**/ Cerita Ida : 7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Apr 2019

7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online


7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online    Saat ini kita memang ada pada zaman yang sungguh luar biasa.  Dengan teknologi yang terus berkembang dengan cepat, kini kita berada di dunia yang seolah tanpa sekat.  Terhubung dengan berbagai negara di seluruh pelosok dunia hanya dengan sebuah perantara  bernama internet.  Tentu saja ada banyak manfaat atau peluang yang bisa dipetik dengan kondisi ini. Sebuah kesempatan emas terbuka lebar, kita bisa menjadi pebisnis online dengan target pasar seluruh manusia di pelosok bumi ini.


Mengapa Usaha Online Kita Gagal ?


Berjualan online menjadi sebuah peluang besar bagi kita untuk bisa berbisnis ria karena memiliki potensi yang luar biasa.  Dan mengamati kondisi seperti ini dan banyak emak-emak berdaster yang sukses menjadi pedagang online, akhirnya saya dan suami mencoba kesempatan ini.  Tidak muluk-muluk karena kami berdua sibuk, akhirnya untuk awalan kami mencoba menjadi dropshiper sebuah produk. Jadi hanya tinggal mempromosikan barang dan memesankan barang kepada produsennya, urusan produksi, pengepakan dan pengiriman barang mereka yang mengatur.

Tapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan, berbulan-bulan penjualan kami nihil.  Ternyata peluang besar berjualan online itu diiringi juga dengan kompetetor yang besar pula.   Kemudahan berjualan online ini mengundang banyak orang untuk memanfaatkan peluang ini.  Alhasil bila tidak memiliki ilmunya kita bisa tergilas dan tidak akan berhasil di bidang ini.

Awalnya selama berbulan-bulan kami memanfaatkan instagram sebagai etalase penjualan kami.  Namun karena penjualannya tidak bagus akhirnya kami berusaha mencari tahu.  Kami bertanya kepada produsen siapa yang paling besar penjualannya.  Setelah kami ketahui kami mencari tahu apa kelebihan sang 'kompetitor' sehingga memiliki penjualan yang luar biasa.


Pentingnya Website untuk Usaha Online


Ternyata setelah kami cari tahu kami jadi paham bahwa untuk berjualan online tidak semata bisa mengandalkan berjualan di instagram saja.  Sang kompetitor yang memiliki penjualan dahsyat itu memilliki sebuah toko online alias website yang dikelola secara profesional hingga terlihat begitu menarik.

Tahulah kami akhirnya bahwa untuk berjualan online harus memiliki website sebagai etalase yang bisa menarik hati sang pembeli.  Sistem penjualan online yang rawan tipu menipu ini membuat para pembeli berusaha mencari penjualan yang dapat dipercaya.  Website ini ibarat sebuah toko tempat kita memperlihatkan barang dagangan kita.

Akhirnya kami pun membuat sebuah website hosting Indonesia, mengoptimasinya dengan baik sehingga berada di page one dengan kata kunci yang banyak dicari konsumen potensial.  Alhamdulillah kini berjualan online menjadi sebuah mata pencaharian yang bisa membantu menambah penghasilan kami,  Walau penjualan kami masih belum sebanyak kompetitor kami, kami bersyukur dengan kondisi ini.

Berdasarkan pengalaman ini saya jadi paham pentingnya website hosting yang memiliki cloud hosting yang bisa dipercaya.  Penting sekali ini karena dengan cloud hosting yang bisa dipercaya membuat website kita bisa berdiri kokoh tidak down saat banyak yang mengaksesnya.  Kebayang banget kan ruginya kalau saat banyak yang mengakses website kita menjadi down hingga tidak bisa diakses.  Tentu membuat para calon pembeli kecewa dan tidak jadi belanja di toko kita.

7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online


Supaya lebih jelas lagi baiklah saya akan menulis beberapa manfaat website untuk usaha online kita.

