasan atau menambah pengetahuan perbloggan kini tanpa hadir di acara offline pun bisa didapat secara online.

Tips Mendapatkan Peluang Menambah Ilmu Melalui Internet


Bagaimana caranya tidak pergi ke acara workshop tapi tetap mendapat pengetahuan?  Ini ada beberapa cara yang saya lakukan.

  • Bergabung dengan grup WAG, ada beberapa grup WAG yang saya ikuti khusus tentang blog dan sosial media.  Yang paling banyak memberi pengetahuan atau share keilmuan sih di WAG yang diketuai Teh Ani Berta yaitu grup ISB (Indonesian Social Blogpreneur).  Alhamdulillah banyak mendapat pengetahuan bahkan terkadang job di grup ISB ini.
  • Ikut pelatihan online berbayar di WAG.  Ada beberapa pelatihan WAG yang berbayar yang pernah saya ikuti.  Lumayan lebih nyantai disesuaikan dengan waktu luang kita.  Kendalanya kadang kalau sudah numpuk informasinya jadi agak sulit memahaminya.
  • Mencari pengetahuan dengan bertanya kepada yang lebih senior atau teman yang memang lebih ahli.
  • Menambah pengetahuan melalui membaca.  Baik dari buku maupun dari internet.
  • Belajar dari pengalaman yang kemudian diambil pelajarannya.
  • Melalui blogwalking, dengan membaca blog teman-teman.  Mengambil pelajaran yang bisa diambil dari tulisan para blogger lainnya.

Jadi di zaman sekarang kita tidak perlu khawatir kalau tidak bisa banyak keluar.  Hal ini mungkin banyak dialami oleh teman-teman yang masih memiliki balita yang belum bisa ditinggalkan.  Banyak cara untuk mendapatkan peluang ilmu ataupun bahkan job melalui cara online.  Walau memang belajar melalui internet ada beberapa kendala yang harus kita atasi.

Belajar online terkadang sulit untuk fokus karena memang banyak gangguan terutama kalau lingkungan dan waktu yang tidak kondusif.  Hp kita jadi banyak notif, sering pegang Hp terus, sering online, batrai cepat lowbat, miss comunication, harus mengeluarkan budget ekstra untuk internet itu adalah beberapa kekuarangan belajar melalui internet.

Namun percayalah kekurangan ini tidak akan jadi masalah kalau kita memang memiliki semangat yang tinggi mencari ilmu.  Sebagai Blogger dan Peluangnya akan diraih dengan memunculkan dan memupuk motivasi dan kesadaran untuk terus menambah keilmuan kita. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^