**/ Cerita Ida : Bisnis Kuliner Sukses dengan Aplikasi SPOTS

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

3 Mei 2019

Bisnis Kuliner Sukses dengan Aplikasi SPOTS

Sukses Bisnis Kuliner dengan Aplikasi SPOTS   Kalau  ingat saat pertama kali bisnis kuliner di samping rumah, jadi miris deh.   Rumah makan yang dibuat demikian cantik dengan dinding kaca dengan air yang mengalir.  Dedaunan hijau meski bukan asli tapi menambah cantik suasana rumah makan idamanku.  Kalau sekarang mungkin disebut istagramable ya...hehe.  Waktu itu belum ada istagram jadi gak dipake selfi-selfi an, ah ayang foto kenangannya hilang.  Jadi engga ada bukti foto nih saya pernah punya rumah makan cantik hehe...gak ada bukti kalau saya pernah bisnis kuliner

Bisnis Kuliner


Bisnis Kuliner Tidak Semudah yang Dibayangkan


Rumah Makan Ida dan Angi (hahaha namanya alay banget yah...entah lah mengapa suami memberi nama yang aneh itu ya..) sayang tidak berumur panjang.  Banyak faktor mengapa bisnis kuliner pertamaku ini hanya seumuran jagung.  Hal yang utama  karena urusan manajemen keuangannya yang tidak kumenej dengan baik. Terlebih ada usaha lain berupa laundry kiloan yang membutuhkan tempat lebih luas akhirnya kami memilih fokus pada salah satu usaha saja yaitu laundry kiloan. Melupakan bisnis kuliner yang diusahakan dengan susah payah dan modal yang tidak sedikit

Terhun di bisnis kuliner ternyata tidak semudah yang dibayangkan.  Saya yang waktu itu pertama kali terjun ke dunia usaha langsung memegang dua jenis usaha merasa kelimpungan.  Manajemen usaha dan manajemen keuangan saya masih parah banget.  Padahal background pendidikan saya adalah akuntansi keuangan.  Setidaknya harusnya paham dalam manajemen keuangannya, tapi tetep saja saat tataran prakteknya saya kebingungan.

Secara teori saya paham bahwa dalam bisnis kuliner harus memiliki pembukuan.  Terutama pencatatan keuangan makanan apa saja yang terjual.  Tapi mencatatnya bikin pusing karena pembeli yang berjejal di waktu-waktu khusus seperti makan siang.  Membuat keteteran untuk mencatat setiap transaksi yang masuk. Ditambah lagi kesulitan mencari pegawai yang bisa dipercaya memegang bagian keuangan.  Tanpa pencatatan yang baik rawan sekali terjadi keculasan dari pegawai yang tidak jujur.  Dan itu memang terjadi berulang kali.

Sukses Bisnis Kuliner dengan Aplikasi SPOTS


Saat saya menemukan sebuah aplikasi bernama SPOTS saya jadi ingin kembali ke masa lalu, dan  mengulang semua kesalahan dalam menata bisnis kuliner yang pernah terjadi.  Sebagai mantan  wirausahawan yang pernah terjun di bisnis kuliner.  Selain itu juga paham tentang manajemen keuangan dan akuntansi keuangan secara teori,  saya suka banget dengan aplikasi SPOTS ini.  Jatuh cinta pada pandangan pertama rasanya.  Semua yang saya butuhkan saat bisnis kuliner dulu ada dalam aplikasi ini.

Bisnis Kuliner


Apa itu SPOTS ?



SPOTS  singkatan dari Sistem Point Of Sale merupakan perangkat yang multifungsi dari GOJEK untuk memenuhi kebutuhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Mulai dari menerima pesanan GO FOOD pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

Bagaimana dengan Biayanya? 


Harga SPOTS ini ternyata sangat terjangkau, untuk biaya aktivasinya hanya Rp 290.000 saja.  Sedangkan untuk biaya pemeliharaannya hanya perlu Rp 2.900,- saja.  Dengan aplikasi kasir SPOTS ini tentu saja bisa menghemat waktu dengan meminimalisasi tugas-tugas penjualan sehari-hari.  Kebayang kan kalau harus secara manual, ga bisa deh pasti keteteran terutama pada saat ada antrian pembeli.

