**/ Cerita Ida : Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

15 Mei 2019

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis


Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis     Hai Sahabat Cerita Ida, kalau sebelumnya saya menulis tentang 7 Alasan Pentingnya Website untuk Usaha Online, nah kali ini Cerita Ida menuliskan tentang Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis.  Nama domain merupakan hal yang penting lho untuk website kita  Kenapa penting?  Seperti halnya ketika kita ingin membeli rumah, tentu saja keberadaan lokasi yang mudah dijangkau menjadi hal yang utama yang kita harapkan.

Nah demikian pula dengan nama domain website, mudah ditemukan menjadi hal yang krusial di dalam memilih nama domain sebuah website untuk bisnis atau toko online yang kita miliki.  Untuk itulah Cerita Ida kali ini mengupas tentang Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis hingga bisa menjadi rujukan bagi teman-teman yang baru akan memulai bisnis online dan akan membuat website untuk usahanya.  Jadi sebelum beli domain lebih baik kita perhatikan hal-hal berikut ini:



Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis


Ada beberapa hal yang penting yang harus kita siapkan saat akan membuat website untuk bisnis online kita.  Inilah beberapa hal yang harus kita persiapkan:

Pilihlah Nama Domain dengan Brand Bisnis Milik Sendiri


Untuk nama domain website kita lebih baik menggunakan brand milik kita karena ini bisa sekaligus membranding bisnis yang kita jalankan.  Dengan menggunakan brand bisnis kita, maka brand kita akan semakin banyak dikenal oleh konsumen.

Ada banyak pemilik web yang menggunakan kata kunci untuk nama domainnya dengan harapan websitenya akan ada di halaman pertama mesin pencarian.  Konon katanya kini hal ini tidak berlaku lagi karena saat ini google sudah tidak lagi memrioritaskan website yang domainnya sama persis dengan kata kuncinya.

Kreatif dalam Memilih Nama Domain


Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis yang kedua adalah kreatif dalam Memilih Nama Domain.  Kreativitas  di zaman milineal ini menjadi sesuatu yang sangat berharga.  Demikian pula di dalam memilih nama domain, kita dituntut untuk bisa menemukan nama yang menarik dan unik.  Cobalah kreantif memilih nama domain dengan cara memodifikasi sebuah kata menjadi baru, menggabungkan dua kata yang berbeda, membuat kata baru yang unik dan lain sebagainya.  Hal yang harus diingat adalah kita harus memilih kata-kata yang unik, singkat dan catchy.

Hindari Menggunakan Merek Bisnis Orang Lain


Mungkin secara tidak sengaja kita membuat nama domain yang ternyata milik orang lain.  Untuk menghindari ini cek lah terlebih dahulu di mesin pencari.  Karena bila ini terjadi kita terpaksa harus membuat nama domain yang baru karena merk bisnis orang lain sudah lebih kuat secara hukum dan kita akan dianggap sebagai plagiator.

Usahakan Tidak Lebih dari Tiga Kata


Di dalam memilih nama domain untuk bisnis kita sebaiknya memilih yang singkat saja hingga mudah diingat oleh konsumen.  Pilih nama domain paling banyak tiga kata saja.  Lebih dari itu akan membuat nama domain website kita akan sulit untuk diingat atau dihapal.

Mudah Diketik Saat Didengar


Carilah kata yang mudah dituliskan saat kita mendengar namanya.  Hal ini untuk menghindari kesalahan di dalam pengetikan saat orang mendengar nama website kita, pastikan menggunakan ejaan yang mudah diketik atau dituliskan.

Hindari Membeli Domain Bekas Orang Lain


Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan domain bekas orang lain.  Bisa saja nama domain itu digunakan untuk berbisnis yang tidak baik, menipu dan sebagainya.  Menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, usahakan untuk tidak pernah membeli nama domain bekas bisnis orang lain.

Menggunakan Ekstensi Populer


Apa itu ekstensi domain?  Ekstensi domain adalah kata yang terdapat di akhir nama domain sebuah website.  Ektensi domain yang paling populer adalah .com dan .net.  Untuk itu gunakanlah salah satu dari kedua ekstensi populer itu.  Tapi bila nama domain yang kita cari tidak ada di kedua ekstensi itu kita bisa menggunakan ekstensi lokal.  Kalau di Indonesia adalah .id atau co.id.


