**/ Cerita Ida : KNKS Dukung Tren Halal Life Style di Era Milineal

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Mei 2019

KNKS Dukung Tren Halal Life Style di Era Milineal


KNKS Dukung Tren Halal Life Style di Era Milineal  Ada tren yang menggembirakan yang terjadi saat ini, yaitu kesadaran umat Islam untuk menjalankan agamanya secara lebih menyeluruh.  Berbagai fenomena yang terjadi memperlihatkan kecenderungan itu.  Kata-kata hijrah mulai sering terdengar, berhijrah sudah merupakan fenomena sosial yang terjadi di negara kita.


Tren Halal Life Style di Era Milineal


Tren Halal Life Style menunjukkan adanya fase krisis dalam diri manusia yang memerlukan jawaban yang kemudian bertransformasi melakukan perubahan dalam indikator keagamaannya.  Hijrah kemudian menjadi pilihan baru bagi muslim milenial.  Bukan lagi kesadaran tentang kewajiban berhijab tetapi kesadaran untuk hijrah di seluruh aspek kehidupannya.

Halal Life Style di Era Milenial di awali di tahun 2010 an, tahun ini banking, pop culture, traveling mengalami euphoria terhadap gaya hidup modern umat Islam.  Lima tahun kemudian muncul era syariah. Dimana semua berbau syariah, kesadaran terhadap riba muncul, produk halal muncul. sabun halal, pasta gigi halal, obat-obatan halal, semua harus halal.  Tren ini naik terus sampai saat ini menjelang tahun 2020.

Dalam lingkup internasional, menurut data The State of the Global Islamic Economy Report 2018/2019, pada tahun 2017 besaran pengeluaran makanan dan gaya hidup halal dunia mencapai USD 2.1 triliun dan diperkirakan akan terus tumbuh mencapai USD 3 triliun di tahun 2023 nanti.

Hal ini terjadi karena pada tahun 2017 terjadi peningkatan jumlah penduduk muslim di dunia yang mencapai 1.84 miliar orang dan akan terus berkembang terus diperkiran tahun 2023 nanti mencapai hingga 27,5% dari populasi dunia.

Peran KNKS


Peningkatan ini akan berdampak pada permintaan produk dan jasa halal yang terdiri dari makanan halal, parawisata halal, fesyen muslim, rekreasi dan travel halal serta farmasi dan kosmetik halal.

Menyikapi tren ini, untuk mendukung pengembangan dan percepatan industri halal di Indonesia pemerintah meluncurkan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) pada tahun 2017 yang lalu. KNKS ini bertugas untuk mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah Islam untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional.


Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024


Untuk bisa berperan serta secara optimal dalam memenuhi permintaan atas tren Halal Life Style ini dan menjawab tantangan tersebut KNKS mengadakan rapat pleno pada tanggal 5 Februari 2018 yang menghasilkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 (MEKSI).  Ada empat langkah dan strategi utama yang direkomendasikan oleh MEKSI 2019-2024 ini, yaitu :

4 Langkah dan Strategi Utama Hasil Rekomendasi MEKSI 2019-2024


  1. Penguatan halal value chain dengan fokus pada sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi
  2. Penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah dituangkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) sebelumnya dan disempurnakan ke dalam rencana induk ini.
  3. Penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak utama halal value chain (rantai nilai halal)
  4. Penguatan di bidang ekonomi digital utamanya perdagangan (ecommerce, marketplace) dan keuangan (Teknologi Finansial)sehingga dapat mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya. 

Penguatan Rantai Nilai Halal


Penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sebagai penggerak utama rantai nilai halal ini meliputi   5 klester yaitu:
  1. Klester Makan dan Minuman Halal
  2. Klester Pariwisata Halal
  3. Klester Fesyen Muslim
  4. Klester Media dan Rekreasi Halal 
  5. Klester Farmasi dan Kosmetika Halal

Menurut hasil studi oleh Center of Reform on Economics Indonesia (CORE) mengatakan bahwa muslim dan registrasi halal mengalami peningkatan pada jumlah konsumen dan daya belanja masyarakat.  Banyaknya peminat industri halal di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk industri kosmetik dan fesyen halal.  