Pembeli Membutuhkannya


Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% dari para pembeli menginginkan penjual itu memiliki website.  Mereka langsung mengklik website resmi produk yang mereka inginkan.  Dengan mengklik websitenya mereka berharap mendapatkan banyak informasi tentang produk baik dari harga, sepesifikasi, cara pembayaran dan proses pengiriman.

Pesaing Kita Memilikinya


Seperti yang saya ungkapkan di atas ternyata dropshiper dengan penjualan terbesar memiliki website yang sangat profesional.  Ini tentu saja menjadi selling point tersendiri, terbukti dengan hasil penjualannya yang besar.  Tak bisa dipungkiri, kalau kita di posisi pembeli juga akan melihat profesionalitas usahanya untuk menghindari kerugian atau bahkan penipuan.

Meningkatkan Kredibilitas 


Dengan memiliki website kredibilitas usaha meningkat, karena para pelanggan lebih percaya kepada penjual yang memiliki website.  Mereka akan berpaling ke pesaing kita yang memiliki website apabila kita tidak memiliki website. Dengan memiliki website terkesan lebih serius, profesional dan lebih dapat dipercaya.

Jadi para pengusaha online sebaiknya memiliki website, tapi jangan asal website apalagi kalau pakai website gratisan kredibilitasnya langsung merosot karena dianggap tidak serius berbisnis. Milikilah website hosting dengan tampilan yang profesional hingga memberikan tingkat kepercayaan yang besar pada usaha kita.


Menghemat Uang


Dengan memiliki website berarti kita telah menghemat uang kita, lho kok bisa..?  Bukannya dengan membuat website kita harus mengeluarkan uang untuk membuat website hosting ?  Memang kita harus mengeluakan biaya tetapi hal ini setara dengan apa yang akan kita dapatkan.

Dengan memiliki website sendiri secara tidak langsung kita telah berinvestasi jangka panjang membangun toko di dunia maya.  Ketika kita bisa melihat pasar potensial yang dapat kita capai dengan website, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan usaha kita.


Mudah Diakses


Dengan memiliki website kita bisa berbisnis selama 24 jam dalam sehari, karena inilah kelebihan bisnis online.  Dengan kondisi gaya hidup yang serba sibuk sekarang, kelebihan ini menjadi selling point yang besar.  Website kita bisa diakses kapan pun pelanggan potensial kita. Tidak semua orang bisa berbelanja siang hari ada orang-orang yang baru bisa meluangkan waktu untuk belanja di malam hari.

Menghemat Waktu 


Dengan adanya website, kita bisa memberikan banyak informasi tentang produk atau jasa kita secara lebih efektif.  Karena tanpa adanya website kita harus repot-repot bertatap muka, menelepon, mengirim brosur atau email kepada pelanggan kita.  Website sangat menghemat waktu kita.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas


Website merupakan tempat yang bagus untuk mempromosikan produk kita.   Daya jangkaunya akan lebih luas karena produk kita bisa diakses secara global.  Pengalaman membuktikan dengan adanya website ternyata pembeli produk tidak sebatas pelanggan yang di sekitar kita saja. Inilah kelebihan usaha  online dari usaha offline yang ruang jangkaunya jauh lebih terbatas. Usaha Online bisa menjangkau ke luar, kota, provinsi, pulau bahkan ke luar negara kita,   Asyik juga ya pasar kita menjadi sangat luas.

Sebetulnya masih banyak lagi kelebihan lain yang menunjukkan pentingnya website untuk usaha online kita tapi beberapa point di atas juga sudah memperlihatkan betapa pentingnya website untuk kemajuan usaha online kita.  Berdasarkan pengalaman ini saya pun jadi paham pentingnya website hosting yang memiliki cloud hosting yang bisa dipercaya seperti Qwords.

Cukup sekian dulu ya, berharap semoga tulisan 7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online  ini bermanfaat ya teman-teman.. :)

23 komentar :

  1. Jadi pengen buka usaha setelah baca artikel ini. tadinya masih takut2 buat buka usaha online. takut orang ga percaya, takut ga kehadel, takut ga laku dan ketakutan2 lainnya.

