**/ Cerita Ida : Umroh

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Mei 2019

Umroh

Umroh  Kenapa tiba-tiba saja Cerita Ida menulis tentang umroh?  Ada apa dengan umroh ?  Hihi..Ga ada apa-apa sih.  Ceritanya Empat Emak Petualang sekarang nih lagi fokus niat ber umroh bareng-bareng.  Jadi belum berniat traveling kemana-mana dulu.  Tiap dapat tiket murah, langsung  ada yang mengingatkan hush..hush..fokus..fokus.. Niatnya sih pengen ikut umroh november tahun ini, tapi entahlah sepertinya tiba-tiba ada biaya lain-lain dulu...huhuhu.. Ya Allah mudahkan kami semoga bisa segera pergi ke sana.

umroh


Umroh


Senang sekali kalau bisa beribadah umroh bareng teman-teman yang suka berpetualang, selain beribadah dengan khusuk kami pun bisa berwisata religi menyusuri jejak-jejak Rasulullah SAW. Tapi harus tetap niat utama adalah beribadah kepada Allah SAW, karena semua amalan itu tergantung pada niatnya. Kalau ikhlas insya Allah pahala dan keridhaan Allah SWT akan kita dapatkan.

Umroh adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam.  Hampir mirip dengan ibadah haji, umroh sering juga disebut haji kecil. Dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekah khususnya di Masjidil Haram. Pada istilah teknis syariahnya umroh itu berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan Sa'i atau berlari-lari kecil antara bukit Shofa dan Marwah, setelah sebelumnya memakai ihram yang diambil dari Miqat.

umroh

Perbedaan Umroh dan Haji


Lalu apa yang membedakan umroh dan haji ?  Perbedaan umroh dengan haji adalah pada waktu dan tempat.  Kalau umroh itu bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.  Setiap hari, setiap bulan setiap tahun dan hanya dilaksanakan di Mekkah.  Sedangkan haji hanya dapat dilakukan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijah hingga 12 Dzulhijah serta dilaksanakan sampai di luar kota Mekah yaitu ke Arafah,Mina dan Muzdalifah.

Biaya Umroh


Biaya umroh tentu saja jauh lebih murah dari pada haji karena waktunya yang relatif lebih singkat juga tempatnya hanya di kota Mekah saja.  Otomatis biaya hidup selama di sana seperti penginapan,makan, transportasi akomodasi dan lain-lain lebih sedikit.

Berapa biaya umroh ?  Biaya umroh tergantung kepada paket umroh yang kita pilih, ada paket umroh reguler yang berkisar sekitar kurang lebih 24 - 26 juta an, dan paket umroh plus yang berkisar sekitar 32,5 jutaan.

Darimana biaya umroh?  Hahaha pertanyaan aneh, ya terserah teman-teman lah kalau ini.  Yang jelas harus halalan dan thoyibah yah hehe... Teman-teman bisa menyisihkan pendapatannya di tabungan khusus umroh.  Jadi ingat pesan adiknya kakek yang biasa kami  para cucunya panggil Nin Haji, setiap nabung untuk umroh atau haji niat dan berdoa kepada Allah bahwa ini uang untuk umroh dan haji.

Terbukti lho, beliau dengan kondisi hidup sederhana sudah 7 kali pergi haji, waktu itu belum ada pembatasan pergi haji.  Kata ibu saya sih beliau mengalami haji dengan kapal laut yang memakan waktu berbulan-bulan.  Ibu saya juga menerapkan nasehat beliau, alhamdulillah bisa haji dan umroh beberapa kali.

umroh


Umroh Murah


Nah rencananya Empat Emak Petualang mau melaksanakan umroh secara backpacker an karena kami memang emak petualang yang insya Allah sudah terbiasa beriweuh-riweuh di perjalanan. Buat teman-teman yang ingin simpel sebaiknya ikut travel umroh yang sudah berpengalaman, aman dan terpercaya saja jadi tinggal khusuk beribadah.

Lewat Travel Umroh juga bisa saja lebih murah dari harga normal, tapi harus hati-hati ya teman-teman jangan sampai termakan rayuan murah nya ingin umroh murah tapi akhirnya tertipu dan tidak jadi berangkat, kan jadi syedih.

Umroh Plus Turki


Nah paket umroh plus Turki ini memang paket idola gue banget... hahaha...  Pengen banget bisa Umroh Plus Turki.  Menyaksikan khazanah Islam di Istanbul, salah satu pusat peradaban Islam yang penuh dengan sejarah.  Selain itu bisa janjian di Istanbul dengan Si Sulung anakku, biar dia jadi tour guide dadakan kami, dengan bahasa Turki nya yang sudah lumayan fasih.

Nah itulah teman-teman tulisan Cerita Ida tentang Umroh. Asyik banget ya kalau bisa umroh murah tapi aman, nyaman dan bisa khusyuk beribadah di sana.  Do'akan kami ya semoga cita-cita Empat Emak Petualang bisa segera terwujud.  Aamiin Allohumma Aamiin.


22 komentar :

  1. Aamiin. Ini tujuan penting Empat Emak Petualang. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi niat kita untuk berumroh. Kita diberi kemudahan lagi

    BalasHapus
  2. Aamiin semoga terwujud ya Mak umrph di bulan November nanti. Titip doa kalau udah di depan Ka'bah ya. :))

    BalasHapus
  3. Wah didoakan mbak segera umroh ke Tanah Suci apalagi bersama ema-emak petualang pasti seru banget tuh.