Proses halal pada kosmetik memiliki beberapa tahap dan diperlukan izin yang dikeluarkan MUI melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika MUI (LPPOMUI) yang sudah bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) milik pemerintah.

Kementrian perindustrian pada tahun lalu mencatat industri kosmetik tumbuh sebesar 6,35% dan naik menjadi 7,36% pada kuartal I tahun 2018. Ini menunjukkan sebuah peningkatan yang positif.



Peluncuran MEKSI 2019-2024


Untuk menjalankan keempat strategi tersebut MEKSI 2019-2024 menjabarkan beberapa strategi dasar yang harus dilakukan yaitu peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, penguatan kapasitas riset dan pengembangan (R & amp;D) serta penguatan fatwa, regulasi dan tata kelola.

MEKSI diluncurkan secara resmi pada Hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 di Ruang Rapat Djuanedi  Hadisumarto 1-5, Gedung Salel Afif Kementrian PPN/Bappenas.  Bersamaan dengan peluncuran MEKSI 2019-2024, KNKS juga turut menekan sejumlah nota kesepahaman dengan berbagai lembaga negara serta pemain pasar.

"....Salah satu agenda nota kesepahaman tersebut adalah "Pengembangan Marketplace Halal dan Produk Keuangan Syariah Melalui Platform Digital Marketplace" yang ditandatangani dua Unicorn Indonesia yaitu Bukalapak dan Tokopedia."  Jelas Menteri PPN Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sekaligus Sekretaris Dewan Pengarah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Peluncuran tersebut dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI, Menko Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Agama, Menteri BUMN, Menteri KUKM, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisari OJK, Ketua Dewan Komisioner LPS, Ketua Umum MUI dan Direktur Eksekutif KNKS beserta jajarannya.


Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest)


Sebelum peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah (MEKSI), Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mengadakan pre-launching event yang bernama Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest).  Acara IIEFest ini bertujuan untuk memperkenalkan industri halal di Indonesia kepada masyaakat sekaligus sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dalam menjalankan gaya hidup halal.



IIEFest ini telah diadakan pada tanggal 26 April 2019 do Trans Grand Ballroom Bandung.  Rangkaian kegiatan acara ini antara lain adalah Talkshow Industri Digital Halal, Talkshow Pariwisata Halal, Talkshow Islamic Edutainment, Talkshow Muslim Modest Fashion dan Expo Industri Halal.

Acara ini diramaikan oleh para pelaku industri, regulator, start-up milenial, UKM dan masyarakat umum dan diresmikan oleh Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas dan dihadiri oleh Kementrian dan lembaga terkait lainnya.




Semoga saja apa yang telah diusahakan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah ini memberi dampak yang signifikan terhadap perkembangan Halal Life Style di Era Milineal ini.  Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang KNKS ini bisa mampir ke sosial media dan websitenya yaitu:

Website    : http://knks.go.id/
Instagram : @KNKS.ID
Twitter      : @KNKS_ID
Facebook  : Komite Nasional Keuangan Syariah
Youtube    : Komite Nasional Keuangan Syariah


Semoga Tulisan KNKS Dukung Tren Halal Life Style di Era Milineal ini bermanfaat ya teman-teman :)

52 komentar :

  1. Sebagai Muslim tentu saja saya sangat senang dengan adanya kabar terbang KNKS ini. Berada di lingkungan yang serba halal dan syar'i pasti sangat menyenangkan ya. Semoga target dari program programnya KNKS tercapai. Amin.