Beli Domain di Tempat yang Dipercaya


Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis yang terakhir ala Cerita Ida adalah belilah domain di tempat yang kita percayai.  Membeli domain di tempat yang kita percayai akan memberikan banyak kemudahan untuk kita.  Nah untuk tempat membeli domain yang Cerita Ida rekomendasikan adalah membeli domain di Qword , karena sudah memiliki nama yang baik dan sudah banyak dipercaya banyak orang di Indonesia.

Nah teman-teman itulah tulisan Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis dari Cerita Ida ini.  Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa jadi rujukan untuk teman-teman yang akan berbisnis online dan akan membuat website untuk bisnisnya. 

26 komentar :

  1. gak bisa sembarangan ya memang milih nama domain ini. jangankan buat nama website bisnis, buat blog aja kudu dipikirin. Bisa ngaruh ke traffic, branding, dan mungkin penjualan produk. Salah-salah, malah bisa menguntungkan kompetitor.

    BalasHapus
  2. Wah luar biasa, salam kenal ibu. Mesin pencarian google 'mengantarkan saya' ke sini dengan kata kunci tips memilih nama domain.

    Setelah membaca tulisan baru saya tahu kesalahan yang saya lakukan. Sedikit cerita, saya membeli domain dengan nama kakaguru. Kaka merupakan akronim dari nama saya (Karakabu) dan saya seorang guru, namun sayang tidak riset dulu, tidak mengecek, akhirnya setelah 6 bulan google (via email) bertanya, apakah ini websaid anda?" saya bingung karena ini memang weblog saya, setelah dicari tahu sana - sini (termasuk membaca artikel ini), baru saya tahu bahwa nama tersebut sudah digunakan oleh blog lain. Akhirnya saya relakan domain tersebut, jadi setuju bahwa sebelum membeli domain harus riset (cek terlebih dahulu), sangat setuju poin tersebut.

    Oh ya bu, maaf yang dimaksud dengan domain bekas itu, apakah hanya digunakan oleh orang lain. ataukah domain saya sendiri dengan eksistensi tertentu dan dianggap bekas.

    Contohnya begini, www.ceritaida.com (milik saya), kemudian saya beli lagi domain www.ceritaida.id, pertanyaannya apakah www.ceritaida.id dianggap domain bekas?

    Terima kasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat, termasuk pencerahan yang dihadirkan, salam literasi bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda ekstensi Mas...jadi bukan bekas itu tapi nama baru lagi.... Btw Itu ceritaida hanya contoh kan hahaha..

      Hapus
  3. Betul banget. Aku setuju dengan semua kriteria di atas dlm memilih nama domain.

    BalasHapus
  4. wah aku malah dulu kepikiran untuk beli bekas orang mba, karena namanya pas dengan yang aku cari. setelah baca tips ini bisa mikir-mikir lagi sih beli domain dari orang.

    BalasHapus
  5. Aku suka tipsnya, semuanya ngena banget... Bener nih kalau buatvbrand jangan sampai lebih dari tiga kata... Bisa-bisa sulit dihafal ya:)

    BalasHapus
  6. Iya jelas banget kalau bikin nama domain jangan pakai nama yang udah dimiliki orang lain. Selain ga etis, juga kalau domain sama pastinya juga akan direject sama sistem ya.

    BalasHapus
  7. iya ya kalo punya website bisnis harus kreatif, supaya mudah diingat orang karena namanya unik

    BalasHapus
  8. Yeaay, benar banget nih klo mau buat nama yang mudah diingat dan unik, biar gak beribet ngetiknya ya Mbak. Ohyaa sy pun juga punya domain dari Qword lho. CSnya disana cepat tanggap dan ramah pula, jadi betah padahal baru saya disana :)

    BalasHapus
  9. Ooh ternyata nama domain untuk bisnis sebaiknya nggak lebih dari 3 kata ya. Memang lebih baik cari kata yang pendek, unik dan mudah diingat orang. Wah harus kreatif nih kalo cari nama domain untuk bisnis. Makasih tips nya mbak :)

    BalasHapus
  10. Memilih nama domain untuk bisnis memang butuh pertimbangan matang, saya baru tahu setelah baca tulisan Teh Ida. Saya juga kalau cari sesuatu pastinya kepikiran nama domainnya sesuai merek atau brand, lebih gampang diingat.
    Soal tak lebih dari tiga kata, hi hi, itu ngena banget bagi yang pelupa. Judul domain atau toko yang jualan memang jangan panjang-panjang. Yang penting unik dan mudah diingat.