Dengan biaya di atas pengusaha bisnis kuliner sudah bisa mendapatkan perangkat mesin kasir yang dilengkapi dengan printer resi hingga kita tidak perlu lagi membeli perangkat pelengkap lain.  Penasaran dengan aplikasi kasir online SPOTS untuk bisnis kuliner teman-teman...? Coba saja cek website SPOTS ya... :)

Fitur Apa Saja kah yang Ada dalam Aplikasi Kasir Online SPOTS ini ?


Mengatur Menu 


Fitur ini berisi nama menu yang bisa kita isi secara manual atau impor menu Go Food, atur jumlah, foto harga dan juga mengatur kategori menu yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam bisnis kuliner.

Menerima Pesanan GO-FOOD


Dengan fitur ini kita akan mendapatkan notifikasi secara real time saat ada pesanan GO-FOOD masuk.  Hal ini juga berlaku bagi para partner GO FOOD yang sudah terdaftar sebelumnya.

Menerima Pembayaran GO-PAY dengan kode QR


Fitur yang memberikan kemudahan yakni bisa membayar hanya dengan cara men scan kode QR sehingga dana bisa langsung masuk ke akun GO-PAY kita.

Mencatat Ragam Tipe Pembayaran


Dengan adanya fitur ini kita mendapatkan catatan tipe pembayaran yang sering dilakukan, apakah melalui kartu kredit atau debit, OVO, t-cash dan sebagainya.

Mencetak Tanda Terima


Mesin kasir ini sudah bisa mencetak tanda terima atau resi sehingga tidak memerlukan perangkat printer tambahan.

Mendapatkan Laporan Harian


Dengan Fitur ini kita sebagai pelaku bisnis kuliner dapat memonitor perkembangan omzet melalui rekapan yang dapat dipantau dari aplikasi.  Dengan fitur ini pengusaha atau pelaku bisnis kuliner tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual karena SPOTS akan mengirimkan rekap transaksi setiap hari melalui email.

Bisnis Kuliner


Keunggulan Aplikasi Kasir Online SPOTS



Banyak hal yang bisa kita peroleh dengan menggunakan aplikasi ini.  Dari kegagalan bisnis kuliner yang pernah saya alami aplikasi kasir online SPOTS ini sungguh merupakan solusinya.  Beberapa keunggulan itu antara lain adalah:

1.  Memberikan kenyamanan dalam memonitor usaha, dengan aplikasi kasir online ini pelaku bisnis kuliner dapat memantau usahanya kapan dan dimana pun dia sedang berada.

2,  Mudah dan aman dalam menerima pembayaran baik melalui GO-PAY maupun menggunakan metode pembayaran lain tanpa ribet

3. Mesin kasir otomatis merekap semua transaksi hingga pelaku bisnis kuliner tidak perlu melakukan perhitungan manual.


Testimoni Pelaku Bisnis Kuliner 


Salah satu testimoni pemakai aplikasi ini mengungkapkan:

Hal yang paling membantu kami sebagai pengusaha atau pelaku bisnis kuliner  yang baru memulai mengembangkan usaha adalah masalah pembukuan, sehingga kami tidak perlu repot-repot mencatat transaksi setiap hari, karena sudah direkap oleh mesin kasir SPOTS dan kami tinggal terima laporannya setiap hari via email.

Terima kasih SPOTS

Hilmy Fauzy
Pemilik Thaiyo, Warakas


Begitulah teman, tulisan Cerita Ida tentang Sukses Bisnis Kuliner dengan Aplikasi SPOTS ini, semoga memberikan manfaat bagi siapa pun yang membacanya,





55 komentar :

  1. Aplikasi SPOTS ini memudahkan sekali yaa khusus utk pelaku usaha UMKM juga bisa ya, Teh. Apalagi sekarang warung makan juga udah pada berstiker Go Food. Jadi memudahkan deh buat laporan harian juga.