    BalasHapus
  2. Bersyukur tren halal mulai berkembang dalam masyarakat, di dalam dan luar negeri. Alhamdulillah.
    Memang kita harus mengupayakan agar produk halal dalam bidang apa pun beroleh dukungan sebagai pengguna. Saya sangat merasakan dampaknya. Dulu kala remaja yang namanya produk kosmetik halal 'kan jarang ada dan sulit dijangkau. Setelah dewasa baru bisa pakai yang halal. Farmasi pun penting banget untuk halal agar konsumen tenang.
    Sekarang juga saya masih memakai produk halal sebagai bentuk dukungan. Harapan saya adalah kosmetik, farmasi, makanan, dan lainnya yang halal lebih dimudahkan jangkauannya untuk masyarakat.

    BalasHapus
  3. Wow keren; sekarang fashion muslim, media, dan tempat wisata aja harus halal ya mba. Aku setuju dan mendukung semua nya harus halal terutama makanan, minuman, kosmetik, dan obat obatan

    BalasHapus
  4. gaya hidup halal kayaknya udah bukan wacana semata, alhamdulillah banget pemerintah support terus. Muslim makin dipandang di kancah internasional nih lama2, aminnn

    BalasHapus
  5. Happy banget pas tahu ada KNKS. Semoga regulasi dan data kelolanya pun maksimal sehinggal halal style bisa ditemui dimana saja :)

    BalasHapus
  6. Begitu, ya. Menarik sekali ini usaha2 dari banyak pihak untuk bisa mempopulerkan gaya hidup halal.

    BalasHapus
  7. Semoga kebijakan ini juga diikuti dengan pengembangan SDM di masing-masing lini produk syariah agar masyarakat termotivasi menjadikannya sebagai gaya hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju dengan Mb Anna, kesiapan SDM di masing2 lini juga penting agar halal lifestyle ini berjalan kontinyu, tidak hanya jargon semata ketika baru diperkenalkan.

      Hapus
  8. Gaya hidup halal semoga beneran menjadi lifestyle dari masyarakat Indonesia ya. Apalagi udah didukung dengan program KNKS yang memiliki target finansial halal juga.

    BalasHapus
  9. Sebagai muslim bersyukur sekali mendengar berita ini. Jujur saya juga agak was2 ketika berada di lingkungan yang minoritas, mencari sesuatu yang halal kadang susah. Namun dengan berita KNKS ini semoga targetnya tercapai dan umat muslim senantiasa berada di lingkungan yang halal dan syar'i

    BalasHapus
  10. IIEFEST ini pasti seru banget ya, rangkaian acaranya menarik banget apalagi ada sesi modest fashion juga yang lagi hype banget noh, dimana-mana ada dan tertarik untuk menggelar acara serupa sekaligus dengan bazaarnya. Bener banget ya mba, karena Halal bukan sekedar gaya hidup tapi kebutuhan kita semua.

    BalasHapus
  11. Semoga dengan adanya Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) ini sebagai wadah agar sinergi semua pihak dapat berjalan dengan baik dan lancar. InshaAllah jika semua sudah dipersiapkan dengan baik, maka halal lifestyle akan dengan mudah dapat diwujudkan.. aamiin

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah ya teh halal lifestyle di era millenial ini makin berkembang ga hanya fokus makanan minuman akan tetapi sampai fesyen bahkan wisata halal :) semoga program KNKS terus bisa mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia

    BalasHapus
  13. Senenga mendengar kabar ini. Trend ekonomi syariah memang terus meningkat setiap tahunnya. Semakin banyak pula yang peduli tentang halal dan haram suatu produk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin menjadi gaya hidup, ya. Biar semakin semangat peduli dengan yang serba halal

      Hapus
  14. Alhamdulillaah, ya. Makin mantap rasanya kalau udah ada label halal memang. Semoga KNKS dapat bekerja dengan baiiikkkk.

    BalasHapus
  15. aku pun bersyukur banget karena gaya hidup halal semakin dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri. Semoga goals KNKS tercapai dengan program2nya di Indonesia dan semakin memudahkan kita dan para turis muslim yang datang ke Indonesia.

