**/ Cerita Ida : Sungai Citumang Pangandaran, Sensasi Body Rafting di Alam yang Masih Asri

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

2 Mei 2019

Sungai Citumang Pangandaran, Sensasi Body Rafting di Alam yang Masih Asri

Sungai Citumang Pangandaran, Sensasi Body Rafting di Alam yang Masih Asri  Sudah lama banget rasanya tidak pergi ke pantai, terakhir ke pantai tahun lalu saat ke Labuan Bajo.  Pengen liburan tipis-tipis ke Pantai, tapi rasanya bosan jika ke pantai itu itu saja. Kalau di Jawa Barat ya wisata Pantainya kalau tidak ke Sukabumi, ke Pangandaran.  Pangandaran sebetulnya tempat wisata favorit keluarga, tiap tahun engga ngebosenin sih.  Tapi rasanya pengen sesuatu yang agak berbeda.

Sungai Citumang Pangandaran

Saat mencari referensi tempat yang asyik untuk berwisata, saya menemukan Sungai Citumang Pangandaran, tempatnya masih sama di Kabupaten Pangandaran. Yang istimewa di sungai ini kita bisa melakukan body rafting bersama keluarga. Wah asyik nih...
Sungai Citumang berlokasi di Komplek Objek Wisata Citumang Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Untuk menuju ke Sungai Citumang, dari pusat kota Pangandaran, kita tinggal ambil arah ke Cijulang, jaraknya hanya sekitar 4 kilometer saja dengan menggunakan mobil pribadi. Tidak ada kendaraan umum untuk menuju objek wisata Sungai Citumang ini.  Tiket masuknya tergolong masih terjangkau, hanya Rp. 25.000 untuk satu orang. 

Nah, di sini kita akan ditawari paket body rafting oleh pengelola. Tarifnya disesuaikan dengan panjang track dan jumlah peserta yang ikut. Etapi, bukan hanya body rafting dong, seperti dikutip dari harapanrakyat.com, fasilitas di Objek wisata Sungai Citumang Pangandaran kini telah ditambah dengan penginapan sekelas hotel dengan suasana kemping di hutan. Bahkan ada juga penyediaan spot lokasi selfie yang menambah suasana baru di lokasi wisata Citumang ini.

Fasilitas baru di Citumang tersebut dinamakan HAU Eco Lodges Citumang, lengkap dengan slogan Blend with nature, Feel New Experience of Glamping with us.  Menurut Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari, Citumang merupakan satu-satunya objek wisata di Pangandaran dengan suasana seperti yang masih alami. 

Dan tentunya akan menarik bagi wisatawan yang datang ke Citumang ini. Jadi nggak heran jika pada tahun 2016, tercatat sudah ribuan wisawatan datang ke Citumang.

Sungai Citumang Pangandaran


Menikmati Body Rafting di Sungai Citumang


Apa sih body rafting ini? Body rafting adalah permainan berenang di sungai dengan menggunakan pelampung mengikuti arus sungai, pada dasarnya sama seperti halnya arung jeram, namun body rafting dilakukan tanpa perahu, hanya menggunakan pelampung, walau begitu permainan ini aman dilakukan karena ada pemandu dan dilakukan di sungai dengan arus sedang.

Asyiknya body rafting ini bisa dilakukan secara berkelompok. Bahkan semakin banyak peserta yang ikut, maka tarifnya untuk per orang bisa lebih murah. Karena itu, wisata ke Sungai Citumang Pangandaran ini sangat cocok sambil mengajak keluarga besar atau sahabat-sahabat terdekat kita.

Setelah saya searching lagi, ternyata body rafting ini bisa juga dilakukan di objek wisata Pangandaran lainnya, yakni di Green Canyon. Kelebihannya, jika kita memilih Sungai Citumang, udaranya cukup sejuk, hal ini karena lokasinya berada di tengah hutan. Hal ini didukung dengan pemandangan indah di sekeliling Sungai Citumang Pangandaran.

Sudah kebayang aja nih serunya berlibur di Sungai Citumang ini. Walau masih baru objek wisata ini ternyata sudah cukup dikenal, terbukti setiap akhir pekan, Sungai Citumang tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan datang dari berbagai daerah, bahkan sudah banyak juga turis asing yang datang.

Eh ternyata, sambil body rafting kita juga bisa selfie. Bahkan tarif body rafting dari pengelola sudah mencakup dokumentasi, pelampung, tiket masuk, transportasi, juga dilengkapi dengan asuransi. Bahkan ada juga yang satu paket dengan makan siang.  Pemandu juga tidak perlu dibayar lagi.