    BalasHapus
  2. Wah teteh pernah punya rumah makan, andai saja sekarang masih ada ya bisa direview rame - rame tuh. Terus sekarang mah enak ada SPOTS yang bisa bantuin urusin pembukuannya

    BalasHapus
  3. SPOTS itu penemuan mutakhir, deh.bisnis makanaan (dan bisnis apa pun) jadi nggak perlu repot cari kembalian. =)

    BalasHapus
  4. Aplikasi SPOTS ini lagi ngehits banget ya. Banyak yang terbantu pengusaha kuliner karenanya.

    BalasHapus
  5. Cuma Rp 290.000 teh Ida? Duh murah pisan

    Andaikan bisnis kuliner teh Ida masih ada, mau da munggahan dan bukber disana. bakal asyik ya?

    BalasHapus
  6. Gak berhenti kagum dan salut ama inovasi GOJEK dalam membantu para pebisnis dengan berbagai ide kreatifnya.

    Keren banget deh SPOTS ini, bener2 membantu para pebisnis khususnya bisnis kuliner.

    Apalagi dengan adanya fitur laporan harian, makin mudah deh mengontrol bisnis :)

    BalasHapus
  7. inovasinya GOJEK itu yaa ga kelar-kelar. Setelah uninstall khawatir, fitur chat, sekarang juga punya produk SPOTS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu...
      Gojek sedang gencar berinovasi.
      Semoga makin menebar kemudahan dan manfaat.

      Hapus
  8. Keren ya aplikasi dan alat SPOTS ini. Bikin UMKM jadi kekinian. Udah gitu alatnya ringkes dan sederhana. Murah juga deh ya biayanya

    BalasHapus
  9. Keren banget ya inovasi Gojek ini makin memudahkan para UMKM kuliner buat mengembangkan bisnisnya. Bisa bantu pembukuan juga.

    BalasHapus
  10. Pakai aplikasi spots ini beneran membantu para pelaku bisnis ya.. laporan keuangannya juga jadi lebih rapi ya.. sangat membantu banget ini bagi yang baru memulai bisnis.. sekaligus belajar juga memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan bisnis khususnya bisnis kuliner

    BalasHapus
  11. Sudah banyak banget ya warung makan yang menggunakan SPOTS untuk membantu kelancaraan dalam bertransaksi. Keren banget nih aplikasi yang dibuat untuk para penjual makanan kecil

    BalasHapus
  12. Aplikasi spots lengkap banget ya fiturnya dan bisa membantu pebisnis kuliner untuk membuat laporan keuangan, biayanya juga terjangkau ya

    BalasHapus
  13. wah aplikasi ini sangat bermanfaat untuk yang punya bisnis kuliner

    BalasHapus
  14. Aku gak nyangka, teh...ternyata tetangga ku juga pakai SPOTS untuk memudahkan usaha cafenya.
    Ternyata mesin SPOTS aslinya memang kecil dan simpel gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi mungil tapi besar manfaatnya.
      Yang punya usaha kuliner, wajib menggunakan SPOTS agar lebih mudah dan akurat.

      Hapus
  15. aplikasi kasir yang satu ini memang wajib dimiliki oleh pelaku UMKM yaa, Mba, khusunya yang bergerak di bidang kuliner. Selain penggunaannya mudah, harga pemasangan dan perawatannya juga relatif terjangkau :)

    BalasHapus
  16. Aku rasa pebisnis kuliner wajib tau tentang update aplikasi ini ya mba. Mereka pasti akan terbantu bamget, waktunya lebih efektif dan efisien, jadi bisa fokus ke hal lain juga misalnya strategi marketing dan pengembangan produk. Jadi bisa terus bertumbuh bisnisnya :)

    BalasHapus
  17. Teknologi memudahkan hidup kayaknya cocok jadi penggambaran adanya aplikasi kasir SPOTS ini ya karena pakai aplikasi ini bisa sekaligus melakukan pencatatan transaksi keuangan. Selain itu, juga memudahkan pengguna sih pas bayar, tak perlu repot bayar pakai uang cash lagi.