    BalasHapus
  16. Suka deh ada keuagan halal gini,syariah gitu ya. Sekarang memang banyak yang milih sesuatu sesuai kehalalnya. Dari make up, makanan, bajudan lainnya

    BalasHapus
  17. it is really good to know that the Government has had specific masterplan for this halal lifestyle trend

    BalasHapus
  18. Semoga Halal Life Style ini tidak hanya menjadi tren sesaat saja ya mba.. insya Allah sih makin dapat diterapkan di semua bidang kehidupan ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan sosialisasi yg baik, insya Allah akan mendukung makin cepatnya penerapan gaya hidup halal ini di masyarakat ya ..

      Hapus
  19. Senang sekali jika halal sekarang sudah banyak dijadikan sebagai gaya hidup dari berbagai bidang apalagi di era milenial.

    BalasHapus
  20. jaman sekarang rasanya memang ide soal menerapkan kehalalan gak cuma diperhatikan dari segi makanan tapi juga gaya hidup, alhamdulillah umat muslim semakin awarw

    BalasHapus
  21. Harapannya, pemerintah dan banyak lembaga mendukung peran KNKS ini dalam menciptakan berbagai hal yang halal ya mbak. Apalagi kalau bicara soal keuangan syariah saya senang banget dan merasa sangat penting untuk saat ini.

    BalasHapus
  22. Aku pikir peran KNKS bakal strategis banget nih untuk mengawal dunia keuangan syariah agar lebih aplikatif dan dekat dengan masyarakat. Tidak sabar untuk ikut terlibat programnya

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah seneng banget ya sekarang halal lifestyle jadi makin banyak di temui, semoga target KNKS bisa lebihhh aminn.

    BalasHapus
  24. Senang karena KNKS mendukung halal liestyle dan menghadirkan beragam event untuk edukasi dan sosialisasi soal ini

    BalasHapus
  25. Seneng ya, sekarang mah sosialisasi dan program-program gaya hidup halal banyak dilakukan. Bikin masyarakat makin tahu dan teredukasi. Aku dulu kalo bicara halal, bayangannya ke makanan atau minuman aja. Sekarang mah jadi tahu deh kalo seluruh sisi kehidupan kita itu harus selalu halal.

    BalasHapus
  26. Trend hidup yang lebih bernuansa syariah ini kuharap bisa sampai di desa-desa kecil, seperti daerahku, Mbak. Soalnya di sini masih jauh dari kata itu. Hutang riba di mana-mana. Bahkan pelakunya dengan santai melenggang ke sana ke mari padahal polahnya mencekik warga miskin. Semoga segera, bahkan secepatnya sampai di sini juga.

    BalasHapus
  27. Seneng banget rasanya mengetahui kaum muslim sekarang semakin peduli dengan sesuatu yang halal. Semoga bukan hanya tren sesaat yaa..

    BalasHapus
  28. Seneng banget sekarang ada wadahnya ya KNKS ini yang mendukung dan memfasilitasi semuanya supaya serba halal

    BalasHapus
  29. Halal lifestyle emang jadi kebutuhan ya teh. Enggak cuma soal makanan tapi juga sola gaya hidup lainnya. Salut banget KNKS mau mengadakan kegiatan seperti ini jd masyarakat bisa lbh paham ttg halal lifestyle yg sesungguhnya itu seperti apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdulillah hidup lebih aman dan nyaman kalau ada dukungan lifestyle halal kaya gini ya. Jaman dulu kan orang taunya yang halal itu makanan dan minuman aja

      Hapus
  30. alhamdulillah. ikut sneag dengan adanya kepdulian lebih mengenai ekonomi syariah. Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim akan sangat terbantu dengan keberadaan komite keuangan syariah seperti ini pastinya.

