**/ Cerita Ida : Tips Membeli Rumah untuk Pengantin Baru

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

29 Apr 2019

Tips Membeli Rumah untuk Pengantin Baru


Tips Membeli Rumah untukPengantin Baru   Hari minggu kemarin pulang dari nikahan.  Jadi pengen cerita tentang pengantin baru.  Bukan..bukan tentang romantisme pengantin baru atuhlah ... hahaha...  Mau cerita tentang rumah setelah menikah.  Meski bagaimana pun keadaannya rumah memang penting untuk dipikirkan. 



Rumah saat ini merupakan kebutuhan utama, apalagi bagi mereka pasangan pengantin baru, membeli rumah tentunya akan menjadi sebuah prioritas utama untuk dimiliki, karena di dalam rumah  tersebutlah kita bisa membangun keluarga yang harmonis.

Namun tentunya membeli rumah bukanlah hal yang mudah, butuh komitmen dan kemauan yang kuat untuk membelinya. Apa lagi harga rumah setiap tahunnya terus merangkak naik, terutama untuk di kawasan perkotaan.         

Nah untuk teman-teman yang saat ini berstatus sebagai pengantin baru dan berencana untuk membeli rumah dijual, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.  

Tips Membeli Rumah untuk Pengantin Baru

Menabung


Langkah pertama yang dilakukan adalah menabung, sebisa mungkin untuk bisa menyisihkan penghasilan sebesar 30 persen untuk ditabung. Agar tidak tercampur, sebaiknya teman-teman membuat rekening tabungan khusus untuk membeli rumah dijual nantinya. Uang tabungan ini tentunya akan sangat bermanfaat terutama untuk membayar uang Down Payment (DP) rumah dijual.  


Jangan Gunakan Kartu Kredit


Jangan terpikirkan untuk menggunakan kartu kredit, hal ini sangat penting, karena semakin sering menggunakan kartu kredit maka kewajiban untuk membayar tagihannya pun semakin besar.     

Jangan Mengontrak


Jika belum memiliki rumah, sebaiknya jangan mengontrak, hal ini sangat penting, karena jika mengontrak maka kita harus menyisihkan uang untuk membayarnya. Untuk mengontrak dalam sebulan, setidaknya kita harus menyisihkan uang sebesar 1 juta. Padahal jika uang 1 juta tersebut dikumpulkan dalam beberapa bulan, teman-teman bisa men-DP hunian bersubsidi murah yang dibanderol 150 jutaan. Nominal tersebut juga dikatakan merupakan cicilan per bulan untuk rumah bersubsidi.

Carilah Promo DP Ringan  


Saat ini banyak pengembang rumah dijual yang menawarkan promo pembayaran DP rumah ringan, bahkan ada beberapa pengembang uang menawarkan promo pembayaran DP 0 rupiah. Rajin-rajinlah untuk membuka portal properti karena di sana pencari akan bisa menemukan update terbaru tentang program promo yang sedang diadakan oleh pengembang.     

Gunakan KPR


Jika tidak cukup memiliki dana untuk membeli rumah dijual, bisa menggunakan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari perbankan. Saat mengajukan KPR, pilihlah bank yang menawarkan suku bunga yang ringan, karena hal ini akan sangat meringankan beban ketika mencicilnya.

Namun jika memang cicilan pembayaran KPR dirasa masih memberatkan, teman-teman bisa memilih program KPR Subsidi, program ini memang sengaja diperuntukan untuk mereka Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).  bunga KPR subsidi hanya sebesar 5 persen fix hingga masa tenor selesai. Tidak hanya uang pembayaran DP pun juga sangat ringan, yakni hanya 1 persen. Tetapi, untuk mengikuti program ini,  kita harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah gaji maksimal 4 juta, belum memiliki rumah dan berstatus sebagai karyawan tetap.   
           
Nah itulah Tips Membeli Rumah untuk Pengantin Baru ala blog Cerita Ida, semoga bermanfaat ya teman-teman :)

1 komentar :

  1. Asa kabita pengen rimah mungil cukup untuk 12 anak dan 20 incu kumaha yaa . . . #mikiiir

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^