    BalasHapus
  18. Spot memang membantu usaha UMKM menjadi lebih maju, profesional dan berkembang. Pelanggan juga senang karena ada kwitansi setiap pembelian

    BalasHapus
  19. bener juga ya bisnis kuliner kadang ga semudah yang qt lihat, malah harus banget dipikirin menu, cara masak sampai cara penyajian dan packaging takeaway, dan dilakukan berulan tiap hari itu. hehehehehe . btw aq tmasuk salah satu yang senang ada spot ini soalnya kadang ke warung kecil ga bawa cash

    BalasHapus
  20. Saya juga dulu make mbak hehe, spots ini. Tapi kalau mau pasang ini harus kudu milih sales nya yg nerangin baik2 diawal, soalnya tempo lalu aku ada miskkom

    BalasHapus
  21. Jadi lebih mengerti tentang SPOTD. karena penjelasannya mudah dipahami, apalagi berdasarkan pengalaman.
    Ternyata bisnis kuliner memang tak mudah. Syukurlah ada Spogs. Bisa meringankan beban usaha, praktis dan lengkap pula.

    BalasHapus
  22. This is a wonderful application to those who are doing businesses. The features are very complete and helpful

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah spots membantu kita ya Mba pelaku UMKM
    kebetulan aku juga ada usaha kecil-kecilan eheheh alhamdulillah
    menimang2 pasang spots

    BalasHapus
  24. Yang penting dapat laporan harian itu ya kyknya keunggulannya, Jd transksinya udah langsung tercatat dan kita gak capek2 lagi nyatetin atau ngitung manual :D

    BalasHapus
  25. ENak ya punya bisnis skr ya ada aplikasi mesin kasir kaya gini dan harganya pun terjangkau. Kalau dulu kan yang pakai aplikasi gini pasti bisnis2 besar

    BalasHapus
  26. keren nih, bisa membantu para pelaku usaha UMKM supaya bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik dan tersistem

    BalasHapus
  27. Aplikasi SPOTS ini ngebantuin banget ya mba para pengusaha kuliner mulai dari level menengah agar segala transaksi dan pelaporannya bisa dicetak otomatis. Jadi enggak usah ribet lagi harus bikin sistem pembukuan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis ya kalau mau bisnis kuliner sekarang gak usah beli aplikasi yang mahal2 udah bisa membantu banget pakai SPOTS

      Hapus
  28. Inovasi yang keren menurutku membantu banget UMKM good job

    BalasHapus
  29. Manajemen keuangan yang baik itu udah kaya jantung buat bisnis kita ya, beneran harus bsnget diperhatikan

    BalasHapus
  30. Tanteku juga ada bisnis kuliner, Mbak. Dulu oh jayaaaaaa banget. Tapi, lambat laun gulung tikar karena merasa sudah punya banyak pelanggan. Kemudian, rasa masakannya pun tidak seenak yang dulu. Katanya sih setiap kali masak, ya, rasanya gitu, sudah diicip, tapi sesekali. Wajar deh kalau lama-kelamaan pada kabur pelanggannya.

    BalasHapus
  31. Apakah Spots ini juga bisa untuk bisnis non kuliner, mba? Jadi penasaran hehe..

    BalasHapus
  32. Semoga makin banyak UMKM kuliner yang beralih menggunakan SPOTS, biar kaum pemuja cashless kayak saya bisa tetap bebas jajan dimanapun meski lagi ngga pegang yang cash 😊

    BalasHapus
  33. Waah, ternyata Mbak Ida dulu pernah punya usaha kuliner ya. Ayoo Mbak, bangun kembali usahanya, kan sekarang udah ada SPOTS, jadi gak perlu repot dan khawatir lagi tentang pembukuan keuangannya dong :)

    BalasHapus
  34. Bagus banget untuk menunjang performa penjualan

    BalasHapus
  35. Ya ampun, saya galat kala semalam isi konten dan tak sengaja back usai komen dengan langsung close padahal belum tampil lama, mohon maaf belum paham cara pakai ponsel baru' ini. Saya sedang cek ulang apakah semua komentar sudah masuk ke blog teman-teman.
    Aplikasi Spots sangat membantu pelaku dunia usaha untuk memajukan bisnisnya.
    Manajemen dan pemantauan jadi lebih murah. Transaksi pun bisa Secara digital. Sesuai perubahan zaman.

