blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

8 Jan 2020

Cara Jitu Meningkatkan Minat Membaca


Saya pernah menulis tentang Cara Jitu Membuat Anak Gemar Membaca tapi semangat membaca saya sendiri merosot jauh.  Hobi saya setelah menikah adalah menumpuk buku tapi kemudian hanya menjadi koleksi saja, atau paling banter dibaca tapi tidak selesai.  Padahal waktu membelinya semangat ingin membacanya, tapi sesampai di rumah dengan seabreg pekerjaan rumah akhirnya keinginan membaca menjadi sekedar wacana saja.


Kini setelah anak-anak beranjak besar, saya mungkin tidak serepot sewaktu anak-anak masih kecil dulu.  Namun ternyata meski begitu, kini waktu saya malah banyak digunakan untuk kesibukan berorganisasi.  Sibuk di kepanitiaan beberapa acara menjadi alasan saya untuk tidak mengalokasikan waktu untuk membaca.  Padahal sebetulnya mungkin motivasi saja yang kurang ya..huhu...

Dan ternyata memang secara umum minat membaca masyarakat Indonesia dibanding negara Asia lainnya masih sangat rendah.  Padahal sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam yang ayat pertama yang turun dalam kitab sucinya adalah perintah membaca.  Miris ya....Sebuah surat kabar di tahun 2010 menyebutkan bahwa indeks membaca masyarakat Indonesia sekitar 0.001 yang artinya dari 1000 orang Indonesia hanya 1 yang memiliki minat yang sangat tinggi terhadap membaca.


Sementara itu negara tetangga kita Singapura memiliki indeks membaca yang cukup tinggi yaitu 0,55 jadi dari 100 orang Singapura ada 55 orang yang memiliki semangat yang tinggi terhadap membaca.  Sedangkan Amerika Serikat memiliki indeks membaca 0,45. Pada bulan Maret 2016 berdasarkan daftar World's Most Literate Nations Ranked dari penilitian yang dilakukan  President Central Connecticut State University Amerika Serikat John W Miller Indonesia menempati posisi 60 dari 62 negara.


The more that you read, the more things you will know. – Dr. Seuss
Saking pentingnya membaca ada pepatah yang mengatakan  "Kita 5 tahun yang akan datang adalah buku yang kita baca hari ini.."  Toko-tokoh sukses, orang terkemuka di dunia ternyata selalu meluangkan waktunya untuk membaca.  Nah jadi apa dong yang harus kita lakukan agar memiliki semangat yang tinggi untuk membaca?  Ada beberpa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan semangat membaca antara lain adalah:

  • Berusaha menghadirkan motivasi untuk selalu semangat membaca.  Motivasi menjadi penting karena inilah motor yang membuat kita bergerak
  • Mengalokasikan waktu khusus untuk membaca.  Hal ini merupakan proses yang perlu kita latih mulai dari durasi yang sebentar saja misalnya 10-15 menit tetapi disiplin untuk rutin melakukannya, buatlah hukuman untuk diri bila lalai terhadap komitmen yang sudah kita tancapkan dalam diri.
  • Rajinlah ke toko buku, belilah buku kita rasa menarik.  Hal ini akan membuat kita termotivasi dan terpaksa membaca karena buku yang kita beli menarik dan juga tentu merasa sayang sudah mahal-mahal beli tapi tidak kita baca
  • Manfaatkan waktu luang.  Sebetulnya waktu luang akan selalu ada, seperti saat-saat harus menunggu misalnya.  Gunakan waktu itu untuk membaca.
  • Bawalah selalu buku kemana kita pergi jadi saat kita tak mempunyai aktivitas lain, kita akan  menggunakan waktu untuk membaca
  • Belajar Effective Reading.  Survey menyebutkan bahwa hanya satu persen orang yang  kemampuan membacanya meningkat dibandingkan saat masa di sekolah dasar.  Jadi kita perlu meningkatkan kemampuan membaca kita melalui tips-tips yang bisa kita baca di internet misalnya.  Atau juga bisa mengikuti training atau kursu Effective Reading.
  • Bergabung dan berdiskusi dengan komunitas.  Berada dalam komunitas yang memiliki semangat membaca tinggi akan membuat kita tertular dan mulai bersemangat untuk membaca.  

Nah teman-teman semoga tulisan Cara Jitu Meningkatkan Minat Membaca ini bisa membantu kita untuk kembali bersemangat tinggi untuk rajin membaca buku yang bermanfaat.


3 komentar :

  1. Salah satu motivasi yang saya ciptakan buat membaca kalau saya menciptakan kebutuhan. Karena kalau butuh otomatis mau ga mau baca juga, hahahha

    BalasHapus
  2. Ashiyaaapp..hatur nuhun ah tipsnya..
    Ceritanya guwe banget, hehe

    BalasHapus
  3. Saya sepertinya perlu belajar effective reading. Soalnya saya termasuk pembaca yang lambat. Satu buku saja bisa selesai dalam beberapa waktu.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^