    BalasHapus
  4. MashaAllah.. jadi semakin semangat untuk segera ke tanah suci.. dihari yang fitri ini aku banyak berdoa semoa bisa segera berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji.. bismillah ya, dengan niat baik, usaha yang baik.. InshaAllah dapat terwujud ya mba

    BalasHapus
  5. Amin mbak semoga cita2nya pergi umroh bisa terwujud yah...semoga diberikan kemudahan dalam mencapainya ��

    BalasHapus
  6. Duh saya juga mau banget Teh.
    Nuhun tips nya setiap simpen uang sekarang saya akan niatkan seperti Nin Haji... Semoga ada ridho Nya. Amin

    BalasHapus
  7. Aamiin, semoga dimudahkan Allah. Niat karena ibadah adalah hal yang baik, semoga bisa fokus kumpulkan reseki untuk unroh. Ini mengfinspirasi saya soal menabung untuk umroh dibarengi niat dan doa. Saya belum niat unroj karena suatu hal. Namun saya yakin Allah akan menggantikannya dengan hal lain yang lebih baik. Jika sekarang mustahil semoga di lain waktu bisa diwujudkan atas izin Allah.
    Terharu dengan kisah nin haji dan ibu Mbak. Betapa Allah penuh kasih.

    BalasHapus
  8. Waah...kangen sama cerita teh Ida mengenai si kaka yang sekolah di Turki.
    Iyaa...banget teh,
    Bisa mengobati kangen sama kaka sekaligus berangkat ibadah umroh bareng Empat Emak Petualang.

    MashAllah~

    BalasHapus
  9. baca ini jadi ingat banget ketika aku niat banget sengaja gak pake tabungan jalan-jalan untuk traveling seperti yang biasa aku lakukan demi niatan untuk bisa ke Baitullah. Allah memang baik menjabbah, niat yang tadinya sendiri untuk Umroh malah bisa terwujud sekeluarga dan pluske Turki setelah umroh, Allah memang Mahabaik, ada saja rezeki yang datang dari pintu yang tidak kita dua ketika niat kita fit in dengan rencana-Nya. Semoga terwujud ya, Mbak. Pengen nyempil dengan 4 Emak Petualang ikutan umroh jadinya nih

    BalasHapus
  10. Aamiin mudah mudahan rencana umrohnya berjalan dengan lancar ya mba, berharap juga bisa berangkat umroh suatu saat, semoga Allah SWT mengijabah doa kita :)

    BalasHapus
  11. Semoga keinginan kita untuk ibadah dipermudah ya. Aku belum ceki2 biaya umroh. Tapi kalau murah ya oke, dan tetap kudu nyari yang amanah

    BalasHapus
  12. Semoga bisa terpenuhi ya mba niat baiknya.. insya allah tercapai dalam kurun waktun yang telah diniatkan

    BalasHapus
  13. Ya Rabb, kalo denger kalimat talbiyah aja merinding ya, bund..
    Rasanya udah rindu banget pengen ke Baitullah.

    Semoga suatu saat Allah memudahkan & mengizinkan kita berkunjung ke rumah-Nya. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamin

    BalasHapus
  14. Semoga terwujud ya mbak, aamiin
    Aku pun pengen bisa mewujudkan impian kami untuk umroh sekeluarga. Ingin menunjukkan langsung tempat-tempat mustajab untuk memanjatkan doa pada kedua putraku.

    BalasHapus
  15. Amin ya Allah,, doakan aku dan keluarga juga ya teh semoga bisa lekas umroh secepatnya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ya Nin Haji udah berhaji 7 kali. Saya sekali pun belum pernah. Hiks...

    BalasHapus
  17. Umroh murah ini impian semua orang
    Saya kadang menitikkan air mata kalau bahas ini ke suami
    Pengen tapi apa daya masih belum bisa di dana

    BalasHapus
  18. Pengen mabk, kapan ya bisa umroh dan silaturahim ke turki. Mengumpulkan uang saja tak cukup ya mbak, kudu ada Niat dan berdoa kepada Allah agar dimudahkan umroh

    BalasHapus
  19. Umroh plus turki ini sedang jadi primadona yaa.. saya dan suami juga sudah liat-liat harganya kemarin, tinggal kencengin doa dan nabung aja biar secepatnya terwujud :)

    BalasHapus
  20. MasyaAllah semoga aku bisa bawa keluarga buat umroh dan bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci. Aamiin yra. Pastinya sekarang pilih penyedia layanan umroh ini harus yang bener-bener dan terpercaya biar ibadahnya aman, lancar, dan tentram. Hehe.

    BalasHapus
  21. Moga2 ada jalan dan rezekinya bisa umrah segera ya mbak aamiin
    Aku pun pengen juga umrah, minimal sama suami, pengennya sih di bulan Ramadan gtu supaya makin berasa khusyuk ibadahnya

    BalasHapus
  22. Masya Allah sampai bisa haji 7x ya. Kalau sekarang antre haji bisa belasan tahun apalagi di kota-kota yg ramai. Suatu saat akupun ingin ibadah haji dan umroh

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^