    BalasHapus
  31. Kesadaran akan pentingnya halal lifestyle ini amat menggembirakan. Kalau bisa mendunia, nantinya muslim ga perlu bingung kan ya. Setiap kali pergi ke tempat2 wisata dimana pun berada, produk2 halal dengan mudah bisa didapatkan. Harapannya sih begitu ;)

    BalasHapus
  32. Pemerintah gencar sekali mempromosikan tren hidup halal di Indonesia/
    Yang paling aku tunggu dari segi makanan, kosmetik dan wisata.
    Karena bagaimanapun, itu yang dekat dengan kehidupan wanita.
    Hehhe...

    BalasHapus
  33. Kehalalan memang sudah saatnya jadi trend halal life style, gak hanya untuk makanan dan minuman tapi juga produk-produk yang dipakai dan lembaga keuangan atau bisnis. Keberadaan KNKS ini bagai angin segar yang membawa harapan baru terwujudnya halal life style bagi muslim Indonesia

    BalasHapus
  34. semoga program pemerintah ini bisa berjalan sebagai mana diharapkan, bagus mba konsepnya jadi semua saudara muslim lebih mudah mengakses kebetuhan dan gaya hidup halal

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah udah ada yang namana KNKS. Dari tadi saya bingung KNKS ini semacam apakah? Ternyata Komite Nasional Keuangan Syariah.

    BalasHapus
  36. Seneng banget adanya KNKS ini jadi halal lifestyle pun makin meluas ya. Sebagai muslim tentunya kita akan lebih nyaman juga.

    BalasHapus
  37. KNKS sebuah lembaga yang mewujudkan halal di Indonesia seperti pariwisata, kuliner dan sebagainya. Semoga gaya hidup halal ini terus membumi di Indonesia ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiinn saya juga senang karena semua sudah menuju ke Halal Lifestyle
      Ga was was lagi kalau makan ini dan itu di tempat wisata misalnya

      Hapus
  38. Saya suka konsep gaya hidup yang halal. Dalam setiap aspek kehidupan sebagai muslim yang baik tentunya wajib menjalankannya konsep hidup halal dalam berbagai bidang. Kosmetik halal justru bagus, bisa berkembang karena masyarakat butuh produk yang aman dari segi kandungan bahan sampai cara pengolahan. Tren demikian mendorong produksi secara signifikan. Dari segi ekonomi jika menjauhi riba maka akan mendorong gaya hidup yang sehat secara finansial.

    BalasHapus
  39. Bahagianya membaca dukungan pemerintah dengan membangun produk dan jasa halal sebagai gaya hidup. Jadi makin nyaman kalo traveling di negeri sendiri ya

    BalasHapus
  40. aku masih ada ganjelan sih sebenernya mba, mungkin mba ida bisa bantu ya, jadi kalo misalnya aku mau gelar event yang berkaitan dengan "halal living" apakah harus berizin knks atau gimana ya mba?

    BalasHapus
  41. Bagus ini programnya teh, semoga dengan launchingnya program ini menjadi langkah nyata pemerintah dalam mendukung halal lifestyle di segala lini kehidupan

    BalasHapus
  42. Asiknya karena sekarang pemerintah mendukung ekonomi syariah ya. buat yang muslim jelas ini akan membuat lebih tenang dan nyaman.

    BalasHapus
  43. Senang mengetahui halal lifestyle sekarang ditekankan di semua aspek. Jd gak cuma makanan tapi jg yang lain, kyk pariwisata, dll ya mbak.

    BalasHapus
  44. Jempol untuk KNKS! Dan juga Pemri. Ini adalah peluang besar yang jangan sampai terlewat. Maju terus Indonesia

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah. jadi semakin aman dan nyaman dengan dukungan dari pemerintah dalam membangun produk dan jasa halal seperti ini ya

    BalasHapus
  46. senangnya adanya ini semua gaya hidup yang halal menjadi trend di kalangan :)
    saudara dan teman yang muslim pun akan merasa tenang saat sudah ada aturan ini :)

    BalasHapus
  47. Sukurlah kesadaran tentang kehalalan produk finansial mulai banyak berkembang, jadi kita mau berinvestasi pun jadi gak ragu lagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^