    BalasHapus
  2. Betul juga ya Mbak, kalau dipikir-pikir biaya untuk hosting pun jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa toko offline ya.... :) Semoga bisnisnya lancar ya Mbak Ida....

    BalasHapus
  3. Aku juga suka kalau liat katalog or intip harga di website teh.. lebih seru dan komplit

    BalasHapus
  4. Semoga usahanya semakin lancar dan sukses dengan website barunya ya mba..

    BalasHapus
  5. Web site aja gak cukup. Perlu perawatan dan optimasi search engine

    BalasHapus
  6. Bener banget nih mba, untuk keperluan promosi dan bisa nangkring cantik di google memang perlu bikin website usaha. Dulu pertama kali aku ngeblog juga untuk promosi dagangan sebenarnya. Sayangnya sekarang bisnis craftku lagi mati suri. :(

    BalasHapus
  7. Benar banget mba Ida, kalo mempromosikan lewat webiste bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Suamiku juga mulai melirik ide saya tentang promo lewat web. LAgi milih nama domain nih

    BalasHapus
  8. memiliki usaha online memang bagusnya sih punya website khusus, saya pernah punya toko online dan membuat website khusus dan Alhamdulillah jadi bertambah ramai.

    BalasHapus
  9. Sempat terpikir mau bikin web untuk usahaku lho, Mbak. Cuman belum ada energi untu maintain. Smoga suatu saat nanti bisa. Sukses ya Mbak

    BalasHapus
  10. Penting banget memang ya kalau punya usaha online ya kudu punya website buat promo dan profil kita.

    BalasHapus
  11. Kami punya usaha online tapi belum maksimal nih teh. Mau serius menggarap webnya ah

    BalasHapus
  12. sebagai customer yang doyan beli online emang paling suka kalau jualan ada websitenya teh apalagi kalau di instagram mah suka ada yang di private makesin jadinya hahaha

    BalasHapus
  13. Menjangkau pasar lebih luas ini yang sangat bermanfaat untuk usaha online. Berbeda jaman dulu usaha masih door to door atau nunggu di lapak. Nah, sekarang kalau sudah ada online jadi lebih bisa menjangkau di ujung Indonesia sekalipun.

    BalasHapus
  14. Senang sekali kalau usaha kita juga diimbangi dengan catatan yang apik di website ya mba. Ini yang oke banget

    BalasHapus
  15. Setuju banget. Dunia usaha tanpa website, hari gini bisa tergerus. Semua orang nyari apa pun, kini pasti secara online.

    BalasHapus
  16. Website will be the best way of finding all the information and details you need in a fun way. So if you have online business I think website is compulsory

    BalasHapus
  17. Iya alasan2 itu tepat teh, sama mau nambahin kalau kita punya website sendiri utk jualan, jd bikin toko online kita terlihat profesional dan lebih terpercaya gtu jg :D

    BalasHapus
  18. Aku lagi ancang ancang buat punya website juga nih mba
    buat usahaku, tapi masih kecil keclan sih
    makasih tipsnya ya Mba.

    BalasHapus
  19. Aku beneran baru sadar, teh...
    Kalau pengusaha online itu harusnya lebih perhatian pada hal-hal kecil macam begini yaa..
    Inovasi dan kecekatan dalam melihat pasar.

    Salah satunya dengan memiliki website yang bisa diakses siapa saja dengan mudah.

    BalasHapus
  20. Wahhh ternyata banyak manfaat yang diperoleh penjual online bila membuat website untuk tokonya yaa, Mba.

    Saya pun lebih suka berbelanja di website sih, kesannya lebih profesional aja dibanding belanja di lapak pribadi :)

    BalasHapus
  21. Setuju banget kalau untuk usaha ya harus modal juga ya kak buat hostingnya.

    BalasHapus
  22. Iyess website emang hrus ada utk meningkatkan potensi peningkatan jualan ya Mba. Noted Mba

    BalasHapus
  23. Semenjak jualan sepatu online .Saya kepikiran untuk membuat website hanya saja masih terkendala banyaknhal mbaaakk...

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^