    BalasHapus
  11. Kalau untuk tujuan komersil emang harus pilih nama yg enak didengar (ditulis) y mb alias mudah nancep
    Saya pun kalau nama domain suatu olshop atau website apalah kok ya susah pasti lupa xixixi

    BalasHapus
  12. Pemilik usaha masih ada yang menganggap ga perlu punya web atau at least blog untuk bisnisnya Mbak. Padahal kece buat branding ya. Ada lo kejadian kompetitor sebuah mainan edukatif bikin blog dgn nama kompetitor tapi membajak calon pelanggan. Kan lebih baik kita buat web resmi u bisnis menghindari hal macam tadi

    BalasHapus
  13. Betul banget mbak, kalau bisa nama domain yang mudah diingat jadi nggak susah nyarinya ya mbak apalagi kalau namanya unik.

    BalasHapus
  14. Nama domain jangan sampai lebih dari tiga kata ya, noted deh. Aku masih bingung memilih nama domain bisnis suami nih mba. Susah ya cari nama domain yang marketable

    BalasHapus
  15. Yups membeli domain bekas orang sebaiknya di hindari juga ya karena kita ga pernah tau track recornya itu nama domain.

    BalasHapus
  16. Nama domain penting banget ya karena mencerminkan pemilik website itu sendiri. ngomong2 aku sering lho liat domain bekas yang dijual lagi, kaget pemiliknya udah beda

    BalasHapus
  17. Memilih nama domain harus kreatif tapi harus menunjukkan branding diri kita atau bisnin itu sendiri ya mbak

    BalasHapus
  18. Qword memang sudah terpercaya ya mbak, tidak diragukan lagi untuk menunjang sebuah bisnis yang dijalankan secara online. Memang butuh domain yang aman dan terpercaya untuk membuat bisnis yang kita jalankan makin maju, disamping pemilihan nama juga harus tepat. TFS tips2nya mbak....semoga aku juga bisa mempunyai sebuah bisnis sprti yang kuimpikan.....aamiin.

    BalasHapus
  19. Memilih nama domain buatku membutuhkan semedi dulu, hihihi. Susyah susyah gampang, krn yg cakep2 biasanya udah dipake orang. Oya Teh, bagaimana kita tahu kalau domain tsb bekas dipakai orang lain? Aku blm punya pengalaman ttg ini.

    BalasHapus
  20. Oh...oakai nama domain yang dulu pernah beken gitu justru bukan jadi kaeuntungan tersendiri buat kita, teh?
    Jadi ingat yang kemarin dibahas di grup mengenai lelang nama domain.

    Tapi domain ini bagaikan identitas dan branding sang pengguna sih...ya,
    Jadi kalau bisa se-originalitas sang pemilik.

    BalasHapus
  21. Beli domain di tempat yang dipercaya itu memang penting banget mba
    soalnya domain yang dipake buat bisnis, pastinya kan panjang dan sepanjang masa
    biar pas memperpanjangnya nggak riweh ya

    BalasHapus
  22. Wah iya ya mba, baru nyadar, kalau lebih dari 3 kata memang terlalu panjang dan jadinya kurang unik. Harus dipikirin mateng2 nih saat memilih nama domain agar spesifik dan khas.

    BalasHapus
  23. domain bekas itu resikonya gede. apalagi kalau buat bisnis, lha buat personal aja serem

    BalasHapus
  24. Dalam bisnis online, pemilihan nama dalam domain memang penting banget yaa, Mba, karena biasanya nama itulah yang diingat oleh customer :)

    BalasHapus
  25. Domain bekas orang lain itu banyak terjadi bahayanya. Apalagi kalau artikelnya copas deh bakal nyesek kena banned google hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^