    BalasHapus
  36. Dengan SPOTS para pelaku UMKM bisa berjualan lebih profesional ya. Di jaman serba digital ini memang pesanan online dan struk sebagai tanda bukti sangat diperlukan

    BalasHapus
  37. Makin mantap aja nih inovasi GOJEK. Mendukung banget UMKM, khususnya di bidang kuliner. Order GO FOOD juga jadi semakin nyaman, ya

    BalasHapus
  38. Bisnis kuliner emang ga ringan, apa lagi offline. Ada manajemen dapur dan stok juga. Kalau pakai spots ini jadi tertangani ya manajemen keuangannya

    BalasHapus
  39. Aplikasi SPOT sangat membantu pemilik bisnis kuliner dalam menangani manajemen keuangan nya ya mbak. Meski bisnis kuliner tidak semudah yang dibayangkan, dan butuh kerja keras untuk membuat bisnis itu sukses dan berkelanjutan, setidaknya dengan aplikasi ini di owner dapat terbantu meningkatkan bisnisnya.

    BalasHapus
  40. Tanda terima dengan aplikasi SPOTS ini sangat membantu untuk usaha kuliner. Apalagi buat usaha pemula yang memang kesulitan dalam pembukuan. Semoga aplikasi ini terus berkembang sehingga manfaatnya dirasakan banyak penguasaha kuliner ya mbak.

    BalasHapus
  41. Aplikasi kasir yang sangat membantu bagi pelaku UMKM yaa, Mba. Keren deh SPOTS ini :)

    BalasHapus
  42. Terbantu bgt nih pengusaha kuliner dlm manajemen pencatatan keuangan berkat SPOT ini

    BalasHapus
  43. Spots ini hanya untuk bisnis kuliner, atau bisa juga utk bisnis lainnya ya mba? Intinya kan ini untuk membantu manajemen keuangannya ya?

    BalasHapus
  44. Senangnya ya ada SPOTS ini karena ngebantu banget para UMKM dalam bisnisnya, semoga makin banyak deh yang pakai ini.

    BalasHapus
  45. Perlu banget diketahui sama temanku yang punya bisnis dan yang baru akan memulai bisnis kuliner
    SPOTS bisa membantu mereka...

    BalasHapus
  46. Keren aplikasinya. Bisa berguna banget u teman2ku yang punya bakulan rumahan supaya pengelolaan lebih profesional

    BalasHapus
  47. Jadi kaya punya tenaga bagian keuangan nih ya. Bs handle transaksi penjualan segala. Kereen

    BalasHapus
  48. Aku baru tau aplikasi online SPOT ini..mau aku info ke adik yang mau nyoba bisnis kuliner.

    BalasHapus
  49. Oalah ini tu bikinan GOJEK ya Mbaaak.... Ngebantu banget lo, buat menyederhanakan pembukuan. Saya yang anak akuntansi aja pusing kalau disuruh bikin pembukuan hihihi....

    BalasHapus
  50. Aplikasi SPOTS ini beneran membantu banget untuk bisnis kuliner ya, beberapa kali aku saat pembayaran menggunakan mesin ini, selain praktis dan cash less juga bisa membantu laporan keuangan pelaku bisnis juga ya.. beneran inovasi yang membantu kinerja para pebisnis kuliner nih

    BalasHapus
  51. kalua ada aplikasi keren seperti ini pasti bisnis kuliner akan sangat terbantu dan bias cepat berkembang yaaa

    BalasHapus
  52. Membaca testimoni Hilmy Fauzi jadi kepikiran, seandainya para pengusaha kuliner itu menggunakan Spots untuk bisnis mereka ya, tentunya bakalan akan sangat dimudahkan. Untuk urusan laporan atau rekap per hari, udah langsung bisa cetak. Simpel dan enggak ribet ya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^