Misalnya kita ingin body rafting bersama 10 orang teman atau keluarga, untuk track pendek, kita hanya perlu membayar Rp. 125.000 per orang. Untuk track panjang, hanya Rp. 150.000 per orang. Jika peserta body rafting ada lebih dari 10 orang hingga 20 orang, maka tarifnya hanya Rp. 110.000 per orang untuk track pendek. Sementara track panjang, cukup dengan Rp. 135.000 per orang. Jika lebih dari 20 orang hingga 30 orang, tarifnya akan lebih murah lagi, jika track pendek hanya Rp. 100.000, sementara track panjang hanya Rp, 125.000, per orang.

Track pendek ini untuk durasi perjalanan body rafting 1,5 jam hingga 2 jam. Sementara untuk track panjang, durasinya sekitar 4 jam hingga 5 jam. Dengan waktu sepanjang itu, kayaknya bakal puas banget bermain air di Sungai Citumang.

Ketika kita sudah mengenakan semua peralatan body rafting di tubuh kita, kita cukup membiarkan arus sungai membawa tubuh kita menyusuri setiap sudut Sungai Citumang Pangandaran. Tak perlu khawatir juga jika terbawa arus yang tidak terkendali, karena ada pemandu yang akan menjaga kita selama body rafting.

Kita juga dituntut untuk mematuhi peraturan yang sudah disampaikan oleh pemandu, jadi ketika melakukan body rafting kita bisa merasa aman juga nyaman. Tak lupa juga lihat ke sekeliling untuk menikmati pemandangan sepanjang aliran sungai, pasti lebih menyenangkan.

Bahkan aliran sungainya akan mengarah ke sebuah goa. Di sini  kita bisa mengabadikannya dalam sebuah foto. Jangan lupa bawa kamera tahan air. Agar lebih aman, kita bisa meminta tolong pemandu untuk mengambil foto.

Sayang banget rasanya kalau momen keseruan body rafting di Sungai Citumang jika tak dibadikan, apalagi jiga mengingat banyaknya spot foto yang bisa dijadikan latar belakang foto liburan kita, apalagi setiap jengkal kawasan ini penuh dengan pemandangan indah dan mempesona.

Sungai Citumang Pangandaran


Dikenal dengan Nama Green Valley Citumang

Ternyata, kawasan wisata Sungai Citumang ini dijuluki juga dengan sebutan Green Valley, alasannya karena suasananya yang benar-benar khas alam bebas yang masih terjaga dengan baik. Kawasan Sungai Citumang ini dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang ada di samping kiri dan kanannya. Buat kita yang sehari-hari terbiasa menatap layar komputer, pemandangan hijau yang ada di Citumang ini akan sangat menyegarkan mata yang memandang.

Selain itu, Sungai Citumang ini juga memiliki aliran air sedang, karena itu sungai ini sangat aman untuk kegiatan body rafting. Airnya yang masih jernih akan membuat kita tidak tahan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Membayangkannya saja, sudah terasa segarnya. Duh rasanya kutak sabar untuk berlibur ke tempat ini... hahaha..

Selain body rafting, di kawasan wisata Sungai Citumang, fasilitasnya juga sudah lengkap. Kita akan mudah menemukan warung makan, tempat sholat, ruang ganti, toilet, bahkan area parkirnya saja luas.

Sudah tak sabar nih rasanya mengajak keluarga untuk berwisata ke Sungai Citumang Pangandaran ini. Sudah kebayang segarnya air sungai di lingkungan yang masih alami dan keseruan bermain air bersama keluarga. Jika masih penasaran dengan suasana pantai, saya masih bisa melipir ke Pantai Pangandaran yang sudah terkenal itu sebelum pulang.  Wah asyik kan..tetep bisa main ke tempat favorit keluarga.. :)



4 komentar :

  1. aku berani gak ay secara aku takut air

    BalasHapus
  2. Pernah ke sini bareng temen2 kantor dan nyobain body rafting. Seru banget. Dan yang paling kerasa pikiran jadi fresh lagi karena di sana dimanjakan dengan pemandangan hijau dan aliran sungai yang masih jernih

    BalasHapus
  3. Bagus ya klo pas airnya ijo kalo. Ujan suka. Keruh dan gakuat ke pandandaran tuh berasa jauh banget, harus naik kereta kali ya

    BalasHapus
  4. Citumang ini memang destinasi favorit di Pangandaran ya. Aku juga mupeng denger keseruan suami ke sana. Udah sering dia ke sana. Hiks... istrinya mah belom sekali pun. :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^